Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian 2020

Advertisement

Otomotifo.com Syarat gadai BPKB motor di Pegadaian tidaklah serumit yang kita bayangkan. Syarat-syaratnya sanggat mudah, sehingga bisa menjadi solusi paling tepat saat butuh uang dalam jumlah besar. Tidak hanya BPKB motor, Pegadaian juga menerima BPKB mobil apabila ingin pinjaman dalam jumlah lebih besar.

Pegadaian sendiri merupakan lembaga resmi yang berstatus sebagai Badan Umum Milik Negara (BUMN). Sudah sejak lama Pegadaian hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai lembaga kungan yang memberikan pembiayaan dan penyaluran dengan hukum dasar gadai sesuai dengan KUHP Pasal 1150.

Di luar sana memang ada banyak perusahaan finance yang menawarkan pembiayaan dengan jaminan BPKB. Namun apabila ingin gadai BPKB motor yang aman, maka kami sarankan untuk memilih Pegadaian. Terlebih Pegadaian merupakan perusahana milik pemerintah, sehingga dijamin lebih aman dibanding perusahaan finance swasta.

Advertisement

Ada beberapa layanan yang ditawarakan Pegadaian. Apabila ingin dana segar untuk usaha ataupun kebutuhan konsumtif dengan jaminan BPKB motor, maka kalian bisa memilih layanan Kreasi Multi Guna. Dengan memilih produk andalan Pegadaian tersebut, maka kita bisa mendapatkan pinjaman mulai Rp. 1 Juta sampai Rp. 100 Juta dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor.

Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Syarat dan Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Bagaimana Cara Gara Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Pegadaian memberikan kemudahan bagi semua masyarakat Indonesia untuk mendapatkan dana segar dengan proses yang cepat dan pastinya aman. Cara gadai BPKB motor di Pegadaian juga sangat mudah. Kalian hanya perlu datang ke kantor Pegadaian terdekat dengan membawa semua syarat yang dibutuhkan.

Saat datang ke Pegadaian petugas akan menanyakan keperlukan kita. Apabila bingung, kalian bisa bertanya langsung ke custumer service atau petugas perihal kebutuhan datang ke Pegadaian. Nantinya petugas akan mengarahkan kita untuk mengikuti program Kreasi Multi Guna.

Apa itu Kreasi Multi Guna? Yakni sebuah program dari pengadaian yang memberikan pembiayaan terhadap masyarakat Indonesia dengan layanan kredit sampai dengan Rp. 100 Juta. Untuk mengikuti program tersebut kita harus memberikan jaminan BPKB kendaraan bermotor.

Nilai jual kendaraan akan mempengaruhi besar kecilnya plafon pinjaman. Semakin mahal nilai jual kendaraan, maka plafon pinjamannya semakin besar. Jadi jangan harap mendapatkan pinjaman yang besar apabila memberikan jaminan BPKB motor yang sudah cukup berumur.

Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Sebelum mencoba mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB motor, kami sarankan untuk terlebih dahulu mengetahui syarat gadai BPKB motor di Pegadaian. Adapun syarat-syaratnya silahkan simak di bawah ini.

Advertisement
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Nasabah harus berusia minimal 21 tahun dan maksmal 60 tahun
  3. Usia sepeda motor maksimal 15 tahun dan dilengkapi surat-surat yang lengkap.
  4. Untuk karyawan atau non karyawan dengan masa kerja minimal 1 tahun.
  5. Melampirkan Foto Nasabah
  6. Melampirkan Fotokopi KTP Nasabah dan Pasangan/Keluarga dalam Satu Kartu Keluarga
  7. Melampirkan Fotocopy Kartu Keluarga
  8. Melampirkan Foto Barang Jaminan (Fisik Kendaraan dan Dokumen Kepemilikan)
  9. Melampirkan Foto Tempat Kerja
  10. Melampirkan Fotocopy Izin Praktek Kerja/Usaha atau Surat Keterangan Kerja/Sejenisnya
  11. Khusus untuk pekerja sektor non formal harus menyerahkan Fotocopy Bukti Kepemilikan Tempat Tinggal
  12. Khusus untuk pekerja sektor non formal harus menyertakan Fotocopy Pajak Bumi dan Bangunan ataupun Rekening Listrik/Telepon/Air
Baca Juga :  Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Yang Rusak

Semua syarat gadai BPKB motor di Pegadaian di atas harus dipenuhi agar pinjaman dapat disetujui. Menurut kami syarat-syarat di atas sangat mudah dan tidak berbeda jauh dengan meminjam uang di finance lainnya seperti WOM Finance, Adira Finance, FIF Finance, dan masih banyak lagi lainnya.

Agar pinjaman disetujui, nasabah juga harus memiliki track record yang baik dalam urusan keuangan. Sering kali ada orang yang memiliki track record buruk karena sering menunggak cicilan sehingga akan sedikit kesulitan dalam mengajukan pinjaman. Terlebih jika calon nasabah sudah di Blacklist oleh Bank Indonesia (BI Checking).

Berapa Bunganya?

Setelah semua syarat terpenuhi dan pinjaman disetujui, maka kita tinggal memilih tenor pinjaman dengan pilihan 12 Bulan, 18 Bulan, 24 Bulan, dan maksimal 36 Bulan. Kemudian petugas akan memperkirakan harga jual kendaraan yang nantinya akan mempengaruhi besar kecilnya plafon pinjaman.

Jumlah pinjaman yang ditawarkan sebesar Rp. 1.000.000 sampai Rp. 100.000.000. Semakin mahal harga motor yang digadai, maka semakin besar total pinjaman yang bisa didapatkan. Setiap bulannya nasabah juga harus membayar bunga yang ditentukan berdasarkan jumlah pinjaman. Nah untuk mengetahui berapa bunganya, silahkan simak di bawah ini.

Bunga 1.5% Per BulanRp. 1.000.000 – Rp. 10.000.000
Bunga 1,25% Per bulanRp. 10.100.000 – Rp. 50.000.000
Bunga 1,15% Per bulanRp. 50.100.000- Rp. 100.000.000

Besaran bunga pinjaman Pegadaian tergantung dari besaran pinjaman yang didapatkan nasabah. Bunga tersebut harus dibayar per bulan, jadi jangan heran apabila total pinjaman akan cukup banyak. Sebagai gambaran kami akan memberikan simulasi pinjaman di Pegadaian dengan jamian BPBK motor sebagai berikut.

Simulai Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Nilai Jual KendaraanRp 8.000.000
Tenor Pinjaman12 Bulan
Jenis nasabahNasabah baru
Plafon UP85% Dari Nilai Jual Kendaraan
Bunga Per Bulan1.50%
 
HPS Kendaraan roda duaRp 8.000.000
Plafon PinjamanRp 6.800.000
 
Angsuran/bulanRp 566.666
Bunga Flat/bulanRp 102.000
Total Angsuran Flat/BulanRp 668.666

Besar kecilnya plafon pinjaman dihitung dari 85% nilai jual kendaraan. Jadi apabila nilai jual kendaraan sebesar Rp. 8.000.000, maka nasabah hanya mendapatkan pinjaman sebesar Rp. 6.800.000. Kemudian untuk bunga per bulan sebesar 1.5% dari jumlah pinjaman.

Menurut kami bunga yang ditawarkan pihak Pegadaian lumayan kecil dibandingkan perusahaan finance lainnya yang biasanya menerapkan bunga sekitar 2-3%. Namun untuk mendapatkan bunga sekecil itu, kalian harus terlebih dahulu memenuhi semua syarat gadai BPKB motor di Pegadaian yang kami sampaikan di atas.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Efek Samping Pertalite Campur PertamaxPersyaratan Perpanjang SIM A
Cara Membuat SIM B2 UmumCara Membuat SIM B1 Umum

Setelah mengetahui cara serta syarat gadai BPKB motor di Pegadaian, maka kalian tinggal datang ke kantor atau outlet Pegadaian terdekat dengan membawa semua syarat yang kami sampaikan di atas. Sekian informasi otomotifo.com pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

FAQ

Berapa Umur Maksimal Sepeda Motor?

Usia sepeda motor maksimal 15 tahun dan memiliki surat-surat lengkap

Berapa Lama Proses Pencairan Gadai BPKB Motor di Pegadaian?

Maksimal selama 3 hari

Apakah Kredit Dapat Dipercepat Sebelum Jatuh Tempo?

Dapat dilakukan pelunasan dipercepat

Advertisement