20 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan dan Turunan

Advertisement

Cara mengendarai motor kopling yang baik dan benar selalu menjadi pertanyaan bagi para pemula yang baru belajar mengendarai motor sport. Yah, rata-rata motor sport menggunakan kopling manual untuk mempermudah perpindahan gigi naik-turun. Butuh adaptasi cukup lama agar terbiasa menggunakan motor kopling. Paling tidak masbro harus belajar di tanah lapang agar nantinya tidak canggung saat mengendarai motor kopling di jalan raya.

Belajar mengendarai motor kopling terbilang cukup gampang. Masbro hanya perlu membiasakan tangan agar bisa mengikuti ritme perpindahan gigi dan tuas gas. Inilah yang membedakan antara motor kopling dengan motor matic. Apabila motor matic tinggal menarik gas, maka motor kopling mengharuskan kita menarik tuas kopling bebarengan dengan tuas gas. Apabila ingin menaik-turunkan gigi juga harus menarik kopling agar mesin tidak mati.

Bagi para pemula tentu sedikit kesusahan dan membutuhkan adaptasi cukup lama. Mungkin inilah alasan mengapa sebagian orang lebih memilih motor matic yang lebih nyaman dikendarai tanpa perlu mengatur kopling. Namun bukan laki-laki namanya apabila belum bisa mengendarai motor kopling. Terlebih rata-rata motor laki menggunakan sistem kopling untuk berpindah dari gigi satu sampai gigi lima atau enam.

Advertisement

Beberapa tipe motor bebek juga memiliki kopling, seperti Suzuki Satria FU, Yamaha Jupiter MX King, Honda Sonic, dan Honda Supra GTR. Semuanya menggunakan kopling manual yang menjadikan kemampuan akselerasi semakin cepat dan performa semakin bertenaga. Hadirnya kopling membuat kita bisa mengatur kecepatan maksimal motor yang kita kendarai. Lalu bagiamana cara mengendarai motor kopling dengan benar dan bagaimana car kerja kopling manual itu sendiri ?

CARA MENGENDARAI MOTOR KOPLING UNTUK PEMULA

Cara Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula

Tips dan Cara Mengendarai Motor Kopling

1. Cara Kerja Motor Kopling Manual

Semua motor yang menggunakan kopling manual memiliki tuas yang sering disebut sebagai handle kopling. Posisinya berada di setang bagian kiri dan terhubung dengan kabel kopling. Saat tuas kopling tidak di tarik, maka plat tekan dan plat gesek akan ditahan oleh plat penekan atau sering disebut sebagai cluth pressure palte yang mana nantinya akan dibantu oleh pegas kopling agar tenaga putar dari poros engkol sampai pada roda belakang.

Kemudian saat handle kopling di tarik, maka kawat kopling akan menarik alat pembebas kopling dan menekan batang tekan atau Pushrod, sehingga nantinya membuat Pushrod mendorong piringan penekan ke arah berlawanan dengan arah gaya pegas kopling yang mengakibatkan plat gesek dan plat tekan salin merenggang dan putaran rumah kopling tidak diteruskan pada poros utama.

Advertisement

Motor akan langsung mati saat masbro melepas tuas kopling secara tiba-tiba saat posisi motor berhenti dan posisi gigi berada pada kondisi hidup. Seperti yang kami sampaikan di atas, masbro harus beradaptasi terlebih dahulu. Pasalnya pengendalian motor kopling berbeda dengan motor matic yang notabennya menggunakan kopling otomatis yang membut kita lebih mudah mengendarainya.

2. Bagaimana Cara Mengendarai Motor Kopling ?

Cara Kerja Kopling Manual

Cara Kerja Kopling Manual

Setelah mengetahui cara kerja kopling manual pada sepeda motor, sekarang giliran kita belajar untuk mengendalikan motor kopling dengan lancar. Cara mengendarai motor kopling memang cukup mudah. Masbro hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang kami sampaikan di bawah ini.

  1. Cara mengendarai motor kopling yang pertama tentu siapkan motor kopling yang memiliki kondisi sehat
  2. Jangan lupa memakai helm atau jaket untuk berjaga-jaga apabila masbro terjatuh saat belajar mengendarai motor kopling.
  3. Ada baiknya masbro pergi ke tanah lapang atau untuk menghindari kecelakaan yang tidak dinginkan. Apabila belum terbiasa memang cukup berbahaya, karena motor bisa mati secara tiba-tiba apabila salah mengatur tuas kopling saat berpindah gigi.
  4. Setelah semua siap, pastikan gigi transmisi pada posisi netral. Pasalnya beberapa motor kopling jaman sekarang tidak bisa distarter saat gigi masuk
  5. Saat menghidupkan mesin jangan lupa kopling ditarik agar semakin mudah menghidupkan mesin
  6. Setelah motor hidup, tekan tuas kopling untuk memasukan gigi transmisi ke posisi satu dengan menekan pedal transmisi kearah depan
  7. Selanjutnya masbro harus melepas tuas kopling secara perlahan. Kami sarankan jangan langsung menarik gas ketika posisi motor belum bergerak agar masbro tidak kaget
  8. Inilah yang sulit dari mengendarai motor kopling. Pasalnya masbro harus melepas tuas kopling dengan tepat dan perlahan agar motor tidak langsung mati.
  9. Sebenarnya motor akan langsung jalan tanpa perlu menarik tuas gas asalkan masbro melepas tuas kopling secara perlahan. Hal ini dikarenakan motor berada pada posisi setengah kopling.
  10. Setelah itu tinggal masbro menyeimbangkan diri dan menarik tuas gas secara perlahan agar motor bisa berjalan dengan nyaman.
  11. Cara mengendarai motor kopling selanjutnya adalah melalukan perpindahan gigi transmisi ke posisi dua dengan menarik tuas kopling dan menaikan pedal transmisi.
  12. Perpindahan gigi transmisi motor kopling manual memang berbeda dengan motor bebek yang memakai kopling otomatis. Pasalnya posisi gigi satu harus ditekan ke bawah, dan posisi gigi dua dan selanjutnya di tekan ke atas. Apabila masbro telalu sedikit menaikan gigi satu, maka transmisi akan berpindah ke posisi netral. Namun juga di naikan sepenuhnya makan akan berpindah ke posisi dua
  13. Saat ini rata-rata motor kopling menggunakan transmisi 5 pecepatan dan 6 percepatan dengan posisi gigi (1-N-2-4-5) atau (1-N-2-3-4-5-6). Silahkan biasakan diri dengan posisi perpindahan gigi sesuai dengan tipe motor kopling yang masbro miliki.
  14. Saat menaikan atau menurunkan gigi jangan lupa selalu menekan tuas kopling dan melepasnya secara perlahan beriringan dengan menarik tuas gas.
  15. Apabila masbro mengendarai motor pada kecepatan di bawah 20 km/jam, kami sarankan untuk memposisikan gigi pada gigi dua agar motor siap di gas maksimal saat menambah kecepatan.
  16. Apabila ingin menambah kecepatan sampai 40 km/jam, kami sarankan untuk berpindah pada gigi ketiga
  17. Lalu saat berlari pada kecepatan melebihi 60 km/jam silahkan berpindah ke posisi gigi empat
  18. Posisi gigi lima dan enam bisa disesuaikan dengan RPM motor saat posisi menengah ke atas
  19. Kemudian untuk menurunkan gigi masbro tinggal menarik kopling lalu menekan pedal transmisi ke bagian depan
  20. Apabila masih belajar kami sarankan untuk tetap memposisikan motor pada gigi tiga agar berkendara bisa stabil sembari menyesuaikan diri dengan tuas kopling untuk menaik-turunkan posisi gigi perseneling
Baca Juga :  25 Mobil Tercanggih Di Dunia 2018 Dengan Harga Fantastis

3. Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan

Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan

Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan

Setelah merasa lancar mengendarai motor kopling di tanah lapang, sekarang tinggal masbro turun ke jalan raya. Tidak semua jalan yang kita lalui rata, pasti ada jalan menanjak dan menurun. Nah saat berada di tanjakan kami sarankan untuk memposisikan motor pada gigi satu agar tenaga motor bisa keluar secara maksimal. Selanjutnya masbro tinggal berpindah gigi sesuai dengan kondisi tanjakan dan kecepatan motor.  Memindahan gigi transmisi tidak boleh asal. Masbro harus menyesuaikan dengan kecepatan motor. Sebagai panduannya silahkan simak di bawah ini.

Advertisement
  • Gigi 1¬† : Rentang kecepatan 0-10 km/jam
  • Gigi 2 : Rentang kecepatan 10-40 km/jam
  • Gigi 3 : Rentang kecepatan 40-60 km/jam
  • Gigi 4 : Rentang kecepatan 60-80 km/jam
  • Gigi 5 :¬†Rentang kecepatan 100 km/jam ke atas

Apabila motor kopling yang masbro miliki memiliki gigi 6, maka tinggal menyesuaikan kecepatan sesuai dengan putaran rpm. Apabila memiliki Yamaha R25 dan Yamaha MT25 sebenarnya tidak perlu bingung dalam memaksimalkan perpindahan gigi. Pasalnya motor kopling Yamaha tersebut telah dilengkapi fitur Shift Timing Light yang bisa menjadi panduan untuk berpindah gigi sesuai dengan putaran rpm agar menghasilkan performa mesin yang maksimal.

4. Cara Mengendarai Motor Kopling Di Turunan

Cara Mengendarai Motor Kopling Di Turunan

Cara Mengendarai Motor Kopling Di Turunan

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan saat mengendarai motor kopling di turunan. Masbro bisa melepas kopling agar fitur Engine Brake berfungsi. Fitur tersebut memang sangat penting untuk mengurangi kecepatan motor tanpa perlu menginjak rem asalkan masbro tidak menarik tuas gas. Apabila kurang nyaman dengan Engine Brake, maka masbro bisa menekan tuas kopling dan berpindah ke gigi bawah agar nantinya selepas turunan bisa langsung menarik gas tanpa mengurangi performa mesin.

5. Pantangan Mengendarai Motor Kopling

Pantangan Mengendarai Motor Kopling

Yang Harus Dihindari Saat Naik Motor Kopling

Cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan memang sangat mudah apabila sudah terbiasa mengendarai motor kopling. Namun ada beberapa hal penting yang harus masbro hindari saat mengendarai motor kopling manual. Nah untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

  • Jangan menaikan atau menurunkan gigi transmisi tanpa menarik tuas kopling, karena bisa menyebabkan motor terhentak dan berpotensi merusak komponen transmisi.
  • Hindari melepas pedal kopling secara mendadak yang bisa membuat motor langsung mati
  • Agar performa mesin semakin optimal, masbro jangan menggunakan gigi 3 atau gigi 4 saat motor akan berjalan. Pastikan transmisi pada gigi pertama, dan selanjutnya silahkan ditambah sesuai dengan kecepatan motor
  • Jangan langsung menarik tuas gas pada RPM tinggi saat awal menjalankan motor

6. Pilihan Motor Kopling Murah

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis motor kopling dengan harga motor bervariasi sesuai dengan kapasitas mesin dan teknologi yang dimilikinya. Tidak semuanya dibanderol murah, jadi masbro harus pinta memilih motor kopling yang berkualitas. Nah bagi masbaro yang baru berencana membeli motor kopling dengan budget di bawah 20 Juta Rupiah, dan bingung memiliki motor yang mana, silahkan pilih salah satu motor yang telah kami sampaikan pada artikel berikut ini “Daftar Motor Kopling Termurah

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Motor Termahal Di Dunia Honda RC213V-SMotor Termahal Di DuniaMotor Yamaha MT-10Motor 1000cc Termurah
Motor BMW R Nine T Cafe RacerMotor Cafe Racer PabrikanBiaya Balik Nama MotorBiaya Balik Nama Motor

Setelah mengetahui cara mengendarai motor kopling manual dengan baik dan benar, kami berharap masbro bisa mengendarai motor kopling dengan lancar. Sebagian orang mengganggap motor kopling ribet di kendara, tapi sebenarnya cara mengendarai motor kopling sangat mudah. Masbro hanya perlu mengikuti tips-tips yang kami sampaikan di atas, dan biasakan diri menggunakan motor kopling setiap harinya agar semakin lancar dan tidak takut saat mengendarainya di jalan raya yang padat kendaraan bermotor.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi