Cara Mengkilapkan Body Motor Yang Kusam Agar Seperti Baru

Advertisement

Cara Mengkilapkan Body Motor – Motor merupakan kendaraan yang menemani seseorang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Sebagian orang malah menganggap kalau motor bagian penting dalam hidupnya, sehingga ke sana ke mari dia lebih memilih untuk menggunakan motor daripada menggunakan mobil. Barangkali kamu juga termasuk salah seorang dari mereka.

Kebersihan motor merupakan cerminan pemilikinya. Jadi, kamu harusnya selalu memperhatikan kebersihan motormu. Lantas bagaimana caranya agar motor kamu bisa tetap terlihat bersih dan mengkilap? Simak tips cara mengkilapkan body motor pada artikel di bawah ini

Cara Mengkilapkan Body Motor dengan Mudah

Cara Mengkilapkan Body Motor

Advertisement

1. Parkir di tempat yang teduh

Salah satu penyebab motor cepat kusam disebabkan keseringan terkena sinar matahari langsung akibat parkir sembarangan. Padahal sinar ultaviolet yang terdapat pada sinar matahari lambat laun akan memberikan kerusakan pada cat luar motor, sehingga lama kelamaan body motor menjadi kusam. Oleh karena itu, salah satu cara mengkilapkan body motor yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pencegahan dengan tidak memarkir motor sembarangan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

2. Mencuci motor secara rutin

Usahakan untuk mencuci motor secara rutin, minimal sekali dalam seminggu. Ini merupakan salah satu cara mengkilapkan body motor sangat efektif. Pasalnya, motor yang jarang dicuci akan menyebabkan kotoran dan debu melekat terlalu lama di bagian body motor, sehingga menimbulkan bintik-bintik dan menjadikan cat motor terkelupas. Akibatnya, body motor akan terlihat kusam dan kotor. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk mencucinya sendiri, gunakan saja jasa pencucian motor yang sudah banyak bermunculan saat ini. Harganya murah kok, berkisar 20.000-25.000 saja per motor.

3. Jangan mencuci motor dengan detergen

Hindari penggunaan detergen saat mencuci motor, karena detergen akan menyebabkan cat motor terkelupas dan menjadikannya terlihat kusam. Cra terbaik untuk mengkilapkan body motor yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencuci motor menggunakan shampo motor. Jika kamu tidak memiliki shampo motor, sebaiknya cuci saja dengan menggunakan air bersih dan mengelapnya dengan lap motor khusus.

Advertisement

4. Mengelap motor setiap hari

Mengelap motor setiap hari termasuk salah satu cara mengkilapkan body motor yang paling efektif. Dengan mengelap setiap hari, debu dan kotoran-kotoran kecil tidak akan tinggal lama di body motor, sehingga kondisi motor selalu dalam keadaan bersih dari noda perusak. Tapi ingat, jangan mengelap motor dengan sembarang kain. Gunakan lap khusus untuk motor atau menggunakan kain halus. Jangan terlalu kasar saat mengelap motor, lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar body motor kamu tidak lecet atau tergores.

5. Cuci motor setelah terkena hujan

Terkadang saat berkendara atau memarkir motor di tempat yang terbuka, hujan tiba-tiba mengguyur deras. Nah, di sini sebagian pengguna motor melakukan kesalahan dengan membiarkan motornya kering begitu saja setelah terkena air hujan. Padahal, air hujan mengandung asam nitrat yang bisa merusak lapisan luar motor dan menjadikannya terlihat kusam. Bahkan, air hujan juga bisa menyebabkan terjadinya karat/korosi pada body motor. Oleh karena itu, cara mengkilapkan body motor yang bisa kamu lakukan dalam hal ini adalah dengan langsung mencuci motor setelah terkena guyuran hujan.

5. Bersihkan motor dari minyak rem

Terkadang minyak rem menetes dan mengenai body motor. Kalau ini terjadi, sebaiknya kamu langsung mengelap motor atau bagian yang terkena minyak rem tersebut. Setelah semua bekas minyak sudah terlap, cuci dengan air bersih. Hal ini penting kamu lakukan agar cat motor kesayangan kamu terkelupas cat luarnya.

Baca Juga :  Oli Honda Brio Satya Terbaik Yang Cocok Untuk Mesin
Advertisement

6. Mengeringkan motor setelah dicuci

Setelah motor selesai dicuci dan dilap, parkir motor ditempat yang terbuka agar kering total. Jangan sampai kamu memakai motor saat belum kering total karena bisa menyebabkan debu dan kotoran-kotoran kecil cepat melekat pada body motor. Pastikan juga bagian terdalam di body motor benar-benar kering dan tidak ada air tergenang, karena bisa mengakibatkan munculnya karat/korosi pada motor. Ini merupakan salah satu cara mengkilapkan body motor yang sangat efektif untuk dilakukan.

7. Gunakan silikon

Menerapkan silikon atau cairan pengkilap motor termasuk salah satu cara mengkilapkan body motor yang bisa kamu lakukan. Tapi ngat, jangan terlalu sering menggunakan silikon karena ujung-ujungnya akan mengikis cat motor. Gunakan sekali-kali saja dan jangan menekannya terlalu keras saat dioleskan ke body motor ar cat motor tidak terkelupas.

8. Poles motor secara berkala

Sebagaimana halnya wanita sering menggunakan skin food untuk menjaga kemulusan kulit wajahnya, maka body motor kamu juga perlu dipoles menggunakan polish wax agar tetap terlihat mulus dan mengkilap.

9. Menggunakan skotlet

Cara mengkilapkan body motor berikutnya yang bisa kamu lakukan pada motor kamu adalah dengan menerapkan skotlet/stiker blok pada motor kamu. skotlet berfungsi melindungi body asli motor kamu dari goresan. Jika motor kamu telah kusam maka skotlet akan menjadikan tampilannya tetap kinclong dan sedap dipandang.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Penyebab Motor Matic BergetarCara Menghilangkan Baret Mobil
Cara Membersihkan Mesin MotorKomponen Rem Cakram

Apabila motor terlihat kinclong, tentu motor akan semakin enak dipandang. Silahkan masbro mencoba semua cara mengkilapkan body motor di atas, dan semoga informasi yang kami sampaikan kali ini bermanfaat bagi semua pembaca setiap otomotifo.com. Sekian & Terima Kasih

5/5 (4 Reviews)
Advertisement