Cara Membersihkan Mesin Motor Yang berkarat Agar Mengkilap

Advertisement

Cara Membersihkan Mesin Motor – Kotoran atau kerak yang menempel pada mesin motor wajib dibersihkan. Apabila dibiarkan saja, maka lama kelamaan bisa menimbulkan karat. Oleh karena itulah kita harus membersihkan mesin secara teratur, sehingga tidak ada noda membandel yang menempel pada mesin. Lagi pula cara membersihkan mesin motor sangatlah mudah. Masbro bisa mencoba berbagai cara dengan menggunakan alat sederhana ataupun alat khusus.

Yah, menjaga kebersihkan motor merupakan suatu kewajiban. Masbro jangan hanya memperhatikan kebersihkan body, namun juga kebersihan mesin. Mesin yang bersih, tentu membuat motor terlihat semakin keren. Bahkan motor akan terlihat seperti baru apabila kebersihannya selalu terjaga. Sayangnya lokasi mesin yang tersembunyi dibalik body motor sering kali menyulitkan kita untuk membersihkannya.

Tips dan Cara Membersihkan Mesin Motor

Cara Membersihkan Mesin MotorMeskipun sulit, kita tetap harus membersihkannya sehingga tidak ada kerak atau kotoran membandel yang bisa menyebabkan mesin karatan dan terlihat kusam. Bagi yang ingin mesin motor tetap mengkilap layaknya motor baru, tentu kita harus rutin membersihkannya. Nah bagi yang belum tahu bagaimana cara membersihkan mesin motor, silahkan simak informasi yang dirangkum redaksi otomotifo.com berikut ini.

1. Menggunakan Cairan Pembersih Piring

Tak perlu bingung saat membersihkan mesin motor, karena kita bisa menggunakan cairan detergent pencuci piring, seperti Sunlight, Mama Lime, dll. Seperti yang kita ketahui bersama, cairan detergent memang ampuh menghilangkan noda membandel. Oleh karena itulah kami sarankan memakai cairan tersebut. Adapun cara membersihkannya adalah dengan mencampurkan detergent dengan air. Kemudian bersihkan mesin yang kotor dengan campuran tersebut menggunakan kain lap.

Gosok semua bagian mesin sampai semua noda membandel hilang. Apabila ada bagian yang susah dibersihkan, maka kami sarankan memakai sikat gigi bekas, sehingga bisa menjangkau bagian-bagian terkecil. Setelah itu kita tinggal menyemportkan air bersih dan mengeringkan mesin dengan lap kanebo. Kami yakin mesin akan terhindar dari kerak dan karat apabila cara membersihkan mesin motor di atas dilakukan secara teratur.

2. Menggunakan Bensin / Solar

Apabila kotoran yang menempel pada mesin sudah membandel dan sulit dihilangkan dengan air detergent ataupun shampo motor, maka masbro bisa mencoba menggunakan bensin atau solar. Cara ini cukup ampuh untuk mengangkat kotoran oli di sela-sela mesin dengan cepat. Pasalnya bensin atau solar memiliki sifat membilas yang bisa dengan mudah mengangkat kotoran-kotoran yang membandel.

Cara membersihkan mesin motor dengan solar atau bensin bisa dilakukan dengan kuas atau sikat gigi bekas. Namun sebelum itu, kami sarankan untuk menyiapkan bak penampung. Lalu gosok bagian mesin yang kotor dengan kuas atau sikat gigi, terutama pada bagian blok mesin yang notabennya sudah dibersihkan dengan kain lap biasa. Semua kotoran pasti akan langsung terbawa, dan setelah bersih kita tinggal menyemportkan air dan mengeringkan mesin dengan lap kanebo.

3. Menggunakan Cairan Pembersih WC

Blok mesin merupakan bagian yang paling susah dibersihkan, karena posisinya berada dibawah body motor. Meskipun begitu, sobat tetap wajib membersihkannya agar tidak karatan. Nah cara yang cukup ampuh untuk membersihkan blok mesin adalah dengan cairan pembersih WC, seperti Vixal, Wipol, dll. Kekuatan cairan tersebut jauh lebih baik dibandingkan detergent biasa, sehingga bisa menghilangkan kerak atau noda membandel pada blok mesin.

Baca Juga :  Tips Terhindar Dari Begal Motor dan Penjambretan

Nah cara membersihkan mesin motor dengan cairan tersebut adalah dengan cara menuangkan cairan pembersih WC ke wadah, lalu siapkan kuas, sikat gigi, ataupun sikat kawat. Kemudian celupkan sikat ke cairan pembersih yang sudah dituangkan ke wadah. Setelah itu kita tinggal menggosok bagian mesin yang kotor sampai semua kotoran terangkat. Masbro juga harus hati-hati saat membersihkannya, karena cairan pembersih WC akan terasa panas saat bersentuhan dengan kulit.

Gambar Mesin Motor

4. Menggunakan Larutan Asam Cuka

Cara selanjutnya adalah menggunakan larutan asam cuka. Masbro pasti bertanya-tanya, mengapa harus menggunakan cairan tersebut ? Jawabannya adalah karena asam cuka mampu menghilangkan karat pada permukaan besi. Oleh karena itulah cairan ini sangat ampuh untuk membersihkan bagian mesin yang berkarat. Meskipun begitu, masbro harus hati-hati saat menggunakan cairan tersebut. Pasalnya asam cuka bisa merusak cat body motor.

Untuk mempermudah membersihkan mesin motor dengan asal cuma, kami sarankan memakai sikat. Lalu gosokan pada permukaan blok mesin yang karatan. Setelah itu, tinggal menyemprotkan air sampai benar-benar bersih. Cara membersihkan mesin motor dengan asal cuma memang tak berbeda jauh dengan cairan lainnya, namun cairan asal cuma terbukti lebih ampuh dalam menghilangkan karat ataupun kotoran yang sangat membandel dan sudah dibersihkan.

5. Mengamplas Bagian Yang Berkarat

Sering kali blog mesin berkarat karena tidak pernah dibersihkan selama bertahun-tahun. Mungkin pemilik motor hanya sekedar membersihkan body dan bagian-bagian motor yang mudah dibersihkan. Nah apabila hal tersebut terjadi, maka jalan satu-satunya adalah menggunakan amplas. Masbro harus mengamplas bagian mesin yang berkarat menggunakan amplas halus ataupun amplas kasar apabila karat susah dihilangkan.

Cara Mengkilapkan Mesin Motor

6. Menggunakan Metal polish

Setelah semua cara membersihkan mesin motor di atas dilakukan, dan mesin motor sudah bersih. Maka langkah selanjutnya adalah mengkilapkan mesin motor dengan menggunakan Metal Polish. Cairan tersebut akan membuat mesin terlihat seperti baru lagi, sehingga tampilan mesin tidak terlihat kusam. Adapun cara membersihkannya adalah dengan menyemportkan cairan Metal Polish, kemudian lap sampai mesin terlihat mengkilap. Masbro juga bisa menggunakan cairan tersebut ke bagian motor lainnya yang terbuat dari logam.

7. Mengecat Ulang Mesin Motor

Cara yang terakhir agar mesin motor terlihat seperti baru adalah dengan cara mengecat ulang mesin motor. Namun sebelum itu, kami sarankan terlebih dahulu menghilangkan karat yang menempel agar nantinya cat bisa melekat kuat dan hasilnya terlihat lebih halus. Selain itu, masbro harus menggunakan cat tahan panas yang dikhususkan untuk blok mesin. Pasalnya blok mesin akan sangat panas ketika motor melaju pada kecepatan tinggi.

8. Bersihkan Secara Rutin

Membersihkan mesin motor secara rutin merukapakan suatu kewajiban. Jangan sampai ada noda membandel ataupun kotoran-kotoran yang nantinya bisa menyebabkan karatan ataupun kerak pada mesin. Masbro cukup membersihkannya dengan air detergent, seperti yang kami sampaikan di atas atau menggunakan cairan pembersih mesin khusus yang beredar dipasaran. Apabila dibersihkan secara rutin, tentu mesin motor akan selalu terlihat bersih dan terhindar dari karatan.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Tips Terhindar Dari BegalFungsi CDI Motor
Cara Membersihkan Busi MotorSistem Pengapian Motor

Nah itulah beragam cara membersihkan mesin motor, mulai dari perawatan secara rutin hingga membersihkan karat dan kerak yang membandel. Masbro bisa mencoba salah satunya demi menjaga kebersihan mesin, sehingga motor terlihat seperti baru dan kinclong. Demikianlah tips otomotif kali ini, jangan lupa simak pula informasi mengenai Cairan Pembersih Mesin Mobil yang kami sampaikan pada artikel otomotifo.com sebelumnya.

Advertisement