Cara Over Kredit Mobil Resmi Agar Aman

Advertisement

Cara Over Kredit Mobil – Memiliki mobil pribadi memang keinginan semua orang dan banyak yang mengambilnya dengan cara kredit. Memang, pengambilan mobil secara kredit memberikan kemudahan terhadap pembelinya.

Namun, jika pembeli mobil secara kredit kurang berhati-hati terhadap keuangannya dapat mengakibatkan kekacauan. Salah satu kekacauan yang sering terjadi adalah gagalnya membayar angsuran hingga masa kredit berakhir.

Ketika kekacauan tersebut sudah terjadi, hanya terdapat dua pilihan yang harus dihadapi agar permasalahan selesai. Pilihan pertama yaitu mobilnya ditarik kembali oleh dealer dan yang kedua adalah over kredit mobil.

Advertisement

Jalan terbaik agar tidak terlalu memalukan adalah over kredit mobil. Over kredit mobil yaitu penjualan mobil kredit dari pembeli pertama kepada pembeli kedua atau memberikan biaya angsuran dari pembeli pertama kepada pembeli kedua.

Meskipun pilihan tersebut terbilang mudah, namun pembelian over kredit mobil memeliki beberapa cara yang harus dipahami. Cara yang harus dipahami dalam pembelian over kredit mobil, sebagai berikut:

 

Keutungan Over Kredit Mobil

Keuntungan Over Kredti MobilSejatinya membeli mobil secara over kredit sama saja dengan membeli mobil bekas. Namun dibalik itu ada banyak keuntungan yang akan kita dapatkan. Nah untuk mengetahui apa saja keuntungan membeli mobil over kredit silahkan simak informasi otomotifo.com berikut ini.

  1. Mendapatkan mobil yang tergolong masih baru.
  2. Mendapatkan harga yang lebih murah dari pasaran.
  3. Mendapatkan garansi mobil aktif.
  4. Mendapatkan masa angsuran atau tenor lebih pendek, karena angsuran sebelumnya telah dibayarkan oleh pembeli pertama dan pembeli kedua hanya tinggal meneruskan angsuran berikutnya.
  5. Dapat memanfaatkan premi murah asuransi, karena mobil dengan usia mudah akan mendapatkan premi asuransi dengan harga murah dibandingkan dengan usia mobil di atas 5 tahun.

Kekurangan Over Kredit Mobil

Membeli mobil melalu over kredit, tidak hanya mendapatkan kelebihan atau keuntungannya saja. Tetapi, mendapatkan kekurangan atau kelemahannya. Dimana kekurangan membeli mobil secara over kredit adalah sebagai berikut.

1. Butuh Pengetahuan Khusus Mengenai Mesin

Sebenarnya untuk point ini tidak hanya berlaku pada pembelian over kredit mobil, tetapi berlaku pada segala jenis pembelian baik pembelian bekas ataupun baru. Mengetahui secara khusus mengenai mesin mobil menjadi hal utama dalam pembelian.

Untuk over kredit mobil biasanya pembelian mobil dalam usia muda dan memiliki mesin masih bagus. Namun, hal tersebut tidak boleh disepelekan begitu aja, pembeli harus mengecek kondisi mesin secara keseluruhan.

Advertisement

2. Banyak Pihak yang Terlibat

Pembelian over kredit mobil tidak semudah yang dibayangkan. Untuk pembelian over kredit mobil, tidak hanya pada pembeli pertama dan pembeli kedua saja, tetapi melibatkan leasing.

Leasing wajib terlibat dalam pembelian over kredit mobil, karena jika diabaikan bisa terjadi permasalahan dikemudian hari.

Cara Over Kredit Mobil

Cara Over Kredit Mobil

1. Memahami Ketentuan Take Over Kredit Mobil Secara Benar

Memahami kententuan take over kredit mobil, menjadi hal yang utama dalam pembelian. Melakuakan take over mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena pembeli harus mengetahui segala ketentuan dalam nama hukum yang berlaku.

Baca Juga :  Cara Pasang Kaca Film Mobil Sendiri Yang Benar

Proses take over tidak dapat dilakukan antara pembeli pertama dan kedua, harus dilakukan sepengetahuan leasing mobil. Pengetahuan leasing dalam proses ini, sangat penting karena jika tidak take over kredit mobil dapat dituntut oleh leasing.

2. Memberi Tahu Leasing atau Bank

Melakukan over kredit mobil tanpa sepengatahuan leasing menjadi hal yang melanggar hukum. Selain itu, pemindahan hak tanpa sepengetahuan leasing akan menimbulkan masalah baru, salah satunya penipuan.

3. Memahami Proses Over Kredit Mobil

Agar proses over kredit berjalan lancar tanpa kendala dan permasalahan pada waktu yang akan datang, harus memahami prosesnya. Antara lain:

  1. Pembeli pertama harus memberitahu kepada leasing atau bank mengenai niatnya dalam over kredit
  2. Apabila pemilik mobil dikatakan masih mampu membayar angsuran, biasanya pihak leasing akan menolak proses over kredit
  3. Pihak penjual akan melakukan analisis terhadap permintaan pembeli terkait dengan kemampuan finansial
  4. Namun sebaliknya, jika pembeli pertama sudah benar-benar tidak mampu melanjutkan angsuran, maka pihak leasing akan langsung memproses over kredit dengan sejumlah ketentuan dan biaya yang dibutuhkan.

Tips Over Kredit Mobil Berjalan Aman

Tips Over Kredit Mobil

  1. Memahami perhitungan kredit
  2. Pastikan penjual dan pembeli tidak tersangkut kasus kredit macet
  3. Pastikan dokumen administrasi lengkap.
  4. Jangan lupa menghubungi leasing atau dealer yang bersangkutan untuk memastikan kelengkapan dokumen kredit
  5. Cek kondisi mobil secara keseluruhan. Kami sarankan untuk tidak membeli mobil yang pernah mengalami kecelakaan.
  6. Ada baiknya membuat perjanjian over kredit di atas materai

Saat ini banyak orang lebih memilih membeli mobil secara over kredit dibanding membeli mobil baru di dealer. Alasannya adalah agar mendapatkan mobil dengna biaya lebih terjangkau, dibanding dengan kredit mobil baru. Namun pastikan kalian mampu membayar angsuran setiap bulan agar mobil tidak dicabut oleh pihak leasing

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Syarat Kredit MobilBiaya Tune Up Mobil
Harga Plat Nomor CantikSyarat Kredit Motor

Nah, di atas merupakan beberapa langkah atau cara agar proses take over anda berhasil dan adanya kendala. Cara-cara di atas wajib banget anda perhatikan demi kebaikan dan kelancaran  dalam proses take over kredit mobil.

Advertisement