Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir dan Cara Mengetahuinya

Advertisement

Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir – Curah hujan tinggi membuat sebagian daerah harus terendam banjir. Bencana alam tersebut membawa banyak kerugian, baik kerugian materil ataupun imateril. Nah salah satu kerugian materil yang paling terasa adalah harta benda terendam banjir. Tak hanya rumah saja, namun juga mobil.

Yah, banyak sekali mobil yang terendam banjir dikarenakan banjir datang secara tiba-tiba. Setelah banjir surut, biasanya pemilik mobil akan langsung menjual kendaraan miliknya. Alasannya adalah karena kondisi mobil sudah tidak layak dan biasanya ada beberapa kerusakan yang disebabkan rendaman air pada mesin ataupun bagian lainnya.

Kami tidak menyarankan untuk membeli mobil bekas banjir. Pasalnya kondisi mobil tidak akan 100% sempurna, dan rawan terjadi kerusakan dikemudian hari. Sayangnya banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara membedakan mobil bekas banjir dengan mobil bekas biasa.

Advertisement

Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir

Ciri-Ciri Mobil Bekas BanjirSebenarnya cara mengidentifikasi mobil bekas banjir sangat mudah. Yang paling penting kita harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu sehingga nantinya bisa memutuskan apakah mobil tersebut layak dibeli atau tidak. Nah untuk mengetahui ciri-ciri mobil bekas banjir silahkan simak informasi otomotifo.com berikut ini.

1. Ruang Mesin Belang

Rendaman air banjir yang masuk ke dalam ruang mesin akan membuat bagian ruang mesin terlihat belang. Apabila tidak dicat ulang oleh pemilik mobil sebelumnya pasti kita bisa melihatnya secara kasat mata. Bahkan air banjir bisa menyebabkan karat pada bagian mesin yang otomatis akan mengganggu kinerja mesin.

2. Mobil Berkarat

Sudah sewajarnya bagian mobil yang terbuat dari besin akan berkarat apabila terendam air dalam waktu lama. Selain pada bagian mesin, biasanya karat akan timbul pada bagian kolong ataupun body mobil. Yang pasti kita haru memeriksa seluruh bagian mobil bagian interior ataupun eksterior untuk memastikan tidak ada karat pada mobil bekas yang akan dibeli.

3. Mobil Bau Apek

Endapan lumpur beserta air akan menimbulkan bau tidak sedap pada kabin mobil. Biasanya bau tersebut berasal dari bagian jok atau karpet yang tidak dibersihkan secara maksimal. Cara membersihkan mobil bekas banjir memang cukup sulit, karena bau tersebut tidak mudah hilang apabila tidak dibersihkan dengan benar. Alhasil kita bisa mengetahui ciri-ciri mobil bekas banjir dari baunya.

4. Harga Terlalu Miring

Pemilik mobil bekas banjir biasanya akan menjual mobil miliknya dengan harga sangat murah dan jauh dari harga pasaran. Oleh karena itulah kalian jangan tergiur harga murah, tanpa melihat kondisi mobil secara keseluruhan. Lebih baik membeli mobil bekas dengan harga sedikit lebih mahal, asalkan kondisinya masih bagus dan bukan bekas banjir.

5. Interior Terlihat Kusam

Seperti yang kami sampaikan diatas, rendaman air bisa membuat ruang mesin terlihat kusam dan belang. Namun tidak hanya ruang mesin saja, karena bagian lain juga bisa mengalami hal yang sama, seperti jok yang terlihat kusam ataupun bagian atap mobil. Kalian juga harus melihat bagian bagasi dan pintu. Pasalnya ciri-ciri mobil bekas banjir biasanya ada karat pada bagian tersebut.

Baca Juga :  Penyebab Motor Matic Bergetar Saat Tarikan Awal dan RPM Tinggi
Advertisement

6. Berasal Dari Dearah Rawan Banjir

Mobil bekas banjir biasanya berasal dari lokasi langganan banjir, seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, atuapun kota lainnya. Untuk mengetahui lokasi tersebut kita bisa melihat alamat yang tertera pada STNK. Pastikan alamatnya bukan berasal dari daerah yang rawan banjir, karena sangat berpotensi merupakan mobil bekas banjir.

7. Lampu Berembun

Ciri-ciri mobil bekas banjir selanjutnya adalah lampu berembun. Biasanya rendaman air banjir akan masuk kedalam rumah lampu sehingga membuat lampu berembun. Untuk memastikan hal tersebut, kalian bisa melihat kondisi lampunya. Apakah kondisinya masih bagus atau belum retak maupun pecah. Nah apabila kondisinya masih bagus, namun lampunya berembun maka kemungkinan disebabkan oleh air banjir.

8. Ada Lumpur Pada Jalur Perkabelan

Apabila kalian menemui lumpur pada jalur perkabelan mobil, maka bisa dipastikan mobil tersebut pernah terendam air banjir. Pasalnya lumpur tidak akan bisa masuk ke dalam jalur perkabelan apabila mobil tidak terendam air. Jadi kita bisa memastikan ciri-ciri mobil bekas banjir dengan melihat kondisi perkabelannya.

9. Oli Mesin Berwarna Putih

Oli yang berjampur dengan air akan merubah warna oli menjadi putih. Inilah cara paling gampang untuk mengetahui ciri-ciri mobil bekas banjir. Namun biasanya pemilik mobil telah menguras oli yang tercampur dengan air dengan oli baru, sehingga kita kesulitan untuk memastikannya.

10. Baut-Baut Berkarat

Hal-hal sepele seperti kondisi baut juga bisa menentukan apakah mobil bekas yang dibeli merupakan bekas banjir atau tidak. Pasalnya rata-rata baut mobil terbuat dari besi, sehingga akan cepat berkarat apabila terendam air banjir dalam waktu cukup lama. Apabila mobilnya merupakan mobil tua, maka wajar apabila berkarat karena dimakan umur. Namun bagaimana jika mobilnya merupakan mobil keluaran baru, tentu karat pada baut akan mengindikasikan bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir.

Cara Memeriksa Mobil Bekas Banjir

Cara Mengetahui Mobil Bekas BanjirSetelah mengetahui ciri-ciri mobil bekas banjir, maka kita tinggal memeriksanya secara hati-hati agar tidak ada bagian yang terlewatkan. Nah dari informasi diatas maka bisa kami simpulkan bahwa cara memeriksa mobil bekas banjir adalah sebagai berikut.

  1. Apabila membeli mobil bekas yang umurnya masih muda, pastikan tidak ada karat pada bagian mesin, pintu, bagasi, kolong, dan bagian mobil lainnya. Apabila menjumpai karat yang jumlanya cukup banyak, maka kemungkinan mobil yang akan kalian beli merupakan mobil bekas banjir
  2. Jangan lupa untuk mengecek asal mobil, apakah berasal dari daerah yang rawan banjir atau tidak.
  3. Periksa sistem kelistrikan mobil, siapa tahu ada bagian yang rusak dikarenakan adanya rendaman air
  4. Lihat dengan seksana bagian lampu mobil, baik lampu depan maupun belakang. Pastikan tidak ada uap air yang menyebabkan lampu berembun
  5. Janga tergiur harga murah
  6. Lebih baik membawa orang yang berpengalaman soal mesin dan kelistrikan saat membeli mobil bekas

Saat membeli mobil bekas ada baiknya membawa teman, saudara, ataupun orang yang sudah berpengalaman soal dunia permobilan. Hal ini sangat penting agar kalian bisa mengecek kondisi mobil secar mendalam, sehingga bisa terhindar dari mobil bekas banjir.

Baca Juga Harga Motor Yamaha Lainnya
Cara Merawat Mesin MobilCara Merawat AC Mobil
Kelebihan Ban TubelessHarga Kaca Film Mobil V-Kool

Nah demikianlah informasi mengenai ciri-ciri mobil bekas banjir serta cara memeriksanya. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kalian yang berencana membeli mobil bekas. Dengan mengikuti cara diatas, kami yakin kalian akan terhindar dari mobil bekas yang pernah terendam banjir sehingga bisa mendapatkan mobil bekas dengan kondisi terbaik.

Advertisement