Cara Merawat AC Mobil Biar Awet dan Tetap Dingin

Advertisement

Cara Merawat AC Mobil – Keberadaan AC di mobil sangat penting, karena sebagai salah satu kenyamanan saat berkendara. Fungsi AC dalam mobil yaitu sistem yang berguna untuk mengkondisikan atau mengatur udara dalam mobil.

Penggunaan AC mobil saat kondisi panas yaitu membuat kabin merasa lebih sejuk. Selain itu, penggunaan AC mobil pada cuaca hujan berfungsi agar kaca mobil tidak berkabut.

Penggunaan AC mobil sangat penting bagi pengendara, selain merasa lebih nyaman namun juga penting bagi keselamatan. Ketika AC mobil tidak menyala saat kondisi panas dan hujan sangat bersiko keselamatan.

Advertisement

Cuaca panas tidak menggunakan AC tidak ada sirkulasi udara yang masuk dapat mengakibatkan sesak nafas, Sebaliknya, tidak menyalakan AC saat hujan akan membuat kaca mobil berembun sehingga membahayakan keselamatan pengemudi karena menggangu visibilitas pengemudi

Nah, untuk menjaga AC tetap berjalan optimal kalian harus merawat AC. Namun, sering terjadi para pengendara mobil hanya bisa memanfaatkan AC pada mobil tanpa mengetahui cara merawatnya.

Jangan khatir jika kalian tidak mengetahui cara merawat AC mobil dengan benar, maka kami akan memberikan tips dan cara merawat AC mobil agar awet dan tetap dingin. Langsung saja simak tips-tipsnya berikut ini.

Advertisement

Tips Cara Merawat AC Mobil

Cara Merawat AC Mobil Biar Awet dan Tetap Dingin

1. Selalu Menjaga Kebersihan Mobil

Kebersihan mobil sebenarnya sangat penting untuk menjaga AC mobil tetap optimal. Hindari membuka kaca mobil saat berkendara menggunakan AC.

Ketika kaca mobil dibuka debu akan masuk ke dalam mobil dan membuat seluruh dalam mobil kotor. Untuk itu, selalu pastikan depan mobil, karpet mobil, jok mobil tetap bersih.

Advertisement

Kotornya jok mobil dan karpet akan di hirup oleh evapator AC yang nantinya membuat tumbuhnya jamur. Tumbuhnya jamur mengakibatkan AC dalam mobil mempunyai bau tidak sedap.

2. Hindari Merokok Saat AC Menyala

Keberadaan asap rokok di dalam mobil menjadi salah satu penyebab kerusakan ac mobil. Asap rokok yang berada di dalam mobil akan meresap ke blower dan terkumpul pada evapator.

Asap yang terkumpul di dalam evapator akan menganggu kerja evapator sehingga mengakibatkan AC mengalami masalah.

3. Menggunakan Filter Kabin

Filter kabin adalah salah satu komponen mobil berupa filter yang dapat berfungsi sebagai penyaring debu serta kotoran yang akan melewati evapator AC mobil.  Nah, salah satu menjaga AC mobil yaitu dengan memasang filter kabin agar AC mobil selalu dalam keadaan bersih.

4. Parkir Mobil pada Kondisi Sejuk

Mungkin terlihat aneh jika parkir mobil juga dapat dipermasalahkan kondisi AC. Namun, memarkir mobil pada tempat yang sejuk berfungsi mengoptimalkan performa AC.

Jika, kalian memparkir kondisi mobil pada tempat panas akan berdampak pada kerja AC. Karena jika kabin mobil terlalu panas berakibat kerja Ac terlalu berat saat dinyalakan.

5. Memastikan Kebersihan Kondensor

Untuk menghindari terjadinya permasalahan pada AC mobil, jangan lupa membersihkan kondensor. Biasanya kondensor kotor karena adanya debu yang menempel.

Debu yang menempel pada kondensor bisa berakibat pengikisan atau kebocoran dalam AC. Maka dari itu, bersihkan kondensor dengan cara menyemprotkan kondensor AC yang berada tepat dibalik terali depan.

Baca Juga :  Kelebihan Angin Nitrogen Dibandingkan Angin Ban Biasa

6. Rajin Service AC

Sebaiknya, sebelum terjadi permasalahan pada AC mobil kalian, bawalah mobil ke tempat service AC mobil yang kalian percayai. Tidak hanya sekali dua kali service saja, namun lakukanlah service AC secara berkala agar AC mobil tetap dingin dan mampu memberikan udara sejuk dan menyegarkan saat berada di dalam mobil. Nah untuk mengetahui berapa biaya service AC Mobil, silhkan simak informasi berikut “Biaya Service AC Mobil

7. Waktu yang Tepat Untuk Menyalakan AC

Waktu yang tepat untuk menyalakan Ac yaitu panaskan mobil kalian 2-3 menit terlebih dahulu baru menyalakan AC mobil. Hal tersebut penting karena bertujuan meningkatkan tenaga aki agar lebih stabil dalam memberi tekanan ac.

8. Cegah Kebocoran AC

Hal yang perlu dilakukan untuk mencegah kebocoran Ac dengan membersihkan drainase yang biasa kita pada pan kondensasi. Selain itu, memeriksa bagian selang apakah sudah aus atau belum, jika sudah segeralah ganti selang AC tersebut.

9. Memeriksa Puteran Extra Fan

Untuk menjaga puteran AC tetap stabil, sebaiknya periksa puteran fan secara teratur. Jika, puteran fan stabil maka AC kalian akan mengeluarkan udara yang sejuk dan Ac dapat bekerja dengan normal.

10. Memperhatikan Pengharum Mobil

Jangan gunakan pengharum mobil berbentuk colokan ke grill, karena menyebabkan resiko patah pada grill AC. Selain itu, hindari penggunaan pengharum ruangan dengan merk abal abal yang memiliki bau tak sedap. Karena dapat mengakibatkan bau tak sedap di dalam mobil susah menghilang. Nah untuk mengetahui apa saja pilihan pengharum mobil terbaik, silahkan simak informasi berikut “Parfum Mobil Terbaik

Baca Juga Harga Motor Yamaha Lainnya
Cara Merawat Mesin MobilTips Membeli Motor Bekas
Penyebab Oli Motor Cepat HabisPenyebab Mesin Motor Cepat Panas 

Perawatan AC mobil memang sangat penting agar AC dapat bekerja secara optimal dalam menyalurkan udara sejuk dan digin ke dalam kambi. Silahkan kalian mengikuti cara merawat AC mobil pada artikel otomotifo.com diatas agar AC mobil selalu dingin dan awet untuk pemakaian jangka panjang.

Advertisement