Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Solusi Mengatasinya

Advertisement

Otomotifo.com Sebagai pengendara motor jarak jauh, pasti mengalami mesin motor cepat panas. Karena sistem kerja motor, diawali dengan pembakaran. Sedangkan pembakaran akan menghasilkan panas yang dapat mencapai suhu yang sangat tinggi sehingga komponen meleleh yang terbuat dari plastik.

Biasanya mesin motor yang cepet panas sering muncul jika sedang berkendara dalam posisi macet. Pada posisi mesin motor panas atau overheat maka tidak memiliki tenaga yang besar. Tentu saja, kondisi tersebut sangat mengganggu perjalanan kita.

Overheat sendiri dapat dikatakan sebagai tingkat suhu yang melebihi batas normal pada komponen mesin. Jika dilihat secara teknis, overheat ini disebabkan sirkulasi oli mesin yang terhambat serta hilangnya pendingin pada kinerja mesin. Namun untuk motor keluaran sekarang, sudah ditanamkan beberapa sensor seperti ECU (Electronic Control Unit) yang akan meyelaraskan kinerja komponen pendingin secara optimal.

Advertisement

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Penyebab Mesin Motor Cepat PanasJika terjadi overheat pada motor kalian, pasti akan merasa kebingungan. Untuk itu, kalian harus tau terlebih dahulu penyebab dari mesin motor cepat panas. Nah untuk mengetahui apa saja penyebab mesin motor cepat panas, silahkan simak di bawah ini.

1. Penggunaan Bahan Bakar Tidak Tepat

Pemakaian bahan bakar tidak tepat menjadi salah satu faktor utama penyebab mesin motor cepat panas. Terjadinya mesin motor panas mungkin masalah yang tidak begitu besar dan berbahaya. Namun, untuk mengatasi terjadinya mesin motor cepat panas adalah menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan sesuai dengan spesifikasi motor.

Penggunaan bahan bakar beroktan tinggi membuat pembakaran yang terjadi dalam mesin terbakar sempurna. Selain itu, penggunaan bahan bakar beroktan tinggi pada motor juga menghasilkan tenaga yang tinggi. Namun, jika penggunaan bahan bakar beroktan tinggi tetapi tidak sesuai dengan motor kalian yang terjadi adalah mesin motor cepat panas.

Advertisement

Contoh saja, jika penggunaan bahan bakar beroktan tinggi seperti pertamax turbo untuk motor keluaran lama seperti Mio. Maka, bahan bakar ini tidak sesuai sehingga mesin motor cepat panas. Jadi tak selamanya bahan bakar oktan tinggi bagus untuk mesin motor, karena kita harus menyesuaikannya dengan spesifikasi mesin.

2. Telat Ganti Oli / Tidak Teratur

Penyebab yang lain mesin motor cepet panas adalah terlambat mengganti oli motor. Keterlambatan penggantian oli dapat membuat motor dengan transmisi motor cepat panas, karena oli pada motor berfungsi meminimalkan terjadinya gesekan pada komponen lain.

Gesekan yang terlalu tinggi pada mesin, akan mengakibatkan mesin motor cepat panas. Tidak hanya membuat motor cepat panas, namun dapat mengakibatkan kerusakan komponen motor. Oleh karena itulah kita harus rutin mengganti oli mesin agar kinerja mesin selalu optimal dan terhindar dari panas.

Advertisement

3. Masalah Pada Sirkulasi Oli

Fungsi oli pada motor tidak hanya digunakan untuk pelumas, tetapi dapat juga berfungsi sebagai pendingin mesin motor. Sehingga, sirkulasi oli yang tidak baik bisa menjadi penyebab mesin motor cepat panas. Cara pendinginan yang dilakukan oleh oli yaitu menyerap panas mesin dan disalurkan ke seluruh komponen mesin.

Baca Juga :  Harga Cat Mobil dan Biaya Pengecatan Mobil Full Body

4. Sirkulasi Sistem Pendingin Bermasalah

Hal ini, biasanya terjadi pada motor dengan sistem pendingin cairan seperti Honda CB150, Vixion, serta Vario 150. Fungsi air pendingin ini yaitu sebagai penyerap panas mesin, namun jika sirkulasi air tidak baik akan menyebabkan mesin motor panas dikarenaka penyumbatan aliran air.

Untuk mengetahui sirkulasi air tersumbat dapat dilakukan ketika mesin dingin ya bro, jangan mengecek pada kondisi mesin motor panas. Karena, jika dilakukan pengecekan dalam kondisi mesin panas yang ada air di dalam saluran akan meyembur keluar untuk itu tunggu mesin dingin. Caranya dengan membuka tutup radiator, sebaiknya gunakan lap untuk melapasi tangan untuk menghindari sisa uap yang masih panas dalam mesin.

Jika sudah membuka radiator, periksalah volume air pendingin pastikan volume air terpenuhi. Setelah itu, hidupkan mesin dengan kondisisi tutup terbuka hal ini akan membuat air di dala radiator bersikulasi. Ketik, kondisi mesin dihidupkan air dalam radiator cukup tenang walaupun dalam kondisi panas maka terjadilah penyumbatan pada radiator maupun air pendingin.

5. Mesin Menyala dalam Waktu Lama

Tentu saja mesin yang menyala terlalu lama dapat mengakibatkan mesin motor menjadi panas. Biasanya, terjadi saat kalian mengendarai motor dalam waktu yang lama atau jarak jauh. Proses mendinginkan mesin dalam masalah ini, kalian tidak perlu berhenti cukup saja dengan mengoptimalkan laju kendaraan kalian.

6. Kondisi Sensor Suhu

Sensor suhu memeliki peran sebagai pendingin mesin motor yang panas. Biasanya, motor dengan dengan sistem pendingin radiator, menggunakan sensor engine coolant temperature (ETC). Sementara itu, motor dengan pendingin udara memakai sensor engine oil temperature (EOT).

Kegunaan utama sensor suhu adalah menginformasikan kondisi suhu mesin lalu akan melaporkan ke bagian engine control unit (ECU). Kerja ECU saat mesin panas yaitu menginformasikan pada lampu indikator. Fungsi lain dari ECU adalah menurunkah suhu panas pada mesin motor.

Jadi, jika fungsi dari sensor suhu ECO terhambat tidak dapat menurunkan suhu panas pada mesin motor yang otomatis menjadi penyebab mesin motor cepat panas.

7. Kipas Motor Rusak

Umumnya, mesin motor sangat membutuhkan pendingin. Sebenarnya, kondisi kipas pada mesin adalah sebagai pendingin mesin agar kondisi suhu tetap stabil. Komponen kipas akan bekerja berputar sesuai seiring dengan tinggi rendahnya putaran mesin.

Untuk itu, jika kondisi kipas mesin rusak akan menghambat kerja mesin serta mengakibatkan mesin cepat panas. Biasanya kipas motor yang rusak dapat disebabkan oleh rangkaian yang terputus.

8. Masalah Pada Busi

Ada dua jenis busi yaitu busi panas dan busi dingin. Jenis busi dingin ini sebaiknya digunakan untuk motor berkapasitas cc tinggi. Sedangkan, busi panas cocok digunakan untuk jenis kendaraan memiliki cc rendah. Jadi, untuk mengetahui busi yang tepat pada motor kalian.

Selain itu, busi melemah juga menjadi penyebab mesin motor cepat panas dikarenakan keluar percikan api yang keluar menjadi kurang besar dan stabil. Untuk itu, cek busi kalian lalu bersihkan.

Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas

Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat PanasSetelah mengetahui semua penyebab mesin motor cepat panas, lalu bagaimana cara kita mengatasinya? Nah bagi yang belum mengetahui caranya, silahkan simak informasi berikut ini.

1. Mengganti Oli dengan Teratur

Peran oli ini sangat penting bagi mesin karena sebagai pelumas untuk meminimalisir gaya gesekan antar komponen yang berpotensi menyebabkan kerusakan. Selain itu, fungsi oli adalah sebagai pengatur suhu pada mesin. Maka, jika oli tidak digantu secara teratur serta telat mengganti akan menyebabkan kerusakan salah satunya adalah mesin cepat panas.

Baca Juga :  Cara Mengurus STNK Hilang 2019 : Biaya dan Syaratnya

2. Menggunakan BBM Dengan Kadar Oktan Tinggi

Untuk mengatasi mesin motor cepat panas, sebaiknya gunakan bahan bakar yang tepat. Pilihlah bahan bakar sesuai dengan motor kalian. Jangan coba-coba menggunakan bahan bakar beoktan tinggi seperti pertamax untuk kendaraan memiliki kapasitas kecil. Hal tersebut akan timbulnya panas pada mesin kalian.

3. Mengecek Kipas Radiator

Komponen kipas radiator ini bekerja sebagai mengalirkan udara segar melewati sirip-sirip radiator serta berfungsi  untuk mendinginkan suhu air dalam radiator. Cara kerja kipas radiator adalah berputar sesuai dengan intruksi dari sensor dengan mengabarkan saat mesin dalam kondisi panas berlebih. Untuk motor yang tidak memiliki kipas radiator, sebaiknya pasang kipas tersebut untuk mengantisipasi ketika mesin motor panas.

4. Mengecek Cairan Pendingin

Nama dari cairan dingin ini terkenal dengan water coolant. Cairan ini berfungsi untuk mendistribusikan ke radiator mesin dengan tujuan untuk mendinginkan. Hal yang sering terjadi pada pengendara yaitu habisnya cairan ini sehingga menyebabkan mesin panas. Untuk mengatasi hal tersebut, maka sangat disarankan untuk mengecek cairan pendingin agar tidak terjadi lagi masalah mesin motor panas.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Mengatasi Motor NgebulCara Membuat Motor Lebih Irit
Cara Membersihkan Rantai MotorCara Mengatasi Aki Tekor

Ulasan-ulasan di atas adalah penyebab terjadinya mesin motor kalian panas serta cara mengatasinya. Bagi kalian yang mengalami mesin motor cepat panas, semoga ulasan-ulasan tersebut bermanfaat. Jika dengan melakukan cara-cara di atas mesin motor kalian cepat panas, sebaiknya membawa kendaraan kalian ke bengkel terpercaya kalian dengan mekanik yang handal.

Advertisement