Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Tekor Pada Mobil Matic / Manual

Advertisement

Cara Mengatasi Aki Tekor – Ada yang pernah mengalami mobil tiba-tiba susah dihidupkan? Kami yakin sebagian besar pemilik mobil pernah mengalami masalah tersebut. Biasanya hal ini dikarenakan aki mobil tekor sehingga tidak bisa mengalirkan daya ke sistem starter mobil. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Sebenarnya cara mengtasi aki mobil tekor sangtlah mudah. Namun masbro wajib mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya, sehingga bisa mengatasinya secara mudah. Owh yah, cara mengatasi aki mobil tekor pada mobil matic dan manual juga berbeda, jadi masbro jangan asal mengambil tindakan karena bisa membahayakan mesin mobil.

Penyebab Aki Mobil Tekor

Penyebab Aki Mobil TekorSebelum membahas bagaimana cara mengatasi aki mobil tekor, mari kita simak terlebih dahulu apa yang menyebabkan masalah tersebut.

Advertisement

1. Pemakaian Aksesoris Mobil

Salah satu penyebab utama aki mobil tekor adalah pemakaian aksesoris mobil yang berlebihan. Sebagai contoh adalah pemasangan sistem audio mobil, klakson, hingga lampu projector, dll. Modifikasi tersebut menyebabkan kebutuhan arus listrik meningkat, sehingga harus diimbangi dengan kapasitas aki yang lebih besar.

Sayangnya banyak orang yang asal menggunakan aksesoris modifikasi, tanpa mempertimbangkan kebutuhan arus litrik yang bisa disuplai aki. Alhasil aki menjadi tekor karena tidak bisa mengalirkan daya listrik secara sempurna ke semua komponen kelistrikan yang ada pada mobil.

2. Mobil Lama Tidak Dihidupkan

Mitos memanasi mobil memang benar adanya. Pasalnya tujuan memanasi mobil adalah agar aki tetap bisa menyuplai listrik ke komponen-komponen mobil. Nah apabila mobil lama tidak dihidupkan, maka aki bisa menjadi tekor. Jadi apabila mobil tidak dipakai, lebih baik kita rutin memanasi mobil untuk menjaga kondisi aki agar tidak tekor.

Advertisement

3. Kerusakan Alternator

Ada banyak sekali komponen mobil yang berhubungan dengan sistem kelistrikan, dan salah satunya adlah Alternator. Fungsinya adalah untuk menghasilkan arus listrik bagi semua komponen mobil yang membutuhkan arus litrik, seperti lampu, audio, hingga AC.

Selain itu, Alternator berfungsi untuk mengisi aki mobil agar tegangannya tetap stabil dan tidak tekor. Nah apabila altenator mobil mengalami kerusakan, maka arus litris yang masuk ke dalam aki akan terganggu dan menjadikan aki tekor.

4. Karena Kelaian Pengemudi

Kami yakin sebagian besar pemilik mobil sering kali menghidupkan AC dan head unit saat mesin mobil mati dengan alasan demi menghemat BBM. Padahal kebiasan tersebut beresiko membuat aki mobil tekor.

Advertisement

Nah setelah semua penyebab aki mobil tekor. Sekarang kita tinggal membahas mengenai cara mengatasi aki mobil tekor. Cara yang kami berikan kali ini merupakan cara sementara. Itu artinya aki bisa kembali tekor sewaktu-waktu apabila kondisinya memang sudah rusak. Kerusakan aki juga bisa bermacam-macam, namun sering kali dikarenakan sel aki yang kondisinya sudah tak layak.

Aki yang rusak juga bisa kita perbaiki, dan untuk mengetahui caranya silahkan simak informasi berikut ini “Cara Memperbaiki Aki Mobil“. Sebelum melakukan perbaikan, kita bisa terlebih dahulu mengatasi aki mobil tekor dengan cara sebagai berikut.

Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor

Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor

1. Mobil Manual

Apabila aki tiba-tiba tekor di jalan dan membuat mobil susah dihidupkan, maka cara mengatasinya adalah dengan di jumper. Cara jumper aki mobil sangatlah mudah, karena hanya perlu menghubungkan aki yang tekor ke aki mobil yang normal dengan kabel jumper.

Baca Juga :  7 Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Ngebul (Keluar Asap)

Walaupun terlihat mudah, namun kita tetap harus hati-hati saat menjumper aki mobil. Pastikan posisi kabel jumper terpasang dengan tepat pada kutub positif dan kutub negatif. Biasanya kabel jumper positif berawarna merah dan kutub negatif berwarna hitam.

Sebelum memasang kabel jumper, kita harus terlebih dahulu mematikan semua komponen yang berhubungan dengan kelistrikan, seperti lampu, head unit, dll. Kemudian baru kita memasang kutub positif ke masing-masing mobil dan dikuti dengan kutub negatif.

Posisi tuas transmisi juga harus berada pada posisi netral, kemudian hidupkan mesin mobil penjumper beberapa detik dan injak pedal gas di atas 1.000 rpm. Setelah itu baru kita hidupkan starter mobil yang akinya tekor. Setelah mesin berhasil hidup, lalu kita lepas kabel jumper secara hati-hati dengan urutan negatif dulu baru positif.

Jangan langsung matikan mobil yang baru dijumper. Diamkan terlebih dahulu beberapa menit agar aki yang tekor dapat terisi listriknya. Masbro juga bisa langsung mengendarai mobil agar pengisian litriknya bisa semakin cepat.

Selain cara di atas, masih ada satu cara lainnya untuk mengatasi aki mobil tekor, yakni dengan cara didorong. Cara ini hanya berlaku untuk mobil mobil manual, jadi jangan pernah mencobanya pada mobil matic.

Cara mendorongnya juga tak boleh sembarangan. Kita harus terlebih dahulu memasukan tuas transmisi ke gigi dua dan menginjak kopling. Setelah itu, dorong mobil sampai mobil melaju dengan cepat, kemudian lepaskan pedal kopling.

Apabila cara di atas berhasil, maka aki yang tekor bisa kembali hidup. Nah apabila sudah hidup, maka kita pelu membiarkan mesin tetap hidup selama 15 sampai 30 menit agar aki bisa terisi.

2. Mobil Matic

Sama halnya dengan mobil manual, cara mengatasi aki mobil tekor adalah dengan dijumper. Namun yang membedakannya adalah posisi tuas transmisi harus berada pada kondisi parkir (P). Setelah itu kita tinggal menjumper aki mobil yang tekor dengan cara sebagai berikut “Cara Jumper Aki Mobil Matic“.

Perlu kami ingatkan lagi, bahwa cara mengatasi aki tekor pada mobil matic tidak bisa didorong. Alasannya adalah karena bisa merusak transmisi mobil matic. Oleh karena itulah kita harus melakukan jumper ataupun mengganti aki yang tekor dan aki yang baru agar mobil matic bisa kembali distarter.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Memperbaiki Motor MogokPenyebab Mobil Brebet
Penyebab Tarikan Mobil BeratPenyebab Stang Motor Goyang

Nah demikianlah informasi mengenai cara mengatasi aki mobil tekor beserta penyebabnya. Semoga informasi otomotifo.com kali ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi masbro yang mengalami kendala aki mobil tekor. Jangan lupa simak pula beragam informasi otomotif lainnya, hanya di otomotifo.com

Advertisement