Penyebab dan Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang / Tidak Stabil

Advertisement

Otomotifo.com Kestabilan motor sangat dipengaruhi kondisi stang. Apabila stang motor goyang, maka akan menganggu kenyamanan bekendara dan beresiko membahayakan keselamatan. Oleh karena itulah kita harus segerapa memperbaiki stang motor yang goyang sehingga bisa berkendara secara stabil melewati berbagai medan jalan.

Ada beberapa penyebab stang motor goyang yang wajib masbro ketahui. Dengan mengetahui penyebabnya, tentu kita bisa mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki stang motor yang goyang. Nah untuk mengetahui apa saja penyebab dan cara memperbaikinya, silahkan simak informasi otomotifo.com berikut ini.

Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang

Advertisement

1. Cek Kondisi Ban

Salah satu penyebab stang motor goyang adalah kondisi ban yang sudah tidak rata atau gundul. Silahkan masbro mengecek ban depan dan belakang, apakah kondisinya masih laik pakai atau tidak. Apabila sudah gundul, kami sarankan untuk segera mengganti ban sesuai ukuran velg serta ukuran ban standar.

Ukuran ban juga sangat berpengaruh terhadap kestabilan motor. Apabila ukurannya terlalu kecil, seperti ban cacing maka akan menggangu kestabilan stang saat melewati polisi tidur ataupun jalanan berlumbang. Selain itu, pastikan tekanan angginnya sudah pas agar bann tidek kempes.

2. Press Velg Apabila Bengkok

Kestabilan motor erat hubungannya dengan velg. Apabila velg sudah bengkok ataupun retak, maka otomatis membuat stang motor goyang saat dipakai berkendara. Untuk mengetahui kondisi velg caranya sangat gampang. Masbro hanya perlu memutar roda dan melihat gerakan roda. Apabila ada yang goyang, maka berarti ada bagian velg yang sudah bengkok.

Advertisement

Lebih baik cepat mengganti velg yang lama dengan velg baru. Masbro bisa membeli velg rossi ataupun velg TDR yang kualitasnya sudah terbukti. Namun apabila tidak ada uang untuk membeli velg baru, maka kami sarankan untuk pergi ketukang press velg agar bagian yang bengkok bisa kembali seperti semula.

3. Memperbaiki Komstir

Jika kondisi ban dan velg masih bagus, maka kemungkinan penyebab stang motor goyang dikarenakan masalah pada bagian komstir. Komstir sendiri berfungsi agar motor bisa berbelok ke kanan dan ke kiri sehingga stang bisa bergerak. Nah apabila komstir mengalami kerusakan, maka otomatis akan membuat stang motor goyang.

Cara memperbaiki stang motor goyang tersebut bisa dengan cara mengganti mangkung-mangkuk dan bola-bola besi yang ada di dalam komstir. Biasanya komponen tersebut sudah aus dikarenakan pemakaian yang sudah sangat lama. Alhasil komstir akan terasa oblak dan stang susash digerakan sehingga membuat motor hilang kestabilan.

Advertisement

4. Mengganti Bearing Roda

Selain masalah pada komstir dan kaki-kaki, penyebab stang motor goyang adalah kerusakan pada bearing roda. Bearing sendiri berfungsi untuk menjaga agar as roda tidak langsung bergesekan dengan rumah roda. Selain itu, bearing memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan putaran roda, sehingga motor bisa melaju secara stabil.

Di dalam bearing tersedia bantalan peluru berbentuk bulat yang bisa pecah sewaktu-waktu. Nah apabila bantalan peluru tersebut pecah, maka kestabilan roda terganggu dan menjadikan stang goyang. Untuk mengecek kerusakan tersebut, kita hanya perlu menggoyang roda ke kanan dan ke kiri. Nah apabila roda terasa oblak, maka bisa dipastikan penyebab stang goyang adalah kerusakan pada bearing.

Bearing yang sudah rusak akan sulit diperbaiki. Paling tidak masbro harus membeli bearing yang baru. Lagi pula harga bearing motor cukup terjangkau, jadi tak jadi masalah asalkan motor kembali stabil dan nyaman dikendarai.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Overheat Pada Motor dan Penyebabnya

5. Cek Kondisi Shockbreaker

Banyak orang yang belum tahu bahwa fungsi utama Shockbreaker adalah untuk menjaga kestabilan motor saat berakselerasi. Fungsinya memang sangat penting, jadi jangan sampai mengalami kerusakan. Terlebih jika posisi shockbreaker sudah tidak presisi atau tidak lurus, pastinya akan sangat menggangu kestabilan motor, terutama saat menikung.

Kerusakan shockbreaker inilah yang menjadikan stang tidak stabil dan terasa goyang. Kita harus segera memperbaikinya agar motor kembali stabil dan nyaman dikendarai. Silahka masbro membawa shockbreaker yang rusak ke bengkel kaki-kaki terdekat. Mungkin kerusakan tersebut terjadi karena bantalan shockbreaker yang rusak ataupun masalah lainnya.

6. Memeriksa Segitiga Dudukan Stang

Cara mengatasi stang motor goyang selanjutnya adalah dengan memeriksa segitiga dudukan stang. Pasalnya komponen tersebut berfungsi untuk menghubungkan antara stang dan shockbreaker. Nah apabila posisi shockbreaker kanan dan kiri yang ditempatkan pada segitiga stang motor tidak presisi, maka akan menjadikan stang goyang.

Penyebab masalah di atas bukanlah karena shockbreaker, melainkan segitiga dudukan stang yang tidak sejajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, masbro perlu datang ke tukang press agar posisi segitiga duduka stang kembali presisi.

7. Pergi Ke Bengkel

Pergi ke bengkel menjadi solusi paling tepat untuk memperbaiki stang motor goyang. Namun sebelum pergi ke bengkel, masbro harus terlebih dahulu mengetahui apa penyebabnya. Selain itu, pilihlah bengkel yang terpercaya dan sudah berpengalaman dalam memperbaiki stang motor goyang.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Memperbaiki Motor MogokPenyebab Mobil Brebet
Penyebab Tarikan Mobil BeratPenyebab Kopling Mobil Selip

Nah demikianlah informasi singkat mengenai cara mengatasi dan memperbaiki stang motor yang goyang. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi masbro yang sedang mengalami masalah ada setir kemudi sepeda motor.

Advertisement