7 Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Ngebul (Keluar Asap)

Advertisement

Cara Mengatasi Motor Ngebul – Banyak orang yang belum paham akibat dari knalpot motor keluar asap saat dipanaskan pada pagi hari. Motor keluaran sekarang, contohnya motor 4 tak tidak lagi mengeluarkan asap pada knalpotnya. Namun, jika motor 4 tak megeluarkan asap berarti ada beberapa komponen yang rusak.

Untuk ukuran motor 4 tak, keluarnya asap bisa terjadi pada semua jenis motor, baik bebek, skutik, maupun sport. Penyebab asap mengebul, pertama disebkan oli dan yang kedua disebabkan oleh bahan bakar. Keluarnya asap putih pada motor dapat disebabkan oleh oli, sedangkan keluarnya asap berwarna hitam cenderung disebabkan oleh bahan bakar.

Biasanya asap berwarna hitam yang keluar dari motor berasal oleh motor karburator. Namun, kondisi tersebut jarang ditemukan oleh motor injeksi. Oleh sebab itu, sekarang banyak orang yang mengenakan motor injeksi untuk terhindar dari kebulan asap hitam pekat. Asap berwarna hitam pekat memiliki bau menyengat, sehingga jika menghirup terlalu sama dapat menyebabkan pusing.

Advertisement

Keluarnya asap hitam, biasanya terjadi oleh kerjadi karena adanya kerusakan atau salah penyetelan. Karena, motor karburator ini masih mengandalkan penyetelan secara manual. Selain itu, motor karburator juga dapat menimbulkan asap hitam ketika mekanik salah melakukan penanganan.

Sedangkan motor injeksi, proses penyetelan sudah dibantu dengan sistem komputerisasi sehingga potensi salah penanganan dapat diminamalkan atau di atasi. Jika motor injeksi mengeluarkan asap, biasanya keluar asap putih. Hal tersebut terjadi karena adanya kerusakan pada salah satu komponen motor.

Untuk mengetahui penyebab-penyebab motor megeluarkan asap serta cara mengatasi motor ngebul silahkan simak ulasan dibawah ini

Advertisement

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Ngebul

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Ngebul

1. Ring Piston Aus

Penyebab yang paling biasa ditemukan, ketika motor mengeluarkan asap putih disebabkan oleh ring seher kena. Bentuk dari ring itu tidaklah sempurna ya bro, tetapi terdapat celah yang dapat memungkinkan ring masuk ke dalam ruang bakar.

Komponen ring terbagi menjadi 2 macam, yaitu ring kompresi dan ring oli. Kedua ring tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ring kompresi berfungsi untuk merapatkan celah antar piston dan blok silender agar tekanan kompresi tidak bocor. Sedangkan, ring oli berfungsi mencegah keluarnya oli dari ruang engkol ke ruang bakar.

Advertisement

Kedua celah pada ring ini untuk memungkinkan ring masuk pada ruang bakar. Tetapi, jika ring mengalami keausan, maka celah pada ring akan membesar. Akibatnya oli yang terdapat pada bak oli dapat masuk pada ruang bakar dan mengakibatkan knalpot motor keluar asap putih.

Jika terjadi kerusakan seperti ini, selain mengakibatkan knalpot motor keluar asap putih juga dapat berkurangnya tenaga mesin atau mesin tidak mau menyala pada siang hari.

Cara mengatasi permasalahan tersebut, kalian harus menggant ring piston ya bro, agar tidak lagi asap berwarna putih yang keluat pada motor kalian. Cara penggantian ring piston tidak mudah ya bro, karena terdapat pada jantung mesin. Untuk melakukan penggantian ring piston harus membongkar terlebih dahulu mesin motor tersebut. Sebaiknya, jika kalian tidak bisa membrongkar mesin kendaraan bawalah ke bengkel terpercaya.

2. Linner/Silinder Mesin Aus

Penyebab kedua dari knalpot keluar asap adalah silinder mesin kena, sebenarnya kerusakan ini juga masih berhubungan pada penyebab yang pertama yaitu ring piston kena.

Baca Juga :  Cara Mengkilapkan Body Motor Yang Kusam Agar Seperti Baru

Perlu kalian ketahui, cara kerja pada ring piston dengan linner sama-sama saling bergersekan. Jadi, suatu saat kedua komponen tersebut akan mengalami keausan. Jika komponen linner ini mengalami keausan , maka dapat terjadi seperti permasalah ring piston aus yaitu oli masuk ke dalam ruang bakar. Oli yang masuk keruang bakar tersebutlah dapat mengakibatkan knalpot keluar asap.

Gejala lain yang timbul pada kerusakan linner adalah motor menjadi susah untuk dinyalakan saat posisi dingin atau pagi hari. Cara untuk mengatasi kerusakan ini, kalian perlu melakukanĀ  bore up atau membubut ulang linner silinder. Untuk memperbaiki ini kalian perlu menurunkan mesin motor kalian terlebih dahulu. Jika takut salah, sebaiknya bawa motor kalian ke bengkel terpercaya.

3. Seal Katup Bocor

Keluarnya asap pada motor, tidak hanya terjadi oleh mesin bagian dalam oleh oli yang masuk ke bagian ruang bakar. Tetapi, keluarnya asap juga berasal dari mesin bagian atas. Fungsi dari katup yaitu sebagai pintu yang bertugas memasukan udara untuk pembakaran mesin dan mengatur pembuangan gas dari sisa-sisa pembakaran mesin.

Setiap katup akan tediri dari beberapa seal yang dapat mencegah oli bocor ke dalam manifold. Namun, seal ini dapat mengalami pengerasan yang membuat daya rapatnya menurun. Penyebab dari pengersangan seal diakibatkan oleh faktor pemakaian.

Akibat dari kerusakan seal katup adalah oli bisa masuk dengan mudah pada manifold serta masuk dalam mesin. Cara mengatasi kerusakan tersebut yaitu dengan mengganti seal katup dengan yang baru.

4. Batang Katup Bengkok

Batang katup adalah batang yang terbuat dari besi yang berfungsi menghubungkan bagian klep dengan bagian cam. Seharusnya, bagian katup harus sepenuhnya lurus 100% tanpa mengalami kebengkokan.

Jadi, jika batang katup ini mengalami kebengkokan otomatis posisinya tidak bisa center. Karena, lubang katup yang terdapat seal sudah di set secara center dengan lubang intake. Maka, jika batang ini bengkok maka salah satu sisi seal akanĀ  tertekan dan salah satu sisinya akan melonggar. Kelonggaran tersebut akan menjadi jalan oli memasuki manifold yang terhubung pada ruang bakar.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebenarnya bisa kalian bisa mengganti seal klep tanpa mengganti katupnya. Akan tetapi, jika kalian mengganti seal klep saja maka masalah kerusakan tersebut akan kembali pada lain hari.

Cara mengatasi motor ngebul tersebut agar tidak terulang kembali, sebaiknya mengganti kedua komponen tersebut dari seal klep sampai katup.

5. Pemasangan Klep Tidak Tepat

Sebenarnya kasus ini sama dengan kasus kesalahan di atas, perbedaannya adalah hanya pemasangan katup yang tidak tepat sehingga klep menjadi terganjal. Pada sistem ini, walaupun sama-sama katup intake namun posisi dari kedua katup tidak boleh tertukar.

Jika posisi tertukar, maka terdapat potensi bocor karena dudukan katup dan daun katup tidak cocok. Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya mudah, kalian hanya butuh menyekir katup agar dudukan katup bisa sesuai.

6. Pengaruh Knalpot

Penyebab dari keluarnya asap putih pada motor juga dapat disebabkan oleh knalpot itu sendiri. Beberapa jenis knalpot memang memiliki sistem yang dapat menyemprotkan oli ke dalam knalpot. Hasil dari oli yang disemprotkan ke dalam gas sisa pembakaran akan terbakar, dikarenakan suhu gas exhaust yang cukup tinggi sehingga knalpot akan mengeluarkan asap putih.

Kondisi seperti ini sebenarnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan dalam catatan oli pada mesin masih cukup. Untuk mengatasi tersebut lepaslah knalpot kalian dan mencoba menghidupkan mesin motor. Jika tidak ada asap putih yang keluar maka masalah ini tidak perlu dikhawatirkan kembali.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Alami, Mudah & Paling Ampuh

7. Oli Mesin Terlalu Encer

Oli yang terlalu encer akan menyebabkan oli bisa masuk pada celah-celah kecil mesin. Normalnya, mesin yang normal dapat memberikan spesifikasi teknis seperti halnya SAE oli yang digunakan.

Cara mengatasi motor ngebul tersebut, sebaiknya dengan mengganti oli motor yang sesuai dengan spek SAE.

Bagaimana setelah membaca ulasan di atas untuk memperbaiki motor kalian keluar asap dengan cara-cara di atas. Namun jika kalian masih bingung cara mengatasi motor ngebul, sebaiknya membawa sepeda motor ke bengkel terpercaya agar tidak salah langkah.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Kelebihan Smart SIMCara Membuat SIM Internasional
Cara Membuat SIM CCara Membuat SIM A

Nah demikianlah beragam penyebab dan cara mengatasi motor ngebul. Cara yang kami sampaikan di atas sebenarnya cukup simple, asalkan kita mengetahui penyebabnya. Namun apabila masih ragu, maka jangan segan-segan pergi ke bengkel terpercaya yang mengerti secara pasti masalah mesin motor. Cukup sekian informasi otomotifo.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam mengatasi semua masalah sepeda motor.

Advertisement