Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Berkarat Dengan Benar

Advertisement

Otomotifo.com – Kendaraan bermotor pasti memiliki rantai, khususnya untuk motor bebek dan sport. Tidak semua orang tau tentang hal rantai, biasanya pengendara hanya bisa memakai motor tersebut tanpa mengetahui bagian penting dari motor. Padahal bagian-bagian penting itu yang sebenarnya harus diperhatikan demi kemanan motor kalian.

Jika, motor kalian digunakan berhari-hari pasti rantai akan kotor dan bisa menyebabkan rantai berkarat. Mungkin sebagian orang bingung bagaimana cara membersihkan rantai motor ya bro dan mungkin berfikiran apa iya rantai motor itu bisa dibersihkan.

Sebenarnya rantai yang kotor dapat menurunkan daya tahan rantai atau rantai akan cepat putus. Kotoran yang tertempel pada rantai motor diantaranya adalah debu, tanah, kerikil hingga serpihan aspal. Untuk tercegahnya daya tahan rantai kalian harus membersihkan rantai ya bro.

Advertisement

Mungkin bingung bagaimana cara membersihkan rantai ya bro. Penulis di bawah ini akan menjelaskan bagaimana cara membersihkan rantai tanpa kalian harus pergi ke bengkel atau menggunakan jasa calo untuk membersihkannya.

Persiapkan Alat dan Bahan

  • Wadah berupa mangkuk atau gayung untuk menuangkan pembersih
  • Kuas digunakan untuk membersihkan bahan pembersih ke rantai
  • Bensin seperti pertamax atau pertalite yang digunakan untuk perontok kerak dan karat pada rantai motor
  • Pembersih piring yang akan digunakan untuk pembersih kotoran-kotoran pada rantai
  • Sikat gigi yang digunakan untuk membersihkan sela-sela rantai

Cara Membersihkan Rantai Motor

Cara Membersihkan Rantai MotorSetelah semua alat dan bahan telah dipersiapkan, selanjutnya mari kita melihat cara membersihkan rantai motor dengan banar pada informasi otomotifo.com berikut ini.

1. Kenali Jenis Rantai

Sebelum memulai membersihkan rantai motor, sebaiknya kalian mengenali rantai motor kalian terlebih dahulu. Jenis rantai motor terbagi menjadi dua yaitu yang pertama rantai motor sepenuhnya menggunakan bahan metal. Kedua, jenis rantai yang memiliki seal karet diantara sambungannya.

Advertisement

Sebenarnya jenis rantai yang sepenuhnya itu lebih mudah dibersihkan ketimbang rantai yang memiliki seal karet. Karena rantai yang memiliki seal karet ketika dibersihkan takut karet tersebut putus.

2. Bersihkan Rantai Ketika Keadaan Motor Hangat

Dimaksud dengan hangat ini yaitu motor telah dipakai untuk perjalanan. Tujuan dari ini yaitu agar rantai motor sudah siap untuk dibersihkan. Jika alas kalian lantai sebaiknya dialasi lagi dengan koran atau gardus ya bro, agar lantai kalian tidak kotor.

Ketika akan membersihkan rantai motor diusahakan motor dalam keadaan tegak dengan memanfaat standar tengah pada motor kalian ya bro.

Advertisement

3. Oleskan Bensin pada Permukaan Rantai

Tuangkan bensin kedalam wadah yang telah disiapkan. Kemudian mulailah mengoleskan bensin tersebut pada semua bagin rantai motor kalian menggunakan kuas.

Penggunaan bensin saat memberihkan rantai motor ini memiliki tujuan untuk merontokan kotoran-kotoran yang menempel pada rantai motor. Mengoles bensin pada rantai ini sebaiknya dengan kekuatan yang cepat ya bro hal ini disebabkan oleh bensin yang cepat menguap. Karena jika lama dalam mengoles rantai kalian bensin akan cepat habis tetapi rantai belum juga sepenuhnya bersih.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Mesin Motor Yang berkarat Agar Mengkilap

4. Siapkan Pembersih Piring dan Air

Setelah proses pertama sudah dilakukan, selanjutnya melakukan proses kedua yaitu menuangkan pembersih piring serta air pada wadah yang telah disediakan. Penggunaan pembersih piring untuk membersihkan rantai motor ini memiliki fungsi yaitu dapat menghilangkan minyak dengan ampuh. Sehingga pembersih piring ini dapat menghilangkan oli dan rantai yang terkena larutan bensin. Siapkan bahan pembersih piring dan air dalam volume banyak ya bro.

5. Oleskan Laturan Pembersih Piring yang Telah Disiapkan

Cara membersihkan rantai motor selanjutnya adalah dengan pembersih piring yang telah disiapkan lalu oleskan dengan kuas pembersih tersebut pada seluruh bagian-bagain rantai hingga semua kotoran luntur. Lakukan proses ini sampai rantai benar-benar bersih ya bro. Jika belum bersih sebaiknya jangan berhenti membersihkannya.

6. Gunakan Sikat Gigi Untuk Membersihkan Sela Rantai

Bagian tersulit dalam membersihkan rantai motor yaitu bagian sela-sela rantai. Untuk membersihkan bagian sela-sela rantai sebaiknya menggunakan sikat gigi ya bro. Gosok sela-sela rantai menggunakan sikat gigi sampai kotoran benar-benar luntur bro.

7. Menunggu Rantai Kering

Setelah mengoles bagian-bagian rantai selanjutnya tunggu bagian-bagian rantai dengan kering ya bro. Biarkan saja rantai tersebut kering dengan sendirinya. Walaupun agak lama menunggu rantai kering dengan sendirinya, kalian harus tetep sabar menunggu ya bro.

8. Semprotkan Chain Lube Secukupnya Untuk Melumasi Rantai

Terakhir kalian semprotkan chain lube pada rantai ya bro. Karena proses pembersihan tidak hanya kotoran-kotoran yang hilang tetapi pelumas pada rantai juga ikut hilang. Jika dibiarkan saja tanpa disemprotkan dengan chain lube rantai akan kering.

Gunakan chain lube merk apapun saja bisa ya bro. Terpenting jangan gunakan oli untuk melumasi rantai kembali. walaupun oli merupakan pelumas yang baik, namun dapat mengundang partikel-partikel debu. Untuk itu pakailah chain lube agar debu tidak mudah menempel.

Ketika rantai motor kalian tidak bisa diselamatkan karena kotor atau karat, Jika akan membeli rantai sebaiknya memilih jenis rantai motor kalian. Tidak sembarang atau semua jenis rantai dapat digunakan pada semua motor ya. Di bawah ini akan dipaparkan tips penting sebelum membeli rantai

Tips Penting Membeli Rantai

Tips Membeli Rantai Motor

  • Cek terlebih dahulu kapasitas (cc) motor kalian
  • Setelah mengecek kapasitas motor kalian pilihlah rantai sesuai dengan cc motor kalian
  • Pastikan rantai yang dibeli kalian ukurannya sama dengan gir yang digunakan pada motor
  • Paling penting dari membeli dan memasang rantai adalah first adjustment (penyetelan pertama) kurang lebih dari pemasangan rantai baru kalian.

Sebenarnya terdapat kode-kode seri yang tertera pada rantai jika kalian tahu. Kode-kode tersebut sebenarnya berfungsi sebagai patokan saat akan membeli rantai. Berikut kode-kode seri yang tertera dalam rantai.

Kode Seri yang Tertera dalam Rantai

  • Kode H berarti heavy duty memiliki rantai yang lebih tebal dibanding rantai tanpa kode H. Kode H ini memiliki daya tarikan sebesar 2,1 ton
  • Kode SB yang berarti solid bush artinya rantai tersebut terbuat dari besi yang dapat meningkatkan performa rantai agar tidak mudah molor
  • Kode T yang artinya special grease, kode ini menggunakan gemuk teknologi special dari jepang yang dapat memaksimalkan pelumas pada system rantai motor.
  • Kode V artinya penahan gemuk, dengan kode V ini masih sama kategori dengan solid bush

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada rantai motor anda sebaiknya selalu merawatnya ya. Tidak hanya body yang selalu diperhatikan oleh pengendara. Namun bagian-bagian terpenting juga harus banyak diperhatikan demi keselamatan motor serta keselamatan kalian ya bro. Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan sebaiknya kalian menjaga motor kalian baik body maupun mesin-mesin ya. Memang bagian seperti rantai, mesin tidak menonjol tetapi ini sangat vital jika tidak diperhatikan.

Baca Juga :  Penyebab Mobil Brebet atau Tersendat-Sendat Saat Digas

Setelah membahas bagaiman cara-cara membersihkan rantai sampai jika rantai motor kalian. Sebaiknya jaga baik baik rantai motor kalian dan rawatlah rantai motor kalian agar tidak rusak dan harus membelinya kembali. Karena, membeli rantai motor itu tidak semudah yang dibayangkan ya bro. Kalian harus memilih jenis-jenis rantai yang sesuai terlebih dahulu. Sebelum terjerumus untuk membeli kembali rajin-rajinlah merawat serta membersihkan rantai kalian bro.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Merk Ban Motor Terbaik Cara Bayar Tilang Online
Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang Cara Memperbaiki Motor Mogok

Nah demikianlah informasi otomotifo.com mengenai cara membersihkan rantai motor yang berkarat dengan benar. Silahkan bro-bro semua mencoba cara di atas dan semoga tips yang kami berikan bermanfaat untuk merawata rantai motor matic ataupun sport.

Advertisement