Motor Boros? Inilah 11 Cara Membuat Motor Injeksi Lebih Irit

Advertisement

Otomotifo.com – Adanya perkembangan yang semakin pesat, kini Indonesia telah mengangsung motor injeksi. Implementasi dari motor injeksi ini sudah memanfaatkan sensor untuk membuat pembakaran lebih sempurna. Jadi, dengan adanya sistem injeksi motor dipercaya akan lebih irit bahan bakar. Kendaraan bermotor yang memiliki sistem injeksi tidak semua irit bahan bakar ya bro. Ciri-ciri motor injeksi yang tidak hemat bahan bakar adalah motor yang memiliki gear banyak terutama pada motor matic.

Namun sekarang ini semua jenis motor telah menetapkan sistem hemat bahan bakar ya bro dikarenakan oleh teknologi yang sudah diterapkan dengan efesiensi penggunaan bahan bakar. Tetapi sebagian orang ada yang tidak sempat mengurus motor terutama bagi yang memiliki banyak aktivitas. Agar kondisi motor tetap prima serta hemat bahan bakar sebaiknya jangan lupa untuk merawat motor ya bro.

Cara menggunakan motor injeksi dengan kecepatan rendah akan membuat motor kita lebih irit ya bro. Tetapi ada cara lain yang dapat membuat motor kita lebih hemat bahan bakar. Cara-cara tersebut ada dibawah ini ya bro.

Advertisement

Cara Membuat Motor Injeksi Lebih Irit

Cara Membuat Motor Injeksi Lebih Irit

Seperti yang kami sampaikan di atas, cara membuat motor injeksi lebih irit adalah dengan melakukan perawatan secara rutin. Sebenarnya cara merawat motor injeksi sangatlah mudah dan tidak berbeda jauh dengan motor bermesin karburator. Nah untuk mengetahui bagaimana caranya silahkan simak di bawah ini.

1. Selalu Memanasi Motor Pagi Hari

Sebaiknya sebelum kendaraan kalian di bawa pergi, alangkah baiknya dipanaskan dulu ya. Mengendarai motor ketika belum melakukan pemanasan sama saja merusak motor secara berlahan. Untuk menjaga motor dari kerusakan-kerusakan sebaiknya menjaga dengan baik ya bro, salah satunya adalah memanaskan motor sebelum dikendarai.

Advertisement

2. Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Perawatan yang paling mudah kedua untuk motor injeksi yaitu dengan memilih bahan bakar beroktan paling tinggi. Sebaiknya pemilik motor injeksi memilih bahan bakar dengan oktan 90 ke atas ya brow, karena semakin tinggi oktan pada bahan bakar akan sangat membantu proses pembakaran dalam mesin motor kalian. Contoh bahan bakar beroktan tinggi adalah pertamax. Jika pengguna motor injeksi serta menggunakan bahan bakar ini, maka motor kalian akan lebih irit bahan bakar.

3. Mengganti Oli Secara Teratur

Biasanya mengganti oli secara teratur dilupakan oleh pemilik kendaraan, terutama bagi orang yang memiliki banyak aktivitas. Penggantian oli motor injeksi seharusnya setiap 2 bulan sekali atau setiap 1.000 km. Jangan sampai oli pada kendaraan kalian kering ya bro, karena jika kekurangan pelumas akan menganggu kinerja pada motor.

Selain mengganti oli pelumas, sebaiknya juga menganti oli gear setiap 5000 km ya dengan memaksimalkan gear motor kalian. Selanjutnya dengan mengganti oli shockbeker motor setiap 10.000 km. Penggantian oli-oli tersebut dengan tujuan memaksimalkan perfoma kendaraan kalian ya bro.

Advertisement

4. Memperhatikan Kondisi AKI

Mungkin perawatan ini sangat jarang dilakukan oleh pemilik kendaraan, sebelum kendaraannya mengalami kerusakan. Kendaraaan bermotor sistem injeksi ini sebenarnya sangat bergantung pada kondisi aki sebagai penghidup mesin pada system pembakaran. Namun jika aki kalian sudah tidak mengeluarkan listrik atau soak, sebaiknya untuk mengganti dengan yang baru agar performa pada motor kalian lebih bagus ya bro.

5. Perawatan Busi

Perawatan yang selanjutnya ini juga cukup mudah, jenis perawatan ini yaitu merawat system pembakaran atau busi. Busi dalam motor ini berperan sangat penting sebagai pematik api, untuk itu bersihkanlah busi secara berkala dengan tujuan dapat memaksimalkan pembakaran pada mesin serta ruang pembakaran. Jika busi motor kalian kotor maka dapat menyebabkan motor kalian mogok secara tiba-tiba atau dapat menjadikan kekurangan tenaga.

Baca Juga :  Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor Terbaru 2019

6. Memeriksa Bahan Bakar pada Tangki

Memeriksan bahan bakar pada tangki mungkin hal sepele yang perlu dilakukan ya, namun ini adalah cara untuk menjaga motor ijeksi kalian. Sebaiknya, hindari pemakaian bahan bakar sampai kehabisan ya bro pada tangki motor kalian. Hal tersebut, dapat menyebabkan injektor cepat rusak. Tidak hanya menyebabkan injektor cepat rusak, namun akan berakibat menghambat kinerja mesin motor injeksi kalian.

7. Memeriksa Kondisi ECU

Ecu merupakan singkatan dari Electronic Contro Unit. Ecu ini dapat dijelaskan sebagai otak dari pengoprasian system injeksi motor. Jika ECu tersebut mengalami kerusakan maka berakibat motor menjadi mogok. Kami sarankan jika akan memeriksa ECU, periksalah pada ahlinya supaya tidak mengalami hal fatal pada motor kalian.

8. Service Motor dengan Rutin

Menjadikan motor injeksi kalian memiliki performa sempurna, yaitu dengan cara menservice motor dengan rutin. Sebaiknya melakukan perawatan service motor maksimal 2 bulan sekali untuk hasil yang maksimal bagi motor injeksi kalian. Untuk hasil service yang maksimal, maka kalian sebaiknya mendatangi bengkel-bengkel resmi ya bro. Jika motor kalian Honda maka service motor injeksi kalian di ahas.

9. Selalu Cek Ban Motor

Untuk tetap menghasikan motor kalian hemat bahan bakar, sebaiknya periksan ban kalian. Jika ban kalian kekurangan angin segeralah mengisinya. Dengan kekurangan bahan bakar maka akan membuat motor kalian boros bahan bakar karena kinerja mesin semakin bertambah.

10. Mengendarai Motor dengan Kecepatan Stabil

Cara merawat motor injeksi dengan baik adalah menggunakan motor dengan kecepatan stabil saja ya bro. Penggunaan motor secara kebut-kebutan atau penggunaan tuas gas yang selal berhenti dan melaju bisa memakan bahan bakar lebih banyak serta tidak memanaskan motor dengan lama-lama. Sebaiknya untuk memanaskan motor injeksi kalian cukup 3 menit saja ya bro.

11. Mengecek Sistem Pengapian Secara Berkala

Mengecek secara berkala sistem pengapian ini wajib dilakukan untuk motor matic yang masih menggunakan karburator. Dengan perawatan tersebut dapat mengakibatkan kondisi pengapian tetap seperti pengaturan pabrik dan membuat bahan bakar bekerja dengan efesien.

Setelah mengulas tentang bagaimana cara merawat motor injeksi, untuk selanjutnya kami akan mengulas ciri-ciri motor injeksi jika rusak

Ciri-Ciri Motor Injeksi Rusak

Ciri Ciri Motor Injeksi Rusak

1. Mesin Sulit Untuk diĀ  Starter

Mesin sulit di starter atau dihidupkan merupakan gejala awal kerusakan pada motor injeksi ya bro. Biasanya gejala ini muncul saat bensin dari injektor itu kurang dari jumlah idealnya sehingga terjadi campuran yang kurus. Gejala motor susah distart memang menunjukan banyak masalah karena bensin mengendap pada dinding intake manifold.

2. Mesin Sering Mati Mendadak

Motor yang sering mati mendadak biasanya diakibatkan oleh kerusakan injektor. Akibat dari kerusakan injektor yang semakin parah, selenoid yang membuka dan menutup menjadi tidak berfungsi secara normal. Jadi, ketika selenoid menutup alisan bensin pada ruang bakar tidak ada maka menyebabkan motor mati mendadak.

3. Mesin Menjadi Mudah Mbrebet

Akibat dari mesin mbrebet yaitu ketika motor di geber dengan rpm tinggi ya bro. Hal tersebut terjadi karena kurangnya suplay bahan bakar akibatdari injektor yang bermasalah. Mesin menjadi mudah mbrebet ini juga bisa terjadi akibat kerusakan lanjutan dari mesin sulit untuk distarter.

4. Asap Knalpot Menjadi Lebih Pekat

Hal yang terjadi ketika asap knalpot keluar dengan warna pekat yaitu menandakan bahwa bensin yang dibakar tidak terbakar dengan sempurna. Pembakaran yang tidak sempurna juga terjadi karena suplay bahan bakar dari injektor yang terlalu banyak. Suplay bensin yang terus menurus tersebutlah yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna ya bro.

Baca Juga :  Biaya Perpanjang Sim 2019 Golongan SIM C, A, B1 & B2

5. Mesin Mati Tidak Bisa Hidup Kembali

Ciri-ciri injeksi benar-benar rusak akan mengakibatkan mesin tidak bisa hidup kembali ya bro. Hal ini terjadi karena bensin benar-benar tidak bisa menyuplai ke ruang bakar.

Untuk menjaga motor injekasi kalian dari kerusakan-kerusakan sebaiknya merawat motor kalian ya bro. Walaupun merawat injeksi ini tergolong mudah, untuk itu kalian jangan menyepelekanya. Karena jika motor injeksi rusak dapat merugikan keselamatan kalian dan bisa menjadi salah satu penyebab motor injeksi boros bahan bakar.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Membersihkan Rantai MotorCara Bayar Tilang Online
Cara Memperbaiki Stang Motor GoyangCara Memperbaiki Motor Mogok

Yah, cara membuat motor injeksi lebih irit adalah dengan merawatnya secara teratur sehingga terhindari dari berbagai kerusakan seperti yang kami sampaikan di atas. Kalian semua pasti menginginkan motor yang irit, jadi silahkan ikui tips cara membuat motor injeksi lebih irit yang kami sampaikan pada artikel otomotifo.com di atas.

Advertisement