Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Awet

Advertisement

Cara Merawat Mesin Mobil – Bagi kalian para pengendara mobil pasti ingin kendaraannya selalu awet dan tetap memiliki performa yang prima. Nah, untuk menjaga mobil tetap awat dan memiliki performa yang pria kalian harus merawat mesin mobil kalian.

Mesin pada mobil merupakan komponen utama dalam mobil. Jika terjadi kesalahan pada mesin mobil akan berakibat fatal mobil kalian.

Sangat disayangkan jika mobil kalian terdapat permasalahan pada mesin, karena akan membuang waktu kalian untuk membererskan semua permasalahan tersebut. Untuk itu, rawatlah mobil kalian tidak hanya dalam kondisi lama saja namun kondisi mobil baru juga perlu dirawat.

Advertisement

Jika terjadi kebimbangan tentang merawat mesin mobil dengan tepat, kami bisa merekomendasikan cara-cara merawat mobil. Cara-cara tersebut dapat kalian perhatikan pada ulasan dibawah ini.

Tips dan Cara Merawat Mesin Mobil

Cara Merawat Mesin Mobil

Agar Mesin Mobil Tetap Awet, Silahkan Ikuti Tips Dibawah ini

1. Mengganti Oli Secara Teratur

Cara mengecek apakah kondisi oli pada mobil kalian harus diganti atau tidak? kalian bisa mengambil setetes oli pada tangan kalian. Perhatikan setetes oli yang berada ditangan, jika terdapat serpihan-serpihan sudah waktunya oli kalian harus di ganti.

Sebaiknya kalian mengganti oli pada 5000-10000 km/jam agar oli mobil tetap optimal. Gunkananlah oli yang tepat untuk mobil kalian, karena pemilihan oli yang tepat dapat membuat ketahanan panas mesin dan memiliki peran menahan gesekan atau pergerakan internal mesin mobil.

2. Mengisi Air Radiator

Isilah air radiator secukupnya saja. Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat bekerja. Untuk mengisi air radiator, kalian bisa menggunakan Radiator Coolant yang lebih optimal dalam mendinginkan mesin dibanding menggunakan air biasa.

Merawat radiator mobil tidak hanya mengganti air radiatornya saja. Kita juga haru mengontrol kinerja radiator, apakah ada yang bocor atau tidak. Apabila bocor, maka kami sarankan untuk mengikut tips berikut ini “Cara Menambal Radiator Mobil Bocor“.

3. Mengecek Starter Mobil

Kalian dapat mengecek mobil kalian dengan cara mestarter mobil, namun jika mobil kalian tidak dapat distarter merupakan pertanda bahwa mesin mobil kalian terdapat masalah.

Advertisement

Kerusakan stater mobil bisa jadi karena kurangnya suplai bahan bakar atau udara. Jika terjadi kerusakan pada starter mobil periksalah filter dengan cara mencabut filter lalu membersihkan dengan sikat gigi.

Tetapi jika kalian ragu-ragu untuk membenarkannya bawalah kebengkel terpercaya. Begitupun sebaliknya, jika kalian sudah membersihkan filter namun starter tetap tidak menyala bawalah mobil ke bengkel.

4. Rawatlah Aki Mobil

Aki mobil menjadi salah satu komponen fital pada mobil. Pastikan air aki berada pada level seharusnya yaitu pada garis tanda penanda agar performa mobil tetap prima.

Selain itu, terdapat cara untuk mengecek aki mobil dengan mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter. Jika tegangan aki kalian mulai habis gantilah aki dengan yang terbaru atau membawanya ke bengkel. Untuk mengetahui berapa harga aki mobil terbaru silahkan simak informasi berikut “Daftar Harga Aki Mobil“.

Baca Juga :  Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor Terbaru 2020

Tips Merawat Mesin Mobil

5. Melakukan Tune Up & Service Rutin

Untuk menjaga kondisi mesin mobil tetap stabil, sebaiknya membawa mobil ke bengkel terpercaya. Saat melakukan tune up semua komponen fital yang ada dimobil akan di cek secara menyeluruh.

Jika saat melakukan tune up mobil kalian terdapat masalah, maka pihak bengkel akan memperbaiki komponen yang rusak dalam mobil. Sehingga, kinerja mobil akan kembali optimal.

6. Mengganti Timing Belt

Timing belt merupakan sabuk atau juga rantai yang dapat berfungsi menggerakan komponen dalam mesin. Untuk menandakan timing belt mengalami kerusakan maka terdapat bunyi degung atau bising saat mobil kalian dinyalakan.

Saat timing belt kalian mengalami masalah, segara ganti timing belt. Timing belt yang bermasalah namun tidak diganti-ganti akan mengakibatkan timing belt putus dan berakibat komponen tertentu dalam mesin mobil ikut rusak.

7. Memeriksa Kondisi Knalpot

Periksalah kondisi knalpot kalian dan pastikan tidak ada kotoran yang tersumbat dalam knalpot. Kotoran yang ada di dalam knalpot dapat mengakibatkan aliran pembuangan gas tidak lancar.

Knalpot sendiri berfungsi membuang sisa-sisa gas yang kendaraan, sehingga knalpot menjadi komponen penting dalam mobil.

8. Memeriksa Kondisi Busi

Mesin mobil tidak akan berfungsi tanpa adanya sistem pengapian. Nah salah satu sistem pengapian yang paling penting adalah Busi. Walaupun komponen tersebut berukuran kecil, namun tanpa adanya busi maka mobil tidak akan bisa hidup.

Mengingat pentingnya sebuah busi, maka kami sarankan untuk selalu mengecek kondisinya. Apabila kondisinya sudah tak layak, maka kami sarankan untuk membeli busi baru. Lagi pula harga busi mobil cukup terjangkau, karena untuk tipe standar bisa didapatkan dengan harga dibawah 100 Ribu Rupiah.

9. Menggunakan Spare Part Mobil Original

Sering kali mobil mengalami kerusakan. Biasanya hal tersebut terjadi karena ada salah satu komponen mengalami masalah, baik itu rusak ataupun karena sudah tidak layak pakai. Nah apabila ada salah satu komponen yang rusak, maka kami sarankan untuk menggantinya dengan spare part original. Pasalnya dari segi kualitas berbeda jauh dengan spare part KW atau palsu yang biasanya dibanderol dengan harga lebih terjangkau.

10. Selalu Memanaskan Mesin Mobil

Tidak semua pemilik mobil selalu menggunakan kendaraannya. Nah bagi kalian yang jarang menggunakan mobil, maka kami sarankan untuk selalu rutin memanaskan mesin mobil. Tujuannya adalah agar aki tidak tekor sehingga sistem kelistrikan mobil selalu terjaga.

11. Hindari Mencuci Mesin Mobil

Mencuci mesin mobil sebenarnya sah-sah saja. Namun kalian harus melakukannya secara hati-hati dan jangan menggunakan air bertekenan tinggi agar tidak mengenai sistem kelistrikan mobil. Kami sarankan untuk mengikuti tips yang kami berikan pada artikel “Cara Membersihkan Mesin Mobil” agar bisa mencuci mesin mobil dengan aman.

Baca Juga Harga Motor Yamaha Lainnya
Cara Mengatasi Ban Tubeless Bocor Halus Tips Membeli Motor Bekas
Penyebab Oli Motor Cepat HabisPenyebab Mesin Motor Cepat Panas 

Nah, cara-cara merawat mesin mobil yang bisa kalian lakukan agar mesin mobil tetap awet dan performa selalu prima. Silahkan kalian mengikuti tips otomotifo.com diatas, dan semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat serta bisa menjadi referensi dalam merawat kendaraan bermotor.

Advertisement