Penyebab Oli Motor Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Penyebab Oli Motor Cepat Habis – Oli adalah salah satu cairan yang perperan sangat vital pada kendaraan. Oli mesin menjadi salah satu bagian paling penting, dikarenakan mendukung kerja mesin yang bertugas untuk melumasi setiap komponen mesin. Apabila motor kalian mengalami masalah pada oli, maka harus segera diperbaiki agar masalah yang timbul tidak menjalar ke komponen lainnya.

Peran oli memang sangat penting untuk menjaga performa motor. Namun tak jarang oli motor cepat habis dikarenakan beberapa masalah yang otomatis akan menganggu kenyamanan dan performa kendaraan.

Jika diibaratkan dengan makhluk hidup, fungsi oli sama seperti  sirkulasi peradaran darah manusia. Bisa dibayangkan, oli adalah darah manusia, maka pompa oli berperan sebagai jantung dan penyaring oli atau oil filter adalah paru-paru atau ginjal.

Advertisement

Dengan analogi diatas, maka kita bisa membayangkan apa saja masalah yang akan timbul dikarenakan oli motor cepat habis. Untuk itu kita harus memperhatikan kondisi oli agar terhindar masalah kehabisan oli mesin. Oli motor yang cepat habis tentu ada penyebabnya, dan untuk mengetahui penyebab oli motor cepat habis silahkan simak di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Motor Cepat Habis

Penyebab Oli Motor Cepat Habis

1. Seal Klep Rusak

Seal klep ini memiliki keberadaan pada sambungan pada mesin motor.  Membawa seal pastikan dalam kondisi pelan, jangan sampai seal ini rusak atau robek. Ketika, seal rusak kemungkinan besar akan terjadi permasalahan pada oli bocor. Seiring berjalannya waktu seal rusak juga dapat mengakibatkan habisnya oli mesin pada kendaraan kalian.

Advertisement

Cara melihat kondisi seal kalian mengalami masalah, kalian bisa melihat pada bagian sambungan mesin yang ada sealnya. Jika terdapat rembesan, maka seal motor kalian mengalami kebocoran. Menghindari masalah tersebut, kalian harus mengganti seal dengan yang baru. Untuk mengganti kalian harus menurunkan mesin kendaraan.

2. Telat Mengganti Oli Mesin

Cara kedua mengatasi kehabisan oli mesin pada kendaraan kalian mungkin terlihat sepele, namun cara ini banyak manfaatnya jika dilakukan secara rutin. Bagi kalian yang jarang mengganti oli mesin maka dapat merusak komponen mesin kendaraan bahkan dapat mengeluarkan asap pada knalpot.

Jika kalian ingin menggunakan kendaraan dalam performa bagus serta menjaga komponen mesin agar tetapa maksimal, sebaiknya kalian mengganti oli secara pada setiap 2500 hingga 3000 km penggunaan.

Advertisement

3. Pemakaian Oli Tidak Tepat

Untuk menghindari permasalahan dari komponen-kompenen mesin agar tidak rusak, sebaiknya kalian memilih oli yang sesuai dengan mesin kalian. Cara memilih oli yang sesuai, janganlah memilih oli yang terlalu kental ataupun oli yang terlalu encer. Penggunaan oli terlalu kental bahkan terlalu cair, dapat menyebabkan oli akan keluar dari knalpot. Hal tersebut, tentu menjadi salah satu penyebab oli motor cepat habis

Demi kebaikan motor kalian, pilihlah oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi mesin atau oli dengan standar pabrikan. Perlu diperhatikan, jika kalian ingin mengganti oli mesin motor kalian pilihlah jenis oli sesuai dengan kebutuhan kendaraan kalian. Untuk mengetahui jenis oli yang cocok buat motor kalian, bacalah buku panduan yang dikeluarkan oleh setiap pabrikan.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Alami, Mudah & Paling Ampuh

4. Ring Piston Aus

Penyebab oli motor cepat habis selanjutnya adalah karena masalah pada ring piston aus. Jika, ring piston aus segeralah periksa bagian tersebut. Sebenarnya kerusakan pada ring piston bisa dihindari dengan rutin melakukan perawatan dan membersihkan mesin.

Penyebab dari ring piston aus yaitu pelumas oli mesin pada bagian cylinder tidak akan tersapu dengan sempurna. Masalah tersebut tidak hanya menjadi penyebab oli motor cepat habis, namun juga dapat merusak komponen mesin lainnya.

Tidak hanya ring piston saja yang rusak dapat mengakibatkan oli mesin cepat habis. Namun, kesalahan memasang ring piston juga dapat membuat oli mesin motor terus berkurang seiring berjalannya waktu. Selain itu, pemasangan ring piston yang tidak tepat dapat membuat campuran oli tidak terbakar secara sempurna.

5. Oli Mesin Menguap

Bentuk dari oli sendiri adalah cair, namun ketika oli terkena panas dapat menguap. Terjadinya oli menguap, biasanya didapati kemacetan dalam perjalanan. Suhu yang terdapat dalam kemacetan biasanya memiliki suhu yang cukup tinggi sehingga terjadi penguapan pada oli. Cara mengatasi penyebab oli motor cepat habis ini sangatlah mudah, karena kalian hanya perlu memanasi motor secara rutin sebelum digunakan berkendara.

6. Pemakaian Kurang Hati-Hati

Tidak dapat disangka-sangka ya bro, ketika membawa kendaraan dengan ugal-ugalan kurang hati-hati akan motor kalian kehabisan oli. Mengendarai motor secara gas pol atau pemakaian kendaraan yang tidak teratur dapat membuat oli cepat habis pada mesin kendaraan kalian.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kami sarankan untuk mengendarai motor secara normal agar oli tidak cepat panas dan terhindar dari penguapan oli yang lama-kelamaan membuat oli cepat habis.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Penyebab Mesin Motor Cepat PanasCara Membuat Motor Lebih Irit
Cara Membersihkan Rantai MotorPajak Honda Jazz

Seperti yang kalian lihat diatas, ada banyak sekali penyebab oli motor cepat habis. Sebenarnya kita semua bisa terhindar dari masalah kehabisan oli mesin apabila melakukan perawatan secara berkala untuk menjaga kondisi setiap komponen mesin. Nah cukup sekian informasi otomotifo.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement