Harga Honda CB650R 2019 : Review, Spesifikasi & Gambar

Advertisement

Harga Honda CB650R – Neo Sport Cafe menjadi bahasa desain yang diterapkan Honda pada beberapa naked bike miliknya, seperti Honda CB1000R, CB150 Exmotion, CB250R, dan yang paling baru adalah Honda CB650R. Motor ini pertama kali diperkenalkan pada gelaran pameran otomotif internasional EICMA 2018 yang berlangsung di Milan, Italia.

Mesin yang dipakainya sudah 4 Silinder, jadi jangah heran apabila tenaga dan torsi yang dikeluarkan sangat besar. Honda juga membekalinya dengan sistem elektronik canggih berupa Honda Selectable Torque Control System (HSTC) yang berguna untuk membatasi torsi motor jika mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dan ban belakang sehingga meminimalisir terjadinya ban selip.

Fitur Honda Selectable Torque Control System (HSTC) sangat berguna saat pengendara Honda CB650R melewati jalanan lincin maupun saat hujan. Selain itu, Honda CB650R juga memiliki sistem pengereman canggih yang menjamin keselamatan dan keamanan pengendaranya. Semuanya tersaji sempurna dengan balutan desain keren bergaya Neo Sport Cafe.

Advertisement

Jangan harap harga Honda CB650R di Indonesia dibanderol murah. Sudah pasti harganya jauh lebih mahal dibandingkan harga di luar negeri yang dipasarkan dengan harga di bawah 150 Juta Rupiah. Terlebih motor ini sudah menggunakan mesin 4 Silinder berkapasitas 649cc yang otomatis membuat harganya semakin mahal. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui harga Honda CB650R Neo Sport Cafe, silahkan simak di bawah ini.

REVIEW SPESIFIKASI HONDA CB650R

Desain Body

Desain Honda CB650RSetiap sisi Honda CB650R memang terlihat sangat keren. Moge ini mengadopsi desain Neo Sport Cafe yang memadukan antara gaya modern dan retro. Konsep retro modern bisa terlihat dari headlamp berbentuk bundar yang sudah Full LED sama seperti milik Honda CB1000R. Lampu tersebut berkontribusi besar terhadap gaya Honda CB650R yang menekankan konsep naked bike bergaya sporty dan agresif.

Kemudian untuk bagian samping terpasang cover berbentuk kecil yang dipadukan dengan tangki bensin berkapasitas 15.4 Liter. Lalu untuk bagian belakang memakai tail light LED dan memiliki slebor memanjang. Desain belakang Honda CB650R juga keren dan terlihat modern. Sedangkan untuk joknya dibuat hampir rata dengan tinggi 810 mm dari atas tanah.

Advertisement

Dimensi & Bobot

Body Belakang Honda CB650RSebenarnya desain Honda CB650R terlihat simple, namun tetap modern dan sporty. Dimana untuk dimensinya memiliki bentang panjang 2.130 mm, lebar 780 mm, dan tinggi 1.075 mm. Sedangkan untuk bobotnya seberat 202 kg dan memiliki ground clearance atau jarak terendah ke tanah 150 mm. Sedangkan untuk sumbu rodanya berjarak 1.450 mm.

Honda sangat memperhatikan faktor kenyamanan CB650R. Oleh karena itulah mereka membekali CB650R dengan stang lebar yang menawarkan riding position nyaman dan tak cepat melelahkan saat dipakai berkendara berjam-jam. Selain itu, Honda CB650R menawarkan handling ringan berkat rangka twin-spar yang mereduksi bobot secara signifikan.

Spesifikasi Mesin

Spesifikasi Mesin Honda CB650RSoal dapu pacu, Honda CB650R Neo Sport Cafe ditenagai mesin 4 Silinder In-Line berkapasitas 649cc. Mesin berpendingin cairan tersebut memiliki rasio 11.6:1 dan konfigurasi bore 67 mm x stroke 46 mm. Perpaduan tersebut menjadikan mesin Honda CB650R mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 70 kW pada 12.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 64 Nm pada 8.500 rpm.

Advertisement
Baca Juga :  Modifikasi Motor Beat 2018 Paling Keren dan Sederhana

Tenaga dan torsi yang dikeluarkan sangat besar sehingga akselerasinya dapat melesat sangat cepat. Honda sendiri mengklaim bahwa akselerasi maksimal Honda CB650R bisa diraih dari idle hingga 8.000 rpm. Hal ini tak lepas dari perubahan timing katup dan bentuk piston yang bisa meningkatkan respons mesin. Alhasil motor ini sangat cocok digunakan sebagai motor perkotaan yang membutuhkan performa responsif saat melewati kemacetan.

Selanjutnya pada bagian transmisi tersedia Gearbox 6 percepatan yang dioptimalkan oleh rasio roda gigi yang sesuai sehingga memberikan karakteristik yang menyenangkan saat dikendarai. Selain itu, tersedia pula knalpot Underbelly dengan desain keren yang disesuaikan dengan konsep Neo Sport Cafe. Motor ini juga memiliki block mesin yang besar sehingga terlihat berisi dan gahar.

Mesin 4 Silinder yang dipakainya semakin optimal dengan hadirnya teknologi PGM-FI yang membuat performa mesin semakin responsif. Sayangnya tidak ada fitur Riding Mode, dan sebagai gantinya adalah fitur Honda Selectable Torque Control System (HSTC) yang berguna untuk meminimalisir terjadinya ban slip berkendara di kondisi hujan maupun saat jalan licin

Suspensi & Pengereman

Knalpot Honda CB650RSuspensi Upside Down 41 mm dengan Showa Separate Function Fork (SFF) telah terpasang pada kaki-kaki depan Honda CB650R. Kemudian untuk bagian belakang mekai suspensi Monoshock yang sama-sama buatan Showa. Kedua suspensi tersebut menawarkan kinerja kesulurahan yang sangat baik sehingga bisa meningkatkan kenyamanan berkendara saat berakselerasi.

Selanjutnya untuk bagian pengereman mengandalkan 2 rem cakram 310 mm yang terpasang pada roda depan dengan 4 kaliper piston radial-mount. Sedangkan untuk bagian belakang memakai rem cakram 240 mm dengan single piston kaliper. Tersedia pula sistem pengereman ABS yang memberikan pengendalian penuh saat menghentikan laju kendaraan pada berbagai kondisi jalan.

Sama halnya dengan moge bermesin besar lainnya, Honda CB650R memiliki ban berukuran besar dengan ukuran 120/70ZR-R17 (Depan) dan 180/55Z-R17 (Belakang). Tersedia pula velg Multi-Spoke Cast Aluminium yang memiliki bentuk jari huruf “Y”. Velg tersebut diklaim lebih ringan sehingga memberikan pengaruh besar terhadap handling Honda CB650R.

Fitur Andalan

Speedometer Honda CB650RSebanding dengan harga Honda CB650R yang melebihi 100 Juta Rupiah, motor ini telah dilengkapi speedometer instrument cluster full digital dengan layar LCD dibagian tengah untuk menampilkan odometer, trip meter, konsumsi bahan bakar, jam digital, dan berbagai indikator berkendara lainnya. Desain speedometernya juga keren dengan background warna biru yang terlihat modern.

Fitur andalan lainnya adalah Slipper Clutch. Fungi Slipper Clutch adalah untuk mengurangi gejala torsi berlebihan pada saat down shift (penurunan gigi) sehingga traksi ban tetap optimal saat berakselerasi. Selain itu, motor ini memiliki desain intake twin-duct yang akan mengoptimalkan sistem pendingin dengan mengalirkan udara ke airbox. Nah berbekal semua fitur tersebut, lalu berapakah sebenarnya harga Honda CB650R Neo Sport Cafe di Indonesia ?

Spesifikasi Honda CB650R

DIMENSI
Panjang2,130 mm
Lebar780 mm
Tinggi1,075 mm
Tinggi Tempat Duduk810 mm
Tangki Bensin15.4 Liter
Berat202 kg
Wheelbase1,450 mm
Ground Clerance150 mm
MESIN
Tipe Mesin4-stroke 16-valve DOHC inline-4 cylinder
Sistem PendinginLiquid-cooled
Kapasitas Mesin649 cc
Tenaga70 kW / 12.000 rpm
Torsi64 Nm / 8.500 rpm
Sistem PembakaranPGM-FI Electronic Fuel Injection
Transmisi6-Speed
StarterElectric
Bore X Stroke67 mm x 46 mm
Rasio Kompresi11.6:1
Tipe KoplingWet multiplate, Slipper Clutch
Konsumsi BBM20.4 km/liter
KAKI-KAKI
RangkaSteel Diamond Twin-Spar
Ban Depan120/70ZR17 M/C (58W)
Ban Belakang180/55ZR17 M/C (73W)
Suspensi DepanUpside Down 41 mm (Showa)
Suspensi BelakangMonoschock (Showa)
PENGEREMAN
Sistem PengeremanABS 2 Channel
Rem DepanDual Disk Brake 310 mm – 4 Piston Caliper
Rem BelakangSingle Disk Brake 240 mm – 1 Piston Caliper
Baca Juga :  Harga Honda CRF150L 2018 dan Spesifikasi Terbaru

Untuk saat ini belum ada informasi apakah nantinya Honda CB650R dipasarkan di Indonesia atau tidak. Kami sendiri cukup yakin CBR650R akan hadir di Indonesia untuk menambah jajaran big bike Honda yang nantinya akan bersaing melawan moge buatan Kawasaki dan Yamaha. Apabila dipasarkan sudah pasti harga Honda CB650R akan sangat mahal, melebihi harga di luar negeri. Nah untuk mengetahui berapa sebenarnya harga moge Honda bermesin 4 Silinder tersebut, silahkan simak di bawah ini.

Daftar Harga Honda CB650R

Spesifikasi dan Harga Honda CB650R

Harga Honda CB650R BaruUSD$8,899
Harga Honda CB650R Bekas
 Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Honda

Di luar negeri harga Honda CB650R Neo Sport Cafe dibanderol sekitar USD$8,899 atau apabila kita rupiahkan maka harga Honda CB650R cuma 130 Jutaan. Yah, harga motor moge di luar negeri memang lebih murah dibandingkan harga di Indonesia. Hal ini tak lepas dari pajak barang mewah yang ditetapkan pemerintah Indonesia untuk motor bermesin 250cc ke atas.

Tak menutup kemungkinan harga Honda CB650R di Indonesia bisa melebihi 200 Juta Rupiah. Terlebih motor ini sudah menggunakan mesin 4 Silinder yang memang pantas dihargai sangat mahal. Semoga saja harga Honda CB650R lebih murah dibandingkan Kawasaki Z900 yang notabennya memiliki mesin berkapasitas lebih besar dan dipasarkan di Indonesa dengan harga Rp. 225 Jutaan.

Sebenarnya Honda sudah memiliki motor 4 Silinder 649cc yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Honda CB650F. Moge 4 Silinder tersebut dipasarkan dengan harga melebihi 237 Juta Rupiah, jadi kemungkinan harga Honda CB650R akan lebih mahal dari Honda CB650F. Pasalnya CB650R memiliki spesifikasi mesin lebih bertenaga dan didukung desain lebih keren bergaya Neo Sport Cafe.

Warna Honda CB650R Neo Sport Cafe

Kelebihan

  • Mengadopsi desian Neo Sport Cafe yang simple, namun terlihat modern dan agresif
  • Performa mesin mengagumkan dengan mengandalkan mesin 4 Silinder yang dilengkapi Slipper Clutch
  • Memakai knalpot bertipe Underbelly
  • Sudah menggunakan suspensi Upside Down yang menawarkan kenyamanan berkendara secara maksimal
  • Tersedia sistem pengereman ABS yang berpadu dengan dual disk brake pada roda depan dan single disk brake pada roda belakang
  • Ukuran bannya sudah sesuai dengan bentuk body CB650R yang terlihat cukup besar
  • Sistem pencahayaan moge ini sudah Full LED
  • Tersedia fitur Honda Selectable Torque Control System (HSTC)
  • Menawarkan posisi berkendara yang nyaman dan tak melahkan saat berkendara jarak jauh

Kekurangan

  • Harga Honda CB650R pastinya sangat mahal
  • Motor ini belum dilengkapi fitur Riding Mode
  • Kapasitas mesinnya lebih kecil dibandingkan Kawasaki Z900 yang kemungkinan dibanderol dengan harga tak berbeda jauh dari harga Honda CB650R
Baca Juga Harga Moge Honda Lainnya
Gambar Honda X-ADVHarga Honda X-ADVGambar Honda CBR1000RR SP1Harga Honda CBR
Motor Honda Gold WingHarga Honda Gold WingSpesifikasi dan Harga Honda Rebel 500Harga Honda Rebel 500

Nah itulah informasi spesifikasi dan harga Honda CB650R yang kami sampaikan kali ini. Mari kita sama-sama menantikan hadirnya CB650R di Indonesia. Semoga nantinya harga Honda CB650R tak lebih dari 200 Juta, sehingga bisa menjadi alternatif selain moge Kawasaki maupun moge Yamaha yang sama-sama menawarkan mesin 4 Silinder bertenaga besar.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi