Harga KTM RC 200 2018 dan Spesifikasi Terbaru

Advertisement

Harga KTM RC 200 – Motor sport dengan body full fairing sangat diminati pecinta otomotif tanah air. Kebanyakan orang lebih memilih motor sport buatan Jepang, seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, maupun Suzuki. Bagi yang berjiwa anti-mainstrem tentu tidak enggan membelinya dan lebih memilih motor asal Eropa yang jarang dimiliki orang lain, sehingga tidak terlihat pasaran.

Ada beberapa motor sport asal Eropa yang bisa masbro pilih, dan salah satunya adalah KTM RC 200. Motor asal Austria ini mengusung mesin lebih besar dibandingkan Yamaha R15, Honda CBR150R, maupun Suzuki GSX-R150. Kelebihan lainnya adalah memiliki desain sporty dan kental dengan nuansa racing layaknya motor balap.

Soal harga tak perlu khawatir, karena harga KTM RC 200 tetap terjangkau. Harganya memang lebih mahal dibandingkan motor sport 150cc yang lebih populer di Indonesia. Walaupun begitu harga KTM RC 200 sebanding dengan spesifikasi serta fitur yang dimilikinya. Terlebih motor ini menawarkan performa mesin yang powerfull dan didukung handling yang ringan saat melibas kerasnya aspal jalan raya.

Advertisement

Pecinta motor sport pasti langsung jatuh cinta pada pandangan pertama saat melihat KTM RC 200. Desainnya begitu keren dengan memadukan rangka tralis dan body full fairing yang sporty. KTM juga melengkapi dengan beragam fitur canggih yang akan memanjakan pengendara KTM RC 200. Nah bagi masbro yang penasaran ingin mengetahui fiturnya, silahkan simak informasi berikut ini.

REVIEW SPESIFIKASI KTM RC 200

Dimensi

Spesifikasi dan Harga KTM RC 200

Bodi Bongsor dan Agresif

Panjang1978 mm
Lebar688 mm
Tinggi1098 mm
Berat154 Kg
Kapasitas Tangki10 Liter
Jarak Sumbu Roda1340 mm
Tinggi Tempat Duduk820 mm
Ground Clearance178.5 mm

KTM sangat jago dalam merancang motor sport. Setiap tipe motor yang mereka pasarkan selalu memiliki desain sporty yang gahar dan berkarakter. Begitu pula dengan KTM RC 200 yang dari segi dimensi memiliki ukuran panjang 1.978 mm, lebar 688 mm, dan tinggi 1.098 mm. Kemudian untuk tinggi joknya berjarak 820 mm dan jarak sumbu rodanya 1.340 mm.

Joknya tergolong cukup tinggi, jadi bagi masbro yang memiliki tinggi dibawah 170cm harus jinjit balet ketika menaikinya. Selain itu, motor ini memiliki bobot seberat 154 kg dan ground clearance 178.5 mm. Dimensinya tergolong besar layaknya motor sport yang memiliki mesin berkapasitas 250cc ke atas. Terlebih KTM melengkapinya dengan tangki berkapasitas 10 Liter yang menjadikannya terlihat semakin bongsor.

Advertisement

Desain

Gambar KTM RC 200

Desain Sporty Bernuansa Racing

Desain fairing KTM RC 200 sangat keren dan menyajikan bentuk fairing yang serba lancip dan dirancang secara khusus agar aerodinamis. Bahkan saking lancipnya, fairing depan KTM RC 200 terlihat mirip moncong bebek. KTM juga melengkapinya dengan lampu depan LED yang memiliki desain berkarakter serta dilengkapi lampu senja.

Tak hanya lampu depan, pada bagian belakang juga menggunakan lampu LED yang memiliki desain modern dan menambah kesan sporty pada tampilan luar KTM RC 200. Menariknya lagi, motor ini memiliki buritan berbentuk lancip yang terlihat memakai single seater, namun sebenarnya merupakan jok busa. KTM sendiri menamai jok belakang RC 200 sebagai Pilion Ride Seat, karena desainnya terlihat menyatu dengan body motor ini.

Baca Juga :  Harga KTM RC 250 2018 : Review & Spesifikasi Terbaru

Setiap sisi KTM RC 200 dibuat secara detail dengan mengedepankan aerodinamika agar bisa melesat cepat. Knalpot motor ini juga unik dengan desain underbelly yang terlihat menyatu dengan fairing samping. Lalu ada pula rangka trailis yang langsung terlihat saat kita memandang RC 200 dari samping. Rangkanya dibalut warna orange senada degan grafis serta velgnya.

Advertisement

Performa Mesin

Performa KTM RC 200

Andalkan Mesin 1 Silinder 200cc

TipeSingle-cylinder, 4-stroke, spark-ignition engine, liquid-cooled
Kapasitas199.5 cc
Tenaga Maksimum25.83 PS @ 10000 rpm
Torsi Maksimum19.2 Nm @ 8000 rpm
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Tipe StarterStarter Elektrik
Tipe TransmsiManual, 6 – Kecepatan
Bore X Stroke72  x 49 mm
Tipe KoplingWet multi-disc clutch, mechanically actuated

Warna orange memang identik dengan motor buatan KTM. Kemudian untuk segi dapur pacu, KTM RC 200 ditenagai mesin 1 Silinder berkapasitas 199.5cc. Mesin tersebut memiliki konfigurasi bore 72 mm dan stroke 49 mm. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 19 kW atau setara 25.83 PS pada 10.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mampu menembus 19.2 Nm pada 8.000 rpm.

Tersedia transmisi manual 6 percepatan dengan starter bertipe electric. Transmisinya sangat responsif dan enteng ketika berpindah dari gigi satu sampai ke gigi enam. Lalu ada pula sistem pendingin Liquid Cooled yang menjadikan mesin selalu adem, meski di geber terus menerus. Sedangkan untuk koplinya memakai kopling bertipe Wet multi-disc clutch, mechanically actuated.

Performanya sebanding dengan harga KTM RC 200 yang notabennya lebih mahal dibandingkan motor sport sekelas Yamaha R15 maupun Honda CBR150R. Kapasitas mesin yang lebih besar menjadi salah satu penyebabnya. Namun bukan itu saja yang membuat performa KTM RC 200 sangat mumpuni, karena masih ada teknologi Fuel Injection yang menjadikan sistem pembakaran lebih sempurna.

Sistem Pengereman

Sistem Pengereman KTM RC 200

Support ABS 2-Channel

Rem DepanDisc brake 300 mm with Four-piston radial fixed calliper
Rem BelakangDisc brake 230 mm with Single-piston floating calliper
Sistem PengeremanBosch 9MB two-channel ABS

Tarikan mesin pada putaran bawah hingga menengah sangat luar biasa. Motor ini bisa berakselerasi dengan sangat cepat hingga kecepatan maksimal 140 km/jam. Untuk menghentikan laju motor ini tentu dibutuhkan sistem pengereman yang mumpuni. Oleh karena itulah KTM melengkapinya dengan sistem pengereman ABS (Anti-Lock Breaking System).

Padahal harga KTM RC 200 cukup terjangkau, namun KTM sudah melengkapinya dengan sistem pengereman terbaik di kelasnya yang menggunakan “Bosch 9MB two-channel ABS”. Agar daya pengeremannya semakin maksimal, KTM juga melengkapinya dengan piringan cakram berdiameter 300 mm yang terpasang pada sisi depan serta 230 mm pada sisi belakang.

Suspensi

Suspensi KTM RC 200

Dibekali Suspensi Empuk dan Nyaman

RangkaSteel trellis frame, powder coated
Suspensi depanWP upside-down Ø 43 mm
Suspensi belakangWP monoshock
Ukuran Ban Depan110/70 R17 (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang150/60 R17 (Tubeless)

Selain teknologi ABS, motor ini sudah menggunakan suspensi Upside Down buatan WP yang memiliki diameter 43mm. Suspensinya sangat canggih dan menjamin kenyamanan dan kestabilan saat berakselerasi pada kecepatan tinggi. Lalu untuk bagian belakang memakai suspensi Monoshock bertipe WP Suspension 4618 EM. Tersedia pula Swingarm dengan material alloy yang ringan, solid, dan kuat.

Tak berhenti sampai disitu saja kelebihannya, karena masih ada ban tubeless yang dipadukan dengan velg ring 17. Ukuran bannya lebih besar dibandingkan motor sekelasnya. Pasalnya motor ini memiliki ban depan berukuran 100/70 dan ban belakang 150/60. Desain velgnya juga keren dan dibalut warna orange yang menjadi ciri khas motor buatan KTM.

Baca Juga :  Harga Vespa 946 Red 2018 dan Spesifikasi Terbaru

Harga KTM RC 200 yang terjangkau tak mengurangi niatan KTM untuk menyajikan teknologi terbaiknya pada motor ini. Terbukti KTM RC 200 sudah dilengkapi instrument cluster LCD yang bisa menampilkan informasi secara lengkap, seperti sisi bahan bakar, speedometer, odometer, gear postion, dan indikator RPM alert untuk memberitahukan perpindahan gigi secara optimal.

DAFTAR HARGA KTM RC 200 TERBARU

Harga KTM RC 200 Terbaru

Berapakah Harga KTM RC 200 di Indonesia ?

Harga KTM RC 200 Baru

Harga BaruRp. 43.500.000

Dengan spesifikasi dan fitur canggih yang dimilikinya, KTM membanderol RC 200 dengan harga Rp. 43.5 Jutaan (OTR Jakarta). Harga KTM RC 200 memang sebanding dengan fitur serta spesifikasinya. Motor ini juga memiliki desain sangat keren dan performa mesin 200cc yang mampu menghasilkan tenaga dan torsi melimpah. Sayangnya dealer KTM tak sebanyak motor asal Jepang, sehingga sebagian orang kesulitan membelinya.

Harga KTM RC 200 Bekas

Harga BekasRp. 31 Jutaan – Rp. 34 Jutaan

Apabila harga KTM RC 200 baru terlalu mahal, maka masbro bisa membeli KTM RC 200 bekas yang rata-rata merupakan produk keluaran tahun 2017. Saat ini harga KTM RC 200 bekas dibanderol sekitar Rp. 31 Jutaan sampai Rp. 34 Jutaan. Harganya tergantung dari kondisi motor, jadi wajar apabila setiap penjual mematoknya dengan harga berbeda-beda.

KESIMPULAN KELEBIHAN & KEKURANGAN

Fitur KTM RC 200

Fitur KTM RC 200

Kelebihan

  • Desain sporty dengan lekukan body tajam yang membuat tampilan motor ini semakin berkarakter dan terkesan agresif
  • Ditenagai mesin 200cc yang responsif dan bisa mengeluarkan tenaga serta torsi cukup besar
  • Mesinya sudah dilengkapi teknologi Fuel Injection
  • Menjadi motor sport termurah yang memakai teknologi ABS di Indonesia
  • Suspensinya sudah memakai Upside Down dan didukng suspensi belakang Monoschock yang meningkatkan kestabilan motor ini
  • Tersedia ban berukuran besar yang menjadikan grip lebih baik
  • Handling terasa sangat ringan, meski bodinya terlihat besar
  • Harga KTM RC 200 sebanding dengan teknologi serta fiturnya
  • Dilengkapi speedometer full digital yang modern
  • Semua lampunya sudah menggunakan teknologi LED

Kekurangan

  • Mesin yang dipakainya belum 2 Silinder
  • Tempat duduknya cukup tinggi
Baca Juga Harga Motor KTM Lainnya
Harga KTM Duke 200Harga KTM Duke 200Harga KTM Duke 250Harga KTM Duke 250
 Harga Terbaru : Daftar Harga Motor KTM

Andai saja setiap kota ada dealer KTM, tentu peminat motor ini semakin besar. Banyak orang ragu membelinya karena khawatir soal layanan purna jual, seperti service dan ketersediaan spare part. Hal ini tidak lepas dari sedikitnya dealer KTM yang menjadikan kekhawatiran saat ingin service rutin. Semoga kedepannya diealer KTM semakin banyak dan merata di seluruh Indonesia, sehingga kita tak perlu bingun saat ada kendala pada motor ini.

Sebagian orang mungkin beranggapan harga KTM RC 200 terlalu mahal. Yah, harga KTM RC 200 memang lebih mahal dibandingkan motor 150cc sekelas Honda CBR150R dan Yamaha R15. Namun dari segi kualitas kami akui lebih baik, dan dilengkapi teknologi lebih canggih dengan hadirnya sistem pengereman ABS yang tak dimiliki motor 150cc tersebut. Bagaimana, apakah masbro tertarik membelinya setelah menyimak ulasan spesifikasi dan harga KTM RC 200 di atas ?

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi