Review Mobil

14 Kelebihan dan Keunggulan Suzuki S-Presso

Otomotifo.com – Suzuki S-Presso menjadi salah satu mobil terbaik di Indonesia yang bisa sobat dapatkan dengan harga 100 Jutaan. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di India pada tahun 2019 sebagai mobil city car. Selang beberapa tahun sejak peluncurannya di India, akhirnya Suzuki S-Presso resmi dirilis di Indonesia pada ajang GIIAS 2022.

Mobil ini langsung mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia karena memiliki beragam keunggulan yang tidak dimiliki mobil sekelasnya. Salah satu keunggulan Suzuki S-Presso adalah harganya yang terjangkau. Mobil ini banderol lebih murah dibanding Suzuki Ignis yang terlebih dahulu dipasarkan di Indonesia.

Selisih harga antara Suzuki S-Presso dan Ignis cukup banyak. Meski lebih murah, namun fitur mobil ini tidak kalah lengkap dan canggih. Suzuki S-Presso dilengkapi fitur keselamatan dan kenyamanan yang lengkap sehingga layak bersaing melawan Ignis maupun mobil 100 Jutaan lainnya seperti Honda Brio, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan beragam tipe mobil lainnya.

Selain harga terjangkau dan fitur yang lengkap, Suzuki S-Presso juga memiliki kelebihan dari segi desain dan performa. Namun sayang kapasitas mesinnya cukup kecil, hanya 998cc. Meskipun begitu, mobil ini tetap mampu memberikan performa yang baik dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Wajar jika mobil ini memiliki beberapa kekurangan. Namun semua kekurangan tersebut akan tertutupi oleh berbagai kelebihan yang menjadi keunggulan Suzuki S-Presso untuk bersaing melawan mobil 100 Jutaan sekelasnya. Nah untuk mengetahui apa saja keunggulan mobil ini, silahkan simak artikel otomotifo.com berikut ini.

Kelebihan dan Keunggulan Suzuki S-Presso

Keunggulan Mobil Suzuki S-Presso

1. Desain Eskterior Sporty dan Tangguh

Desain tangguh, sporty, dan stylish, menjadi salah satu keunggulan Suzuki S-Presso untuk bersaing melawan city car lainnya. Mobil ini memiliki dimensi compact yang nyaman saat dipakai melintasi berbagai medan jalan. Dimana dimensinya memiliki ukuran panjang 3.565mm, lebar 1.520mm, dan tinggi 1.565mm. Sedangkan sumbu rodanya berjarak 2.380mm.

Dimensi mobil Suzuki S-Presso sangat ideal untuk digunakan sebagai city car yang sering melewati jalanan macet dan sempit. Selain itu, mobil ini juga mampu melintasi medan yang tidak rata dengan baik karena memiliki ground clerance lebih tinggi dibanding mobil city car pada umumnya.

Ground Clerance mobil ini mencapai 180mm sehingga membuatnya mampu melewati medan yang tidak rata dengan mudah dan nyaman. Ground clearance yang tinggi juga memberikan keuntungan saat melewati jalan yang berlubang atau jalanan yang rusak, sehingga mobil tidak mudah terhenti atau terjebak.

Selain itu, ground clearance yang tinggi juga membuat tampilan eksterior Suzuki S-Presso terlihat lebih gagah dan sporty. Terlebih Suzuki melengkapinya dengan berbagai fitur tambahan seperti bumper depan dan belakang yang dilengkapi Skid Plate berwarna silver yang memberikan kesan tangguh, layaknya mobil SUV.

Di sisi lain, mobil ini telah dilengkapi dengan lampu depan yang memiliki desain modern dan elegan. Sedangkan di bagian belakang, terdapat lampu belakang yang juga terlihat modern dan stylish. Namun sayang lampunya belum mengadopsi teknologi LED.

Meskipun lampu pada Suzuki S-Presso belum menggunakan teknologi LED, Suzuki tetap memberikan fitur-fitur yang fungsional seperti Rear Spoiler dengan High Mount Stop Lamp serta Rear Defogger.

Rear Spoiler dengan High Mount Stop Lamp berfungsi sebagai pemberi sinyal kepada pengendara di belakang mobil saat melakukan pengereman mendadak. Sementara itu, Rear Defogger berfungsi untuk membersihkan embun atau kaca yang berkabut di bagian belakang mobil.

2. Dashboard Canggih dan Unik

Beralih ke bagian interior, mobil berkapasitas 4 penumpang ini memiliki kabin yang cukup luas dan nyaman. Pada bagian depan kabin terdapat dashboard dengan desain modern dan stylish yang memudahkan pengguna mengakses berbagai fitur yang tersedia pada Suzuki S-Presso.

Yang membuat dashboard Suzuki S-Presso terlihat unik adalah penempatan instrument cluster di bagian tengah dashboard. Hal ini berbeda dengan mobil pada umumnya yang biasanya menempatkan instrument cluster di balik setir kemudi.

Pada dashboard tersebut telah terpasang spedometer digital yang memberikan informasi berkendara secara lengkap. Kemudian di bawahnya terpasang Head Unit touch screen berukuran 7 inci yang bisa digunakan untuk menikmati beragam konten multimedia.

Posisi Head Uni tepat di tengah-tengah dashboard yang dibuat menjadi bentuk lingkaran sehingga memberikan kesan lebih unik dan modern. Selain itu, Suzuki juga menyediakan fitur steering switch control yang ada di roda kemudi untuk mengontrol Head Unit tanpa perlu menyentuh layar.

Selain itu, pada bagiah dashboard telah terpasang tombol pengaturan A/C dengan Heater serta tombol untuk mengaktifkan defogger yang berguna untuk menghilangkan embun di kaca belakang. Lalu ada pula fitur Port USB yang bisa diakses secara mudah untuk mengisi daya gadget saat berkendara.

3. Kabin Luas dan Nyaman

Kabin Suzuki S-Presso

Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan mobil tipe SUV, Suzuki S-Presso memiliki ruang kabin yang cukup luas. Desain interiornya yang modern dan ergonomis menjadikan mobil ini terasa lapang dan nyaman untuk dikendarai dalam perjalanan jarak pendek maupun jarak jauh.

Bagian kabin belakang Suzuki S-Presso juga cukup luas, sehingga pengemudi dan penumpang dapat duduk dengan nyaman tanpa merasa sesak. Bagian bagasi mobil juga terbilang cukup lapang dan dapat menampung banyak barang. Jika membutuhkan ruang tambahan untuk membawa barang, jok belakang dapat dilipat untuk memberikan lebih banyak ruang penyimpanan.

Selain itu, Suzuki S-Presso dilengkapi dengan banyak area penyimpanan yang memudahkan pengemudi dan penumpang untuk menempatkan barang-barang kecil selama berkendara. Area penyimpanan ini terdapat di beberapa tempat seperti di bagian dasbor, samping pintu, dan bagian bawah jok. Hal ini memudahkan pengemudi dan penumpang untuk mengakses barang-barang kecil seperti ponsel, kunci, atau benda-benda kecil lainnya.

4. Mesin 1.0L 3 Silinder Yang Hemat Bahan Bakar

Fitur Suzuki S-Presso

Suzuki S-Presso menawarkan keunggulan pada kapasitas mesin yang memungkinkan penggunaan bahan bakar lebih irit. Mobil compact ini dilengkapi mesin K10B dengan konfigurasi tiga silinder berkapasitas 988 CC, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 45 kW atau 5500 RPM serta torsi hingga 89 Nm atau 3500 RPM.

Dengan bobot yang lebih ringan sekitar 1.170 kg, Suzuki S-Presso dapat memberikan akselerasi yang responsif dan lincah ketika digunakan. Meskipun kapasitas mesinnya terbilang kecil, namun tenaga dan torsi sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan berkendara sehari-hari dan memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit.

Salah satu fitur yang membuat mobil ini lebih efisien adalah adanya fitur Engine Auto Start Stop. Fitur ini mematikan mesin secara otomatis ketika mobil berhenti di persimpangan atau lampu merah, dan menghidupkannya kembali saat pedal gas diinjak kembali. Hal ini dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan menghemat biaya bahan bakar bagi penggunanya.

5. Tangguh Di Segala Medan

Desain Suzuki S-Presso

Ground clearance pada mobil Suzuki S-Presso mencapai 180 mm, yang membuatnya memiliki ground clearance yang layaknya mobil SUV. Hal ini memungkinkan mobil ini untuk melintasi medan yang tidak rata dan melewati jalan-jalan yang rusak tanpa khawatir mobil akan terdampar atau tergores.

Ground clearance yang tinggi juga sangat berguna ketika mobil melewati jalan yang berlubang, sehingga tidak akan mengenai bagian bawah mobil. Selain itu, ground clearance yang tinggi juga membantu mengurangi risiko terjadinya kerusakan pada bagian bawah mobil ketika melewati jalan yang berbatu atau berbatu kerikil.

6. Sudah Dilengkapi ABS + EBD

Suzuki S-Presso sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik, termasuk ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution). Sistem ABS dapat mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak, sehingga pengemudi tetap dapat mengendalikan mobil dengan baik dan menghindari terjadinya kecelakaan.

Sementara itu, EBD membantu memperbaiki distribusi tenaga pengereman antara roda depan dan belakang. Hal ini memastikan pengereman yang lebih efektif dan merata, sehingga meminimalkan kemungkinan terjadinya gesekan berlebihan pada ban dan memperpanjang umur pakai komponen rem.

Kedua sistem keamanan ini bekerja sama untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman bagi pengemudi dan penumpang Suzuki S-Presso. Hadirnya kedua fitur tersebut bisa menjadi bukti bahwa Suzuki sangat memperhatikan keselamatan pengendara mobil ini.

7. Tersedia Fitur ESP

ESP atau Electronic Stability Program adalah sebuah teknologi yang berfungsi untuk membantu pengemudi mengontrol mobil pada saat terjadi kehilangan traksi atau stabilisasi kendaraan yang kurang baik.

Dalam mobil Suzuki S-Presso, fitur ESP digunakan untuk membantu pengemudi mengontrol mobil ketika terjadi situasi darurat, seperti saat melakukan pengereman mendadak atau melintasi tikungan yang tajam.

Fitur ESP ini bekerja dengan cara memonitor gerakan mobil melalui sensor dan membandingkannya dengan kondisi ideal mobil dalam kecepatan tertentu. Jika terdapat perbedaan antara gerakan mobil dengan kondisi ideal, ESP akan mengintervensi kinerja mesin dan rem untuk mengembalikan mobil pada posisi yang lebih stabil.

8. Dilengkapi Dual SRS Airbag

Semua tipe Suzuki S-Presso telah dilengkapi fitur Dual SRS Airbag. Fungsinya adalah untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari cedera saat terjadi benturan atau kecelakaan. Dual SRS Airbag pada Suzuki S-Presso berarti terdapat dua airbag yang terpasang di mobil, satu untuk pengemudi dan satu lagi untuk penumpang di sisi depan.

Ketika terjadi benturan, sensor pada mobil akan mendeteksi kecepatan mobil dan arah benturan. Kemudian, sistem pengontrol airbag akan mengirimkan sinyal ke inflator untuk memicu pengembangan airbag dalam hitungan detik. Hal ini bertujuan untuk mengurangi cedera yang mungkin dialami pengemudi dan penumpang.

9. Memiliki Fitur Hill Hold Control

Bagi yang membeli tipe AGS akan mendapatkan fitur Hill Hold Control. Fitur tersebut hanya terdapat pada tipe AGS yang dibanderol sedikit lebih mahal. Fungsinya adalah untuk mengunci rem saat mobil berhenti di tanjakan dan mencegah mobil bergeser mundur saat pengemudi ingin memulai lagi dari posisi berhenti.

Fitur ini sangat membantu bagi pengemudi yang sering mengendarai mobil di jalanan perkotaan yang memiliki banyak tanjakan dan kemacetan. Selain itu, Hill Hold Control dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan akibat mobil bergeser mundur saat berada di tanjakan.

10. Mengadopsi Heartect Platform

Heartect Platform adalah platform dasar yang digunakan oleh Suzuki S-Presso dan beberapa mobil Suzuki lainnya. Platform ini dikembangkan untuk memberikan kinerja yang lebih baik, pengendalian yang lebih stabil, dan keselamatan yang lebih baik bagi pengendara dan penumpang.

Heartect Platform memiliki struktur yang lebih kokoh dan ringan, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar dan manuverabilitas mobil. Platform ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih yang memungkinkan mobil untuk mengurangi kebisingan, getaran, dan kekasaran saat berkendara.

Selain itu, Heartect Platform dirancang untuk memberikan perlindungan yang lebih baik pada tabrakan. Platform ini dilengkapi dengan sistem penyerap energi yang dapat menyerap energi tabrakan dengan lebih baik dan mengurangi risiko cedera pada pengemudi dan penumpang.

11. Sudah ada Rear Parking Sensor

Fitur Suzuki S-Presso

Untuk melengkapi fitur keamanan, Suzuki menyediakan fitur Rear parking sensor atau sensor parkir belakang. Fitur ini sangat berguna untuk membantu pengemudi saat melakukan parkir mundur atau saat memarkirkan mobil di tempat yang sempit.

Rear parking sensor bekerja dengan menggunakan sensor ultrasonik yang dipasang di bagian belakang mobil. Sensor tersebut akan mendeteksi adanya objek atau halangan di sekitar mobil saat melakukan parkir mundur. Jika ada objek atau halangan yang terdeteksi, maka akan muncul peringatan suara

Suzuki S-Presso juga dilengkapi dengan mini fire extinguisher sebagai bagian dari fitur keselamatan. Fitur ini berguna untuk membantu memadamkan kebakaran kecil di dalam mobil. Mini fire extinguisher ini mudah dijangkau dan diletakkan di dalam kabin mobil untuk keamanan pengemudi dan penumpang.

12. Kaki-Kaki Nyaman

Suzuki S-Presso

Untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara, mobil ini dilengkapi suspensi McPherson Strut di bagian depan dan suspensi torsion beam di bagian belakang. Kombinasi ini mampu memberikan kenyamanan saat melewati jalan yang bergelombang atau berlubang.

Selain itu, suspensi yang nyaman juga meminimalisir guncangan saat melintasi jalan yang tidak rata, sehingga pengemudi dan penumpang tetap merasa nyaman selama perjalanan.

Kemudian untuk bagian pengereman telah terpasang rem depan cakram dan rem belakang tromol. Selain itu, Suzuki S-Presso memiliki velg alloy dengan ban berukuran 165/70R14. Desain velg-nya cukup keren dan bisa menambah kesan sporty pada tampilan luar mobil ini.

13. Harga Suzuki S-Presso Cukup Terjangkau

Kabin Suzuki S-Presso

Salah satu keunggulan utama mobil ini adalah harganya sangat terjangkau. Dengan harga 100 Jutaan, sobat bisa mendapatkan mobil city car yang memiliki desain tangguh layaknya mobil SUV. Fitur keselamatan, keamanan, dan kenyamanan yang tersedia juga sangat lengkap sehingga bisa bersaing melawan mobil 100 Jutaan sekelasnya.

Performa mesin yang irit juga bisa menjadi alasan utama membeli mobil ini. Bagi yang tertarik membeli Suzuki S-Presso bisa datang langsung ke dealer mobil Suzuki terdekat dan jangan ragu untuk terlebih dahulu melakukan Test Drive agar bisa langsung merasakan kenyamanan dan kehebatan Suzuki S-Presso.

Ada dua tipe yang bisa dipilih, yakni Manual dan AGS. Tipe AGS dibanderol sedikit lebih mahal karena sudah dilengkapi fitur Hill Hold Control. Adapun harganya adalah sebagai berikut:

  1. Tipe MT : Rp. 168.300.000
  2. Tipe AGS : Rp. 178.300.000

Kesimpulan

Seperti yang sobat lihat di atas, ada banyak sekali keunggulan dan kelebihan yang dimiliki Suzuki S-Presso. Nah untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai mobil ini, silakan kunjungi situs resmi www.suzuki.co.id atau datang langsung ke dealer mobil Suzuki terdekat.

Sebelum memutuskan membelinya, kami sarankan untuk terlebih dahulu melakukan Test Drive. Hal ini penting dilakukan agar bisa secara langsung mencoba semua keunggulan Suzuki S-Presso yang telah kami sampaikan pada artikel otomotifo.com di atas.