Manfaat Asuransi Mobil : Pengertian, Jenis & Biaya

Advertisement

Manfaat Asuransi Mobil – Mobil, menjadi salah satu jenis alat transportasi penting bagi anda untuk beraktivitas jauh dari rumah. Walaupun ada berbagai jenis kendaraan umum, tentu saja memiliki alat transportasi sendiri akan memberikan kemudahan dalam mobilitas. Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, memiliki sebuah kendaraan pribadi juga akan memudahkan pekerjaan anda.

Bentuk perawatan mobil yang paling sering dilakukan adalah menjaganya agar selalu baik dan layak pakai. Salah satu bentuk perawatan tersebut adalah dengan asuransi mobil. Produk asuransi ini akan menjamin kerusakan mobil anda. Seperti apa manfaat asuransi mobil? Pembahasannya akan ada di bawah, namun sebelumnya kita perlu mengetahui dulu pengertian asuransi mobil.

Apa Itu Asuransi Mobil ?

Pengertian Asuransi MobilAsuransi memiliki definisi sebagai suatu perjanjian dengan seorang penanggung membuat ikatan dengan seorang tertanggung dengan menerima suatu premi untuk memberikan penggantiannya karena suatu kerusakan, kerugian atau kehilangan yang mungkin dialami penaggung karena peristiwa yang tak terduga.

Untuk asuransi mobil sendiri ditujukan tentu saja untuk perlindungan mobil yang kita miliki dari berbagai ancaman kerugian seperti kecelakaan, pencurian mobil atau kerusakan pada bagian mobil. Hal ini dimaksudkan jika mobil telah diasuransikan, maka sebagai pemilik kita merasa aman dan tenang saat akan bepergian kemana-mana.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Jenis Jenis Asuransi Mobil

1. Asuransi Gabungan (Comprehensive All Risk)

Ada tiga jenis asuransi mobil yang bisa anda pilih, yaitu yang pertama adalah Auransi Gabungan. Asuransi jenis ini menjamin keruhian akibat dari kecelakaan besar atau kecil. Bahkan Asuransi Gabungan juga menjamin kehilangan perlengkapan tambahan dengan kerusakan mobil atau kendaraan hilang.

2. Asuransi Kerugian Total (Total Loss Only)

Asuransi jenis kedua adalah Asuransi Kerugian Total, yakni asuransi yang menjamin kerugian akibat kecelakaan dengan minum 57 persen dari harga pertanggungan atau kendaraan hilang. Intinya, asuransi ini hanya diberikan 75 persen dari harga mobilnya. Patokan 75 % diambil karena mobil dipastikan tidak dapat diigunakan lagi

3. Perluasan Asuransi

Perluasan asuransi ini diterapkan pada kasus tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga dan penumpang, huru-hara, atau bencana alam yang terjadi.

Apa Saja Manfaat Asuransi Mobil ?

Manfaat Asuransi Mobil

Manfaat Asuransi Mobil

Setelah mengetahui jenis-jenis asuransi mobil, sekarang giliran kita membahas mengenai manfaat asuransi mobil. Ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan, dan untuk mengetahuinya silahkan simak informasi otomotifo.com berikut ini.

1. Membayar Lebih Murah untuk Keuntungan Lebih Besar

Asuransi mobil dinilai sangat penting karena hal tersebut membebaskan kita dari biaya tak terdua saat terjadi suatu insiden yang merugikan kendaraan kita. Asuransi adalah tindakan berjaga-jaga atau preventif (mencegah) yang kita lakukan untuk mobil. Seperti kita tahu, selalu ada saja ketakutan yang menyerang kita tentang bahaya kecelakaan yang menimpa mobil.

Asuransi mobil juga diperlukan untuk melindungi kendaraan dari beberapa kondisi seperti pengrusakan dan lain-lain. Selain itu, asuransi mobil mampu menyelamatkan ‘kantong’ kita jika hal-hal yang merugikan mobil kita tersebut sudah terjadi. Jika tidak diasuransikan dan telah terjadi hal merugikan kepada mobil kita, maka sangat banyak uang yang dikeluarkan untuk mengganti mobil kita.

Baca Juga :  Biaya Service AC Mobil Untuk Semua Kerusakan

2. Melindungi Mobil dari Risiko Kerusakan

Manfaat Asuransi Mobil yang kedua adalah melindungi mobil dari risiko kerusakan. Manfaat ini masih berhubungan dengan manfaat pertama di atas. Seperti disinggung sebelumnya, kita tidak akan pernah tahu yang akan terjadi pada mobil kita di masa yang akan datang. Terkadang, mobil juga bisa mengalami kerusakan walau suidah berhati-hati dalam mengemudi.

Anda bisa saja mengalami kecelakaan di jalan, baik itu kecelakaan besar maupun kecil. Untuk mengembalikan mobil seperti semula, maka dibutuhkan sejumlah uang untuk biaya penggantiannya. Dengan asuransi mobil, maka biaya penggantian mobil rusak akan lebih murah dibanding di pasaran. Dengan asuransi mobil pula anda bisa menerima klaim pasca-kecelakaan yang dikeluarkan perusahaan asuransi.

3. Melindungi Mobil dari Risiko Pencurian

Sebagai pemilik mobil, kewajiban kita adalah menjaga keberadaannya. Jangan sampai karena kita lengah, mobil hilang karena dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Cara yang biasa dilakukan adalah memasang alarm untuk mendeteksi pencuri dan alat pengaman. Selain itu, anda juga bisa mendaftarkan pada asuransi mobil.

Pasalnya, walaupun sudah dipasang berbagai alat pengaman, risiko pencurian akan tetap ada. Kembali lagi kita seperti pembahasan awal, jika kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada mobil kita. Makah al yang bisa dilakukan adalah mengikuti asuransi mobil. Perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah uang dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati, bila mobil anda telah dicuri.

4. Menanggung Kerusakan Mobil Lain yang Anda Rusakkan

Menanggung kerusakan mobil lain yang anda rusakkan juga menjadi salah satu manfaat asuransi mobil. Selain biaya kerusakan mobil sendiri, anda juga bisa menggunakan asuransi untuk mengganti kerugian mobil orang lain yang anda rusakkan. Anda tak perlu lagi memikirkan jumlah yang harus dibayarkan untuk mengganti kerusakan “dia” yang anda celakai.

5. Manfaat Asuransi Mobil  Sebagai Sarana Investasi

Asuransi mobil juga bisa menjadi sarana investasi yang bagus untuk ke depannya. Asuransi menjadi pilihan tepat bagi anda yang ingin melindungi mobil sekaligus menabung, Cari tahu lebih dalam soal pertanggungan asuranis, maka anda bisa mendapat keuntungan dari situ.

6. Mendapat Ketenangan Dalam Berkendara

Perasaan tenang akan didapat oleh anda jika sudah mengikuti asuransi mobil. Adanya asuransi mobil setidaknya dapat melindungi diri anda dari scenario terburuk berada di jalanan, yaitu mengalami kecelakaan. Jika kita mengalami kecelakaan dan merugikan mobil, setidaknya ada uang yang telah meng-cover urusan tersebut.

Banyak dari kita yang kurang peduli dengan asuransi mobil, kini beralih ingin bergabung dengannya karena jika dihitung-hitung, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar dibandingkan dengan saat terkena kecelakaan nantinya.

Biaya Asuransi

Biaya Asuransi MobilSetelah mengetahui berbagai manfaat asuransi mobil seperti yang sudah dijelaskan, kemudian perlu diketahui juga berapa biaya (premi) yang harus dibayarkan untuk mendapatkan sebuah asuransi mobil. Besarnya harga premi yang dibayarkan akan berdasarkan beberapa pertimbangan, antara lain:

1. Harga dan Jenis Mobil

Jenis mobil menjadi pertimbangan pertama dalam menentukan biaya premi asuransi. Adapun jenis kendaraan dibagi menjadi tiga yakni kendaraan non-truk dan bus, kendaraan truk dan bus, dan kendaraan roda dua. Pembagian kendaraan ini berlaku untuk jenis Asuransi Kerugian Total (Total Loss Only) dan Asuransi Gabungan (All Risk Comprehensive).

2. Lokasi Pertanggungan

Lokasi yang ditempati oleh oenanggung menjadi pertimbangan selanjutnya. Lokasi pertanggungan dibagi menjadi 3, yakni lokasi 1, 2 dan 3. Lokasi 1 terdiri dari Semua wilayah propinsi di pulau Sumatra, lokasi 2 mencakup wilayah di pulau Jawa dan lokasi 3 mencakup wilayah yang tidak tercantum pada lokasi 1 dan 2.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Mesin Motor Yang berkarat Agar Mengkilap

3. Usia Kendaraan

Satu hal lagi yang menjadi pertimbangan terakhir adalah usia kendaraan pada saat masuk atau diajukan ke pihak asuransi. Kebijakannya akan berbeda tergantung dari peraturan dari perusahaan asuransi itu sendiri. Biasanya semakin tua usia kendaraan, maka semakin mahal harga premi yang ditentukan.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Velg CometLama Cas Aki Mobil
Biaya Service AC MobilPenyebab AC Mobil Bau

Penjelasan mengenai manfaat asuransi mobil telah kita singgung, Menjaga mobil adalah salah satu bentuk proteksi aset yang anda miliki. Ini merupakan hal penting yang akan berdampak pada keselamatan jiwa, keuangan pribadi dan orang lain. Mengingat manfaat asuransi mobil sangat penting, maka lebih baik kita langsung mendaftar setelah membeli mobil baru.

Namun apabila membeli mobil baru secara kredit, biasanya sudah termasuk asuransi. Jadi kita tak perlu lagi mendaftar asuransi mobil selama masa kredit berlangsung. Nah sekian informasi otomotifo.com kali ini, semoga artikel mengenai manfaat asuransi mobil di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

5/5 (2 Reviews)
Advertisement