Penyebab AC Mobil Bau : Solusi dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Penyebab AC Mobil Bau – Ada beberapa faktor yang menyebabkan AC mobil bau, baik masalah teknis maupun non-teknis. Yang pasti, AC mobil bau akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara, sehingga penumpang dan supir tak betah berlama-lama di dalam kabin mobil.

Cara mengatasi AC mobil bau sebenarnya cukup gampang. Namun sebelum itu, kita harus mengetahui apa yang menyebabkan AC mobil mengeluarkan bau apek, asem, ataupun bau tak sedap lainnya. Apabila dibiarkan saja, tentu kenyamanan berkendara harus dikorbankan.

AC sendiri bertugas untuk menjaga sirkulasi udara di dalam kabin mobil, sehingga mobil tetak sejuk dan nyaman dikendarai. Tanpa adanya AC, mobil akan terasa pengap dan bisa menyebabkan kaca mengembun saat berkendara di kondisi hujan.

Mengingat akan pentingnya AC mobil, maka kita harus selalu menjaganya sehingga tidak mengeluarkan bau tak sedap serta sirkulasi udara tetap lancar. Nah bagi yang saat ini sedang mengalami masalah pada AC dikarenakan mengeluarkan bau tak sedap, maka silahkan simak penyebabnya dibawah ini.

Solusi dan Penyebab AC Mobil BauPenyebab AC Mobil Bau Saat Dinyalakan

1. Kabin Mobil Kotor

Area kabin mobil yang kotor menjadi salah satu penyebab AC mobil bau. Pasalnya AC mobil bekerja dengan cara mengisap udara melalui blower, lalu udara yang dihisap akan disirkulasikan kembali melalui evaporator, dan setelah itu udara sejuk akan keluar melalui register AC.

Walaupun udara yang masuk ke evaporator telah disirkulasikan, namun bauk tak sedap akan keluar saat udara dihembuskan kembali. Biasanya hal ini dikarenakan banyaknya debu dan kotoran yang menempel di area kabin, seperti di lantai, dashboard, bagasi, jok, bagasi dan bagian-bagian penting lainnya.

Solusinya adalah dengan membersihkan kabin mobil secara teratur dan pastikan tidak ada debu dan kotoran yang menempel pada area kabin mobil. Untuk menghilangkannya, masbro bisa menggunakan vacuum cleaner dan jangan lupa mencuci karpet mobil.

2. Sisa Makanan

Penyebab AC mobil bau selanjutnya adalah sisa makanan yang lupa kita keluarkan dari dalam kabin mobil. Sisa makanan maupun miniuman tersebut akan mengeluarkan bau tak sedap yang apabila dibiarkan saja, maka membuat AC mengeluarkan bau.

Jadi saat masbro keluar dari mobil, pastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal. Sisa makanan yang jatuh ke lantai mobil ataupun jok juga harus segera dibersihkan agar nantinya sirkulasi udara yang dikeluarkan AC tetap segar dan tidak mengeluarkan bau tak sedap.

3. Evaporator AC Berjamur

Evaporator AC merupakan salah satu komponen AC yang berada dibawah Dashboard. Fungsinya adalah untuk mendinginkan udara dan mengurangi kelembababan udara di dalam kabin mobil. Nah salah satu masalah yang sering terjadi pada Evaporator adalah berjamur.

Jika Evaporator berjamur, maka bisa menyebabkan AC mengeluarkan bau asam (kecut). Jamur tersebut bisa timbul karena kelembaban pada Evaporator ataupun karena kotoran. Solusinya adalah dengan membersihkan Evaporator sampai jamur hilang sepenuhnya.

Jika bingung cara membersihkan Evaporator, masbro bisa meminta bantuan ke tukang service AC mobil yang sudah berpengalaman. Biayanya juga tak terlalu mahal, hanya sekitar 100 Ribuan atau bahkan bisa jauh lebih murah, karena tergantung tingkat kesulitannya.

Baca Juga :  Cara Membuat Motor Drag Kencang Untuk Balapan

4. Udara Luar Masuk Ke Kabin Mobil

Walaupun masalahnya cuma sepele, namun udara luar yang masuk ke kabin mobil bisa menjadi penyebab AC mobil bau. Biasanya hal ini terjadi karena masbro lupa menutup kaca mobil atau salah menggunakan mode AC yang menyebabkan udara luar masuk ke kabin mobil.

Pada umumnya ada dua mode sirkulasi udara mobil, yakni mode AC standar dan mode refresh yang mengambil udara dari luar, kemudian disirkulasikan ke dalam kabin mobil. Nah apabila berada di mode refresh, maka bau asap knalpot dari mobil lain bisa masuk ke dalam kabin mobil.

Cara Mengatasi AC Mobil Bau

5. Filter AC Kotor

Selain karena masalah Evaporator, penyebab AC mobil bau adalah karena Filter AC kotor. Pasalnya udara akan terlebih dahulu disirkulasikan melalui filter AC sebelum masuk ke register AC. Jadi apabila Filter AC kotor, maka menyebabkan bau filter ikut keluar bersamaan dengan udara dari register AC.

Filter yang kotor bisa menyebabkan AC mengeluarkan bau apek. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan kotoran yang menempel pada filter AC, sehingga sirkulasi udara bisa sempurna.  Masbo bisa menggunakan jasa tukang service AC, karena posisi filter AC berada ditempat yang susah dibersihkan.

6. Jok Basah

Rara-rata mobil mewah menggunakan jok berbahan kulit. Material premium tersebut bisa mengeluarkan bau tak sedap apabila basah. Alhasil udara yang dikeluarkan AC mobil akan terasa bau, meski sumber utamanya berasal dari jok basah.

Banyak orang beranggapan bahwa AC mobil mengalami kerusakan saat udara didalam kabin mobil berbau tak sedap. Padahal penyebab AC mobil bau bisa berasal dari masalah non-teknis seperti jok basah ataupun masalah lainnya seperti yang kami sampaikan di atas.

7. Freon Bocor / Habis

Kinerja AC mobil sangat bergantung terhadap Freon. Freon sendiri merupakan cairan yang diisikan pada sistem AC. Nah saat Freon bocor, maka akan menimbulkan aroma yang tak sedap ke dalam kabin mobil dan biasanya ditandai dengan gejala AC mobil kurang dingin.

Aroma yang ditimbulkan Freon bocor berbeda dengan aroma lainnya. Apabila masbro mengalami hal serupa, kami sarankan untuk segera datang ke tempat service AC mobil agar segera diperbaiki, sehingga masalah penyebab AC mobil bau tersebut bisa teratasi.

Solusi Mengatasi AC Mobil Bau

8. Grille AC Kotor

Grille AC bisa dikatakan sebagai lubang keluarkan udara pada AC mobil. Sering kali bagian tersebut berdebu, sehingga saat AC mobil dinyalakan akan keluar bau apek ataupun bau tak sedap lainnya yang otomatis akan mengurangi kenyamanan berkendara

Agar hal tersebut tak terjadi, maka masbro harus membersihkan bagian Grille AC sampai tidak ada kotoran yang terisa. Cara membersihkannya sangat gampang, cukup dilap dengan kain basah atau menggunakan vacuum cleaner.

9. Salah Memilih Parfum Mobil

Salah satu cara menjaga kesegaran kabin mobil adalah dengan menggunakan parfum mobil. Nah apabila terbiasa memakai parfum mobil, dan tiba-tiba parfum habis, maka kabin mobil akan terasa kurang segar dan menyebabkan bau tak sedap.

Pemakaian parfum mobil dalam jangka panjang juga tak baik, terutama parfum-parfum murah yang kualitasnya dibawah rata-rata. Pasanya partikel parfum tidak dapat terurai, sehingga menempel pada evaporator yaang menjadikan evaporator cepat kotor, lembab, dan bisa berjamur.

Kami sarankan untuk memilih parfum mobil berkualitas yang kami rekomendasikan pada artikel berikut ini “Parfum Mobil Terbaik“.  Ada harga pasti ada kualitas, jadi jangan heran apabila pengharum mobil terbaik rata-rata dibanderol cukup mahal.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Mesin Motor Yang berkarat Agar Mengkilap

10. Memarkir Mobil Di Tempat Panas

Penyebab AC mobil bau yang jarang diketahui adalah memarkir mobil di tempat yang panas. Hal ini bisa terjadi karena udara di dalam mobil juga ikut panas. Solusinya adalah menggunakan kaca film mobil berkualitas yang bisa memantalukan hawa panas, sehingga kabin mobil tetap sejuk dan terhindar dari bau tak sedap.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Pembersih Kaca Mobil Berjamur Kamera Mundur Mobil
Cairan Pembersih Mesin Mobil Cara Memperbaiki Dinamo Starter

Nah demikianlah beragam penyebab AC mobil bau yang akan menggangu kenyamanan dalam berkendara. Penyebabnya memang beragam, dan apabila tak menemukan penyebabnya, maka kami sarankan untuk datang langsung ke tempat service AC sehingga bisa dilakukan pengecekan menyeluruh untuk mengetahui penyebab AC mobil bau. Owh yah, jangan lupa simak pula informasi otomotifo.com mengenai “Penyebab AC Mobil Tidak Dingin” pada informasi sebelumnya.

5/5 (1 Review)
Advertisement