Modifikasi Motor Genio Terbaik Ala Cafe Racer Terbaru

Advertisement

Modifikasi Motor Genio – Tak bisa dipungkiri, Honda merupakan raja motor matic di Indonesia. Pasalnya penjualan motor matic Honda mampu mengalahkan Yamaha dan Suzuki yang menjadi rival terberatnya. Hal ini tak lepas dari beragam inovasi yang Honda berikan pada setiap motor matic yang mereka pasarkan. Honda juga memiliki banyak sekali motor matic, dan salah satunya adalah Honda Genio.

Honda Genio merupakan motor matic terbaru Honda yang mengusung mesin 110cc, sama seperti Beat, Scoopy, dan Vario 110. Namun jangan samakan antara mesin Honda Genio dengan motor matic Honda 110cc lainnya. Pasalnya mesin tersebut telah ditingkatkan agar bisa menghasilkan tenaga dan torsi lebih besar. Caranya adalah dengan merubah rasio kompresi serta mengubah ukuran bore dan stroke.

Spesifikasi mesin Honda Genio memiliki bore lebih besar dan stroke lebih panjang. Alhasil tenaga dan torsinya lebih besar, yakni mencapai 9 PS pada putaran 7.500 rpm dan torsi 9.3 Nm pada 5.500 rpm. Tak hanya itu, motor ini juga mengadopsi teknologi eSP (Enhanced Smart Power) dan PGM-FI. Mesin tersebut tak hanya bertenaga, namun juga irit bahan bakar.

Honda mengklaim motor Genio memiliki konsumsi BBM mencapai sekitar 60 km/liter. Alhasil motor ini bisa menjadi pilihan paling tepat bagi masbro yang mencari motor matic terbaik dengan konsumsi bahan bakar teririt dikelasnya. Alasan lain membeli motor Genio adalah memiliki desain bergaya retro yang terlihat mirip Honda Scoopy.

Perbedaan antara desain Honda Genio dan Honda Scoopy adalah desainnya terlihat lebih macho, sehingga cocok untuk pengendara pria dan wanita. Nah bagi para pria pasti memiliki hasrat untuk memodifikasi motor Genio. Pasalnya desain motor ini begitu menggoda, sehingga cocok dimodifikasi dalam berbagai gaya. Nah sebagai contohnya silahkan simak modifikasi motor Genio bergaya cafe racer berikut ini.

Referensi Modifikasi Motor Genio Cafe Racer

Modifikasi Motor Genio Cafe Racer

Berbicara soal modifikasi motor Genio, kami akan mengambil contoh hasil modifikasi yang dipamerkan PT Astra Honda Motor saat peluncuran motor matic tersebut. Konsep modifikasi yang digunakan adalah Cafe Racer. Yah, motor matic ini bisa sobat rumah menjadi motor cafe racer dengan desain sporty, namun tetap berkesan retro modern seperti konsep awal Genio.

Desain Honda Genio memang mirip Honda Scoopy. Keduanya sama-sama menggunakan headlamp LED Projector yang mampu menghasilkan penerangan maksimal saat berkendara di malam hari. Bedanya Genio memiliki sein depan yang terpisah dengan headlamp, dan bentuk bodinya memiliki sudut lebih tajam agar terlihat lebih macho.

Body belakangnya dibuat meruncing dengan lampu belakang yang terlihat modern. Nah bagi yang ingin mengadopsi modifikasi motor Genio bergaya cafe racer, maka harus merubah bagian tempat duduk dengan bentuk hornet (buntut tawon) yang dipadukan dengan jok custom.

Dibalik jok Honda Genio telah tersedia bagasi berkapasitas 14 Liter dan dilengkapi Power Charger yang bisa digunakan untuk mengisi baterai smartphone atau gadget saat berkendara. Soal keamanan tak perlu khawatir. Meksi posisi charger berdekatan dengan tangki bensin, namun Honda mengklaim posisinya sudah aman, jadi tak perlu khawatir terjadi konsleting ataupun masalah kelistrikan lainnya.

Modifikasi Ban Genio

Gambar Modifikasi Motor Genio

Foto : @TEMPO/Eko Ari Wibowo

Dengan kapasitas bagasi 14 Liter, tentu kita bisa memasukan banyak barang bawaan ke dalam bagasi tersebut. Di sisi lain, Honda Genio menawarkan panel meter Full Digital yang akan menampilkan informasi berkendara secara lengkap, mulai dari Speedometer, Odometer, Tripmeter, dan Eco Indikator.

Baca Juga :  Harga Beat Street 2019 : Review & Spesifikasi Terbaru

Bagi speedometer tak perlu dimodifikasi, karena sudah sangat modern. Yang perlu dimodifikasi adalah bagian kaki-kaki. Kami sarankan untuk mengganti velg bawaan dengan velg Honda Scoopy yang memiliki ring 12″. Pasalnya motor ini menggunakan velg ring 14″ yang terasa kurang gambot dibandingkan milik Scoopy. Ada banyak sekali velg yang bisa dipilih, seperti velg motor TDR atau velg motor Rossi yang harganya lumayan terjangkau.

Jika mengganti velg, otomatis kita harus mengganti ban depan dan belakang. Inilah yang akan membuat biaya modifikasi motor Genio semakin membengkak. Pasalnya harga satu set ban depan belakang paling murah sekitar 500 Ribuan. Bahkan apabila membeli ban motor Michelin atau Pirelli, maka harganya bisa mencapai jutaan rupiah untuk satu pasang.

Modifikasi Shockbreaker Genio

Gambar Honda Genio Modifikasi

Foto : @TEMPO/Eko Ari Wibowo

Andai saja motor ini sudah menggunakan velg ring 12 inci, tentu biaya modifikasi motor Genio bisa ditekan. Namun bagi yang tak ingin mengganti velg, maka tetap bisa menggunakan ban bawaan yang sudah tubeless. Adapun ukurannya adalah 80/90 – 14 M/C untuk bagian depan dan 90/90 – 14 M/C untuk bagian belakang.

Honda juga melengkapi motor ini dengan rem depan cakram hidrolik serta rem belakang tromol. Bagi yang memiliki budget lebih, kami sarankan mengganti rem belakang menjadi cakram dan menggunakan kaliper Brembo agar modifikasi motor Genio yang dibangun semakin Hedon.

Penggantian kaliper bisa mengoptimalkan fitur Combi Brake System yang dimiliki Honda Genio. Fitur tersebut bekerja dengan cara menyeimbangkan pengereman roda depan dan belakang, sehingga hasil pengeremannya lebih akurat dan responsif. Sayangnya harga Honda Genio yang murah belum memungkinkan motor ini memakai sistem pengereman ABS.

Salah satu kekurangan Honda Genio adalah belum menggunakan shock tabung. Oleh karena itulah kami sarankan untuk mengganti shock bawaan dengan shockbreaker tabung yang bisa masbro simak harganya pada artikel berikut “Daftar Harga Shockbreaker Tabung“. Pemakaian shock tabung akan membuat motor semakin nyaman, jadi tak ada salahnya menggunakan suspensi tersebut.

Modifikasi Knalpot Genio

Gambar Modif Honda Genio

Foto : @TEMPO/Eko Ari Wibowo

Modifikasi motor Genio selanjutnya adalah mengganti knalpot bawaan dengan knalpot racing. Tujuannya adalah untuk meningkatkan tampilan motor dan bisa meningkatkan performa Honda Genio sehingga tenaganya semakin besar. Yah, sistem pembuangan tersebut memang berperan sangat penting terhadap performa sepeda motor, namun masbro harus memilik knalpot yang benar-benar berkualitas.

Ada banyak sekali produsen knalpot berkualitas yang memasarkan produknya di Indonesia. Sebagai contoh adalah knalpot motor R9. Kelebihan knalpot R9 adalah harganya lebih murah dibandingkan merek-merek ternama seperti Yoshimura, Akrapovic, SC Project, dll. Selain itu, sobat juga bisa menggunakan knalpot LeoVince seperti konsep modifikasi motor Genio di atas.

Spesifikasi Motor Genio

Gambar Motor Honda Genio 2019

Gambar Honda Genio

Setelah melihat modifikasi motor Genio di atas, kami yakin masbro semakin tertarik membeli motor matic terbaru Honda ini. Terlebih Honda Genio menawarkan mesin yang irit dan didukung desain keren yang terlihat fashionable dan stylish. Spesifikasi yang dibawanya juga tak mengecewakan dan untuk melihat spesifikasinya silahkan simak tabel di bawah ini.

Dimensi (P x L x T)
1.869 mm x 692 mm x 1.061 mm
Wheelbase1.256 mm
Tinggi Jok740 mm
Berat89 kg (Tipe CBS) , 90 kg (Tipe CBS – ISS)
Kapasitas Tangki4.2 Liter
Ground Clearance147 mm
Tipe Mesin4 Tak, 1 Silinder SOHC, Pendingin Udara, eSP
Kapasitas Mesin110 cc
Tenaga6,6 kW @ 7.500 rpm
Torsi9,3 Nm @ 5.500 rpm
Sistem PembakaranAutomatic, V-Matic
TransmisiManual 4-Kecepatan
StarterKick & Electric
Bore X Stroke47,0 x 63,1 mm
Tipe KoplingAutomatic Centrifugal Clutch Dry Type
Rasio Kompresi10,0 : 1
RangkaeSAF (Enhanced Smart Architecture Frame)
Ban DepanTubeless, 80/90–14 M/C
Ban BelakangTubeless, 90/90–14 M/C
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangMonoshock
Rem DepanCakram
Rem BelakangTromol
Baca Juga :  Harga Honda Vario 2019 Terbaru Tipe 110cc, 125cc, dan 150cc

Yah, spesifikasi Honda Genio memang tak berbeda jauh dari Scoopy. Namun motor ini memiliki mesin lebih bertenaga dan didukung rangka baru yang jauh lebih ringan dibandingkan rangka yang digunakan Beat ataupun Scoopy. Honda menyebut rangka tersebut sebagai eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame).

Kedepannya semua motor matic Honda akan memakai rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame). Pemakaian rangka tersebut membuat bobot Genio hanya 89 kg untuk tipe CBS dan 90 kg untuk tipe CBS-ISS. Coba bandingkan dengan Scoopy yang memiliki bobot 99 kg, tentu motor Genio akan lebih gesit dan lincah saat dipakai bermanuver melewati padatnya jalan raya.

Honda menyediakan dua varian Genio, yakni tipe CBS dan CBS-ISS. Bagi yang penasaran ingin mengetahui harganya, silahkan simak informasi berikut “Spesifikasi dan Harga Honda Genio“. Untuk mendapatkan salah satunya, masbro hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 17 Jutaan, sehingga lebih murah dibandingkan Scoopy yang dibanderol melebihi 18 Juta.

Selain murah, motor ini tersedia dalam berbagai pilihan warna dan striping yang bisa masbro pilih sesuai selera. Adapun pilihan warnanya silahkan simak informasi berikut “Pilihan Warna Honda Genio“. Nah sekian informasi mengenai modifikasi motor Genio. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

5/5 (4 Reviews)
Advertisement