Harga Honda Genio 2019 : Spesifikasi, Review & Gambar Terbaru

Advertisement

Harga Honda Genio 2019 – Motor ini merupakan wujud nyata dari motor konsep bernama Honda G Concept yang sempat diperkenalkan pada ajang Indonesia Motor Show 2018. Pemilihan nama Genio mengingat kami pada mobil sedan Honda Civic Genio yang sempat populer di masanya. Honda mengklaim pemilihan nama Genio memiliki arti genius dan genuine.

Motor ini dirancang secara khusus untuk anak muda yang smart dan autentik. Oleh karena itulah PT AHM menamainya sebagai Genio. Apapun namanya, Honda Genio tetap menarik untuk dimiliki. Honda menyediakan dua varian berbeda, yakni CBS dan CBS-ISS. Selain itu, tersedia pula 11 varian warna yang disesuaikan dengan selera anak muda.

Sebelumnya muncul kabar bahwa motor matic terbaru Honda akan mengusung mesin 150cc. Namun pada kenyataanya, Honda Genio masih menggunakan mesin 110cc. Alhasil harganya tak berbeda jauh dari Honda Beat dan Honda Scoopy yang mengusung mesin sama. Nah berbicara soal harga, rupanya harga Honda Genio lebih murah dibandingkan Honda Scoopy.

Dengan harga lebih terjangkau, tentu motor ini bisa menjadi alternatif selain Honda Scoopy. Desain keduanya juga hampir saja, namun Honda Genio terlihat lebih modern dibandingkan Scoopy. Masih banyak kelebihan yang dimiliki motor matic Honda terbaru ini, dan untuk mengetahuinya silahkan simak informasi spesifikasi dan harga Honda Genio berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Honda Genio 2019

Spesifikasi dan Harga Honda Genio

Desain Motor Genio

Hadirnya Honda Genio semakin menambah lini produk Honda dikelas motor matic bergaya retro. Motor ini akan menjadi lawan tangguh Yamaha Fino yang sebelumnya head-to-head melawan Scoopy. Nah, untuk mengalahkan skutik retro dari Yamaha tersebut, Honda Genio menawarkan beragam fitur keren, dan salah satunya adalah lampu depan LED.

Posisi lampu depan Honda Genio dibuat terpisah dari lampu sein, sehingga menghasilkan desain yang stylish dan fashionable. Tak hanya itu, motor ini juga nyaman dikendarai berkat bentuk body yang ideal dan didukung pijakan kaki luas. Lalu ada pula bagasi berkapasitas 14 Liter yang didalamnya sudah tersedia port charger untuk mengisi baterai gadget ataupun smartphone.

Lekukan body samping Honda Genio memang mirip Scoopy. Namun bodinya terlihat lebih pipih dan memiliki sudut tajam agar terlihat semakin modern. Honda juga menyediakan panel meter full digital untuk menampilkan informasi kecepatan, sisa bahan bakar, dan trip meter.  Tak ketinggalan fitur ECO Indikator juga tersedia pada motor ini.

Dimensi Body

Gambar Motor Honda GenioSalah satu yang menarik dari motor Honda Genio adalah mengusung frame baru yang disebut eSAF ( enhanced Smart Architecture Frame). Frame tersebut menjadikan bobot Honda Genio semakin ringan, yakni seberat 89 kg untuk tipe CBS dan 90 kg untuk tipe CBS-ISS. Nah apabila dibandingkan dengan Honda Scoopy yang berbobot 99 kg, tentu Honda Genio jauh lebih ringan.

Bobot yang ringa membuat Honda Genio semakin lincah dan gesit saat menerobos padatnya jalan raya. Dimensi motor ini juga ideal untuk dikendarai pria ataupun wanita. Dimana panjangnya memiliki ukuran 1.869 mm, lebar 692 mm, dan tinggi 1.061 mm. Kemudian tinggi tempat duduknya berjarak 740 mm serta memiliki sumbu roda 1.256 mm dan ground clerance 147 mm.

Performa Mesin

Gambar Motor Honda Genio 2019Honda menyematkan tangki berkapasitas 4.2 Liter yang berada dibawah jok. Daya tampungnya memang standar, namun sudah lebih dari cukup untuk menyuplai bahan bakar ke mesin 4 Silinder SOHC berkapasitas 110cc. Sama halnya dengan motor matic Honda lainnya, Honda Genio juga dilengkapi teknologi Enhanced Smart Power (eSP).

Baca Juga :  Daftar Harga Mobil Honda 2019 : Terbaru & Termurah

Teknologi eSP menjadikan mesin Honda Genio semakin irit, responsif, dan bertenaga. Adapun tenaga maksimalnya mencapai 6.6 kW atau setara 9 PS yang diraih pada putaran mesin 7.500 rpm. Lalu torsi puncaknya sebesar 9.3 Nm pada putaran 5.500 rpm. Selain itu, tersedia pula sistem pembakaran PGM–FI (Programmed Fuel Injection) yang membuat mesin semakin efisien dan ramah lingkungan.

Kaki-Kaki & Suspensi

Gambar Motor Honda GenioPemakaian rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) secara tak langsung membuat Honda Genio semakin stabil saat berakselerasi. Kestabilan motor ini juga dioptimalkan oleh suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang Swing Arm dengan Monoshock. Kemudian untuk sistem pengeremannya telah dilengkapi teknologi Combi Brake System (CBS).

Fungsi CBS adalah untuk menstabilikan pengereman roda depan dan belakang, sehingga bisa mengerem secara bersamaan. Sayangnya rem belakang Honda Genio masih tromol dan untuk bagian depan telah menggunakan cakram hidrolik dengan piston tunggal. Kekurangan tersebut akan tertutupi oleh teknologi CBS, jadi tak masalah apabila belum menggunakan rem belakang cakram.

Sebanding dengan harga Honda Genio, motor ini juga sudah menggunakan ban tubeless yang dipadukan dengan velg ring 14 inci. Ukuran velgnya berbeda dengan Scoopy generasi terbaru yang mengusung velg 12 inci. Hal tersebut bukan menjadi masalah berarti selama bannya sudah tubeless dengan profil 80/90-14 (depan) dan 90/90-14 (belakang).

Fitur Andalan

Gambar Honda GenioSeperti yang kami sampaikan di atas, motor Honda Genio tersedia dalam varian CBS dan CBS-ISS. Nah bagi masbro yang membeli tipe CBS-ISS, maka akan mendapatkan fitur Idling Stop System. Fitur tersebut membuat konsumsi bahan bakar semakin irit, karena akan mematikan mesin secara otomatis saat berhenti beberapa detik.

Untuk menghidupkan mesin cukup menarik tuas gas. Saat dihidupkan akan terdengar suara sangat halus, karena sudah dilengkapi teknologi ACG Starter. Selain itu, tersedia pula fitur Secure Key SHutter dengan Seat Opener. Pada bagian depan juga disediakan kompartemen berukuran cukup besar yang bisa menampung botol air minum ataupun sarung tangan.

Spesifikasi Honda Genio

DIMENSI 
Panjang
1.869 mm
Lebar692 mm
Tinggi1.061 mm
Wheelbase1.256 mm
Tinggi Jok740 mm
Berat89 kg (Tipe CBS) , 90 kg (Tipe CBS – ISS)
Kapasitas Tangki4.2 Liter
Ground Clearance147 mm
MESIN
Tipe Mesin4 Tak, 1 Silinder SOHC, 2 Katup
Sistem PendinginPendingin Udara
Kapasitas Mesin110 cc
Tenaga6,6 kW (9,0 PS) / 7.500 rpm
Torsi9,3 Nm (0,95 kgf.m) / 5.500 rpm
Sistem PembakaranPGM-FI
TransmisiAutomatic, V-Matic
StarterKick & Electric
Bore X Stroke47,0 x 63,1 mm
Tipe KoplingAutomatic Centrifugal Clutch Dry Type
Rasio Kompresi10,0 : 1
KAKI-KAKI
RangkaeSAF (Enhanced Smart Architecture Frame)
Ban Depan80/90 – 14 M/C Tubeless
Ban Belakang90/90 – 14 M/C Tubeless
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangSwing Arm dengan Suspensi Tunggal
PENGEREMAN 
Rem DepanCakram Hidrolik Piston Tunggal
Rem BelakangTromol
Sumber

Setelah melihat ulasan spesifikasi motor Honda Genio di atas, kami yakin masbro akan mempertimbangkan untuk membeli motor ini. Terlebih fiturnya cukup lengkap dan memiliki desain autentik yang fashionable dan penuh gaya. Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, berapakah sebenarnya harga Honda Genio di Indonesia ?

Daftar Harga Honda Genio

Harga Honda Genio

Harga Honda Genio CBSRp. 17.2 Juta
Harga Honda Genio CBS-ISSRp. 17.7 Juta
 Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Honda

Persaingan motor matic di Indonesia memang sangat ketat. Hadirnya Honda Genio tentu akan menambah panas persaingan motor matic di Indonesia. Terlebih harga Honda Genio lebih murah dibandingkan Honda Scoopy. Dimana untuk varian CBS dibanderol Rp. 17.2 Juta dan CBS-ISS mencapai Rp. 17.7 Juta. Yah, harga Honda Genio memang murah, namun apakah moto ini bisa bersaing melawan motor sekelasnya ?

Baca Juga :  Harga Honda Civic Turbo 2019, Review, Spesifikasi & Gambar

Menurut kami Honda Genio berpotensi mengobrak-abrik pasar skuter tanah air. Hal ini tak lepas dari harga Honda Genio yang lebih murah dari Scoopy, namun fitur-fiturnya tak kalah lengkap. Motor ini juga menawarkaran mesin 110cc eSP yang selain ini terkenal irit dan repsonsif. Bebekal kelebihan tersebut, maka sangat tepat apabila kita memberikan sebutan sebagai motor matic murah terbaik di Indonesia.

Pilihan Warna

Total ada 11 varian warna Honda Genio yang bisa masbro pilih. Semua warnanya terlihat keren dan dipercantik oleh grafis bertuliskan Genio pada body samping. Masbro bisa memilih salah satunya sesuai selera. Kami sendiri lebih memilih warna Smart Black, karena terlihat lebih elegan. Warna Trendy White Red juga sangat keren dan cocok untuk dimodifikasi. Nah untuk melihat seperti apa Honda Genio saat mendapatkan sentuhan modifikasi, silahkan simak informasi berikut ini “Modifikasi Motor Genio Cafe Racer

Kelebihan Motor Honda Genio

  • Harga Honda Genio dibanderol lebih murah dari Scoopy, sehingga bisa menjadi alternatif selain Scoopy yang saat ini harganya mencapai Rp. 18.9 Jutaan (OTR Jakarta)
  • Dirancang dengan desain stylish dan fashionable sesuai selera anak muda yang ingin tampila gaya
  • Sudah menggunakan panel meter full digital yang modern dan keren
  • Kaki-kakinya menggunakan ban tubeless yang menjamin keamanan dan kenyamanan saat berkendara
  • Teredia fitur Combi Brake System untuk mengoptimalkan kontrol pengereman
  • Honda Genio menggunakan rangka baru yang lebih ringan sehingga membuatnya semakin lincah
  • Lampu depannya sudah Full LED
  • Dibekali fitur Power Charging yang tersedia di bawah jok
  • Honda menyediakan fitur Idiling Stop System yang membuat konsumsi bahan bakar semakin efisien
  • Performa mesin responsif dan irit dengan konsumsi bahan bakar mencapai 59 km/liter

Kekurangan Motor Honda Genio

  • Rem belakangnya masih tromol
  • Mesinnya masih 110cc, sehingga kalah besar dari motor matic Yamaha termurah yang rata-rata memakai mesin berkapasitas 125cc
  • Belum mengadopsi sistem penguncian Keyless
  • Seharusnya motor ini memakai velg ring 12 inci yang akan membuat desainnya semakin trendy
  • Tidak ada fitur pengereman ABS. Kekurangan tersebut akan tertutupi oleh teknologi Combi Brake System yang akan masbro dapatkan apabila membeli tipe CBS

Beragam kelebihan dan kekurangan Honda Genio di atas bisa menjadi acuan bagi masbro yang tertarik membeli motor matic bermesin 110cc tersebut. Yah, kapasitas mesin motor Genio memang lebih kecil dibandingkan Yamaha Fino maupun motor matic Yamaha lainnya. Namun kekurangan tersebut membuat konsumsi bahan bakar Honda Genio jauh lebih irit.

Desain Honda Genio yang bergaya retro modern semakin menambah daya tarik motor ini. Namun yang paling penting harga Honda Genio tak terlalu mahal. Bahkan harganya lebih murah dibandingkan Honda Scoopy yang dari tahun-ke-tahun terus mengalami kenaikan.

Baca Juga Harga Motor Honda Lainnya
Harga Honda CB190SSHarga Honda Monkey
Harga Honda X-ADVHarga Vario 150

Namanya juga motor, pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Nah setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan motor Honda Genio, apakah masbro tertarik membelinya. Kami sendiri langsung jatung hati setelah mengetahui berbagai macam fitur dan keindahan desain Honda Genio. Harga Honda Genio yang murah juga menjadi salah satu alasan kami untuk meminang motor matic terbaru tersebut.

4.4/5 (9 Reviews)
Advertisement