Oli Yamaha Fino Yang Bagus, Murah & Terbaik

Advertisement

Otomotifo.com Desain stylish dan elegan membuat Yamaha Fino 125 sangat digemari para wanita. Motor ini bisa menjadi alternatif selain Honda Scoopy yang sama-sama mengusung konsep bergaya retro. Nah yang membedakan antara Fino dan Scoopy adalah mesinnya. Pasalnya motor ini dibekali mesin berkapasitas 125cc. Sedangkan Scoopy hanya 110cc.

Berbekal mesin berkapasitas lebih besar, tentu performa Yamaha Fino satu tingkat di atas Scoopy. Terlebih Yamaha telah mengoptimalkannya dengan teknologi Blue Core dan sistem pembakaran Fuel Injection yang membuat konsumsi bahan bakar Fino semakin irit dan membuat mesin semakin halus dan nyaman dikendarai.

Mesin motor Yamaha bukanlah mesin sembarangan. Dari segi performa jauh lebih unggul dibandingkan para kompetitornya. Hal ini tak lepas dari teknologi Blue Core yang memastikan mesin minim gesekan sehingga membuat suhu mesin stabil serta menjadikan konsumsi BBM semakin irit.

Sebenarnya mesin Yamaha Fino hampir sama dengan Yamaha Mio Series ataupun Yamaha FreeGo. Dimana mesinnya memiliki konfigurasi SOHC berpendingin udara dengan keluaran tenaga sebesar 7 kW atau setara 9.52 PS pada putaran mesin 8.000 rpm serta torsi puncak mencapai 9.6 Nm pada 5.500 rpm.

Oli Yamaha Fino TerbaikDari segi performa memang lumayan dan sebanding dengan harga jualnya. Nah untuk mengetahui berapa harganya, silahkan simak artikel berikut ini “Spesifikasi dan Harga Yamaha Fino“. Pada artikel tersebut disebutkan bahwa Yamaha menyediakan tiga varian Fino, yakni tipe Sporty, Premium, dan Grande.

Tipe Grande menjadi tipe tertinggi dengan harga melebihi 19 Juta Rupiah. Dengan harga semahal itu, kita akan mendapatkan fitur berupa lampu depan LED dengan desain elegan yang bisa memberikan penerangan maksimal saat berkendara di malam hari.

Yamaha juga memberikan beberapa fitur keren lainnya, seperti Advance Key System, ECO Indicator, Smart Lock System, Smart Stand Side Switch, dan Stop & Start System. Sayangnya motor ini belum dilengkapi fitur Smart Key System.

Fitur Stop & Start System menjadi fitur andalan Yamaha Fino Grande. Fungsinya sama persis dengan Idling Stop System pada motor matic Honda. Dimana nantinya mesin akan mati secara otomatis saat dalam posisi idling atau berhenti lebih dari 5 detik. Lalu kita tinggal menarik tuas gas, dan motor langsung hidup.

Sayangnya fitur Stop & Start System hanya tersedia pada Fino Grande. Untuk tipe Sporty dan Premium belum memilikinya, jadi wajar apabila harga Yamaha Fino Grande lebih mahal. Kemudian untuk sektor kaki-kaki, Yamaha melengkapinya dengan ban tubeless lebar dengan ukuran 80/80-14M/C 43P (depan) dan 100/70-14M/C 51P (belakang).

Rekomendasi Oli Yamaha Fino Yang Bagus

Rem belakang Yamaha Fino masih tromol dan didukung rem depan cakram. Sistem pengereman motor ini memang masih standar, namun tak jadi masalah selama bisa menghentikan laju keandaara secara cepat dan responsif.

Untuk menjaga performa mesin Yamaha Fino dibutuhkan perawatan rutin dengan service berkala setiap 3.000 km sekali atau 2 bulan sekali. Saat service rutin jangan lupa mengganti oli yang lama dengan yang baru. Lalu apa oli yang bagus untuk Yamaha Fino?

Ada beberapa pilihan pelumas motor matic yang bisa digunakan untuk menjaga performa Yamaha Fino. Salah satunya adalah TOP 1 Action Matic yang memiliki tingkat kekentalan 10W-40. Oli tersebut juga bisa dipakai untuk Yamaha NMAX, Aerox, dan Mio Series.

Mungkin masbro bertanya-tanya, kenapa kami merekomendasikan TOP 1 Action Matic sebagai oli Yamaha Fino terbaik? Nah untuk mengetahui jawabannya silahkan simak di bawah ini.

Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga All New BMW Z4 Roadster Di Indonesia

Alasan Memilih TOP 1 Action Matic

Oli Terbaik Buat Motor Matic Yamaha Fino 125-2

  1. Oli ini terbuat dari bahan dasar Sintetik yang dari segi kualitas jauh lebih baik dibandingkan oli berbahan mineral. Sebagai buktinya silahkan simak artikel mengenai “Perbedaan Oli Sintetik dan Oli Mineral” yang kami lansir dari otodriver.
  2. Alasan yang kedua adalah karena TOP 1 Action Matic memiliki tingkat kekentalan yang sesuai dengan spesifikasi mesin Yamaha Fino, sehingga oli tersebut bisa memberikan perlindungan dan menjaga kebersihan setiap komponen mesin Yamaha Fino yang otomatis akan memubut tarikan mesin semakin semakin halus dan terasa lebih enteng
  3. Selain itu, oli Yamaha Fino terbaik ini dilengkapi aditif cerdas (Smooth Riding Additive) yang membantu meningkatkan kemampuan akselerasi mesin motor Fino dan menjadikan tarikan mesin semakin halus.
  4. Kualitas TOP 1 Action Matic sudah melebihi standar yang diberikan pabrikan dan melampaui standarisasi JASO MB 2016 (Japan Automobile Standard Organization) yang membuktikan bahwa oli ini bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar Yamaha Fino
  5. Alasan yang tak kalah penting adalah karena dilengkapi teknologi Maximum Protection yang menjadikan masa pakai oli lebih lama dan lebih tangguh dalam melindungi semua komponen mesin.
  6. Dari segi harga juga cukup terjangkau. TOP 1 Action Matic dipasarkan dengan harga sekitar Rp. 35 Ribu sampai Rp. 45 Ribu. Selan itu, TOP 1 Indonesia juga menyediakan varian 10W-30 yang bisa kalian gunakan untuk mengoptimalkan performa motor matic Honda, seperti Beat, Scoopy, Spacy, Vario, dan Genio dengan harga yang sama seperti varian 10W-40.
  7. Apabila kita bandingkan dengan oli merek lain, maka bisa dikatakan kualitas oli TOP 1 Action Matic 30% lebih baik dalam melindungi berbagai komponen mesin dan menjaga kebersihan mesin sehingga membuat konsumsi bahan bakar Yamaha Fino lebih irit
  8. Oli ini memiliki kemampuan tahan panas sehingga bisa diandalkan di berbagai kondisi

Masih ada banyak sekali alasan memakai TOP 1 Action Matic sebagai oli terbaik Yamaha Fino. Yang pasti oli ini telah memenuhi standar internasional dan dibekali teknologi pelumas kelas dunia yang memastikan performa mesin Yamaha Fino tetap maksimal dan menghasilkan daya tahan optimal pada semua komponen mesin yang ada didalamnya.

Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, “Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Oli Motor Matic?“. Masbro bisa mengganti oli motor matic yang lama dengan TOP 1 Action Matic saat jarak tempuh motor sudah mencapai 3.000 km. Namun alangkah baiknya mengganti oli sebelum menyentuh angka tersebut atau lebih baik setiap dua bulan sekali, meski km-nya belum sampai 3.000 km.

Oli Terbaik Buat Motor Matic Yamaha Fino 125-1Kualitas oli TOP 1 telah terbukti mendunia, jadi masbro tak perlu ragu memakai oli tersebut. Terlebih TOP 1 sudah menjadi pelumas resmi pada perjalanan Himalayan Ridge yang membuktikan bahwa oli TOP 1 mampu bertahan pada kondisi ekstrim melewati pegunungan Himalaya. Tak hanya itu, oli TOP 1 juga digunakan pada ajang Formula Drift Amerika dan beragam ajang balap bergensi lainnya.

Semua kelebihan di atas membuat TOP 1 Action Matic menjadi salah satu oli motor matic terbaik di Indonesia. Masbro tak akan menyesal apabila memakai oli ini. Pasalnya oli tersebut membuat performa mesin Yamaha Fino semakin optimal dan menjadikan motor semakin awet. Beberapa reviewer otomotif juga sudah membuktikan kualitasnya, dan untuk melihat reviewnya, silahkan simak pada video Youtube Disini dan Disini.

Setelah mengetahui oli yang bagus untuk Yamaha Fino, maka sekarang kita tinggal merawat motor ini agar performanya tetap optimal. Tentu masbro tak ingin motor cepat rusak dikarenakan salah memilih oli, jadi lebih baik mengikuti rekomendasi yang kami berikan di atas. Nah sekian informasi otomotifo.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement