Harga Oli Motor Matic Terbaik 2018 dan Tips Memilihnya

Advertisement

Harga oli motor matic terbaik sangat bervariasi, namun rata-rata harganya dibanderol dibawah 100 Ribu Rupiah. Walaupun harganya murah, namun oli motor memiliki peran penting terhadap kesehatan mesin. Apabila salah memilih oli bisa-bisa mesin cepat rusak dan tak menutup kemungkinan bisa turun mesin dini. Oleh karena itulah masbro harus mencari oli motor matic terbaik yang kualitasnya sudah terbukti.

Fungsi utama dari oli adalah sebagai pelumas pada mesin-mesin agar bisa bergesekan secara sempurna. Oli juga berperan penting sebagai cooling agent atau pendingin mesin. Tak hanya itu, oli motor matic yang bagus akan mampu mengurangi aktivitas karat dan melindungi wearing pada permukaan elemen mesin, sehingga mesin tetap awet meski dipakai dalam jangka waktu lama.

Oli motor matic harus diganti secara berkala. Biasanya saat service sudah ada ketentuan berapa KM kita harus menggantinya. Apabila telat mengganti oli maka bisa membahayakan mesin. Pasalnya oli ditugaskan untuk menjaga kestabilan gesekan antar komponen di dalam mesin agar nantinya performa mesin tetap optimal. Jadi apabila telat maka mesin akan bekerja kurang sempurna yang otomatis membuat motor kurang nyaman dikendarai.

Advertisement

Tak jarang ada kasus motor matic harus turun mesin dikarenakan telat mengganti oli. Tentu masbro tidak ingin mengalami hal tersebut. Terlebih biaya turun mesin bisa mencapai jutaan rupiah. Untuk mengurangi resiko tersebut masbro harus memilih oli motor matic terbaik dengan mempertimbangkan beberapa faktor yang kami sampaikan di bawah ini.

8 Tips Memilih Oli Motor Matic Terbaik

Harga Oli Motor Matic Terbaik

Cara Memilih Oli Motor Matic Terbaik

  1. Apabila ingin performa motor selalu optimal, kami sarankan untuk memilih oli yang sudah memenuhi standar API (American Petroleum Institute). Asal masbro ketahui, API adalah sebuah lembaga yang ditugaskan untuk menentukan kualitas oli yang ada di Amerika dan Eropa. Jadi apabila oli yang dibeli sudah memenuhi standar API, maka kami jamin oli tersebut memiliki kualitas terbaik.
  2. Pastikan oli motor matic yang dibeli memiliki tingkat kekentalan yang sesuai. Masbro bisa memilih oli yang sudah memiliki sertifikat API SL yang tingkat kekentalannya sudah disesuaikan dengan mesin motor matic.
  3. Selain memilih oli berstandar API (American Petroleum Institute), masbro juga harus memilih oli yang sudah memiliki sertifikat JASO (Japanese Automotive Standard Association). JASO adalah lembaga yang berasal dari Jepang yang ditugaskan untuk menguji kualitas dan daya tahan oli. Oli motor berstandar JASO juga dibagi dalam beberapa standar, seperti JASO MB, JASO MA dan JASO MA2
  4. Jangan lupa perhatikan kode SAE pada kemasan oli motor matic. SAE sendiri adalah badan internasional yang menetapkan indeks kekentalan oli. Apabila indeks SAE pada oli yang dibeli kecil maka olinya semakin encer.
  5. Jangan ragu memilih oli yang sudah ditetapkan pabrikan. Biasanya motor Yamaha memakai oli Yamalube dan motor Honda memakai oli AHM. Tentunya pabrikan sudah menyesuaikannya dengan motor yang kita gunakan, jadi jangan ragu memakainya.
  6. Apabila masih ragu memilih oli motor matic terbaik, maka kami sarankan untuk bertanya ke teknisi untuk mencarikan oli motor terbaik yang cocok dan sesuai dengan motor yang masbro miliki. Teknisi motor pastinya lebih berpengalaman dan tahu mana oli yang berkualitas dan mana yang tidak.
  7. Jangan ragu membeli oli mahal, karena biasanya memiliki standar kualitas lebih baik. Sesuai dengan pepatah “Ada Rupa, Ada Harga”
  8. Saat ini banyak beredar oli palsu, jadi masbro harus hati-hati. Kami sarankan untuk membeli oli di dealer resmi atau toko onderdil yang sudah terpercaya.

Tentunya masbro menginginkan motor selalu dalam kondisi prima, jadi kami sarankan untuk mengganti oli motor secara berkala. Banyak orang yang belum tahu kapan waktunya harus ganti oli, dan bagi yang ingin mengetahui jawabannya silahkan simak di bawah ini.

Kapan Harus Ganti Oli ?

Biasanya penggantian oli motor matic berdasarkan buku petunjuk atau buku manual. Rata-rata pabrikan menganjurkan penggantian oli motor setiap 2.000 km – 3.000 km atau 2 bulan sekali. Namun ada baiknya mengganti oli motor sesuai dengan kondisi motor. Apabila tarikan sudah terasa berat karena sering dipakia melewati jalanan macet, maka lebih baik masbro mengganti oli dengan oli yang baru.

Advertisement

Mengganti oli motor matic tak hanya bisa berkiblat pada jarak tempuh. Bisa saja motor yang kita gunakan disiksa terlalu keras dengan sering melewati jalanan macet atau selalu digeber pada kecepatan tinggi. Biasanya oli motor akan cepat panas dan berpengaruh terhadap kekentalannya. Oleh karena itulah masbro harus mengganti oli secara dini agar performa motor selalu prima.

Merek Oli Motor Terbaik

Ada banyak sekali merek oli yang beredar di Indonesia. Harganya bervariasi, ada yang murah ada pula yang mahal. Setiap pabrikan tentu menawarkan oli terbaiknya yang akan membuat performa motor selalu terjaga. Nah bagi yang ingin tahu apa saja merek oli motor matic terbaik yang ada di Indonesia, silahkan simak di bawah ini.

AHM OilYamalubeFederal
RepsolMotulCastrol
ShellBM1Mobil
IdemitsuEvalubeTop 1
Pertamina EnduroRepsolSuzuki Genuine Oil (SGO)

Setiap merek oli memiliki kelebihan berbeda-beda. Namun rata-rata harga oli motor matic yang mereka pasarkan di banderol cukup terjangkau. Harganya dibanderol mulai 30 Ribuan sampai 80 Ribuan tergantung dari merek oli yang dibeli. Setiap oli juga memiliki spesifikasi berbeda-beda, dan untuk mengetahui berapa harga oli motor matic terbaik serta spesifikasinya silahkan simak dibawah ini

Baca Juga :  42 Harga Shock Ohlins Terbaru 2018 Untuk Semua Motor
Advertisement

Daftar Harga Oli Motor Matic Terbaik

1. AHM Oil MPX 2

Harga Oli AHM Oil MPX 2

Harga Oli AHM Oil MPX 2

HargaRp. 38.000
SAE10W-30
APISL
Volume800 ml
JASOMB

Oli motor matic terbaik ini di formulasikan oleh Honda R&D Japan untuk menghasilkan performa lubrikasi handal yang membuat motor lebih irit namun tetap bertenaga. AHM Oil MPX 2 juga sudah memenuhi standar API-SL dan JASO MB, sehingga membuatnya layak dipakai oleh motor matic buatan Honda sekelas Honda Beat, Vario, hingga PCX.

2. Yamalube Matic 20W-40

Yamalube Matic 20W-40

Harga Oli Motor Yamalube Matic 20W-40

HargaRp 37.000,-
SAE20W-40
APISL
Volume800 ml
JASOMB

Yamaha merekomendasikan Yamalube 20W-40 sebagai oli motor matic terbaik untuk motor Yamaha, seperti Mio, NMAX, Fino, Aeorox, Lexi, dll. Oli ini dibuat dengan teknologi XPEED Technology yang membuat mesin awet dan optimal untuk pemakaian sehari-hari. Yamaluba juga membuatnya dengan material Semi Synthetic, sehingga kualitanya tak perlu diragukan lagi.

3. Suzuki Genuine Oil SGO 4T

 Suzuki Genuine Oil SGO 4T

Harga Oli Suzuki Genuine Oil SGO 4T

HargaRp 45.000
SAE10W-40
APISL
JASOMB
Volume1 Liter

Oli yang paling paling tepat untuk motor matic Suzuki adalah Oli SGO (Suzuki Genuine Oil). Oli ini diformulasikan secara khusus untuk scooter matic bermesin bensin 4 langkah agar nantinya mesin semakin awet dan irit. SGO 4T juga menggunakan bahan Semi Synthetic yang memiliki kelebihan lebih tahan lama, meningkatkan tenaga, dan menjadikan mesin lebih dingin.

5. Federal Matic Ecomaxx 30

Federal Matic Ecomaxx 30

Harga Oli Motor Matic Federal Ecomaxx 30

HargaRp 35.000
SAE10W-30
APISL
Volume800 ml
JASOMB

Selain merek AHM, masbro bisa membeli oli Federal Matic Ecomaxx 30 untuk motor matic Honda bermesin 110cc sampai 150cc, seperti Honda PCX, Vario 150, Scoopy, Beat, dan Spacy. Oli motor matic terbaik ini akan menjaga mesin dari gesekan dan menjadikannya hemat bahan bakar. Akselerasi motor juga lebih optimal berkat teknologi Viscoelastic molecules dan Double ACT Cleaner.

6. BM1 PC 1500

BM1 PC 1500

Harga Oli Motor Matic BM1 PC 1500

HargaRp 66.000
SAE10W-30
APISL
Volume1 Liter
JASOMB

Di pasaran harga oli motor matic terbaik ini dibanderol sekitar 60 Ribuan. Harganya lebih mahal dibandingkan merek AHM atau Federal. Pasalnya merek ini menjanjikan oli motor matic yang mampu meningkatkan performa motor serta melindungi mesin secara optimal. Selain itu, BM1 PC 1500 mampu mengurangi suara gesekan mesin dan menjadikan mesin lebih smooth serta tetap dingin. Konsumsi bahan bakar juga lebih hemat apabila memakai oli berstandar API SL dan JASO MB ini.

7. Repsol Matic 4T Super

Repsol Matic 4T Super

Harga Oli Motor Matic Repsol 4T Super

HargaRp 37.000
SAE10W-30
APISJ
Volume1000 ml
JASOMB

Nama Repsol sangat terkenal karena digunakan sebagai Livery MotoGP tim Honda. Repsol sendiri adalah produsen oli asal Spanyol yang kualitas produknya sudah mendunia. Walaupun begitu harga oli motor matic terbaik buatan Respol tetap terjangkau. Sebagai buktinya adalah Oli Repsol Matic 4T Super 10W-30 yang harganya cuma 30 Ribuan.

8. Motul Scooter 4T LE

 Motul Scooter 4T LE

Harga Oli Motor Matic Motul Scooter 4T LE

argaRp 67.000
SAE10W-30
APISJ
Volume800 ml
JASOMB

Kualitas oli motor matic Motul tak perlu diragukan lagi. Motul menjadi salah satu produsen pelumas kendaraan terbaik di dunia. Mereka juga memiliki oli motor matic dengan seri Scooter 4T LE. Oli ini telah mengantongi sertifikat API SJ, SAE 10W-30, dan JASO MB. Soal harga tak perlu khawatir, karena harga oli motor matic terbaik ini cuma 60 Ribuan.

9. Oli Enduro Matic

Oli Enduro Matic

Harga Oli Motor Matic Enduro

HargaRp 36.000
SAE10W-30
APISL
Volume800 ml
JASOMB

Ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki oli motor matic ini. Salah satunya adalah kandungan additive molybdenum yang berguna untuk mengurangi gesekan pada mesin. Oli ini juga menawarkan perlindungan secara maksimal saat mesin digeber pada temperatur dan kecepatan tinggi. Akselerasi motor juga lebih responsif berkat material Synthetic Oil yang terkandung di dalamnya.

10. Yamalube Super Matic

Yamalube Super Matic

Harga Oli Motor Yamalube Super Matic

HargaRp 55.000
SAE10W-40
APISL
Volume1 Liter
JASOMB

Oli motor matic ini sangat cocok untuk motor matic sekelas Yamaha NMAX dan Yamaha Aerox. Spesifikasinya sangat mendukung untuk dipakai motor matic 150cc. Terlebih Yamalube Super Matic sudah menggunakan material Full Synthetic yang mampu mendinginkan mesin secara maksimal dan mengurangi gesekan pada mesin. Alhasil kinerja motor semakin responsif dan nyaman dikendarai.

11. AHM Oil SPX 2

AHM Oil SPX 2

Harga Oli Motor Matic AHM Oil SPX 2

HargaRp 45.000
SAE10W-30
APISL
Volume800 ml
JASOMB

AHM Oil adalah oli resmi untuk motor Honda. Nah salah satu yang terbaik adalah seri SPX-2 (Superior Protection Expert. Oli motor matic tersebut diformulasikan dengan bahan dasar oli Fully Synthetic Extra superior yang akan memberikan proteksi lebih maksimal dan menjadikan performa mesin lebih optimal pada motor matic yang memakainya.

12. Top 1 Evolution Matic

Top 1 Evolution Matic

Harga Oli Top 1 Evolution Matic

HargaRp 100.000
SAE10W-40
APISL
Volume800 ml
JASOMB

Top 1 Evolution Matic bisa diaplikasikan pada berbagai jenis motor matic buatan Honda dan Yamaha, seperti Honda PCX, Vario 150, Yamaha NMAX, Yamaha Aerox, hingga Yamaha XMAX. Pelumas motor matic ini terbuat dari 100% material Full Synthetic yang menjadikan usia pakai lebih lama serta memberikan pengalaman berkendara lebih halus. Harganya memang cukup mahal, karena harga oli motor matic terbaik ini mencapai 100 Ribu Rupiah.

13. Top 1 Action Matic

 Top 1 Action Matic

Harga Oli Top 1 Action Matic

HargaRp 45.000
SAE10W-40
APISJ
Volume1000 ml
JASOMB

Dapatkan perlindungan sempurna pada motor matic kesayangan dengan menggunakan oli motor matic terbaik yang satu ini. Pasalnya Top 1 Action Matic telah dirancang dengan base oil synthetic blend yang memberikan perlindungan maksimum kepada mesin dari gesekan dan mengoptimalkan power mesin agar lebih bertenaga. Oli ini bisa menjadi pilihan paling tepat untuk motor matic sekelas Honda Beat, Scoopy, Vario, Yamaha Mio dan Xeon.

Baca Juga :  25 Harga Alarm Motor Terbaik dan Paling Canggih

14. Shell Advance 4T AX5 Scooter 20W-40

Shell Advance 4T AX5 Scooter 20W-40

Harga Oli Motor Matic Shell Advance 4T AX5 Scooter 20W-40

HargaRp 45.000
SAE20W-40
APISL
Volume800 ml
JASOMB

Oli motor matic Shell Advance AX5 Scooter dibuat dengan teknologi pembersih aktif Shell yang berguna untuk mencegah partikel-partikel kotoran agar tidak saling melekat dan membentuk endapan. Oli ini juga mengurangi kebisingan dan getaran mesin, sehingga sangat cocok diaplikasikan pada motor matic bermesin 110cc sampai 150cc.

15. Shell Advance 4AT Ultra Scooter

Shell Advance 4AT Ultra Scooter

Harga Oli Motor Matic Shell Advance 4AT Ultra Scooter

HargaRp 84.000
SAE5W-40
APISN
Volume800 ml
JASOMB

Seperti yang masbro lihat di atas, harga oli motor matic terbaik ini mencapai 80 Ribuan. Harganya memang cukup mahal, namun sebanding dengan kehebatan oli Shell Advance 4AT Ultra Scooter yang sudah menggunakan teknologi full sintetis. Teknologi tersebut membantu memperpanjang masa pakai mesin dan memberikan perlindungna sempurna terhadap keausan rangkaian katup mesin.

16. Shell Advance 4T AX7 Scooter

Shell Advance 4T AX7 Scooter

Harga Oli Motor Matic Shell Advance 4T AX7 Scooter

HargaRp 39.500
SAE10W-40
APISM
Volume800 ml
JASOMB

Harga oli motor matic ini cukup terjangkau, karena masbro bisa mendapatkannya dengan ahrga di bawah 40 Ribu Rupiah. Walaupun murah, namun Shell telah memformulasikanya dengan Shell Active Cleansing Technology yang berguna untuk mencegah penggumpalan partikel kotoran yang membuat endapan mesin. Oli ini juga telah mengantongi sertifikasi API SM dan JASO MB, sehingga terbukti berkualitas.

17. Castrol Power 1 Scooter

Castrol Power 1 Scooter

Harga Oli Motor Matic Castrol Power 1 Scooter

HargaRp 39.000
SAE10W-40
APISL
Volume800 ml
JASOMB

Kelebihan Castrol Power 1 Scooter adalah membuat mesin menjadi lebih handal dan meningkatkan akselerasi sejak tuas gas di putar. Castrol sudah melengkapinya dengan teknologi Scootek yang mampu melindungi mesin dari suhu tinggi. Performa motor pasti meningkat apabila memakai oli motor matic terbaik yang dibanderol 39 Ribuan tersebut.

18. Castrol Activ Matic 10W-30

Castrol Activ Matic 10W-30

Harga Oli Motor Matic Castrol Activ Matic

HargaRp 35.000
SAE10W-30
APISL
Volume800 ml
JASOMB

Castrol Activ Matic dilengkapi ZipBoozters yang menjadikan mesin tetap terlindungi dan membuat motor tetap gesit. Harga oli motor matic terbaik ini juga terjangkau dan bisa diaplikasikan pada semua motor matic dari semua pabrikan.

19. Castrol Activ Matic 20W-40

Castrol Activ Matic 10W-30

Harga Oli Matic Castrol Activ Matic 

HargaRp 39.000
SAE20W-40
APISL
Volume800 ml
JASOMB

Apabila ingin oli Castro Activ Matic yang lebih kental, maka masbro bisa memilih oli ini. Pasalnya oli tersebut telah mengantongi sertifikat SAE 20W-40, API SL, dan JASO MB. Soal harga tak perlu khawatir, karena harga oli motor matic tersebut tetap dibanderol 30 Ribuan, sehingga sangat terjangkau bagi pengendara motor matic di Indonesia.

20. Motul Scooter Expert

Motul Scooter Expert

Harga Oli Motor Motul Scooter Expert

HargaRp 95.000
SAE10W-40
APISL
Volume1000 ml
JASOMB

Motul Scooter Expert menggunakan bahan pelumas yang terbuat dari Technosynthese yang membuat kinerja oli semakin maksimal dalam mengatur suhu mesin serta mencegah gesekan pada mesin. Oli motor matic terbaik ini bisa masbro aplikasikan pada berbagai macam motor matic yang memakai mesin 110cc hingga 250cc. Harganya memang cukup mahal, namun sebanding dengan kualitas yang di dapatkan.

21. Motul Scooter Power

Motul Scooter Power

Harga Oli Motor Matic Motul Scooter Power

HargaRp 125.000
SAE5W-40
APISL
Volume1000 ml
JASOMB

Oli Motul Scooter Power sangat cocok untuk motor matic berperforma tinggi yang memiliki kapasitas mesin besar. Oli ini dirancang secara khusus dengan bahan 100% Synthetic yang menjadikan performa mesin selalu optimal meski pada kondisi suhu tinggi. Selain itu, Motul Scooter Power menjadkan mesin selalu bersih dan mencegah terjadinya korosi.

22. Idemitsu SL/MB

Idemitsu SL/MB

Harga Oli Motor Matic Idemitsu SL/MB

HargaRp 41.000
SAE10W-40
APISL
Volume800 ml
JASOMB

Merek oli Idemitsu memang terdengar awam bagi sebagian orang. Padahal kualitas oli ini tergolong sangat baik. Pasalnya Oli Idemitsu di formulasikan secara khusus di Jepang menggunakan bahan semi synthetic yang menjadikan motor matic lebih efesien bahan bakar dan meningkatkan proteksi meski dalam temperatur tinggi.

22. Mobil Super Moto Matic

Mobil Super Moto Matic

Harga Oli Motor Matic Mobil Super Moto Matic

HargaRp 39.000
SAE10W-30
APISL
Volume800 ml
JASOMB

Kelebihan utama oliini adalah memberikan perlindungan mesin terhadap korosi dan bisa melindungi bagian mesin yang paling vital, sehingga mampu membantu memperpanjang usia mesin. Mobil Super Moto Matic 10W-30 juga menggabungkan antara oli mineral berkualitas dan sistem aditif canggih yang menjadikan mesin selalu bersih.

23. Federal UltraTec Matic

Federal UltraTec Matic

Harga Oli Motor Matic Federal UltraTec Matic

HargaRp 37.000
SAE10W-30
APISL
Volume800 ml
JASOMB

Keunggulan oli motor matic terbaik ini adalah sudah menggunakan teknologi Advance Active Moly yang menjaga mesin dari gesekan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Selain itu, Federal Ultratec Matic sudah dilengkapi Double Act Cleaner yang membersihkan semua komponen mesin 2X lebih efektif sehingga membuat suhu mesin tetap dingin.

24. Deltalube 757 Premium

Deltalube 757 Premium

Harga Oli Motor Matic Deltalube 757 Premium

HargaRp 63.000
SAE10W-30
APISL
Volume1000 ml
JASOMB

Bagi pemilik motor matic di atas 125cc, kami sarankan memilih oli yang satu ini. Pasalnya Deltalube 757 Premium 10W30 telah menggunakan zat aditif spesial yang akan menjaga komponen mesin dari gesekan dan membuat mesin terhindar dari keausan. Oli ini juga mampu meningkatkan efisiensi bahan bahar serta menjaga kestabilan temperatur mesin sehingga cocok digunakan di segala kondisi.

25. Federal Y-Matic

Federal Y-Matic

Harga Oli Motor Matic Federal Y-Matic

HargaRp 31.000
SAE20W-40
APISJ
Volume800 ml
JASOMB

Pelumas motor matic yang satu ini sudah dilengkapi sertifikat SAE 20W-40, API SJ, dan JASO MB yang menjadi bukti kualitasnya. Federal Oil juga melengkapinya dengan teknologi Viscoelastic Molecules yang akan meningkatkan performa mesin agar akselerasi lebih optimal. Selain itu, tersedia pula teknologi Double Act Cleaner yang akan menjaga kebersihan semua komponen mesin.

Nah itulah beragam pilihan oli motor matic yang bisa masbro pilih untuk menjaga performa mesin. Ada banyak sekali pilihannya, dan rata-rata harga oli motor matic terbaik yang ada di Indonesia dibanderol di bawah 50 Ribu Rupiah. Jadi masbro jangan ragu mengganti oli mesin secara berkala agar performa motor selalu terjaga dan tetap nyaman dikendarai dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Syarat Perpanjangan SIM Syarat Perpanjangan SIMCARA INREYEN MOTOR MATIC YANG BENARCara Inreyen Motor 
Harga Knalpot R9 TerbaruHarga Knalpot R9Gambar Motor Custom JokowiMotor Custom Jokowi

Kami sarankan untuk mengganti oli mesin setiap 2.000 km atau 2 bulan sekali. Namun tak jarang kita harus mengganti oli mesin kurang dari 2.000 km dikarenakan penurunan performa pelumas yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi jalan, debu, udara panas, kemacetan, dan pola berkendara. Jadi kami sarankan untuk memilih oli motor matic terbaik agar performa pelumas selalu terjaga meski dipakai pada berbagai kondisi.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi