Tarif Perpanjang SIM A Resmi Terbaru 2020

Advertisement

Tarif Perpanjang SIM A – Bagi semua orang yang mau habis masa Surat Izin Mengemudinya untuk kendaraan roda empat atau mobil, maka sudah selayaknya bahwa mereka memahami tentang berapa tarif perpanjang SIM A. Agar tidak tertipu oleh ulah calo maupun oknum-oknum tidak bertanggungjawab lainnya.

Persiapan Perpanjang SIM A

Sebelum melakukan pembayaran SIM A, maka Anda juga harus mempersiapkan kelengkapan yang dibutuhkan supaya nantinya bisa berjalan secara cepat dan efisien. Adapun persiapan sebelum melakukan pembayaran yang perlu dilakukan yaitu:

  1. Mempersiapkan sejumlah nominal uang.
  2. Mempersiapkan kartu ATM dan juga Id pendaftaran jika pembayaran dilakukan dengan sistem online.
  3. Mempersiapkan berkas-berkas pendukung seperti halnya KTP dan bukti lolos perpanjangan jika pembayaran dilakukan secara langsung di SAMSAT atau layanan SIM keliling.
  4. Mempersiapkan Stofmap kertas karena biasanya berkas Anda akan ditolak jika tanpa disertai dengan map.

Nominal Tarif Perpanjang SIM A

Tarif Perpanjang SIM A

Advertisement

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai berapa nominal pembayaran untuk melakukan perpanjangan terhadap SIM A, maka alangkah lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang seluk beluk hal tersebut.

SIM A merupakan Surat Izin Mengemudi yang wajib dimiliki oleh seorang pengendara mobil yang normal dan sehat. Selain itu, juga telah memiliki Kartu Tanda Penduduk untuk menandakan bahwa mereka telah cukup umur dan tidak dikhawatirkan jika menyupir kendaraan.

Pada dasarnya, tarif perpanjang SIM adalah berbeda-beda bergantung pada kondisi pengendara dan juga jenis kendaraan yang dipakainya. Masing-masing mempunyai nominal tersendiri mulai dari paling murah hingga mahal.

Nah, untuk nominal perpanjangan SIM A, maka pengendara mobil atau taksi sekarang ini hanya dikenai biaya sebesar Rp. 80.000 saja. Hal tersebut cukup murah memang mengingat hanya dilakukan satu kali saja selama 5 tahun. Sedangkan untuk golongan SIM lainnya, silahkan simak pada informasi berikut “Biaya Perpanjang SIM Semua Golongan

Sejatinya biaya perpanjang SIM A disetiap daerah sama, karena sudah diatur melalui PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak. Dimana tarif perpanjang SIM hanya sebesar Rp. 80.000. Menurut kami biayanya cukup terjangkau, namun kalian masih perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membuat surat keterangan sehat dari Dokter (KIR Dokter).

Saat ini juga sudah ada layanan Perpanjang SIM Online yang akan memudahkan masyarakat Indonesia untuk perpanjang SIM A ataupun golongan SIM lainnya. Tarif perpanjang SIM A melalui sistem online juga sama. Bedanya kita harus membayar melalui metode transfer.

Advertisement

Dimana Tempat Pembayaran Perpanjangan SIM A?

Biaya Perpanjang SIM A

Sekarang, tempat pembayaran perpanjangan SIM A bisa Anda lakukan di beberapa tempat yang telah bekerjasama dengan pihak SAMSAT. Tentunya dengan adanya fasilitas tersebut akan lebih memudahkan masyarakat karena mereka bisa memilih sendiri layanan terdekat.

1. Pembayaran Secara Langsung di Loket Samsat

Jika Anda melakukan perpanjangan SIM A secara manual dengan datang langsung ke SAMSAT di kota terdekat, maka terkait administrasi pembayaranya bisa dilakukan dan dibayar pada kasir yang diarahkan langsung oleh petugas di sana.

Biasanya, setelah semua berkas Anda diterima dan disetujui, maka petugas akan segera mengarahkan untuk melakukan pembayaran perpanjangan SIM A tersebut.

2. Melalui Anjungan Tunai Mandiri

Karena saat ini telah ada layanan perpanjangan SIM A yang pendaftaranya bisa dilakukan secara online agar menghindari antri, maka Anda pun dapat melakukan pembayaran administrasinya melalui ATM di beberapa Bank dengan cara-cara tertentu.

Baca Juga :  SIM C Untuk? Simak Fungsi, Jenis dan Kegunaannya

Ketika sudah melakukan pembayaran, maka Anda akan langsung mendapatkan struk buktinya dimana hal tersebut wajib disimpan dan ditunjukkan saat pengambilan SIM baru di SAMSAT nantinya.

3. Melalui Teller Bank

Jika saat Anda melakukan pendaftaran perpanjangan SIM A namun tidak memiliki rekening bank, sehingga tak bisa membayar di layanan Anjungan Tunai Mandiri, maka langsung saja datang ke teller untuk menjawab persoalan tersebut.

Anda juga bisa mendatangi teller bank BRI, BNI, Mandiri, dan lain-lain. Katakan saja pada petugas jika akan melakukan pembayaran perpanjangan untuk SIM A.

4. Melalui Layanan SIM Keliling

Adanya SIM keliling yang telah merebak belakangan ini tentu saja memudahkan masyarakat karena lebih efektif serta efisien untuk dilakukan. Namun, Anda harus memastikan kapan pelaksanaannya berlangsung. Ini karena, tidak pasti ada layanan tersebut.

Ketika melakukan perpanjangan SIM A, Anda bisa langsung membayarnya di tempat tersebut dan juga akan mendapatkan kartu Surat Izin Mengemudi barunya.

Apa saja Kegunaan Memperpanjang SIM A

Walaupun terlihat remeh, namun tepat waktu dalam memperpanjang SIM A yang Anda miliki sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut mempunyai beberapa kegunaan di antaranya sebagai berikut:

1. Tenang Saat Berkendara

Jika Anda melakukan perpanjangan SIM A secara tepat waktu, maka saat berkendara dengan mobil kesayangan akan lebih tenang. Karena, telah memperoleh legalitas izin resmi dari pihak pemerintah sehingga apabila terjadi kecelakaan dan lain-lain tidak terkena hukuman berat.

2. Tidak Akan Tertilang Oleh Polisi

Kegunaan lain memperpanjang SIM A adalah tidak akan tertilang oleh polisi yang berakibat penilangan akibat tidak memiliki Surat Izin Pengemudi resmi. Ketika memiliki izin mengemudi yang masih aktif karena baru saja diperpanjang, maka Anda lebih aman terhadapa denda tilang.

3. Tidak Ada Resiko Pembuatan SIM yang Lebih Mahal

Terakhir, jika Anda benar-benar tepat waktu dalam melakukan perpanjangan SIM, maka akan terhindar dari resiko denda untuk membuat Surat Izin Mengemudi tipe A baru.

Seperti yang telah diketahui secara umum, jika masyarakat terlambat melakukan perpanjangan SIM dari batas waktunya, maka diharuskan untuk membuat versi barunya dan itu akan mematok harga sangat mahal.

Demikianlah pembahasan tentang berapa nominal atau tarif perpanjang SIM A yang bisa diinformasikan dalam ulasan kali ini. Bagi yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi golongan ini, silahkan simak informasi sebelumnya mengenai Biaya Membuat SIM A. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement