Syarat dan Cara Kredit Motor di Pegadaian Syariah

Advertisement

Cara Kredit Motor di Pegadaian – Siapa yang tak menginginkan motor? hampir seluruh orang di Indonesia berkeinginan memilikinya. Bahkan setiap orang tidak hanya memiliki satu motor saja, bisa sampai dua atau tiga.

Motor menjadi alat transportasi yang efesien, karena tidak terhalang kemacetan lalu lintas. Meskipun harga motor cukup mahal, namun tidak menutup kemungkinan orang bisa memilikinya.

Untuk saat ini sudah banyak perusahaan pembiayaan kredit motor, sehingga banyak orang yang memenuhi keinginannya mendapatkan motor. Salah satu perusahaan pembiayaan untuk kredit motor yang aman dan dipercaya adalah pegadaian.

Advertisement

Memang saat ini perusahaan BUMN pegadaian tidak hanya menawarkan jasa gadai saja, tetapi bisa juga untuk pengkreditan apa salah salah satunya motor. Cara pengkreditan motornyapun sama seperti lainnya, sama-sama membutuhkan uang DP.

Bagi yang tertarik kredit motor di Pegadaian, maka bisa mencoba produk Pegadaian Amanah yang merupakan pemberian pinjaman berprinsip syariah yang dikhususkan untuk pembelian kendaraan bermotor untuk pengusah micro, karyawan, dan profesional.

Kelebihan Kredit Motor di Pegadaian

Persyaratan Kredit Motor di Pegadaian SyariahDibanding kredit motor melalui leasing seperti Adira, WOM, FIF, ataupun pihak leasing lainnya, kami lebih menyarankan untuk kredit motor melalui produk Pegadaian Amanah. Pasalnya kalian akan mendapatkan banyak sekali keuntungan berkat beragam kelebihan Pegadaian Amanah berikut ini.

  1. Prosedur pengajuan kredit motor melalui Pegadaian mudah dan cepat
  2. Pegadaian menawarkan jangka waktu pembiayaan mulai dari 12 bulan sampai dengan 60 bulan
  3. Uang muka yang dibutuhkan untuk kredit motor di Pegadaian Amanah sangat terjangkau, hanya 10% dari nilai kendaraan
  4. Biaya administrasi murah dan angsuran tetap.
  5. Menggunakan prinsip Syariah sesuai dengan ajaran islam sehingga proses kredit lebih adil dan pastinya amanah
  6. Program Pegadaian Amanah tersedia disemua kantor cabang Pegadian yang terbesar luas diseluruh Indonesia.

Berapa Bunga Kredit Motor di Pegadaian?

Pegadaian AmanahUntuk uang DP yang dibutuhkan dalam kredit motor di pegadaian sebesar 10% dari harga motor. Namun, jika anda membayar uang muka lebih besar dari 10% maka nominal kredit angsuran tiap bulannya akan lebih kecil.

Selain itu kredit motor melalui pegadaian, pemohon dapat memilih tenor yang ada antara lain 12, 18, 24 atau 36 kali angsuran perbulan. Semakin anda memiliki tenor banyak, semakin rendah biaya angsuran perbulan dan sebaliknya.

Untuk DP dan Tenor, sebaiknya sesuaikan dengan budget anda saja. Jangan sampai anda memaksakan diri anda untuk mengambil DP dan tenor yang besar, karena akan berakibat fatal pada diri sendiri.

Advertisement

Kemudian soal bunga, Pegadaian Syariah tidak menerapkan bunga. Sebagai gantinya, nasabah hanya perlu membayar biaya pemeliharaan barang (mu’nah) yang nilainya sebesar 0.9% x harga kendaraan. Biaya tersebut dibayarkan per bulan selama masa angusuran kendaraan.

Syarat Kredit Motor di Pegadaian Syariah

Syarat Kredit Motor di Pegadaian SyariahAlasan utama mengapa kredit motor di Pegadian adalah karena menggunakan prinsip syariah. Bagi yang beragam Islam, tentu lebih baik kredit motor dengan sistem syariah agar terhindar dari yang namanya RIBA. Lagi pula syarat kredit motor di Pegadaian tergolong mudah dan tidak ribet. Nah untuk mengetahui apa saja syaratnya silahkan simak di bawah ini.

Baca Juga :  Cairan Pembersih Mesin Mobil Terbaik Agar Mesin Awet
  1. Merupakan pegawai tetap dengan masa kerja minimal 2 tahun. Syarat ini berlaku bagi pegawai tetap di instansi pemerintah ataupun swasta
  2. Melampirkan fotocopy KTP (Suami & Istri),
  3. Melampirkan fotocopy Kartu Keluarga
  4. Melampirkan Fotokopi SK pengangkatan sebagai pegawai / karyawan tetap
  5. Melampirkan Slip gaji 2 bulan terakhir
  6. Mengisi dan menandatangani form aplikasi AMANAH
  7. Membayar uang muka yang telah disepakati dengan  jumlah DP minimal 10% dari harga kendaraan
  8. Calon nasabah harus menandatangani akad AMANAH

Cara Kredit Motor di Pegadaian

Cara Kredit Motor di Pegadaian AmanahSeperti yang kalian lihat di atas, syarat kredit motor di Pegadaian berbeda dengan kredit motor melalui perusahaan leasing konvesional. Sebab calon nasabah harus menandatangani akad Amanah yang merupakan syarat wajib untuk kredit motor secara syariah. Setelah mengetahui semua syarat yang dibutuhkan, selanjutnya mari kita membahas mengenai cara kredit motor di Pegadaian Syariah

1. Melengkapi Dokumen

Hal wajib yang perlu kamu perhatikan dalam kredit motor di pegadaian yaitu melengkapi dokumen untuk memperlancar proses pengajuan. Syarat dokumen yang dibutuhkan cukuplah mudah, yaitu fotocopy KTP dan fotocopy KK (Kartu Keluarga) dan beberapa dokumen lainnnya yang bisa kalian lihat pada syarat kredit motor di Pegadaian Syariah yang kami sampaian di atas

2. Fotocopy Surat Recomendasi dari Atasan

Fotocopy surat recomendasi dari atasan, diwajibkan bagi karyawan swasta. Hal ini bertujuan sebagai bukti bahwa calon kredit benar-benar bekerja atau sebagai karyawan di sebuah perusahaan tertentu.

3. Menjadi Pegawai Tetap

Syarat yang lain yaitu pemohon sebagai pegawai tetap atau sudah bekerja di salah satu instansi atau perusahaan minimal 2 tahun. Hal tersebut akan menjadi pertimbangan pihak pegadaian, apakah pemohon sanggup membayar angsuran kedepannya atau tidak.

4. Usia Minimal 21 Tahun

Untuk menjadi pemohon kredit motor di pegadaian, memiliki minimal syarat usia. Minimal usia pemohon adalah 21 tahu, umur tersebut sudah dikatakan matang dan cukup dalam pengajuan kredit.

Untuk maksimal usia pengkredit adalah 70 tahun atau 1 tahun sebelum pensiun, yang artinya ketika pemohon memasuki umur tersebut telah selesai dalam kredit motor di pegadaian.

5. Memiliki Tempat Tinggal

Pemohon wajib memiliki tempat tinggal yang jelas untuk syarat pengajuan kredit motor. Hal ini bertujuan untuk mempermudah perusahaan dalam memproses pengajuan dan untuk antisipasi jika, pemohon macet atau terdapat kendala membayar angsuran bulanan.

6. Mengisi Formulir

Setelah syarat satu sampai empat telah terpenuhi, silahkan isi formulir pengajuan yang terdapat di pegadaian. Tujuan dari formulir ini yaitu sebagai bukti bahwa anda benar-benar yakin mengajukan kredit motor dan terdaftar dalam sebagai calon kredit.

Adanya formulir pendaftaran ini, akan mempermudah pengajuan kredit dan cepatnya proses kredit motor di konfrimasi oleh pegadaian.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Syarat Gadai BPKB MotorSyarat Gadai BPKB Mobil
Syarat Pengajuan Kredit MobilCara Mengatasi Motor Mogok

Bagaimana? ternyata lebih mudah ya, untuk mengajukan kredit motor di pegadaian dibandingkan dengan perusahaan atau leasing lainnya. Jadi tunggu apalagi, segera lakukan pengajuan kredit motor di pegadaian. Selamat mencoba dan semoga informasi otomotifo.com mengenai syarat dan cara kredit motor di Pegadaian Syariah di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang ingin kredit motor melalui sistem syariah.

Advertisement