Cara Melepas Stiker Motor dan Mobil Tanpa Bekas

Advertisement

Cara Melepas Stiker Motor – Salah satu resiko melepas stiker sepeda motor adalah dapat merusak cat. Resiko tersebut dapat diminimalisir apabila kita melepasnya secara hati-hati dan menggunakan teknik tertentu agar cat yang terdepat di body motor tidak ikut terkelupas. Tekniknya juga sangat simple dan kita bisa melakukannya dirumah tanpa perlu bantuan tukang skotlet yang lebih berpengalam dalam urusan lepas pasang stiker.

Yah, banyak orang yang ingin sepeda motornya tampil polos agar terlihat mewah dan elegan. Apalagi saat ini rata-rata sepeda motor terbaru yang dilengkapi emblem 3D, tanpa adanya striping atau stiker. Sebagai contoh adalah Yamaha NMAX 155, Honda Vario 150, Yamaha Lexi, Yamaha Aerox 155, dan masih banyak yang lainnya. Sebenarnya tujuan pemakaian striping adalah agar motor terlihat lebih sporty dan futuristik. Namun sayangnya tak semua striping motor terlihat bagus, dan sering kali terlihat kusam apabila umur motor sudah beranjak tua.

Melepas stiker atau striping menjadi solusi paling tepat untuk menambah kegantengan sepeda motor. Masbro juga bisa mengganti stiker motor bawaan dengan decal stiker yang memiliki grafis lebih keren. Namun sebelum memasang decal stiker ada baiknya terlebih dahulu melepas stiker bawaan agar gambarnya tidak numpuk. Decal stiker juga bisa menjadi solusi untuk merubah warna cat motor. Pasalnya decal stiker akan menutupi seluruh bagian motor sesuai konsep dan warna yang diinginkan.

Advertisement

Harga decal stiker sangat bervariasi, tergantung jenis motor serta kualitasnya. Decal stiker yang bagus bisa bertahan selama 2-3 tahun karena sudah dilengkapi lapisan coating. Jadi setelah itu masbro harus melepasnya agar tidak terlihat kusam. Cara melepas decal stiker juga sama dengan cara melepas stiker motor. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui bagamana caranya, silahkan simak informasi yang kami rangkum pada artikel otomotifo.com berikut ini.

Cara Melepas Stiker Motor Dengan MudahCara Melepas Stiker Motor

1. Basahi Terlebih Dahulu Stiker

Agar proses melepaskan stiker menjadi lebih mudah, kami sarankan untuk terlebih dahulu membasahi stiker yang akan dilepas. Masbro bisa menggunakan cairan WD-40 yang merupakan cairan pembersih. Jika tidak memilikinya, masbro juga bisa menggunakan air biasa. Hal ini sangat penting agar stiker tidak terlalu lengket serta membersihkan kotoran pada stiker yang akan dilepas.

2. Panaskan Stiker Yang Akan Dilepas

Cara melepas stiker motor ataupun striping motor yang kedua adalah terlebih dahulu memanaskannya agar nantinya striping mudah dilepas. Masbro bisa menggunakan korek apik yang digerakan ke kiri atau ke kanan untuk memanasi stiker. Pastikan jarak antara stiker dan korek api tak terlalu dekat agar tidak membuat body motor lumer. Selain itu, masbro bisa menggunakan hair dryer, namun suhunya jangan terlalu panas agar tidak merusak cat. Hair Dryer juga sering digunakan tukang skotlet untuk melepas stiker dengan mudah, jadi masbro wajib mencoba cara yang satu ini.

Advertisement

3. Lepaskan Stiker Dari Body

Setelah semua stiker atau striping dipanaskan, lalu kita menarik perlahan-lahan stiker yang masih menempel sampai semuanya terlepas. Agar proses ini berjalan mudah, kami sarankan untuk melepas stiker dari ujung hingga ke bagian belakang, sehingga tidak ada bagian yang tertinggal. Kami jamin stiker akan mudah terlepas, karena sebelumnya telah dipanaskan. Apabila ada bagian yang dirisa sulit dilepas, maka masbro bisa mencoba lagi memanaskan stiker tersebut dengan hair dryer atau korek.

Baca Juga :  Cara Mengisi Freon AC Mobil Sendiri Yang Benar

4. Menghilangkan Bekas Perekat

Stiker yang dilepas biasanya meninggalkan sisa-sisa lem perekat pada permukaan body motor. Cara membersihkannya sangat simple. Masbro bisa mengoleskan minyak kayu putih lalu gosok menggunakan kain lap halus. Menurut kami minyak kayu putih lebih bagus dibandingkan menggunakan bensin yang nantinya bisa membuat cat ikut luntur. Nah setelah bersih, maka langkah selanjutnya tinggal mengoleksan pemoles yang mengandung compound agar body motor kembali mulus.

5. Cuci Motor Sampai Bersih

Langkah yang terakhir adalah tinggal mencuci motor sampai bersih dan jangan lupa mengolekskan cairan pembersih, seperti “Kit Motor Multi Guna” untuk mengkilapkan dan melindungi seluruh body motor. Sekarang motor yang sudah dilepas stikernya terlihat polos dan tampak lebih mewah. Selanjutnya masbro yang tinggal menentukan, apakah motor akan dibuat polos atau dipasangi decal stiker yang akan melapisi seluruh body motor.

Advertisement

Selera setiap orang berbeda-beda. Jadi jangan heran apabila ada beberapa orang yang rela melepas stiker bawaan motor yang notabennya dirancang agar tampilan motor semakin sporty. Namun sayangnya hal tersebut sering kali menurunkan harga jual motor, karena membuat motor tidak standar lagi. Oleh karena itulah masbro harus berikir dua kali sebelum mengikuti cara melepas stiker motor yang kami sampaikan di atas.

Bagi yang masbro ragu untuk melepas stiker motor, kami sarankan untuk memilih menutupi body motor dengan stiker. Walaupun hasilnya tak terlalu sempurna, namun yang paling tidak motor akan terlihat polos. Nah bagi yang lebih memilih memasang skotlet, silahkan simak tips dan trik cara memasang skotlet agar rapi berikut ini.

Tips Memasang Skotlet

  1. Bersihkan seluruh body motor agar skotlet bisa menempel secara sempurna. Setelah itu keringkat body motor dengan kain halus.
  2. Kemudian lumuri body motor dengan sabung agar posisi skotlet tidak langsung menempel pada body motor.
  3. Setelah semua skotlet terpasang pada body motor, lalu pastikan tidak ada yang menggelembung agar hasilnya semakin rapi
  4. Langkah selanjutnya tinggal mengencangkan skotlet menggunakan hair dryer sampai tidak ada ruang udara / gelembung udara.
  5. Apabila gelempung udara dirasa susah hilang, masbro bisa menusuknya dengan jarum, kemudian kencangkan kembali dengan hair dryer.
Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Daftar Gojek OnlineHarga Kijang Super
Syarat Daftar GrabBikeHarga Aki Mobil Avanza

Cara melepas stiker motor yang kami sampaikan di atas juga bisa diaplikasikan saat melepas stiker mobil. Masbro hanya membutuhkan hair dryer atau korek yang nantinya digunakan untuk melepaskan stiker dari lem perekat. Setelah itu tinggal melepas stiker secara perlahan. Setelah mengetahui cara tersebut, sekarang masbro bisa melepasnya sendiri tanpa perlu datang ke tukang skotlet, sehingga tak perlu mengeluarkan uang hanya untuk melepas stiker motor.

Advertisement