Kijang Super Harga, Spesifikasi, Kelebihan & Kekurangan

Advertisement

Kijang Super – Sudah sejak lama mobil Toyota selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Nah salah satu mobil legendaris Toyota yang sampai saat ini masih laris manis diburu konsumen adalah Kijang Super. Mobil ini pertama kali diproduksi pada tahun 1986 sebagai pengganti Kijang Kotak. Masa produksi mobil ini sekitar 10 tahun, karena akhirnya Toyota harus menghentikan produksinya setelah meluncurkan Kijang Kapsul pada tahun 1996.

Walaupun umurnya sudah sangat tua, namun Kijang Super tetap menjadi buruan pecinta mobil bekas. Banyak orang membelinya dikarenakan memiliki mesin yang bandel dan mudah perawatannya. Sparepart Kijang Super juga melimpah dan harganya murah. Hampir semua bengkel besar pasti memiliki sparepart Kijang Super, jadi penggunanya tak perlu bingung apabila terjadi kerusakan pada bagian mesin, kaki-kaki, ataupun komponen mobil lainnya.

Kijang Super bisa dikatakan sebagai embahnya Toyota Kijang Innova. Secara bahasa desain memang hampir sama. Namun mobil ini terlihat lebih klasik sesuai umurnya yang sudah melebihi 30 tahun. Bagi masbro yang tertarik membelinya, kami sarankan untuk membeli yang umurnya muda. Paling tidak masbro membeli Kijang Super keluaran tahun 90an agar kondisi mesinnya masih bagus dan menghindari beberapa kerusakan yang sering terjadi pada mobil tua.

Advertisement

Harga Kijang Super tergantung dari tahun produksinya. Kita bisa mendapatkan mobil ini dengan harga setara motor sport 150cc, seperti Yamaha R15 atau Honda CBR150R. Pasalnya kita bisa mendapatkan mobil bekas ini dengan harga mulai 20 Jutaan. Namun semakin muda umur mobil yang kita beli, maka harganya semakin mahal. Kondisi setiap mobil juga berbeda-beda yang otomatis akan mempengaruhi harga jualnya. Lalu bagaiman dengan spesifikasi dan fitur yang dimiliki mobil bekas murah tersebut ?

Review Mobil Toyota Kijang Super

1. Desain Eksterior

Harga Mobil Kijang Super

Bagi yang suka mobil klasik, Kijang Super merupakan pilihan paling tepat. Desain eksterior mobil ini terlihat klasik dengan bentuk mengkotak yang dahulunya terkesan mewah dan elegan. Senada dengan bentuk bodinya, Kijang Super juga memiliki lampu depan berbentuk kotak dan ditengah-tengah grillenya terpasang logo “Toyota” berukuran besar. Mobil ini juga memiliki kaca yang tinggi dan luas, sehingga meningkatkan visibilitas pengendaranya.

Kemudian untuk bagian samping terpasang pijakan kaki untuk mempermudah akses keluar masuk penumpang dan pengendaranya. Lalu bagian belakang terpasang Stop Lamp berbentuk kotak memiliki 3 layer warna, yakni orange, putih, dan merah. Nah yang paling menarik dari bagian belakang Kijang Super adalah memiliki pintu. Pintu tersebut berfungsi untuk akses keluar masuk pintu belakang serta memudahkan pengguna Kijang Super untuk memasukan barang bawaan dari belakang.

Advertisement

2. Tampilan Interior

Gambar Interior Kijang SuperKabin yang luas menjadi salah satu kelebihan Kijang Super. Mobil ini bisa menampung 8 hingga 9 penumpang sekaligus. Kelebihan tersebut tidak lepas dari konfigurasi jok belakang yang dibuat berhadap-hadapan. Mungkin konfigurasi tersebut hanya tersedia pada Kijang Super tipe tertentu, jadi jangan heran apabila menjumpai Kijang Super dengan konfigurasi tempat duduk yang berbeda. Meski begitu, kami yakin semuanya memiliki kabin yang luas dan lega.

Bisa dikatakan ada 2 generasi Kijang Super. Yang pertama dipasarkan pada tahun 1986 sampai 1992. Lalu Toyota mengeluarkan varian Facelift pada tahun 1992 sampai 1996. Kedua varian tersebut memiliki desain dasboard berbeda. Nah untuk varian terbaru sudah dilengkapi AC Double Blower yang menjadikan interior mobil ini terasa lebih nyaman. Desain eksteriornya juga sedikit berubah, seperti pada lampu depan dan gril depan yang dibuat lebih modern.

Baca Juga :  Harga Mobil Agya 2019, Spesifikasi Matic, Manual, dan TRD

3. Spesifikasi Mesin

Tampilan Eksterior Kijang Super

Advertisement
KIJANG SUPERKIJANG GRAND EXTRA
Mesin4 Silinder OHV 8 Katup (5K)4 Silinder OHV 8 Katup (7K)
Kapasitas1.500cc1.800cc
Tenaga63 Hp / 4.600 rpm87 Hp / 4.600 rpm
Torsi115 Nm / 3.200 rpm140 Nm / 2.800 rpm
Bore x Stroke80.5 mm x 73 mm80.5 mm x 87.5 mm
Kompresi9.0:19.0:1
TransmisiManual 4 PercepatanManual 5 Percepatan
Tahun Produksi1986-19921992-1996

Kijang Super generasi kedua memiliki nama berbeda, yakni Kijang Grand Extra. Keduanya menggunakan spesifikasi mesin yang berbeda. Pasalnya untuk generasi pertama yang dikeluarkan mulai tahun 1986 sampai 1992 memiliki mesin berkapasitas 1.500cc. Mesin tersebut memiliki konfigurasi 4 Silinder segaris OHV 8 Katup dengna kode 5K. Tenaga yang dikeluarkan sebesar 63-68 Horsepower dan bisa menghasilkan torsi puncak sebsar 115 Nm.

Kemudian mesin yang dipakai Kijang Grand Extra memiliki kapasitas 1.800cc. Kapasitas mesinnya lebih besar, jadi jangan heran apabila performa Kijang Grand Extra lebih powerfull. Mesin tersebut memiliki konfigurasi 4 Siinder Segaris OHV 8 Katup dengan kode 7K yang sanggup menyeburkan tenaga sebesar 87 Horsepower pada 4.600 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.800 rpm. Lalu transmisinya menggunakan gearbox manual 5 percepatan.

Mesin Toyota Kijang Super tergolong cukup irit. Tercatat mobil ini memiliki konsumsi BBM 7-8 km/liter saat berkendara di dalam kota. Sedangkan untuk luar kota sekitar 9-11 km/liter. Itu artinya konsumsi bahan bakar Kijang Super tidka berbeda jauh dengan mobil modern sekelas Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan beragam mobil MPV lainnya. Selain itu, Kijang Super dan Kijang Grand Extra sama-sama menggunakan sistem pembakaran karburator.

4. Kelebihan Kijang Super

Kelebihan Kijang SuperMengingat mobil ini umurnya sudah cukup tua, mungkin performa yang dimilikinya sudah menurun. Untuk mengatasi hal tersebut, masbro wajib melakukan pengecekan secara menyeluruh. Apabila ada yang mengalami kerusakan, maka masbro wajib menggantinya dengan sparepart yang baru. Begitu pula dengan bagian interior dan eksterior yang kami yakin tidak akan mulus 100%, kecuali mobil yang dibeli merupakan mobil koleksi yang jarang digunakan.

Masbro bisa memilih diantara Kijang Super atau Kijang Grand Extra. Keduanya memang memiliki performa yang berbeda, namun secara interior dan eksterior tidak berbeda jauh. Kapasitas mesin yang lebih besar tentu membuat Kijang Grand Extra sedikit lebih boros, namun kekurangan tersebut sebanding dengan performanya. Masih ada banyak lagi kelebihan Kijang Super ataupun Kijang Grand Extra. Nah untuk mengetahuinya secara lengkap silahkan simak dibawah ini.

  1. Kelebihan yang pertama adalah memiliki tampilan klasik yang terlihat elegan. Bagi yang suka modifikasi, tentu Kijang Super merupakan pilihan paling tepat. Mobil ini akan semakin keren saat mendapatkan sentuhan modifikasi. Masbro bisa mengecet ulang bodinya serta merubah tampilan interior agar terlihat lebih mewah.
  2. Dari segi harga jual relatif stabil, jadi masbro tak perlu bingung saat ingin kembali menjualnya. Namun harga Kijang Super tergantung dari tahun produksinya. Semakin muda umurnya, tentu semakin mahal harganya
  3. Selain stabil, harga Kijang Super juga relatif sangat murah. Alhasil mobil ini sangat tepat bagi masbro yang mencari mobil bekas terbaik yang dibanderol dibawah 50 Juta Rupiah.
  4. Seperti yang kami sampaikan di atas, Kijang Super memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Mesinnya juga bandel dan memiliki performa yang responsif saat melewati tanjakan ataupun medan berat lainnya
  5. Mesin yang responsif didukung oleh sparepart yang melimpah ruah. Harga sparepart Kijang Super juga murah, jadi tak perlu bingung saat mengalami kerusakan pada bagian mesin ataupun bagian lainnya
  6. Mobil ini masih menggunakan sistem pembakaran karburator, sehingga perawatannya lebih mudah dan pastinya murah.
  7. Memiliki kabin yang luas dan bisa menampung 7 hingga 9 penumpang
  8. Akses keluar masuk penumpang juga sangat mudah, karena dibagian belakang disediakan pintu lengkap dengan pijakan kaki
  9. Toyota sudah melengkapinya dengan fitur AC Double Blower dan Power Steering.
  10. Dibuat dengan press body / bebas dempul yang menjadikan bodinya terasa lebih solid.
Baca Juga :  7 Mobil Murah Dibawah 10 Juta Terbaik 2019

5. Kekurangan Kijang Super

Kekurangan Kijang SuperSemua kendaraan pasti memiliki kekurangan. Begitu pula dengan Kijang Super ataupun Kijang Grand Extra. Terlebih umurnya sudah sangat tua, jadi jangan heran apabila ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan. Untungnya harga sparepart mobil ini tergolong murah dan gampang dicari diberbagai toko onderdil mobil diseluruh Indonesia. Namun sebelum memutuskan membeli mobil bekas tersebut, silahkan simak terlebih dahulu apa saja kekurangan Kijang Super berikut ini.

  1. Mobil ini dikenal memiliki bantingan yang cukup keras, sehingga mengurangi kenyamanan saat melewati tikungan
  2. Walaupun mesinnya responsif, namun putaran mesin atas tergolong lemah. Mungkin hal ini dikarenakan Toyota lebih mengoptimalkan putaran mesin bawah yang terbukti mampu
  3. menghasilkan torsi maksimal sangat besar diputaran mesin 2.800 rpm sampai 3.200 rpm
  4. Kekurangan lainnya adalah suara mesin yang cukup bising
  5. Peredaman kabin juga sangat buruk. Namun kekurangan tersebut bisa dimaklumi, karena sejatinya mobil ini sudah uzur.
  6. Mengingat umurnya sudah cukup tua, jangan heran apabila mobil ini memiliki banyak penyakit dikarenakan komponen yang sudah dimakan usia.
  7. Fitur keamanan sangat minim. Toyota hanya menyediakan sabuk pengaman pada kursi depan, jadi jangan harap mobil keluaran 1986-1996 ini memilik fitur sekelas ABS, Airbag, dan beragam fitur keselamatan modern lainnya

6. Harga Mobil Kijang Super

Harga Mobil Kijang Super

Tahun ProduksiHarga
Tahun 1986Rp. 25-30 Jutaan
Tahun 1987Rp. 30-35 Jutaan
Tahun 1988Rp. 32-38 Jutaan
Tahun 1990Rp. 35-40 Jutaan
Tahun 1991Rp. 37-50 Jutaan

Harga yang murah menjadi alasan utama untuk membeli mobil ini. Namun harga Kijang Super tergantung dari kondisi serta tahun produksinya. Apabila kondisinya masih mulus dan mesinnya sehat, tentu harga jualnya akan lebih mahal. Faktor lainnya adalah modifikasi yang sudah dilakukan penggunanya. Semua itu akan mempengaruhi harga mobil ini, jadi jangan heran apabila harganya bisa berbeda meski tahun produksinya sama. Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak daftar harga di atas.

6. Harga Mobil Kijang Grand Extra

Harga Mobil Kijang Grand Extra

Tahun ProduksiHarga
Tahun 1992Rp. 40-48 Jutaan
Tahun 1993Rp. 45-55 Jutaan
Tahun 1994Rp. 47-57 Jutaan
Tahun 1995Rp. 48-60 Jutaan
Tahun 1996Rp. 48-65 Jutaan

Apabila ingin yang umurnya lebih mudah, maka masbro bisa membeli Kijang Grand Extra. Dari segi harga memang lebih mahal, karena memiliki kapasitas mesin lebih besar, yakni 1.800cc. Alhasil performanya lebih bertenaga, sehingga lebih optimal saat melewati jalanan menanjak ataupun medan lainnya. Selain itu, Toyota sudah melengkapinya dengan fitur AC dan Power Steering yang otomatis membuatnya lebih nyaman dikendarai.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Mobil Pick Up Bekas 20 JutaanMobil Bekas 50 Jutaan
Mobil Bekas 30 JutaanHarga Aki Mobil Avanza

Note :

  • Informasi daftar harga mobil Kijang Super di atas bisa berbeda-beda, karena tergantung kondisi serta kelengkapannya
  • Setiap kota juga memiliki harga pasaran yang berbeda-beda

Mungkin informasi spesifikasi mobil Kijang Super yang kami sampaikan di atas berbeda dengan yang ada dipasaran. Namun yang pasti mobil ini menawarkan kabin yang luas, sehingga cocok dijadikan sebagai mobil keluarga. Nah demikianlah informasi otomotifo.com kali ini, semoga informasi harga mobil bekas di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi masbro yang mencari mobil bekas berkualitas di Indonesia.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi