Cara Menghemat BBM Pada Motor dan Mobil Agar Irit

Advertisement

Cara Menghemat BBM – Semua orang pasti menginginkan kendaraan bermotor yang irit agar bahan bakar minyak (BBM) tidak cepat habis. Yah, setiap kendaraan memiliki konsumsi BBM berbeda-beda. Ada yang irit, ada pula yang boros. Namun sebenarnya ada beberapa faktor yang mepengaruhi keiritan motor ataupun mobil.

Yang paling berpengaruh adalah spesifikasi mesin yang digunakan. Apabila mengendarai motor atau mobil ber-cc besar, tentu konsumsi bahan bakarnya lebih boros dibandingkan kendaraan ber-cc kecil, seperti motor dengan kapasitas mesin dibawah 250cc atau mobil LCGC yang rata-rata memiliki mesin 1.00cc sampai 1.200cc

Kapasitas mesin memang sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Pasalnya mesin membutuhkan tenaga ekstra untuk menggerakan semua komponen yang ada di dalamnya. Sebenarnya ada beberapa cara menghemat BBM yang wajib dicoba agar konsumsi bahan bakar tak terlalu boros.

Cara yang paling simple adalah mengurangi pemakaian kendaraan. Namun padatnya aktivitas sering kali memaksa kita harus menggunakan mobil ataupun motor untuk berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Masih banyak cara menghemat BBM lainnya, dan untuk mengetahuinya silahkan simak informasi berikut.

Tips dan Cara Menghemat BBM Kendaraan BermotorCara Menghemat BBM Motor dan Mobil

1. Memilih Bahan Bakar Yang Tepat

Cara menghemat BBM yang pertama adalah memilih bahan bakar yang tepat. Pemakaian jenis bahan bakar sangat berpengaruh terhadap keiritan kendaraan bermotor. Masbro harus mengikuti anjuran pabrikan agar bahan bakar yang digunakan sesuai dengan spesifikasi mesin.

Tak hanya membuat motor atau mobil lebih irit, pemakaian bahan bakar yang tepat juga memaksimalkan performa mesin, sehingga kendaraan lebih responsif dan nyaman saat berakselerasi.

2. Jangan Kebut-Kebutan

Sering kali pengendara motor atau mobil ingin memacu kendaraannya dengan cepat. Namun hal tersebut bisa berimbas terhadap pemakaian bahan bakar yang lebih boros. Ada baiknya mempertahankan kecepatan kendaraan pada putaran mesin yang ideal, yakni sekitar 3.000 rpm.

Selain itu, masbro jangan menginjak gas secara tiba-tiba yang akan membuat putaran mesin terlalu tinggi sehinga mengakibatkan konsumsi bahan bakar semakin besar. Lebih baik berkendara dengan pelan, namun aman dan bisa menghemat BBM

3. Hindari Mengerem Mendadak

Sering kali pengendara motor ataupun mobil mengerem mendadak dikarenakan jarak dengan kendaraan di depan terlalu dekat. Setelah mengerem mendadak rata-rata pengendara motor atau mobil langsung tanjap gas. Inilah salah satu faktor yang membuat bahan bakar menjadi boros.

Nah agar konsumsi BBM tetap hemat, maka kami sarankan untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan, sehingga mencegah pengereman mendadak yang otomatis membuat BBM lebih boros.

4. Menambah kecepatan Secara Bertahap

Sah-sah saja apabila kita memacu kendaraan pada kecepatan tinggi. Walaupun konsumsi bahan bakar lebih boros, namun kita bisa meminimalisirnya dengan cara menambah kecepatan secara bertahap. Cara menghemat BBM ini cukup efisien dan terbukti mampu mengurangi konsumsi bahan bakar. secara signifikan.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Kaca Helm Yang Buram dan Tergores

5. Hindari Jalanan Macet

Sudah menjadi rahasia umum bahwa berkendara di kemacetan akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Hal ini terjadi karena mesin akan bekerja terlalu ekstra pada putaran mesin rendah, sehingga membutuhkan energi bahan bakar lebih besar. Jadi lebih baik masbro mencari jalan alternatif agar terhindar dari kemacetan.

6. Menggunakan Gigi Yang Tepat

Pemakaian gigi persneling yang tidak tepat akan memboroskan bahan bakar. Kasus yang sering terjadi adalah memakai gigi tinggi saat melitasi jalan menanjak ataupun mengemudikan mobil dengan gigi rendah secara terus menerus.

Bagi yang menggunakan mobil matic ataupun motor matic, maka perpindahan gigi persneling akan diatur secara otomatis. Nah agar konsumsi BBM lebih irit, maka kita harus mengatur kecepatan kendaraan.

7. Hindari Cuca Buruk

Cuaca buruk yang sering kali diiringi hujan dan angin. Hal tersebut bisa menyebabkan konsumsi BBM lebih boros karena dikarenakan hambatang angin yang akan memperlambat laju kendaraan. Apabila mengalami hal tersebut, kami sarankan untuk berhenti sejenak sampai cuaca kembali normal.

Selain membuat BBM boros, berkendara di cuaca buruk juga sangat berbahaya. Bisa-bisa mobil hilang kendali karena jala telalu licin. Bahkan sering kali ada pohon tumbang yang bisa berakibat fatal.

8. Parkir Di Tempat Teduh

Mungkin masbro bisa tahu bahwa cara menghemat BBM adalah dengan parkir di tempat yang teduh. Hal ini perlu dilakukan agar penguapan bahan bakar lebih sedikit.

Cara mengemat BBM ini juga menjaga agar cat mobil atau motor tidak cepat kusam. Masbro juga harus mencari tempat parkir yang aman. Lebih baik menghindari parkir di bawah pohon besar, karena rawan tumbang apabila cuaca buruk

9. Kurangi Pemakaian Kendaraan

Mengurangi pemakaian kendaraan memang cukup sulit. Terlebih bagi masbro yang memiliki aktivitas tinggi, maka mau tak mau harus menggunakan mobil untuk berpergian.

Namun apabila jarak yang ditempuh cukup dekat, maka cara menghemat BBM yang sarankan untuk beralih menggunakan sepeda motor yang konsumsi BBM-nya lebih irit. Masbro juga bisa menggunakan transportasi masal, seperti kereta atau bus demi mengemat BBM.

10. Matikan Mesin Kendaraan Saat Berhenti Dalam Waktu Lama

Sering kali pemilik mobil tetap menghidupkan mesin saat berhenti dalam waktu lama. Padahal hal tersebut membuat bahan bakar terbuang sia-sia.

Biasanya pemilik mobil beralasan agar AC mobil tetap dingin sehingga mesin tetap dihidupkan. Nah cara menghemat BBM yang kami sarankan adalah lebih baik mematikan mesin jika berhenti lebih dari 5 menit.

11. Mengatur Tekanan Angin Ban

Tekanan angin ban juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Apabila ban terlalu keras atau terlalu lembek, maka jumlah bahan bakar yang dibutuhkan semakin besar. Lebih baik masbro mengikuti saran dari pabrikan yang sudah menetapkan besaran tekanan angin pada ban.

12. Hindari Membawa Beban Terlalu Berat

Mesin yang bekerja terlalu ekstra akan membuat konsumsi BBM lebih boros. Masalah tersebut sering kali terjadi karena beban muatan terlalu berat dan melebihi standar yang ditentukan pabrikan. Kami yakin semua pabrikan telah melakukan uji coba untuk mengukur sejauh mana kemampuan produknya.

13. Ganti Oli Secara Rutin

Mengganti oli secara rutin wajib dilakukan para pemilik motor ataupun mobil. Oli sendiri bertugas untuk melumasi komponen mesin agar bisa berkerja secara optimal.  Jadi apabila kondisi oli kurang bagus, maka akan terjadi gesekan pada komponen mesin yang menjadikan beban mesin terlalu berat dan berakibat terhadap konsumsi BBM yang semakin besar. Oleh karena itulah kami menyarankan untuk mengganti oli secara berkala sesuai jarak tempuh yang sudah ditetapkan.

Baca Juga :  Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan Mobil

14. Jangan Asal Memilih Oli

Oli motor maupun mobil memiliki tingkat kekentalan berbeda-beda. Masbor harus memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin, sehingga membuat performa mesin selalu optimal dan menjadikannya lebih irit BBM. Jadi jangan sampai salah memilih oli, dan pastikan oli yang digunakan sesuai dengan spesifikasi mesin serta jenis kendaraan yang masbro miliki.

15. Tune-Up Mesin

Tak hanya cukup mengganti oli secara berkala, cara menghemat BBM juga bisa dilakukan dengan tune-up mesin agar performa mesin semakin optimal dan bahan bakar semakin irit. Mobil yang jarang di tune-up biasanya memiliki tarikan mesin yang lebih berat. Hal tersebut akan berakibat pada konsumsi BBM yang lebih boros.

Nah itulah beberapa cara menghemat BBM yang wajib masbro ketahui agar mobil atau motor tetap irit. Selain cara menghemat BBM di atas sebenarnya masih ada beberapa cara lainnya. Salah satunya adalah gaya berkendara masing-masing driver. Bagi yang sering berkendara ugal-ugalan tanpa menghiraukan kecepatan ataupun perpindahan gigi, maka kami jamin konsumsi bahan bakarnya lebih boros.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Master Rem BremboSyarat Kredit Motor
Harga Motor KLXHarga Motor Trail Mini 

Dengan mengikuti tips dan cara mengemat BBM yang kami sampaikan di atas, harapannya masbro bisa mengurangi pemakaian BBM secara signfikan. Apabila kendaraan semaki irit, tentu uang yang kita keluarkan untuk membeli bahan bakar semakin kecil. Nah demikianlah tips otomotif kali ini, semoga cara menghemat BBM di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pemilik motor ataupun mobil yang menginginkan kendaraan miliknya tetap irit.

Advertisement