Cara Menyetel Klep Motor Yang Baik dan Benar

Advertisement

Cara Menyetel Klep Motor – Salah satu cara untuk meningkatkan performa motor adalah dengan menyetel klep. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi motor karburtor yang loyo atau kurang bertenaga. Sebab dengan menyetel klep motor, maka kita bisa mengatur campuran gas yang berasal dari karburator agar bisa masuk dengan sempurna ke ruang bakar mesin.

Klep sendiri sama dengan katup (Intake). Komponen mesin tersebut berfungsi untuk mengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar ke mesin. Jadi apabila pengaturan klep kurang sesuai, maka berakibat performa motor kurang optimal dan terasa loyo saat berakselerasi. Apabila kalian mengalami hal tersebut, maka jangan ragu untuk menyetel klep motor.

Ukuran klep motor tidaklah besar. Meskipun begitu, klep sangat berpengaruh terhadap performa motor. Alhasil pemasangan klep harus benar-benar sesuai dengan standar pabrikan. Posisinya jangan sampai terlalu renggang ataupun terlalu rapat. Apabila salah menyetel klep motor, maka kalian harus menerima akibat sebagai berikut.

Advertisement

Akibat Jarak Klep Terlalu Renggang 

  1. Tarikan mesin terasa loyo saat berakselerasi
  2. Mesin menjadi cepat panas
  3. Motor menjadi susah dihidupkan atau distarter
  4. Akan terdengar bunyi ngelitik saat motor dihidupkan
  5. Idle motor menjadi terganggu

Apabila selama ini kalian merasa motor terasa kurang bertenaga, meski sudah menarik gas dalam-dalam, maka besar kemungkinan diakibatkan oleh jarak klep yang terlalu renggang. Lebih parahnya lagi, mesin motor akan terasa cepat panas dan terdengar bunyi ngelitik yang sangat menggangu.

Akibat Jarak Klep Terlalu Rapat

  1. Kompresi mesin menjadi berkurang karena terjadi kebocoran
  2. Motor menjadi boros BBM
  3. Mesin motor susah dinyalakan
  4. Performa motor akan jauh berkurang sehingga tarikan mesin terasa loyo dan kurang bertenaga
  5. Mesin motor tidak bisa langsam

Akibat yang paling parah dari klep terlalu rapat adalah konsumsi bahan bakar yang menjadi sangat boros. Mesin motor juga menjadi sulit untuk dinyalakan, sehingga akan menggangu aktivitas sehari-hari. Agar tidak mengalami hal tersebut, maka kalian harus menyetel ulang klep motor.

Untuk menyetel klep motor, kita harus memperhatikan celah klep. Ukuran celah klep setiap motor berbeda-beda, namun pada umumnya memiliki celah klep 0.05 mm. Hal berbeda jika kalian menyetel klep motor Yamaha, sebab motor Yamaha memiliki celap klep berjarak 0.07 mm.

Sebelum menyetel klep motor, pastikan kalian sudah tahu jarak celah klep yang benar. Akan percuma apabila kita asal-asalan dalam menyetel, karena posisinya bisa terlalu renggang ataupun terlalu rapat. Selain itu, kalian juga harus menyiapkan alat-alat untuk setel klep motor. Adapun alat-alatnya silahkan simak dibawah ini.

Alat Untuk Setel Klep Motor

Alat Untuk Setel Klep Motor

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Setel Klep Motor

  1. Feeler Gauge / Pengukur Setelan Klep
  2. Obeng minus
  3. Kunci sock
  4. Kunci klep motor
  5. Obeng minus
  6. Kunci ring 18

Untuk stel klep motor kita harus memiliki semua alat diatas. Alat yang dibutuhkan memang tidak sembarangan, karena harus ada Feeler Gauge yang berfungsi sebagai pengukur setelah klep. Selain itu, kita juga membutuhkan kunci khusus untuk stel klep motor.

Untuk motor tertentu seperti Honda GL juga membutuhkan kunci ring 8 mm dan kunci 10 mm. Selain itu, kita harus menyiapkan kunci sock agar bisa menyesuaikan ukuran klep dengan baut pada as magnet. Nah setelah menyiapkan semua alat diatas, maka selanjutnya mari kita mulai menyetel klep motor.

Baca Juga :  Penyebab Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak - Solusi & Cara Mengatasinya
Advertisement

Cara Menyetel Klep Motor

Cara Menyetel Klep Motor Yang Benar

Tutorial Cara Menyetel Klep Motor Yang Benar

  1. Langkah pertama adalah membuka lubang poros engkol. Setelah itu, kalian tinggal membuka tutup lubang pemeriksaan tanda pengapian. Untuk membukanya kita harus menggunakan obeng minus
  2. Setelah lubang poros engkol terbuka, selanjutnya kita harus memutar poros engkol menggunakan kunci shock dengan arah berlawanan jarum jam
  3. Kemudian paskan tanda “T” yang tertera pada rotor magnet (sepul) yang berada di lubang tanda pengapian.
  4. Selanjutnya kita tinggal membuka tutup lubang penyetelan klep.
  5. Setelah lubang penyetelan klep terbuka, selanjutnya kia mengecek apakah klep bergoyang atau tidak. Apabila klep tidak bisa digoyangkan, maka kalian harus memutar tanda poros engkol 360 derajat hingga tanda “T” di roto magnet kembali terlihat dari lubang pemeriksaan tanda pengapian.
  6. Nah apabila klep sudah dapat digoyangkan, maka langkah selanjutnya tinggal mulai menyetel klep motor
  7. Cara menyetel klep motor yang pertama adalah dengan memasukan Feeler Gauge ke dalam celah rocker arm dan noken as. Feeler Gauge tersebut berfungsi untuk mengukur setelah klep.
  8. Cara menggunakan Feeler Gauge sangat gampang. Pertama, kita mencoba terlebih dahulu memasukan Feeler Gauge dengan ukuran 0.05. Apabila dapat masuk, maka coba lagi dengan ukuran lebih besar, sepert 0.10 mm. Nah apabila Feeler Gauge dengan ukuran 0.10 mm dapat masuk, maka kalian harus melakukan menyetelan klep. Namun apabila ukuran 0.10 mm tidak bisa masuk, maka kalian tidak perlu melakukan penyetelan karena berarti setelah klep sudah benar.
  9. Nah untuk menyetel klep motor, kita harus terlebih dahulu mengendorkan mur pengunci pada sekrup penyetelann menggunakan kunci ring 8 mm.
  10. Setelah itu, kalian harus menggunakan kunci yang dikhususkan untuk stel klep agar bisa memutar sekrup penyetelan klep. Kemudian putar sekrup tersebut searah dengan arah pengencangan
  11. Lalu lakukan pengetesan, apakah feeler gauge dengan ukuran 0.05 mm dapat masuk dengan rapat atau tidak. Jika sudah rapat, maka kita sudah berhasil menyetel klep motor. Namun perlu kalian ingat, bahwa posisi klep tidak boleh terlalu rapat.
  12. Setelah selesai mengatur setelan klep, maka langkah selanjutnya tinggal mengencangkan mur pengunci.
  13. Kemudian pasang kembali tutup lubang penyetelan klep
  14. Menginat setiap motor minimal memiliki 2 klep, maka kita harus melakukan penyetelan yang sama.
  15. Setelah selesai melakukan penyetelan pada semua klep, selanjutnya kita tinggal menutup kembali lubang pemeriksaan tanda pengapian dan tutup lubang poros engkol
  16. Langkah terakhir tinggal mencoba motor yang klep-nya sudah disetting.

Jangan lupa melakukan test drive untuk memastikan keberhasilan penyetelan klep motor. Rasakan sendiri perbedaan performa motor, sebelum dan sesudah menyetel klep. Kami yakin performa motor akan kembali normal sehingga kita bisa berakselerasi secara maksimal.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Mobil Harga 40 JutaanCara Menghilangkan Asap Motor
Penyebab Oli Motor Cepat HabisPenyebab Mesin Motor Cepat Panas

Jika masih bingung bagaimana cara menyetel klep motor, kami sarankan untuk datang langsung ke bengkel yang sudah berpengalaman. Bagi orang awam, kami yakin akan merasa bingung bagiamana caranya menyetel klep dengan baik dan benar. Oleh karena itulah lebih baik pergi ke bengkel dari pada bingung menyetel klep sendiri.

Advertisement