Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang Benar

Advertisement

Bagaimana sih cara menyetir mobil matic yang baik dan benar ? Pertanyaan tersebut sering dilontarkan para pemula yang belum tahu sama cara menyetir. Namun bagi yang sudah sering menggunakan mobil manual, maka mobil matic terasa bagaikan surga. Pasalnya cara mengendarai mobil matic sangatlah mudah. Kita tak perlu mengatur kopling dan perpindahan gigi, karena semuanya tersaji secara otomatis.

Yah, banyak orang memilih mobil matic dikarenakan lebih nyaman dari mobil manual, terutama saat berada di kemacetan. Kita hanya perlu stop and go tanpa perlu menginjak kopling dan memindahkan gigi persneling. Namun apabila belum terbiasa harus hati-hati. Pasalnya sering terjadi salah injak antara pedal gas dan pedal rem, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.

Sudah banyak kasus kecelakaan mobil terjun dari tempat parkir karena salah injak gas. Kami yakin semua pemilik mobil matic tidak ingin mengalami hal tersebut. Oleh karena itulah kami sarankan untuk belajar cara menyetir mobil matic sampai benar-benar mahir sebelum membawanya ke jalan raya. Ada baiknya masbro datang ke kursus stir mobil agar bisa belajar dari driver profesional yang sudah berpengalaman.

Advertisement

Bagi yang tak ingin mengeluarkan uang lebih untuk membayar biaya kursus stir mobil matic, maka kami sarankan untuk meminta bantuan ke saudara, teman, atau kerabat yang sudah terbiasa mengendarai mobil matic. Masbro juga bisa belajar sendiri cara menyetir mobil matic, namun harus hati-hati. Nah bagi yang masih bingung cara menggunakan mobil matic yang benar, silahkan simak informasi berikut ini.

Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula

1. Pastikan Tuas Dalam Posisi P (Parkir)

Cara Menyetir Mobil Matic Sebelum menghidupkan mesin mobil, masbro harus memastikan posisi tuas berada pada posisi P (Parking) atau N (Normal). Jangan sampai posisi tuas berada pada posisi R (Reverse) yang bisa diartikan sebagai posisi mundur. Hal ini sangat penting agar mobil bisa dihidupkan. Biasanya mobil matic hanya bisa dihidupkan saat posisi tuas berada di P (Parking) atau N (Normal).

2. Jangan Langsung Hidupkan Mesin

Saat masbro memasukan kunci ke lubang kunci ada baiknya menunggu sampai jarum-jarum berputar dan semua indikator telah menyala. Beberapa mobil matic juga mengeluarkan suara indikator saat pertama kali memasukan kunci sebagai tanda sistem kelistrikan sudah hidup. Nah setelah suara indikator mati, tinggal masbro memutar kunci ke posisi start

Advertisement

3. Injak Pedal Rem Saat Starter

Beberapa mobil matic tidak akan bisa hidup apabila masbro tidak menginjak dan menekan pedal rem. Oleh karena itulah kami sarankan langsung menginjak rem saat menstarter mobil matic. Mungkin beberapa mobil matic tidak memerlukan langkah ini, jadi silahkan sesuaikan dengan jenis mobil yang masbro kendarai.

4. Menekan Pedal Rem Saat Memindahkan Tuas

Gambar Transmisi Mobil MaticSetelah mesin sudah menyala, selanjutnya masbro tinggal memindahkan tuas dari posisi R (Parkir) atau N (Netral) ke posisi tuas D (Maju) atau R (Mundur). Namun saat memindahkan tuas persneling kami sarankan untuk menekan pedal rem untuk menghindari kerusakan mesin.

5. Pahami Fungsi Tuas Transmisi

Persneling atau tuas transmisi menjadi bagian penting dari sebuah mobil. Nah rata-rata mobil matic memiliki pengaturan transmisi yang terdiri dari P (Parkir), D (Berjalan Maju), R (Berjalan Mundur), N (Netral), dan M (Mode Manual). Mungkin tak semua mobil matic memiliki pengaturan yang sama. Namun yang paling penting masbro harus memahami secara betul setiap fungsi transmisi tersebut agar tidak salah memindahan gigi transmisi.

Advertisement

6. Gunakan Mode Berkendara

Teknologi mobil sudah semakin canggih. Sekarang sudah banyak mobil yang dilengkapi fitur mode berkendara (Riding Mode). Masbro bisa memilih beragam mode, dan salah satunya adalah mode untuk berkendara ekonomis. Mode tersebut sangat cocok bagi masbro yang ingin mengendarai mobil matic secara santai. Sedangkan saat ingin berkendara cepat bisa memilih mode Sport yang nantinya akan memaksimalkan performa mesin.

7. Menggunakan Transmisi Manual

Paddle ShiftRata-rata mobil matic dilengkapi mode manual. Pengoperasiannya sangat mudah, karena tidak perlu menginjak kopling untuk berpindah gigi. Nah cara menyetir mobil matic tersebut adalah dengan memindahkan tuas transmisi ke mode M (Manual). Lalu untuk berpindah gigi tinggal menggeser tuas (+) untuk menambah gigi dan tuas (-) untuk mengurangi gigi. Owh yah, jangan lupa untuk terlebih dahulu menekan pedal rem saat berpindah ke mode manual.

Baca Juga :  Syarat Perpanjangan SIM C & A Lewat SIM Keliling dan Secara Online

Saat ini juga banyak mobil matic yang dilengkapi fitur Paddle Shift. Fitur tersebut berada dibalik setir kemudi dan bertuliskan (+) pada posisi kanan yang berguna menambah gigi dan (-) pada bagian kiri untuk menurangi gigi. Berbahagialah bagai masbro yang memiliki mobil dengan fitur Paddle Shift, karena perpindahan gigi menjadi semakin mudah hanya dengan sentuhan jari tangan tanpa harus meninggalkan kemudi.

8. Cara Menyetir Mobil Matic Di Tanjakan

Cara Menyetir Mobil Matic Di TanjakanBanyak orang beranggapan bahwa mobil matic tidak bertenaga di tanjakan. Padahal setiap pabrikan sudah merancang produknya agar bisa melibas semua medan jalan, baik itu jalan lurus, menanjak, maupun menurun. Jadi masbro tak perlu khawatir mengenai cara menyetir mobil matic di tanjakan, karena pada dasarnya sama ketika melewati jalan lurus. Akan tetap cara menyetir mobil matic saat ditanjakan harus memperhatikan tingkat ketinggian jalan agar bisa menggunakan gigi transmisi yang sesuai dengan kondisi jalan.

Apabila melewati tanjakan yang tak terlalu tinggi, maka bisa menggunakan mode D (Drive). Namun apabila tanjakannya terlalu curam, maka kami sarankan untuk berpindah ke mode manual (M). Lalu masbro menambahkan gigi ke posisi D1, D2, lalu D3 sesuai dengan kecepatan mobil agar tenaga tidak Ngempos atau terasa berat. Nah sebagai acuan kecepatannya silahkan simak dibawah ini.

  • D1 : 0-30 km/jam
  • D2 : 40-50 km/jam
  • D3 : 60 km/jam

Tidak semua mobil matic memiliki layout transmisi D1, D2, dan D3 yang sama. Beberapa mobil matic juga dilengkapi tuas transmisi L yang dikhususkan untuk melibas jalur menanjak yang cukup terjal. Ada baiknya masbro terlebih dahulu membaca buku manual kendaraan yang disertakan pada setiap mobil, karena biasanya sudah tertulis setiap fungsi tuas transmisi.

9. Cara Mengemudi Mobil Matic di Turunan

Cara Mengemudi Mobil Matic di TurunanSetelah mengetahui cara menyetir mobil matic di tanjakan, sekarang giliran cara menyetir mobil matic ketika berada di jalan yang menurun. Saat melewati jalan menurun lebih baik menggunakan mode D agar pengereman mesin dapat beroperasi dengan maksimal. Selain itu, masbro bisa menggunakan mode L saat melewati turunan curam.

Sering kali pengendara mobil matic memilih mode N (Netral) karena dianggap bisa menghemat bahan bakar. Padahal cara menyetir mobil matic di turunkan tersebut sangat salah. Pasalnya posisi gigi netral akan membuat pengendara sulit mengontrol laju mobil. Jadi lebih baik memilih mode transmisi D atau L sesuai dengan layout transmisi mobil matic yang masbro miliki.

10. Cara Mengendarai Mobil Matic Di Kemacetan

Salah satu alasan membeli mobil matic adalah lebih nyaman saat dipakai berkendara di kemacetan. Pasalnya kita tinggal Stop and Go dengan menginjak rem sebentar saja untuk membuat mobil berhenti beberapa detik. Saat pedal rem di lepas, maka mobil akan melaju pelan secara otomatis. Alhasil berkendara di kemacetan tidak cepat melahkan, berbeda dengan mobil manual yang mengaruskan kita menginjak kopling dan mengatur tuas transmisi.

11. Cara Mengerem pada Mobil Matic Di Tikungan

Cara Mengerem pada Mobil Matic Di TikunganHanya ada 2 pedal pada mobil matic, yaitu pedal gas dan rem. Pengoperasian dua pedal tersebut lebih baik menggunakan kaki kanan secara bergantian agar tidak salah injak antara pedal gas dan rem. Namun bagi yang sudah terbiasa menggunakan kaki kanan untuk menginjak pedal gas dan kaki kiri untuk menginjak pedal rem tentu bukan menjadi masalah asalkan sudah mahir dan punya feeling yang pas ketika menginjak salah satunya.

Cara menyetir mobil matic memang bisa disesuaikan dengan kebiasaan masing-masing pengendara. Begitu pula dengan saat mengerem. Namun saat mengerem lebih baik menginjak pedal rem dengan lembut dan jangan mendadak. Terutama saat berada di tikungan, karena apabila mengerem mendadak dan membanting setir ke kanan atau ke kiri secara spontan maka bisa membuat mobil kehilangan keseimbangan dan bisa terguling.

12. Cara Menyetir Mobil Matic di Lampu Merah

Memang ada baiknya menggunakan satu kaki untuk menginjak pedal gas dan rem demi keamanan. Lalu bagaimana cara menyetir mobil matic saat berada di lampu merah ? Saran kami adalah menggunakan transmisi mode N (Netral) dengan bantuan Parking Brake saat berhenti sekitar 60 detik atau lebih. Hal ini bertujuan agar kaki tidak pegal menginjak rem dan untuk menjaga agar mobil tidak maju secara tiba-tiba.

Jangan lupa menurunkan atau menonaktifkan Parking Brake saat mobil akan jalan. Namun apabila berhenti di lampu merah kurang dari 30 detik lebih baik terus menginjak pedal rem tanpa perlu mengganti transmisi dari D (Drive) ke N (Netral) agar mobil bisa langsung jalan saat pedal rem di lepas.

Baca Juga :  Cara Inreyen Motor Matic & Sport Baru Agar Mesin Awet dan Cepat

13. Cara Menyetir Mobil Matic Saat Mundur

Cara Parking Mundur Mobil MaticApabila ingin memundurkan mobil matic, masbro harus memindahkan tuas persneling ke posisi R (Reverse). Jangan lupa untuk menginjak rem kaki terlebih dahulu sampai kendaraan berhenti total, kemudian masbro tinggal memindahkan gigi ke posisi R dan tinggal mengatur gas secara perlahan. Apabila pedal gas tidak diinjak, maka mobil akan mundur secara otomatis jadi jangan lupa untuk menginjak rem saat ingin mundur.

14. Cara Aman Parkir Mobil Matic

Setiap orang memiliki keahlian parkir berbeda-beda. Bagi yang sudah mahir pasti memiliki feeling yang pas untuk memposisikan mobil sesuai lokasi parkir. Nah saat parkir menggunakan mobil matic lebih baik biarkan mobil maju atau mundur secara otomatis ketika menggunakan posisi D atau R tanpa perlu menekan pedal gas agar konsentrasi kita hanya tertuju pada area parkir dan pedal rem untuk menghentikan mobil.

15. Tips Saat Meningkalkan Mobil

Setelah mendapatkan posisi parkir yang pas, tentu masbro akan meningkatkan kendaraan diparkiran. Sebelum mematikan mesin pastikan posisi tuas pada mode P dan jangan lupa mengaktifkan parking brake. Sebelum itu jangan lupa menginjak pedal rem sampai mobil dalam keadaan berhenti total. Setelah itu tarik parking brake atau rem tangan sampai full, lalu tinggal memindahkan tuas persneling dari “D” ke “P”. Apabila semua cara menyetir mobil matic tersebut dilakukan, selanjutnya tinggal cabut kunci dan keluar dari mobil.

Cara menyetir mobil matic di atas bisa menjadi panduan untuk mengemudikan mobil matic secara benar dan aman. Namun sering kali beberapa orang asal-asalan dalam mengendarai mobil matic sehingga berakibat kerusakan pada beberapa komponen transmisi matic yang otomatis membutuhkan biaya perbaikan hingga jutaan. Nah untuk menghindari hal tersebut, lebih baik masbro mengikuti tips-tips cara menyentir mobil matic berikut ini

16. Gunakan Parking Brake

Gambar Rem TanganSaat berhenti dalam waktu lama. Masbro harus langsung memindahkan tuas transmisi ke Posisi P (Parkir), dan jangan lupa menarik rem tangan atau Parking Brake saat parkir meski tuas transmisi pada posisi P agar transmisi tidak bekerja terlalu ekstra dalam menahkan mobil, terutama saat parkir di medan yang menurun.

17. Pakai Mode Transmisi Yang Sesuai

Sering kali pengguna mobil matic salah menggunakan transmisi seperti saat melewati jalanan tanjakan atau turunan curam. Masbro harus menyesuaikan mode transmisi sesuai dengan medan yang dilalui agar tenaga tidak ngempos dan bensin tidak boros.

18. Jangan Gunakan Mode N Saat Di Turunan

Kami yakin banyak orang yang menggunakan mode N (Netral) saat melewati jalanan menurun dengan tujuan untuk menghemat bahan bakar. Namun nyatanya cara menyetir mobil matic tersebut sangat salah, karena lebih baik memposisikan tuas ke D atau L saat berada diturunan.

19. Jangan Pindahkan Tuas Dari “D” ke “R” Sebelum Mobil Berhenti

Tips cara menyetir mobil matic selanjutnya adalah jangan memindahkan tuas dari D ke R saat mobil belum berhenti. Apabila hal ini dilakukan secara terus menerus maka nantinya bisa merusak komponen transmisi. Komponen yang rusak tentu harus diganti. Nah apabila hal ini terjadi, maka masbro harus menyiapkan uang sangat banyak untuk overhaul transmisi yang biasanya membutuhkan biaya berkisar mulai 3 Jutaan sampai 20 Jutaan tergantung dari kerusakan komponen yang harus diganti.

20. Tips Merawat Mobil Matic

Cara Merawat Mobil MaticSetelah mengetahui cara menyetir mobil matic dengan baik dan benar. Sekarang giliran kita membahas mengenai cara merawatan transmisi mobil matic. Yah, setiap komponen mobil memang butuh perawatan agar memiliki masa pakai yang lama dan tidak cepat rusak. Caranya adalah dengan selalu melakukan service secara berkala untuk mengecek setiap bagian mesin, terutama pada bagian transmisi.

Mobil matic juga membutuhkan pelumus khusus untuk melumasi bagian transmisi. Biasanya digantik secara berkala setiap 25.000 km dan maksimal hingga 50.000 km. Masbro jangan asal memilih oli transmisi, karena harus disesuaikan dengan jenis mobil. Ada baiknya mengikuti rekomendasi produsen mobil dalam memilih oli transmisi agar kekentalannya sesuai dengan standar yang ditentukan setiap pabrikan.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Daftar Harga Helm Arai Full FaceHarga Helm AraiHarga Helm Shoei Full FaceHarga Helm Shoei
Cara Jumper Aki Mobil ? Cara Jumper Aki MobilTekanan Ban MobilTekanan Ban Mobil

Nah itulah informasi mengenai cara menyetir mobil matic yang bisa masbro jadikan panduan saat belajar mengendarai motor matic. Apabila mengikuti tips-tips otomotif di atas, kami yakin masbro akan langsung jago. Namun jika masih ragu belajar sendiri, maka ada baiknya masbro menggunakan jasa kursus stir mobil agar mendapatkan ilmu menyetir mobil matic dari yang sudah berpengalaman dan terlihat secara profesional.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi