Cara Pasang Kaca Film Mobil Sendiri Yang Benar

Advertisement

Otomotifo.com – Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara pasang kaca film mobil sendiri. Artikel ini cukup penting dikarenakan fungsi kaca film mobil yang sangat besar. Itulah sebabnya kenapa rata-rata pemilik mobil sudah memasang kaca film pada mobil kesayangan mereka.

Mengetahui cara pasang kaca film mobil sendiri bagi pemilik mobil sangat menguntungkan. Sebab biaya memasang kaca film mobil cukup mahal. Tentunya jauh lebih hemat jika kita bisa memasangnya sendiri, tanpa perlu menggunakan jasa pasang kaca film mobil.

Tapi ingat, jangan asal beli kaca film mobil. Pastikan kaca film yang dibeli benar-benar berkualitas agar manfaatnya bisa dinikmati. Kaca film yang kurang berkualitas tentu akan cepat rusak dan tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya.

Adapun fungsi utama kaca film adalah untuk menyerap panas dan memantulkan sinar utraviolet sehingga kita bisa berkendara dengan nyaman dibawah terik sinar matahari. Selain itu, kaca film akan menambah estetika dan menjaga privacy saat kita berada di dalam mobil.

Ada banyak merk kaca film mobil yang beredar dipasaran. Harganya bervariasi, tergantung dari merek dan jenis kaca film yang digunakan. Nah untuk mengetahui berapa harganya, silahkan simak informasi berikut ini “Harga Kaca Film Terbaik“.

Nah setelah mendapatkan kaca film mobil yang diinginkan, maka kita tinggal memasangnya. Anda bisa menggunakan jasa pasang kaca film atau mencoba memasangnya sendiri dirumah. Sebenarnya cara memasang kaca film mobil sendiri cukup mudah, dan untuk mengetahui caranya silahkan simak di bawah ini.

8 Cara Pasang Kaca Film Mobil Sendiri

Cara Pasang Kaca Film Mobil Sendiri

Sebelum memulai proses pemasangan kaca film mobil, sebaiknya berbagai alat dan bahan yang diperlukan sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Tentu Anda tidak mau proses pemasangan terganggu hanya karena alatnya tidak lengkap.

Beberapa alat yang harus dipersiapkan adalah kaca film, cutter atau pisau tajam yang tipis seperti pisau silet, cairan sabun, penyeka plastik, serta penyeka 3 in 1. Setelah semua alat dan bahan sudah dipersiapkan, barulah lakukan 8 langkah pemasangan kaca film mobil di bawah ini.

1. Bersihkan kaca film terlebih dahulu

Sebelum memasang kaca film mobil yang telah Anda beli, sebaiknya bersihkan kaca film tersebut terlebih dahulu. Dalam hal ini semua bagian kaca film mobil dibersihkan dengan baik dan merata menggunakan cairan pembersih khusus untuk kaca film mobil.

2.Bersihkan berkali-kali

Saat membersihkan kaca film mobil, jangan mencukupkan dengan sekali pembersihan saja. Sebaiknya bersihkan 2-3 kali untuk memastikan semua bagian kaca film mobil sudah betul-betul bersih. Sebab, jika kaca film mobil tidak betul-betul bersih akan menimbulkan gelombang pada kaca film tersebut.

3. Bersihkan sekat pegangan jendela

Agar pembersihan lebih sempurna, jangan lupa untuk membersihkan sekat pegangan jendela. Untuk kotoran membandel bisa dihilangkan dengan menggunakan pisau cutter atau pisau tipis lainnya.

4. Ukur dan potong kaca film

Sebelum memasang  kaca film mobil, lakukan pengukuran dan pemotongan kaca film terlebih dahulu. Agar pemotongan lebih sempurna, bentangkan kaca film tersebut di atas kaca dengan bagian tanpa lem menghadap ke atas. Pemotongan dilakukan menggunakan cutter atau pisau tipis dan tajam lainnya agar potongan kaca film bisa rapi sesuai ukuran yang diinginkan.

5. Rapikan pemotongan

Jangan lupa untuk menyisakan 2,5 centimeter pada tiap sisinya agar saat dipasang seluruh bagian kaca film dapat tertutupi. Setelah pemotongan selesai, rapikan pemotongan dengan meletakkan bagian terbawah kaca film tersisa 10 centimeter di bawah sekat, lalu dirapikan sisinya menggunakan cutter.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Water Pump Mobil yang Bermasalah

Saat merapikan, Anda harus extra hati-hati dan pelan agar tidak menggores permukaan kaca. Memposisikan film agar pas mungkin butuh beberapa kali percobaan dan kehati-hatian sehingga benar-benar pas posisinya.

6. Semprotkan cairan saat pemasangan

Saat memasang kaca film mobil, semprotkan cairan khusus agar mudah dipasang. Usahakan bagian dalam kaca film mendapatkan banyak semprotan cairan. Setelah penyemprotan selesai, lepaskan plastik pelindung perekat yang menempel di film, lalu disemprot kembali bagian tersebut dengan cairan.

7. Pemasangan

Saat hendak memasang kaca film, lakukan dengan penuh ketelitian dan kehati-hatian. Mulailah dari bagian bawah lalu bagian atas. Pada proses ini, pastikan kaca film agak sedikit diturunkan.

Selanjutnya tempelkan kaca film di bagian jendela mobil dengan cara mengambil karet penyeka untuk menempelkannya, dimulai dari bagian tengah menyamping. Usahakan untuk sedikit menekan saat ditempelkan agar tidak muncul gelembung-gelembung udara.

Setelah itu barulah jendela sedikit dinaikkan dan proses pemasangan kaca film dilanjutkan di bagian bawah dengan cara menyelipkan film di bawah pemisah kaca.

8. Proses terakhir

Setelah semua proses di atas selesai, maka proses paling terakhir yang harus dilakukan untuk menghasilkan pemasangan yang sempurna adalah mendorong seluruh cairan atau air sabun ke tepian, lalu dibersihkan dengan penyeka yang telah terbungkus tisu. Selesai.

Tips Memasang Kaca Film Mobil

Tips Memasang Kaca Film Mobil

Agar pemasangan kaca film mobil lebih baik dan maksimal, perhatikan beberapa hal penting di bawah ini :

  1. Saat kaca film mobil dilap sebelum pemasangan, pastikan permukaan kaca bebas debu dengan suhu 400 sampai 980F.
  2. Proses pemasangan kaca film rentan mengalami kesalahan saat dilakukan sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda meminta bantuan keluarga, saudara, atau teman untuk membantu Anda memasangnya.
  3. Saat membersihkan kaca film mobil, sebaiknya tidak menggunakan cuka atau produk amonak. Karena ini adalah mobil kesayangan Anda, tentu cairan yang terbaik yang harus digunakan.
  4. Proses pemasangan kaca film mobil sebaiknya tidak dilakukan di ruangan terbuka agar debu-debu yang berterbangan tidak datang menempel kaca film mobil saat proses pemasangan sedang berjalan sehingga mengakibatkan munculnya gelembung udara pada kaca.

Demikianlah informasi seputar 8 cara pasang kaca film mobil sendiri dan tips yang perlu diperhatikan saat pemasangan. Bagi Anda yang berkeinginan untuk melakukan pemasangan sendiri bisa mengikuti langkah-langkah yang kami sebutkan di atas.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Memperbaiki Water PumpCara Membersihkan Mesin Mobil
Cara Membersihkan RadiatorCara Mengisi Freon AC Mobil

Bisa dikatakan cara pasang kaca film mobil tergolong cukup mudah. Namun dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan agar kaca film bisa terpasang secara sempurna. Apabila sudah berpengalaman, pasti proses pemasangannya bisa lebih cepat dan hasilnya lebih bagus. Nah seian informasi otomotifo.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

5/5 (1 Review)
Advertisement