Drag Motor Tercepat Di Dunia Yang Memecahkan Rekor Dunia

Advertisement

Drag Motor tercepat di dunia bukanlah berasal dari Indonesia, melainkan dari luar negeri. Budaya drag motor di Indonesia memang berbeda dari luar negeri. Hal ini bisa dilihat dari pemakaian motor yang rata-rata menggunakan moge bermesin besar, seperti Suzuki Hayabusa, Kawasaki ZX-14, atau bahkan Ninja H2. Sedangkan drag motor di Indonesia rata-rata menggunakan motor matic atau motor bebek yang otomatis kecepatannya terbatas.

Orang luar memang totalitas dalam membuat motor drag. Mereka tak segan-segan memodifikasi moge agar semakin cepat saat dipakai balapan. Harga mogenya juga sangat mahal. Sebagai contoh dalah Suzuki Hayabusa yang dibanderol mencapai 400 Juta Rupiah atau Kawasaki Ninja H2 yang pasarkan di Indonesia dengan harga melebihi 600 Juta Rupiah. Yah, harga motor drag di luar negeri memang fantastis berbedari dari Indonesia yang biasanya menggunakan motor ber-cc kecil.

Hadiah yang ditawarkan drag bike luar negeri memang sangat besar, sehingga sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk membeli motor dan memodifikasinya. Tak hanya itu, modifikasi motor drag luar negeri juga menggunakan beragam teknologi canggih untuk mengoptimalkan sistem ke elecktronikan, terutama ECU. Yah, ECU memang berperan penting dalam mengoptimalkan kecepatan motor drag, jadi jangan heran apabila harga ECU motor drag sangat mahal.

Advertisement

Drag motor sangat populer di luar negeri, khususnya di Amerika Serikat. Penyelenggaraannya juta tak main-main, karena diselenggarakan di serkuit khusus lengkap dengan sistem keamanan dan keselamatan yang memadai. Kalau di Indonesia sendiri biasanya menggunakan jalan raya yang dirubah menjadi arena balap dengan sistem keselamatan dan keamanan yang minim. Masih banyak perbedaan lainnya, dan untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

DRAG MOTOR TERCEPAT DI DUNIA

Foto Drag Motor Luar Negeri

Foto Drag Motor Luar Negeri

Perbedaan Drag Motor Indonesia dan Luar Negeri

Perbedaan utama antara drag bike Indonesia dan luar negeri tentu saja motornya. Seperti yang kami sampaikan di atas, rata-rata motor drag yang digunakan untuk mengikuti kejurnas adalah motor bebek dan matic yang dilombakan pada kelas 125cc sampai 250cc. Sedangkan untuk luar negeri memakai motor sport dengan mesin berkapasitas monster yang biasanya memakai motor 4 Silinder dengan kapasitas 1.000cc ke atas.

Modifikasi motor drag Indonesia juga berbeda. Hampir semua motor yang mengikuti kejurnas drag bike di buat trondol dengan menghilangkan beberapa bagian bodi agar bobot motor berkurang. Tak jarang motor drag Indonesia tidak menggunakan bodi, dan hanya menyisakan rangka untuk menompang mesin dan beberapa komponen motor lainnya. Knalpot sudah pasti dirubah dan memakai stang jepit dan ban cacing.

Advertisement
Foto Motor Drag Indonesia

Foto Motor Drag Indonesia

Ada beberapa kelas motor drag yang diperlombakan Kejuaraan Nasional Drag Bike. Untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

  • Kelas Campuran 250 cc 2 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 250 cc.
  • Kelas Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 130 cc.
  • Kelas Sport 150 cc 2 Langkah Tune Up : 135 cc s/d 155 cc.
  • Kelas Bebek 125 cc 2 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 125 cc.

Motor 2 tak sangat populer di gunakan untuk mengikuti kejurnas drag motor di Indonesia. Pilihan utamanya tentu Kawasaki Ninja 150 dan Yamaha RX King yang dikenal memiliki torsi sangat besar, sehingga bisa berlari dengan sangat cepat. Mesin yang digunakan juga sudah di tune-up agar lebih cepat dibandingkan mesin standar. Sama halnya dengan luar negeri, motor drag tanah air juga menggunakan ECU khusus yang dikhusukan untuk balapan.

Baca Juga :  6 Harga Motor Trail Honda Terbaru 2018 dan Terbaik

Untuk membuat motor drag yang cepat memang membutuhkan uang yang tidak sedikit. Terlebih motor drag yang dipakai di luar negeri yang rata-rata memakai moge bermesin besar sekelas Suzuki Hayabusa. Moge Suzuki tersebut memakai mesin 4 Silinder dengan kapasitas 1.340cc. Mesin tersebut semakin optimal setelah menggunakan ECU balap, seperti buatan Motec yang dibanderol mencapai USD$300 atau setara Rp. 4.2 Jutaan.

Advertisement

Desain motor drag luar negeri juga jauh lebih keren, karena biasanya tetap mempertahankan desain motor asli dan ditambah beberapa part khusus agar motor lebih stabil. Motor juga dibuat menjadi lebih ceper, dan biasanya memiliki wheelbase lebih panjang dari motor bawaan pabrik. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui motor drag tercepat di dunia yang berhasil memecahkan rekor “Guinness World Records” silahkan simak informasi di bawah ini.

Motor Drag Tercepat Di Dunia

Motor Drag Tercepat Di Dunia

Larry “Spiderman” McBride | Foto : Dragbike.com

Rekor motor drag tercepat di dunia masih dipegang oleh Larry “Spiderman” McBride yang berasal dari Amerika Serikat. Motor drag yang dipakainya mampu melaju hingga kecepatan 245.36 mph atau setara 394.87 km/jam. Rekor tersebut di raih pada tanggal 6 Maret 2006 di Motorsports Park, Valdosta, Georgia, Amerika Serikat. Spesifikasi motor yang dipakainya juga tidak sembarangan, karena dirancang secara khusus agar bisa melaju layaknya jet darat.

Drag motor di luar negeri memang gila. Sebagai buktinya adalah mesin yang dipakai motor Larry “Spiderman” McBride memakai mesin berkapasitas 1.511cc buatan Kawasaki yang mampu mengeluarkan tenaga mencapai 1.000 Horsepower. Mesin tersebut memiliki konfigurasi stroke 70mm, bore 83 mm, dan rasio kompresi 59:9. Selain itu, Larry McBride juga menggunakan Puma crankshaft dan memakai Supercharger dengan Auto Rotor yang memiliki rasio kompresi 2.4.

Larry “Spiderman” McBride

Larry “Spiderman” McBride | Foto : Dragbike.com

Transmisinya juga berbeda dari motor pada umumnya. Dimana motor drag tercepat di dunia tersebut memakai transmisi 2 percepatan dengan menggunakan B&J Planetary Transmissions dan Cycle Specialist’s Multiple Stage Clutch. Spesifikasi mesinnya memang luar biasa, dan bisa menghasilkan tenaga sangat besar melebihi motor drag pada umumnya yang rata-rata hanya bisa menghasilkan tenaga maksimum di bawah 500 Horsepower.

Desain motor di atas juga eksotis dan terlihat begitu ganas dengan tampilan luar yang besar dan wheelbase yang panjang. Selain itu, tersedia pula sistem stabilizer pada bagian belakang yang juga membantu pengereman motor. Sistem pengeremannya tentu harus optimal, karena harus menghentikan laju kendaraan yang bisa belari hingga kecepatan 400 km/jam. Kecepatan tersebut juga pernash diraih oleh Kawasaki Ninja H2R saat dikendarai oleh Kenan Sofoglu.

Rekor Kawasaki Ninja H2R

Rekor Kawasaki Ninja H2R 400 km/jam

Rekor kecepatan Kawasaki Ninja H2R bisa menandingi motor drag milik Larry “Spiderman” McBride. Rekor tersebut diraih pada tanggal 30 Juni 2016 di atas jembatan Osman Gazi Bridge, Turki. Yah, Kawasaki Ninja H2R memang menjadi motor produksi tercepat saat ini. Sayangnya motor tersebut ilegal di gunakan di jalan raya, dan hanya dikhususkan untuk balapan di atas sirkuit. Harganya juga sangat mahal, dan dibanderol melebihi 1 Miliar.

Masih ada beberapa motor lagi yang sering digunakan pada ajang drag motor luar negeri. Kebanyakan memang menggunakan Suzuki Hayabusa dan Kawaskai ZX-14R. Keduanya memiliki desain hampir serupa, dan sama-sama ditenagai mesin berkapasitas sangat besar yang otomatis bisa menghasilkan tenaga dan torsi melimpah. Namun soal tenaga dan torsi, sebenarnya jauh dibawah Kaawasaki H2 yang di atas kertas bisa menghasilkan tenaga sebesar 210 PS dan torsi 140.4 Nm.

Drag Motor Kawasaki Ninja ZX-14R

Foto Drag Motor Kawasaki Ninja ZX-14R

Berbeda dengan Kawasaki Ninja H2R, Ninja H2 legal dikendarai di jalan raya. Di Indonesia motor ini dipasarkan dengan harga Rp. 661 Juta untuk varian Ninja H2 standar dan Rp. 820 Juta untuk Ninja H2 Carbon. Sedangkan harga Kawasaki Ninja ZX-14R termahal di Indonesia cuma Rp. 358 Jutaan atau lebih murah dari Suzuki Hayabusa yang mencapai 400 Juta.

Drag Motor Suzuki Hayabusa

Foto Drag Motor Suzuki Hayabusa

Motor drag pabrikan memang mendominasi kejuaraan drag motor di luar negeri. Oleh karena itulah Suzuki Hayabusa dan Kawasaki ZX-14R sangat populer di Amerika Serikat. Selain itu, ada pula pembalap drag motor yang memakai Harley Davidson yang dimodifikasi agar semakin optimal saat melewati trek lurus. Performa motor drag Harley Davidson juga tidak bis dipandang remeh, karena rata-rata memiliki mesin V-Twin berkapasitas sangat besar.

Drag Motor Harley Davidson

Foto Drag Motor Harley Davidson

Harley Davidson memang berasal dari Amerika Serikat, jadi wajar apabila motor ini menjadi motor terpopuler di negeri Paman Sam tersebut. Apabila di Indonesia motor Harley Davidson di gunakan untuk Touring, namun di luar negeri motor ini dimodifikasi menjadi motor drag yang dirancang sedemikian rupa agar semakin powerfull. Desainnya juga berubah drastis agar semakin aerodinamis dan stabil saat melaju pada kecepatan di atas 200 km/jam.

Baca Juga :  6 Harga Motor Bebek Yamaha Terbaru 2018
Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Truck Mitshubishi FusoHarga Truk MitsubishiGambar McLaren SennaMobil Tercanggih Di Dunia
Gambar Chevrolet Camaro Convertible TransformersMobil Terkeren Di DuniaMobil Tercepat Di DuniaMobil Tercepat Di Dunia

Menurut kami melihat balapan drag motor luar negeri memang lebih menarik dibandingkan drag motor di dalam negeri. Pasalnya motor yang dipakai jauh lebih eksotis dan lebih cepat. Sebenarnya balapan motor drag di Indonesia juga cukup menarik, dan selalu ramai penonton pada setiap ajang kejurnas yang diselenggarakan setiap tahunnya. Nah demikianlah informasi otomotifo.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pecinta motor drag di seluruh Indonesia.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi