Harga Benelli TRK 251 2019 : Review, Spesifikasi & Gambar

Advertisement

Harga Benelli TRK 251 – Nama Benelli sendiri cukup terkenal di Indonesia. Namanya sering dikaitkan dengan motor China. Yah, Benelli sendiri sudah berpindah tangan ke Qianjiang Group yang membeli perusahaan asal Italia tersebut pada tahun 2005. Sebagian besar motor Benelli yang dipasarkan di Indonesia memang dibuat di China, jadi wajar apabila banyak orang yang beragukan kualitas motor Benelli.

Untuk menjawab keraguan masyarakat Indonesia,  belum lama ini Benelli meluncurkan motor baru bernama TRK 251 yang akan menjadi penantang Honda CRF 250 Rally dan Kawasaki Versys. Motor bergaya sport Adventure ini ditenagai mesin 1 Silinder berkapasitas 249cc yang dipadukan dengan beragam fitur canggih lainnya untuk mengalahkan dominasi motor Adventure dari Jepang.

Motor ini siap mengaspal pada tahun 2019 dengan harga yang tergolong lebih terjangkau dibandingkan motor Adventure sekelasnya. Benelli TRK 251 tersedia dalam dua varian berbeda, yaitu ABS dan Non-ABS. Harga keduanya berbeda, namun jantung pacunya sama-sama ditenagai mesin 1 Silinder 249cc yang diadopsi dari Benelli TNT 25.

Advertisement

Mesin yang dipakainya telah dioptimalkan agar sesuai dengan karakteristik motor Adventure yang membutuhkan tenaga responsif agar semakin gesit dan lincah saat melewati berbagai medan jalan. Motor ini memang memiliki kemampuan menjelajah yang mengagumkan, namun lebih optimal saat dipakai Touring di jalan raya. Nah bagi masbro yang tertarik membelinya, silahkan simak terlebih dahulu ulasan spesifikasi dan harga Benelli TRK 251 di bawah ini.

Review Spesifikasi Benelli TRK 251

Impresi Desain

Spesifikasi dan Harga Benelli TRK 251Aura sport Adventure langsung tampak saat memandang Benelli TRK 251 dari depan. Motor ini juga memiliki headlamp ganda yang sudah menggunakan LED Projector. Menariknya, pada fairing samping kanan dan kiri telah terpasang lampu dengan posisi vertikal yang kemungkinan berfungsi untuk Cornering Light seperti yang dimiliki Kawasaki Ninja H2 SX atau KTM Duke 1290 GT.

Benelli juga menempatkan lampu DRL di atas headlamp LED Projector dan memakai lampu Sein berteknologi ELD. Begitu pula dengan tail light-nya yang sama-sama memakai teknologi LED, sehingga bisa memancarkan cahaya lebih terang saat berkendara di malam hari. Tak hanya itu, pada bagian belakang Benelli TRK 251 terlihat adanya behel yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk menaruh Top Box.

Advertisement

Sekujur body Benelli TRK 251 memakai material yang bagus dan solid, sehingga bisa mematahkan anggapan motor Benelli merupakan motor murahan. Image motor Benelli yang selama ini dianggap sebagai motor Italia rasa China langsung hilang saat masbro menjajal langsung motor ini. Alhasil Benelli TRK 251 bisa menjadi pilihan utama bagi masbro yang mencari motor sport bergaya Adventure di Indonesia.

Dimensi Body

Desain Benelli TRK 251Beralih soal dimensi, Benelli TRK 251 memiliki ukuran panjang 1.200 mm, lebar 840 mm, dan tinggi 1.320 mm. Sama halnya dengan motor Adventure lainnya, Benelli TRK 251 memiliki ground clearance tinggi hingga mencapai 200 mm. Selain itu, tersedia pula jok setinggi 835 mm dan sumbu roda berjarak 1.425 mm. Sedangkan untuk bobotnya sekitar 153 kg sehingga cukup ringan saat di kendarai.

Benelli TRK 251 menawarkan posisi berkendara yang nyaman dan tak melelahkan. Kelebihan ini tak lepas dari posisi stang kemudi yang tinggi dan lebar. Joknya juga empuk dan memiliki tangki berkapasitas 17 liter yang didesain agar posisi paha bisa menjepit tangki tersebut. Lalu ada pula suspensi depan yang posisinya cukup tinggi dengan travel mencapai 120 mm.

Baca Juga :  10 Harga Ducati Scrambler 2018 Terbaru Semua Tipe
Advertisement

Spesifikasi Mesin

Mesin Benelli TRK 251Sangat disayangkan Benelli TRK 251 belum menggunakan mesin 2 Silinder. Padahal motor ini harus bersaing melawan Kawasaki Versys 250 yang notabennya sudah memakai mesin 2 Silinder. Untungnya harga Benelli TRK 251 jauh lebih murah dan performa mesinnya tetap mumpuni saat dipakai bermanuver dan berakselerasi. Dimana untuk mesinnya memiliki memiliki kapasitas 249cc dengan konfigurasi 1 Silinder DOHC 4 Klep.

Mesin Benelli TRK 251 menggunakan sistem pendingin cairan (Liquid Cooled) yang akan bekerja maksimal dalam mendinginkan suhu mesin. Sedangkan untuk tenaganya mencapai 25.8 Horsepower di putaran 9.250 rpm dan torsi puncaknya sebesar 21.2 Nm pada 8.000 rpm. Tenaga dan torsi yang dikeluarkan cukup besar sehingga menghasilkan akselerasi mumpuni pada putaran mesin bawah hingga menengah.

Benelli TRK 251 sudah mengadopsi teknologi Electronic Fuel Injection yang akan menyempurnakan sistem pembakaran dan menjadikan performa mesin semakin responsif. Mesin tersebut juga memiliki konfigurasi Bore x Stroke (28 mm x 55.2 mm) dengan rasio kompresi 12:1. Kemudian untuk transmisinya memakai Gearbox 6 Percepatan yang sayangnya belum dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch.

Suspensi

Gambar Benelli TRK 251Tenaga yang dimiliki Benelli TRK 251 satu tingkat lebih besar dibandingkan Honda CRF 250 Rally yang hanya bisa menghasilkan tenaga 24.7 Horsepower pada 8.500 rpm. Keduanya juga memakai suspensi Upside Down yang akan menjaga kestabilan motor saat berakselerasi. Sayangnya Upside Down Benelli TRK 251 memiliki diameter lebih kecil, yakni 41 mm. Sedangkan milik Honda CRF 250 Rally berdiameter 43 mm.

Dibandingkan Kawasaki Versys 250 yang masih memakai suspensi teleskopik, tentu Benelli TRK 251 satu tingkat lebih unggul. Kemudian untuk kaki-kaki bagian belakang memakai suspensi Monoshock yang preloadnya bisa diatur sesuai kenyamanan pengendaranya. Tak hanya itu, Benelli TRK 251 juga memakai rangka teralis berbahan baja yang menjadikan motor tetap lincah dan stabil saat menerjang berbagai medan jalan

Sistem Pengereman

Rem Benelli TRK 251Sebanding dengan harga Benelli TRK 251 yang tak bisa dikatakan murah, motor ini sudah dilengkapi rem cakram di kedua rodanya. Dimana untuk bagian depan memakai floating disk 280 mm dengan 4 piston kaliper. Lalu untuk bagian belakang memiliki diameter 240 mm dengan 1 piston kaliper. Sistem pengeremannya sangat mumpuni dan bisa diandalkan untuk menghentikan laju kendaraan saat berakselerasi pada kecepatan tinggi.

Sistem pengereman ABS (Anti-Lock Breaking System) sudah terpasang pada Benelli TRK 251. Teknologi tersebut berguna untuk mencegah roda mengunci saat mengerem mendadak. Nah untuk mengetahui secara lengkap apa saja kelebihan rem ABS, silahkan simak artikel berikut ini “Pengertian ABS & Fungsinya”. Selain itu, Benelli TRK 251 juga memiliki ban depan berukuran 110/70-R17 dan ban belakang 150/60-R17.

Fitur

Fitur Benelli TRK 251Teknologi ABS menjadi salah satu fitur andalan Benelli TRK 251 untuk bersaing melawan motor sport Adventure dari Jepang. Namun bukan itu saja fitur andalannya, karena masih ada panel meter full digital yang memiliki tampilan modern dan bisa menampilkan informasi berkendara secara lengkap. Lalu ada pula sistem pencahayaan Full LED yang terpasang pada sisi depan dan belakang sehingga memaksimalkan pencahayaan di malam hari.

Benelli TRK 251 juga menawarkan posisi berkendara yang nyaman karena memiliki stang tinggi dan lebar. Sayangnya fitur keamanan motor ini masing kurang. Pasalnya Benelli belum melengkapinya dengan sistem penguncian Keyless dan fitur alarm. Mungkin hal ini sengaja dilakukan agar harga Benelli TRK 251 lebih terjangkau. Lagi pula motor sekelasnya belum ada yang mengedopsi teknologi Keyless.

Baca Juga :  Harga Kawasaki D Tracker 250 2018, Spesifikasi & Gambar

Spesifikasi Benelli TRK 251

Spesifikasi Benelli TRK 251

Bodi
Panjang2100 mm
Lebar840 mm
Tinggi1320 mm
Berat Isi153 kg
Wheelbase1425  mm
Ground Clearance200 mm
Tinggi Jok835 mm
Tangki17 liter
Mesin
Tipe4-Stroke, Single Cylinder DOHC
Kapasitas249 cc
Power Maksimum25.8 HP @ 9250 rpm
Torsi Maksimum21.2 Nm @ 8000 rpm
Rasio Kompresi11.2:1
PendinginLiquid Cooled
Sistem Bahan BakarFuel Injection
StarterElektrik
TransmsiManual 6 Speed
Rangka dan Kaki-Kaki
RangkaTeralis
Suspensi depanUpside Down 41 mm
Suspensi belakangMonoshock
Ukuran VelgAlumunium Alloy Ring 17 Inch
Ban Depan110/70-ZR17 (Tubeless)
Ban Belakang150/60-ZR17 (Tubeless)
Rangka dan Kaki-Kaki
Rem DepanDisc 280 mm + 4 Piston Kaliper
Rem BelakangDisc 240 mm + 1 Piston Kaliper
Sistem PengeremanABS (Anti-Lock Breaking System)

Berbekal spesifikasi di atas, tentu Benelli TRK 251 berpontensi merusak pasar motor sport Adventure 250cc yang saat ini didominisasi Honda CRF 250 Rally dan Kawasaki Versy 250. Terlebih harga Benelli TRK 251 cukup terjangkau, dan bagi masbro yang penasaran ingin mengetahui harganya silahkan simak daftar harga Benelli TRK 251 berikut ini.

Daftar Harga Benelli TRK 251

Harga Benelli TRK 251

Harga Benelli TRK 251 Non-ABSRp. 43 Jutaan
Harga Benelli TRK 251 ABSRp. 49 Jutaan
 Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Benelli

Note :

  • Harga di atas merupakan harga resmi di China
  • Kemungkinan besar harga Benelli TRK 251 di Indonesia akan sedikit berbeda

Motor ini dipastikan hadir di Indonesia pada tahun 2019. Harga Benelli TRK 251 di Indonesia belum bisa diketahui secara pasti. Namun kabarnya harga motor ini tidak akan berbeda jauh dengan harga Benelli TRK 251 di China yang dipasarkan dengan harga 19.800 Yuan atau setara Rp. 43 Jutaan untuk varian Non-ABS. Sedangkan harga Benelli TRK 251 ABS dibanderol 22.600 Yuan atau setara Rp. 49 Jutaan. Harganya bisa berbeda, namun paling tidak plus minusnya hanya 5%.

Kelebihan

  • Dirancang dengan desain sport Adventure yang gagah dan modern
  • Performa mesin sangat responsif meski masih satu silinder
  • Harga Benelli TRK 251 jauh lebih murah dibandingkan motor sport Adventure sekelasnya
  • Sudah menggunaan suspensi depan Upside Down dan suspensi belakang yang bisa diatur tingkat kekerasannya
  • Pemakaian Upside Down juga meningkatkan stabilitas TRK 251 sehingga lebih nyaman saat berakselerasi pada kecepatan tinggi
  • Dibekali sistem pengereman ABS dan rem cakram di kedua rodanya apabila masbro membeli varian ABS
  • Ukuran ban depan dan belakang sangat besar
  • Menawarkan posisi berkendara yang nyaman dan tak melelahkan, sehingga cocok bagi pecinta Touring
  • Semua lampunya sudah menggunakan teknologi LED
  • Dibekali mesin berteknologi Fuel Injection yang konsumsi bahan bakarnya tergolong irit
  • Memiliki panel meter Full Digital yang didesain simple, namun tetap modern

Kekurangan

  • Belum mengadopsi mesin 2 Silinder
  • Kunci kontaknya belum dilengkapi pengaman dan masih berbentuk konvesional
  • Pada paket penjualannya belum dilengkapi Top Box maupun Side Box
Baca Juga Harga Motor Benelli Lainnya
Spesifikasi dan Harga Benelli Motobi 152Harga Benelli Motobi 152

Kami sendiri tertarik membeli motor ini apabila nantinya harga Benelli TRK 251 benar-benar dibanderol pada kisaran dibawah 50 Juta Rupiah. Harganya jauh lebih murah dibandingkan Kawasaki Versys 250 dan Honda CRF 250 Rally yang dibanderol melebihi 60 Juta Rupiah. Terlebih motor TRK 251 menawarkan fitur yang lengkap dan memiliki desain sport Adventure yang gagah dan modern. Bagaimana, apakah masbro tertarik membelinya  setelah menyimak informasi spesifikasi dan harga Benelli TRK 251 di atas?

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi