Harga Cat Mobil dan Biaya Pengecatan Mobil Full Body

Advertisement

Harga Cat Mobil – Tak jarang cat bawaan mobil terlihat kusam dan mengelupas. Biasanya hal ini dikarenakan umur mobil yang sudah terlalu tua, sehingga daya tahan cat berkurang. Apabila hal ini terjadi, maka kita harus melakukan pengecetan ulang agar mobil terlihat kembali seperti baru. Nah yang menjadi pertanyaan, berapakah biaya yang harus kita keluarkan untuk pengecatan body mobil ?

Pengecatan body mobil bisa dilakukan secara full body atau hanya bagian tertentu saja, seperti bumper, atap, kap mesin, atapun body bagian samping. Biaya yang harus dikeluarkan tentu berbeda, karena tergantung tingkat kerumitan serta warna yang dipilih. Kualitas cat yang digunakan juga menentukan sebera besar biaya pengecatan mobil.

Di pasaran sendiri ada banyak sekali merek cat mobil, dari yang murah sampai yang mahal. Sebagai contoh adalah cat mobil Nippon Paints yang harganya sekitar 60 Ribuan/kg. Harga tersebut merupaka harga cat mobil untuk warna standar. Sedangkan untuk warna yang lebih istimewa seperti emas dan merah, maka harganya lebih mahal.

Nah salah satu teknik pengecatan body mobil terbaik saat ini adalah dengan cara pengecatan oven. Biaya yang dikeluarkan memang lebih besar, namun cat akan jauh lebih awet dan bisa bertahan hingga 3 tahun atau bahkan lebih. Sedangkan untuk pengecatan standar biasanya cepat terlihat kusam dan hanya bisa bertahan sekitar 1 tahun.

Penyedia jasa pengecatan body mobil juga sangat banyak. Masbro bisa datang ke dealer resmi ataupun bengkel cat mobil terdekat. Soal kualitas tergantung dari sisi profesionalitas dan pengalaman tukang catnya. Kualitas cat yang digunakan juga sangat berpengaruh, jadi jangan asal memilih bengkel tukang cat mobil tanpa melihat track recordnya terlebih dahulu.

Kami sarankan untuk datang ke bengkel cat mobil yang memiliki layanan cat oven. Mungkin masbro mengira cat oven merupakan sebuah merek cat. Namun sebenarnya cat oven adalah sebutan untuk teknik pengecatan mobil yang menggunakan ruang tertutup. Fungsinya adalah agar suhu tetap terjaga dan terhindar dari debu dan kotoran yang akan mengurangi kualitas cat.

Harga dan Biaya Pengecatan Mobil Full Body

Harga dan Biaya Pengecatan Mobil Full BodyNah yang menjadi pertanyaan sekarang, berapakah biaya yang dibutuhkan untuk pengecatan mobil full body ataupun hanya bagian tertentu saja? Untuk mengetahui berapa biayanya, silahkan simak informasi otomotifo.com berikut ini.

1. Biaya Pengecatan Bumper Depan

Bagian mobil yang paling sering kali harus dicat ulang adalah bumper depan. Biasanya hal ini terjadi karena menabrak sesuatu, sehingga bumper depan menjadi penyok ataupun lecet. Biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan tersebut tak terlalu banyak. Paling tidak masbro harus merogoh kocek sebesar 500-600 Ribu Rupiah, tergantung dari warna cat dan tingkat kerusakan.

2. Biaya Pengecatan Bumper Belakang

Sama halnya dengan bumper depan, bumper belakang mobil juga sering kali lecet ataupun penyok. Penyebabnya pun bermacam-macam, seperti salah parkir mundur ataupun tertabrak kendaraan yang ada dibelakang. Biaya pengecatan mobil tersebut sama saja dengan bumper depan, sekitar 500-600 Ribu Rupiah.

2. Biaya Pengecatan Fender

Fender merupakan bagian body mobil yang berada di atas roda. Bagian ini juga sering sekali lecet karena terserempet ataupun insiden lainnya. Biaya pengecetan body mobil tersebut bisa mencapai 400-700 Ribu Rupiah.Pasalnya bagian vender membutuhkan cat yang sewarna dengan warna body, sehingga biayanya bisa lebih mahal dibandingkan mengecat bagian bumper.

Baca Juga :  30 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan dan Turunan

3. Biaya Cat Kap Mesin Mobil

Kap mobil merupakan menjadi salah satu bagian paling vital dari sebuah kendaraan. Bagian tersebut sering kali terlihat kusam, karena terpampar sinar matahari secara langsung dari atas. Apabila ingin terlihat seperti baru lagi, maka mau tak mau harus merogoh kocek sekitar 700-800 Ribuan. Harga cat mobil tersebut tergantung warnanya, jadi bisa saja lebih murah atau lebih mahal.

4. Biaya Pengecatan Pintu

Ada yang pernah mobilnya terserempet? Kami yakin sebagian besar pemilik mobil pernah mengalaminya. Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan, karena akan merusak cat mobil pada bagian pintu. Apabila lecetnya cuma sedikit, tentu biaya yang dikeluarkan tak terlalu besar. Namun apabila sampai penyok, maka masbro harus menyiapkan budget sekitar Rp. 750-900 Ribu.

5. Biaya Pengecatan Atap Mobil

Sama halnya dengan kap mobil, bagian atap mobil selalu terpapar sinar matahari secara langsung, sehingga membuatnya harus dicat ulang agar terlihat seperti baru lagi. Biaya pengecatan mobil tersebut cukup mahal, karena membutuhkan cat mobil dalam jumlah banyak, mengingat ukurannya cukup besar. Cat yang digunakan juga tak boleh sembarangan, karena harus menggunakan cat tahan panas agar tahan lama. Adapun biaya pengecatan mobil tersebut bisa mencapai Rp. 1.5-2 Juta.

7. Harga Cat Mobil Full Body

Selanjutnya untuk biaya pengecatan mobil full body dengan teknik oven bisa mencapai Rp. 5-7 Juta Rupiah. Namun bisa saja biayanya jauh lebih mahal, karena tergantung jenis dan ukuran mobil. Warna cat juga sangat berpengaruh terhadap harga cat mobil, jadi jangan heran apabila biayanya bisa membengkak melebihi 7 Juta Rupiah.

Yah, harga cat mobil memang tak murah. Waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan full body juga lebih lama. Apabila untuk perpanel hanya sekitar 1-3 hari, namun untuk full body bisa memakan waktu hingga 10 hari. Yang membuatnya sangat lama adalah karena harus terlebih dahulu membersihkan cat yang lama, kemudian setelah itu baru diberi epoxy, cat dasar pabrik, dan selanjutnya tinggal di vernish.

Sangat kami sarankan untuk memilih bengkel cat mobil yang sudah menggunakan teknik oven. Pasalnya cat oven lebih awet dan hasilnya lebih berkualitas, layaknya cat bawaan mobil. Selain itu, jangan lupa untuk meminta agar vernish dipertebal, sehigga daya tahan cat bisa lebih awet. Perhatikan pula merek cat yang digunakan, dan pastikan merupakan cat berkualitas.

Tips Agar Cat Mobil Awet

Tips dan Cara Merawat Cat MobilSetelah mengetahui harga cat mobil dan biaya pengecatannya, maka sekarang kami akan memberikan tipis agar cat mobil tetap awet. Masbro wajib mengikuti tips yang kami berikan berikut ini, sehingga mobil tetap terlihat kinclong layaknya mobil baru. Nah untuk mengetahui apa saja tipsnya, silahkan simak di bawah ini.

  1. Agar mobil tetap terlihat kinclong dan cat mobil awet, maka kita harus rajin mencuci mobil. Paling tidak satu minggu sekali atau saat mobil sudah kotor terkena kotoran debu.
  2. Apabila memiliki uang lebih, kami sarankan untuk melalukan coating body mobil. Biayanya memang cukup mahal, namun bisa melindungi cat mobil dari paparan sinar ultra violet dan meningkatkan efek water repelient. Selain itu, cat mobil lebih tahan terhadap goresan dan membuatnya selalu mengkilap.
  3. Teknik mencuci mobil juga sangat penting. Lebih baik mencuci terlebih dahulu bagian atas, kemudian baru bagian bawah dan kaki-kaki. Pasalnya bagian bawah menjadi bagian yang paling kotor
  4. Selain itu, kita harus mencuci mobil dengan air yang memiliki ph netral agar tidak merusak lapisan pelindung cat mobil.
  5. Lebih baik langsung mencuci mobil dengan air bersih saat terkena air hujan agar body terhindar dari karat
  6. Saat parkir, lebih baik memilih tempat yang teduh agar cat mobil tidak terpapar sinar matahari terlalu lama
Baca Juga :  Syarat Daftar GrabBike 2019 yang Mudah dan Cepat

Masih banyak tips lainnya agar cat mobil awet. Yang paling penting kita harus selalu menjaga kebersihan body mobil dengan cara mencucinya. Bagi yang berkantong tebal juga tak ada salahnya menyisikan uang untuk Coating Mobil yang bisa memakan biaya sekitar 2-6 Juta Rupiah, tergantung jenis lapisan coating yang dipilih.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Penyebab Tarikan Motor BeratHarga Mobil Xenia Bekas
Biaya Service AC MobilCara Membersihkan Busi Mobil

Nah itulah harga cat mobil dan biaya pengecatan mobil full body ataupun hanya per-panel saja. Perlu masbro ingat, biaya di atas bisa berbeda dengan tarif pengecatan di daerah masing-masing. Harga cat mobil juga tergantung jenis mobil. Apabila mobil yang dicat ulang merupakan mobil mewah, tentu harus diimbangi dengan cat duco yang mahal.

5/5 (2 Reviews)
Advertisement