Harga Kawasaki Z400 2019 : Spesifikasi, Review & Gambar

Advertisement

Harga Kawasaki Z400 – Pada ajang EICMA 2018 yang berlangsung di Milan, Italia, Kawasaki meluncukan naked bike terbarunya bernama “Kawasaki Z400“. Motor ini menambah line-up Kawasaki untuk bersaing di tahun 2019 melawan naked bike buatan Honda, Yamaha, maupun produsen asal Eropa. Sayangnya kami sedikit pesimis Kawasaki Z400 akan dipasarkan di Indonesia dikarenakan pajak yang terlalu besar.

Seperti yang kita ketahui bersama, motor dengan mesin di atas 250cc akan terkena pajak barang mewah yang membuat harganya naik berkali-kali lipat. Alhasil harga Kawasaki Z400 di Indonesia akan jauh lebih mahal dibandingkan harga resmi di Eropa yang menjadi pasar utama Kawasaki Z400. Masbro tak perlu kecewa, karena kami yakin Kawasaki akan menurunkan kapasitas mesinnya menjadi 250cc agar sesuai dengan pasar Indonesia.

Kawasaki Z400 akan berubah menjadi Kawasaki Z250 dan menggantikan Z250 lama yang sampai saat ini belum mendapatkan pembaharuan dari Kawasaki. Hal yang sama juga terjadi saat Kawasaki meluncurkan Ninja 400 yang memang dikhususkan untuk pasar Eropa. Agar harga motor sport lebih murah memang harus mengikuti peraturan pajak Indonesia, jadi sah-sah saja apabila kawasaki merubah kapasitas mesin dari 400cc menjadi 250cc.

Advertisement

Performa Kawasaki Z400 tentu lebih powerfull dibandingkan Z250. Berbekal mesin berkapasitas besar sudah pasti tenaga dan torsinya lebih berlimpah. Namun soal fitur dan desain kami yakin tetap sama. Nah bagi masbro yang penasaran ingin mengetahui apa saja fitur yang dimiliki Z400, silahkan simak informasi spesifikasi dan harga Kawasaki Z400 yang kami sampaikan di bawah ini.

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Z400 ABS

Spesifikasi Mesin

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Z400

Andalkan Mesin 2 Silinder 399cc

Tipe4-stroke, 2-cylinder, DOHC, liquid-cooled
Kapasitas399 cc
Daya Maksimum45 Hp
Torsi Maksimum38 Nm
Bore × Stroke70.0 x 51.8 mm
Rasio Kompresi11.5:1
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Tipe StarterElekterik
Tipe Transmsi6-speed, return shift + assist & slipper clutch

Kawasaki Z400 dirancang dengan desain baru yang mengadopsi desain Z-Styling bergaya Sugomi yang agresif. Bahasa desainnya hampir sama dengan Kawasaki Z650, Kawasaki Z900, dan Kawasaki Z1000. Motor ini menawarkan desain agresif yang dipadukan dengan rangka teralis ringan yang menghasilkan pengendalian sempurna saat bermanuver melewati tikungan dan gesit saat berakselerasi.

Naked bike bermesin 400cc ini juga dilengkapi sistem pengereman ABS yang membuat kontrol pengereman semakin optimal. Sedangkan untuk jantung pacunya mengandalkan mesin 2 Silinder DOHC berkapasitas 399cc. Mesinnya sama persis dengan yang dipakai Ninja 400. Oleh karena itulah tenaga dan torsi yang dikeluarkan keduanya juga sama, yakni sebesar 45 Horsepower serta torsi 38 Nm.

Advertisement

Mesin Parallel-Twin 399cc menjanjikan performa bertenaga dan akselerasi maksimal yang membuat kita merasa semakin nyaman mengendarai Kawasaki Z400. Terlebih motor ini sudah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch yang menjadikan kinerja kopling lebih ringan dan perpindahan gigi lebih mulus. Kemudian untuk transmisinya mengandalkan gearbox 6 percepatan yang pastinya sangat responsif berkat teknologi Assist & Slipper Clutch.

Sistem pembakaran Digital Fuel Injection dengan 32 mm Throttle Bodies juga dimilikinya. Teknologi tersebut menjadikan konsumsi bahan bakar semakin irit dan performa lebih repsonsif. Lalu untuk sistem pendinginnya memakai Liquid Cooled atau sistem pending udara. Sayangnya Kawasaki lupa memberikan fitur Riding Mode sama halnya saat mereka merilis Ninja 400.

Baca Juga :  7 Warna Yamaha Aerox 155 2018 Tipe S Version, R Version, Standar

Desain Body

Desain Kawasaki Z400

Desain Agresif Bergaya Sugomi

Sebanding dengan harga Kawasaki Z400 yang mahal, motor ini mengadopsi desain Sugomi seperti Kawasaki Z Series lainnya. Desainnya memang keren, namun menurut kami ada yang kurang. Pasalnya motor ini tidak dilengkapi Under Cowl yang membuat mesin serta leher knalpot terlihat terekspos tanpa adanya perlindungan dari kerikil maupun kotoran lainnya. Selain itu, motor ini memiliki tangki berkapasitas 14 Liter yang dihimpit cover samping.

Advertisement

Menurut kami posisi stang Kawasaki Z400 terlihat kurang menunduk. Mungkin hal ini dilakukan untuk menjaga ergonomi agar lebih nyaman dikendarai. Lalu untuk bagian headlamp sudah menggunakan lampu berteknologi LED dan cover berdesain sporty yang di atasnya terpasang cowl berwarna hitam untuk menambah keagresifan desain Kawasaki Z400. Dibalik Cowl tersebut juga terpasang instrument cluster modern dengan layar LCD ditengah-tengahnya.

Desain speedometer Kawasaki Z400 memang keren dan dilengkapi beragam indikator yang dipadukan dengan panel meter digital untuk menampilkan posisi gigi, kecepatan, sisa bahan bakar, dan jam digital. Selain itu, Kawasaki Z400 memiliki lampu belakang Quad LED yang memberikan kesan modern saat melihat Z400 dari belakang. Desain buritannya juga keren dan menggunakan jok belakang terpisah yang menambah kesan agresif dan sporty.

Dimensi

Gambar Kawasaki Z400

Body Ergonomis Nyaman Dikendarai

Dimensi1989 mm x 800 mm x 1054 mm
Berat165 kg
Kapasitas Tangki14 liter
Tinggi  Tempat Duduk785 mm
Jarak Sumbu Roda1,405 mm
Ground Clearance145 mm

Body Kawasaki Z400 dirancang sedemikian rupa agar motor ini gesit dan nyaman diajak bermanuver. Desainnya juga ergonomis dengan menawarkan posisi duduk yang nyaman dan jok tak terlalu tinggi. Dimana tinggi joknya cuma 785 mm dan ground clearancenya sekitar 145 mm. Sedangkan untuk dimensinya memiliki bentang panjang 1989 mm, lebar 800 mm, dan tinggi 1054 mm. Lalu untuk bobotnya sekitar 165 kg.

Pemakaian rangka teralis membuat bobot Kawasaki Z400 semakin ringan. Alhasil motor ini memiliki handling yang lebih nyaman saat dipakai bermanuver melewati padatnya perkotaan. Tak hanya itu, Kawasaki juga membekalinya dengan stang lebar yang tak akan melelahkan saat menempuh perjalan jauh dan menjadikan manuver semakin nyaman.

Menurut kami posisi stang Kawasaki Z400 terlihat kurang menunduk. Mungkin hal ini dilakukan untuk menjaga ergonomi agar lebih nyaman dikendarai. Lalu untuk bagian headlamp sudah menggunakan lampu berteknologi LED dan cover berdesain sporty yang di atasnya terpasang cowl berwarna hitam untuk menambah keagresifan desain Kawasaki Z400. Dibalik Cowl tersebut juga terpasang instrument cluster modern dengan layar LCD ditengah-tengahnya.

Suspensi & Pengereman

Spesifikasi Kawasaki Z400

Suspensi Masih Teleskopik

Suspensi depan43 mm Telescopic Fork
Suspensi belakangUni-Trak Monoshock
VelgRing 17
Ban Depan110/70-17M/C 54H
Ban Belakang150/60-17M/C 66H
Rem DepanSingle Disc 310 mm
Rem BelakangSingle Disc 220 mm

Di luar negeri harga Kawasaki Z400 tak berbeda jauh dengan harga Z250 di Indonesia. Bisa dikatakan harga Kawasaki Ninja 400 tergolong murah untuk motor bermesin 399c. Terlebih motor ini sudah dilengkapi sistem pengereman ABS dari Nissin yang dipadukan dengan rem cakram depan 310 mm dengan dual-piston kaliper serta rem belakang cakram berdimaneter 220 mm.

Yang membuat kami cukup kecewa pada Kawasaki Z400 adalah belum menggunakan suspensi Upside Down. Alhasil kita harus puas dengan suspensi depan teleskopik yang memiliki diameter 43 mm. Sedangkan untuk bagian belakang menggunakan monoshock (Uni-Trak) yang ditopang swingarm berbentuk kotak. Lalu untuk bagian ban memakai ban depan berukuran 110/70-17M/C 54H dan ban belakang 150/60-17M/C 66H.

Baca Juga :  Harga Honda Super Cub C125 2018 : Review & Spesifikasi

Ban Kawasaki Z400 terlihat gambot, sehingga membuat tampilan luarnya terlihat semakin agresif dan sporty. Selain itu, Kawasaki juga membekalinya dengan knalpot berukuran besar yang telah memenuhi standar emisi Euro IV. Kami yakin sebagian besar pemilik Kawasaki Z400 akan mengganti knalpot bawaan dengan knalpot racing yang menjadikan suara lebih ngebass, khas motor bermesin 2 Silinder. Lalu berapakah sebenarnya harga Kawasaki Z400 ?

Daftar Harga Kawasaki Z400

Harga Kawasaki Z400

Berapakah Harga Kawasaki Z400 di Indonesia ?

Tipe Motor Harga Terbaru
Harga Kawasaki Z400 Non-ABS
Harga Kawasaki Z400 ABSUSD$ 4.799
 Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Kawasaki

Seperti yang kami sampaikan di atas, kecil kemungkinan motor ini akan dipasarkan di Indonesia. Padahal di luar negeri harga Kawasaki Z400 ABS cukup terjangkau. Dimana harganya cuma USD$ 4.799 atau apabila kita rupiahkan sekitar Rp. 70 Jutaan. Itu artinya harga Kawasaki Z400 tidak berbeda jauh dengan harga Kawasaki Ninja 250 SE ABS yang saat ini dipasarkan di Indonesia dengan harga 71.9 Jutaan.

Kami yakin nantinya Kawasaki akan meluncurkan Z250 terbaru berbasis Z400. Kapasitas mesin yang diperkecil tentu membuat harga Kawasaki Z250 lebih murah dari harga Kawasakki Z400. Paling tidak harganya dibanderol 60 Jutaan sama seperti Z250 yang dipasarkan saat ini. Kemungkinan nantinya Kawasaki juga meyediakan varian ABS serta Non-ABS, sehingga kita bisa memilihnya sesuai dengan budget yang dimiliki.

Warna Kawasaki Z400

Kelebihan Kawasaki Z400

  • Dibekali mesin berkapasitas 399cc yang otomatis mampu mengeluarkan tenaga dan torsi sangat besar
  • Tersedia fitur Asssist & Slipper Clutch yang memberikan kemudahan saat berpindah gigi dan menarik kopling
  • Sebanding dengna harga Kawasaki Z400 yang mahal, motor ini menawarkan performa mesin responsif dan gesit sangat bermanuver
  • Dirancang dengan desain ergonomi yang nyaman dikendarai
  • Sudah dilengkapi sistem pengereman berteknologi ABS dan rem cakram di kedua rodanya
  • Ukuran ban Kawasaki Z400 sangat besar, sehingga menambah kesan sporty serta agresif
  • Dibekali speedometer modern lengkap dengan instrument cluster digital yang modern
  • Lampunya sudah full led
  • Memakai rangka teralis yang ringan

Kekurangan Kawasaki Z400

  • Belum menggunakan suspensi Upside Down
  • Tidak ada fitur Riding Mode
  • Harga Kawasaki Z400 pastinya sangat mahal
  • Tidak memiliki undercowl yang notabennya berguna untuk melindungi mesin
  • Posisi stang terlihat kurang menunduk, namun kekurangan ini membuat Z400 semakin nyaman dikendarai
  • Belum dilengkapi fitur Keyless
Baca Juga Harga Motor Kawasaki Lainnya
Harga Kawasaki Z150Harga Kawasaki Z150Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja 125Harga Kawasaki Ninja 150
Gambar Kawasaki Z900RS CafeMotor Retro KawasakiHarga Kawasaki Ninja 250 SEHarga Kawasaki Ninja 250 SE

Andai saja di dipasarkan di Indonesia, tentu harga Kawasaki Z400 akan melebihi 80 Juta Rupiah. Sebagai contoh adalah Kawasaki Ninja 300 yang harganya mencapai Rp. 87 Jutaan. Hal ini tak lepas dari pajak barang mewah yang dibebankan pada moto bermesin di atas 250cc. Jadi jangan terlalu berharap Kawasaki Z400 akan dipasarkan di Indonesia. Lebih baik kita menunggu Z250 baru yang kemungkinan besar memiliki desain sama persis dengan Z400.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi