Harga Mobil L300 2019 : Spesifikasi Pick Up Diesel

Advertisement

Harga Mobil L300 2019 – Mitsubishi L300 menjadi salah satu mobil pick up terlaris di Indonesia. Mobil ini pertama kali dirilis pada tahun 1981 dengan mengusung mesin bensin berkapasitas 1.4 Liter. Lalu pada tahun 1984, Mitsubishi mengeluarkan varian baru yang ditenagai mesin bensin 1.6 Liter dengan kode 4G32 Saturn. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 72 PS pada putaran 5.000 rpm dan torsi puncak sebesar 127 Nm pada 3.000 rpm.

Tak cukup hanya memasarkan L300 bermesin bensin, Mitsubishi juga meluncurkan varian Diesel pada tahun yang sama. Dimana mesinnya memiliki kapasitas 2.3 Liter dengan tenaga 65 PS dan torsi 137 Nm. Mesin diesel tersebut sangat powerfull sehingga memaksimalkan kemampuan Mitsubishi L300 dalam mengangkut berbagai macam barang. Kemudian 4 tahun berselang, Mitsubishi meluncrkan varian baru yang memiliki mesin lebih besar dengan kapasitas 2.5 Liter.

Mesin berkode 4D56 Astron menjadi bukti bahwa Mitsubishi mampu melahirkan mobil pick up yang bertenaga dan hemat bahan bakar. Untuk tenaganya sendiri mencapai 74 PS yang diraih pada putaran 4.200 rpm. Sedangkan torsi puncaknya menembus 142 Nm pada putaran 2.500 rpm. Mesin tersebut telah teruji ketangguhannya, sehingga Mitsubishi tetap memakainya pada L300 terbaru yang beredar di Indonesia saat ini.

Advertisement

Mitsubishi L300 diesel jauh lebih populer dibandingkan L300 bensin. Oleh karena itulah Mitsubishi memutuskan untuk menghentikan produksi L300 bensin pada tahun 2000. Keputusan tersebut sangat tept, karena pada akhirnya Mitsubishi bisa berfocus memasarkan L300 diesel yang menjadi primadona masyarakat Indonesia dalam membeli mobil pick up. Nah bagi masbro yang tertarik membelinya, silahkan simak terlebih dahulu review singkat berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Mobil L300 Terbaru 2019

Eksterior

Spesifikasi dan Harga Mobil L300Dibandingkan mobil pick up jaman sekarang, seperti Daihatsu Gran Max ataupun Isuzu Traga, bisa dikatakan desain Mitsubishi L300 terlihat sangat jadul. Hal ini sengaja dilakukan untuk mempertahankan kesan klasik yang menjadi ciri khas mobil L300. Lagi pula mobil ini dikhususkan sebagai kendaraan angkutan barang, sehingga desain tak terlalu penting. Apalagi mobil ini terkenal akan ketangguhannya, jadi tak perlu desain neko-neko untuk menarik minat konsumen.

Yang paling penting dari mobil pick up ini bukanlah desainnya, melainkan ketangguhan mesinnya. Kemudian soal dimensi, Mitsubishi L300 memiliki panjang 4.170 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.845 mm. Selain itu, Mitsubishi merancang mobil pick up tersebut dengan jarak antar roda (Wheebase) berukuran 2.200 mm dan didukung ground clerance berjarak 200 mm dari atas tanah. Dimensinya memang cukup besar, namun mobil ini tetap nyaman saat dipakai melewati jalanan sempit ataupun medan lainnya.

Advertisement

Ground clerance setinggi 200 mm menjadikan Mitsubishi L300 mampu menerjang banjir atau hanya sekedar genangan air. Lalu untuk baknya memiliki ukuran panjang 2.425 mm, lebar 1.440 mm, dan tinggi 1.380 mm. Bak tersebut tergolong sangat luas, sehingga bisa menampung berbagai macam barang dengan mudah. Di sisi lain, tersedia pula tangki bahan bakar berkapasitas 47 Liter yang membuatnya cocok dipakai berkendara keluar kota tanpa perlu takut kehabisan bahan bakar.

Mesin

Gambar Mitsubishi L300Saat ini Mitsubishi menyediakan tiga varian L300, yakni tipe Pick Up Standar, Pick Up Flatdeck dan Cab Chassis. Ketiganya menggunakan mesin yang sama, yakni mesin Diesel 4D56. Mesin tersebut memiliki kapasitas 2.477cc dengan konfigurasi SOHC 4 Silinder In-Line. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkannya mencapai 74 PS pada 4.200 rpm dan dan torsi puncaknya sebesar 13,6 kgm pada 2.500 rpm. Selain itu, Toyota melengkapi mobil L300 dengan sistem transmisi manual 5 percepatan.

Baca Juga :  Harga Lamborghini Urus 2019, Review, Spesifikasi & Gambar

Mitsubishi L300 memiliki tenaga dan torsi besar pada putaran mesin bawah, sehingga kemampuan akselerasinya bisa diandalkan saat melewati medan tanjakan, tikungan, ataupun jalanan lurus. Tak hanya itu, Mitsubishi juga melengkapi mobil L300 dengan fitur Power Steering yang menjadikan sistem kemudi lebih ringan dan nyaman. Setir kemudi tersebut juga memungkinkan truk Mitsubishi berukuran mini yang satu ini memiliki radius putar hingga 4,4 meter.

Advertisement

Mitsubishi L300 Cab ChassisDengan radius putar yang luas tentunya mobil pick up ini memiliki kemampuan untuk melewati gang-gang sempit dengan nyaman. Apalagi mobil ini sudah menggunakan mesin diesel yang responsif dan didukung sistem pembakaran Direct Injection yang menjadikannya semakin hemat bahan bakar. Di sisi lain mobil ini menawarkan ketangguhan mesin diesel yang mudah perawatannya dan didukung spare-part murah yang stoknya melimpah.

Yah, banyak orang memilih Mitsubishi L300 karena mesinnya bandel dan gampang dirawat. Kami yakin semua bengkel berpengalaman sudah familiar dengan mesin Mitsubishi L300, sehingga tak perlu bingung apabila terjadi kerusakan. Terlebih mesin yang dipakainya merupakan mesin legendaris yang sudah dipakai Mitsubishi L300 dalam waktu sangat lama. Yah, mesinnya memang cukup jadul, namun nyatanya tetap bisa bersaing melawan mobil pick up jaman sekarang.

Kaki-Kaki

Gambar Mobil Mitsubishi L300Kemudian soal handling, Mitsubishi L300 mengaplikasikan suspensi depan Double Whisbone dengan Coilspring yang menjaga kestabilan dan kenyamanan saat mengangkut banyak barang. Lalu untuk bagian belakang mengusung suspensi Semi Eliptic Leaf Spring yang didukung chassis kuat dan rigid. Kedua suspensi tersebut membuat mobil ini sangat nyaman, sehingga sebanding dengan harga mobil L300 yang dibanderol melebihi 170 Juta Rupiah.

Harga mobil L300 memang cukup mahal apabila kita bandingkan dengan mobil pick up lainnya yang menggunakan mesin bensin. Walaupun begitu mobil ini tetap menjadi pilihan banyak orang dalam mencari kendaraan niaga dikarenakan memiliki mesin yang responsif dan irit. Selain itu, Mitsubishi juga melengkapinya dengan rem cakram berventilasi yang terpasang pada roda depan dan rem tromol pada roda belakang.

Interior

Interior Mitsubishi L300Pengaplikasian rem tromol sudah lebih dari cukup untuk mengoptimalkan sistem pengereman Mitsubishi L300 dalam menghentikan laju kendaraan. Kemudian soal fitur, mobil pick ini sudah dilengkapi Headunit yang mendukung CD dan MP3 untuk mengusur kebosanan saat berada didalam kabin. Sayangnya Mitsubishi tidak melengkapinya dengan AC dan semua instrument cluster mobil ini masih full analog, mulai dari indikator kecepatan, bahan bakar, suhu mesin, dll.

Fitur yang dimiliki Mitsubishi L300 memang sangat standar. Jadi masbro jangan harap mobil ini dilengkapi Airbag ataupun fitur keselamatan lainnya. Mobil ini juga belum dilengkapi Power Window, sehingga kita harus membuka kaca secara manual dengan tuas putar yang berada dibagian door panel. Selain itu, seluruh bagian dashboard dan door trim terbuat dari plastik keras yang notabennya cukup ketinggalan zaman. Nah berbekal semua itu, lalu berapakah sebenarnya harga mobil L300 terbaru 2019 ?

Spesifikasi

Fitur Mobil L300

DIMENSI
Panjang4.170 mm
Lebar1.700 mm
Tinggi1.845 mm
Wheelbase2.200 mm
Ground Clerance200 mm
Radius Putar Minimum4,4 Meter
Kapasitas Penumpang3 Orang
DIMENSI BAK
Panjang2.425 mm
Lebar1.600 mm
Tinggi310 mm
GVW2.540 Kg
MESIN
Tipe Mesin4D56, SOHC 4 Silinder In-line
Kapasitas Silinder2.477 cc
Tenaga Maksimum74 PS @ 4.200 Rpm
Torsi Maksimum13,6 Kg.m @ 2.500 Rpm
TransmisiManual 5 Percepatan
Sistem PembakaranDirect Injection
Kapasitas BBM47 Liter
Bore x Stroke91,1 x 95
KAKI-KAKI
Suspensi DepanDouble Wishbone dengan Coil Spring
Suspensi BelakangSemi Eliptic Leaf Spring
Rem DepanVentilated Disc
Rem BelakangDrum, Leading & Trailing
Sistem KemudiRecirculating Ball + Power Steering
Baca Juga :  Harga Honda Mobilio 2019, Review, Spesifikasi & Modifikasi

Sebelum mengulas mengenai harga mobil L300 terbaru, silahkan masbro simak terlebih dahulu tabel spesifikasi di atas. Owh yah, mobil ini juga memiliki mesin yang ditempatkan dibawah jok agar mudah dijangkau dan tidak menggangu bak belakang, sehingga bisa memaksimalkan kemampuan L300 dalam mengangkut barang. Nah setelah mengetahui semua fitur serta spesifikasinya, sekarang mari kita membaha seputar harga mobil L300 terbaru dibawah ini.

Harga

Harga Mobil L300 TerbaruSeperti yang kami sampaikan di atas, Mitsubishi menyediakan 3 varian L300. Untuk yang termurah adalah tipe Cab Chassis dengan harga Rp. 173 Juta. Lalu untuk varian pick up standar dibanderol Rp. 177.5 Juta dan Rp. 178 Juta untuk tipe pick up flatdeck. Harga mobil L300 tersebut merupakan harga On The Road untuk wilayah Jabodetabek, jadi tak menutup kemungkinan harga mobil L300 di luar Jakarta akan lebih mahal.

Tipe Mobil Harga 
Harga Mobil L300 Cab ChassisRp. 173.000.000
Harga Mobil L300 Pick Up StandarRp. 177.500.000
Harga Mobil L300 Pick Up FlatdeckRp. 178.000.000
 Harga Terbaru : Daftar Harga Mobil Mitsubishi

Harga mobil L300 lebih murah dibandingkan Isuzu Traga yang sama-sama menggunakan mesin Diesel. Namun sejatinya Isuzu Traga sudah dilengkapi Turbo, sehingga tenaga dan torsinya lebih besar dari L300. Secara desain interior dan eksterior juga lebih modern sehingga Isuzu Traga bisa menjadi alternatif paling tepat selain Mitsubishi L300. Silahkan masbro memilih salah satunya, atau mungkin lebih tertarik membeli mobil Suzuki Carry pick up ?

Kelebihan

  • Dibekali mesin diesel yang irit dan bandel
  • Harga jual kembali mobil ini tergolong stabil sesuai tahun produksinya
  • Memiliki daya angkut yang besar dan bisa diandalkan untuk mengangkut berbagai macam barang disegala medan
  • Dimensinya tak terlalu besar, sehingga memudahkan mobil pick up ini masuk ke gang-gang sempit
  • Harga mobil L300 sebanding dengan tenaga dan torsi yang dimilikinya
  • Spare-part melimpah dan harganya relatif terjangkau
  • Sudah dilengkapi Head Unit 1Din sebagai media hiburan untuk mengusir kebosanan saat mengendarai mobil pick up ini

Kekurangan

  • Belum dilengkapi AC
  • Desainnya tergolong jadul dan tidak perubahan berarti dari L300 generasi sebelumnya yang sudah puluhan tahun hadir di Indonesia
  • Belum dilengkapi fitur Power Window
  • Fitur keselamatan dan keamanan sangat minim, karena tidak ada Airbags ataupun fitur keselamatan lainnnya
  • Rem belakang mobil ini masih tromol
Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Mitsubishi Triton 2019Harga Mitsubishi Triton 2019Gambar Pajero Sport DakarHarga Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi L300 bisa menjadi solusi bisnis yang paling tepat dalam mengangkut ataupun mendistribusikan barang. Pasalnya mobil pick up murah ini memiliki kabin yang luas dan telah ditenagai mesin diesel yang bandel, irit, dan mudah perawatannya. Harga mobil L300 bekas juga sangat stabil, sehingga masbro tak perlu khawatir saat ingin menjual mobil ini. Nah demikianlah informasi spesifikasi dan harga mobil L300 terbaru 2019, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

Advertisement