Motor Mini Honda Harga Termurah Terbaru 2019

Advertisement

Motor mini Honda memiliki pangsa pasarnya sendiri, jadi jangan samakan dengan motor matic, bebek, ataupun sport yang Honda pasarkan. Honda juga memiliki beberapa tipe motor mini yang memiliki dimensi sangat kecil, namun tetap nyaman dikendarai. Motor ini lebih cocok bagi para penghobi otomotif yang hobi mengoleksi motor bergaya unik.

Motor mini Honda memiliki pangsa pasarnya sendiri, jadi jangan samakan dengan motor matic, bebek, ataupun sport yang Honda pasarkan. Bisa dikatakan motor mini Honda ini lebih cocok bagi para penghobi otomotif yang hobi mengoleksi motor bergaya unik. Lagi pula dimensinya sangat kecil, sehingga kurang nyaman apabila dijadikan motor harian.

Masalah nyaman atau tidaknya tergantung dari postur pengendara motor mini Honda. Bagi yang tertubuh gemuk, mungkin terlihat lucu saat mengendarainya. Namun semuanya kembali lagi ke selera dan kenyamanan masing-masing pengendara. Bahkan banyak orang tak memikirkan kenyamanan, karena yang paling penting bisa tampil mencolok di depan banyak orang.

Tak bisa dipungkiri desain motor mini Honda memang nyentrik. Honda juga menyediakan opsi motor mini bergaya klasik dan modern yang bisa masbro pilih sesuai selera. Jangan harap harganya murah, karena harga motor mini Honda setara motor sport 250cc. Nah yang penasaran ingin mengetahui harganya, silahkan simak informasi berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Motor Mini Honda

Gambar Motor Mini Honda Monkey

1. Honda Monkey

Pecinta otomotif sejati pasti tak asing dengan Honda Monkey. Motor mini tersebut sudah ada sejak tahun 1960an dan tetap dipasarkan hingga sekarang. Honda sudah melalukan banyak sekali pembaharuan yang membuat teknologi Honda Monkey tak kalah dari motor Honda pada umumnya. Meskipun lebih canggih, namun desain Honda Monkey tetap berkesan klasik layaknya Monkey jaman dulu.

Beragam sentuhan modern juga diberikan Honda, seperti sistem pencahayaan Full LED yang terpasang pada lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein. Lalu ada pula speedometer full digital yang menampilkan beragam informasi berkendara secara lengkap, termasuk gear position, odometer, dan trip meter.

Sayangnya harga Honda Monkey di Indonesia sangat mahal. Alasannya adalah karena motor ini belum dipasarkan secara resmi, sehingga kita harus membelinya melalui Importir Umum. Harganya tak tanggung-tanggung, yakni mencapai 90 Jutaan. Padahal harga Honda Monkey di Thailand cuma 50 Jutaan, seperti yang kami sampaikan pada artikel berikut “Spesifikasi dan Harga Honda Monkey“.

Semoga saja PT Astra Honda Motor memasukan motor ini ke Indonesia dengan harga lebih terjangkau. Harga 50 Jutaan, tentu tak sebanding dengan spesifikasi mesin Honda Monkey yang ditenagai mesin SOHC 4 Tak 2 Katup berkapasitas 125cc. Mesin tersebut bisa memuntahkan tenaga sebesar 6.9 kW pada putaran mesin 7.500 rpm dan torsi puncak 11 Nm pada 5.250 rpm.

Gambar Motor Honda MonkeyMesin motor mini Honda tersebut sudah dilengapi sistem pembakaran PGM-FI Electronic Fuel Injection yang menjadikan konsumsi bahan bakar sangat irit dan menghasilkan performa lebih responsif. Adapun konsumsi bahan bakarnya mencapai 67 km/liter, sehingga lebih irit dibandingkan Honda Supra X 125 yang sama-sama dibekali mesin 125cc.

Masih ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki Honda Monkey. Salah satunya adalah teknologi ABS yang dikontrol melalui Inertial Measurement Unit (IMU). Sistem pengereman canggih tersebut dipadukan dengan rem cakram hidrolik berdiameter 220 mm yang terpasang pada roda depan. Sedangkan rem belakang memakai cakram hidrolik berdiameter 190 mm.

Baca Juga :  8 Harga Motor Matic Terbaru 2019 Dengan Harga Termurah

Kaki-kaki Honda Monkey juga sangat nyaman, karena memiliki rebound yang empuk. Sayangnya Honda tidak menyediakan pengaturan suspensi, sehingga kita tidak bisa mengatur tingkat kekerasan suspensi depan dan belakang. Kekurangan tersebut akan tertutupi oleh suspensi depan Upside Down yang menjaga kestabian dan kenyamanan saat berakselerasi.

Di sisi lain, motor mini Honda ini memiliki velg ring 12 inci dengan ban depan 120/80-R12 65J dan ban belakang 130/80-R12 69J. Lalu untuk dimensinya memiliki panjang 1.710 mm, lebar 755 mm, tinggi 1.029 mm, dan berat 107 kg. Yah, dimensinya memang kecil, namun riding position Honda Monkey tetap nyaman untuk menerobos kemacetan jalan raya.

2. Honda Grom (MSX 125)

Motor Mini Honda GromBasis yang digunakan Honda Grom atau Honda MSX 125 sama saja dengan Honda Monkey. Keduanya menggunakan mesin 1 Silinder SOHC 2 Katup dengan sistem pendingin udara berkubikasi 124.9cc. Alhasil tenaga dan torsi yang dikeluarkan keduanya hampir sama. Dimana tenaga maksimalnya sebesar 7.2 kW pada 7.800 rpm dan torsi 10.9 Nm pada 5.500 rpm.

Nah, perbedaan yang paling mencolok dari Honda Monkey dan Honda Grom adalah desainnya. Motor ini memiliki desain jauh lebih modern layaknya Naked Bike Honda pada umumnya. Secara desain memang sangat keren dan bisa menandingi Kawasaki Z125 Pro yang menjadi andalan Kawasaki dikelas motor mini. Terlebih Honda sudah melengkapiya dengan lampu LED yang terlihat modern dan agresif.

Di Eropa Honda Grom disebut sebagai Honda MSX 125. Motor ini menawarkan desain agresif yang mencerminkan sebuah Street Figter Modern. Bahkan lampu depannya dibuat menjadi dua layer dan sudah ada speedometer Full LCD untuk menampilkan informasi seperti trip meter, konsumsi bahan bakar, odometer, dan jam digital.

Gambar Motor Mini Honda GromSecara dimensi juga tidak berbeda jauh dengan Honda Monkey. Motor ini dirancang sebagai motor perkotaan yang lincah dan gesit, sehingga bisa menerobos kemacetan dengan nyaman. Selain itu, Honda membekalinya dengan transmisi manual 4 percepatan yang didukung kopling manual dengan pola perpindahan gigi 1-N-2-3-4.

Kenyamanan Honda Grom didukung suspensi depan Upside Down dengan diameter tabung 31 mm dan suspensi belakang Monoshock. Kemudian untuk bagian pengereman memakai rem cakram hidrolik yang terpasang pada roda depan dan belakang. Tak ketinggalan sistem pengereman ABS telah disediakan agar kontrol pengereman disegala kondisi tetap optimal.

Lagi-lagi kita harus membeli motor mini Honda melalui importir umum. Pasalnya motor ini belum dirilis secara resmi di Indonesia. Adapun harga di luar negeri mencapai USD$3.399 atau apabila kita rupiahkan setara Rp. 48 Jutaan. Harganya jauh lebih mahal dibandingkan harga motor mini sekelas Kawasaki Z125 Pro yang dibanderol sekitar 34 Jutaan.

Meskipun harga motor mini Honda sangat mahal, namun peminatnya tetap besar. Andai saja motor ini dipasarkan di Indonesia, kami yakin akan banyak peminatnya. Terlebih fitur dan spesifikasinya tergolong canggih dan dipadukan dengan body berdimensi kecil yang menjadikan Honda Grom atau MSX terlihat unik dan berbeda dari motor pada umumnya.

3. Honda Gorilla

Gambar Honda GorillaMotor mini Honda yang satu ini sudah tak lagi diproduksi, jadi jangan harap bisa membelinya. Padahal desain Honda Gorilla terlihat sangat unik dan memiliki body lebih gemuk dibandingkan Honda Monkey. Sedangkan untuk spesifikasinya memakai mesin 50cc dengan tenaga maksimal hanya 4.5 horsepower. Tenaganya jauh lebih kecil dibandingkan Honda Monkey terbaru yang mengusung mesin 125cc

Baca Juga :  15 Mobil Keluarga Murah Irit dan Nyaman Terbaru 2019

Sebenarnya Honda Gorilla merupakan edisi spesial dari Honda Monkey dengan kode seri Z50J-III. Motor ini memiliki tampilan sangat klasik, sehingga menjadi buruan para kolektor motor antik. Sayangnya Honda sudah menyuntik mati motor ini, dan semoga kedepannya Honda kembali menghadirkan Gorilla seri terbaru dengan fitur dan teknologi tak kalah canggih dari Honda Monkey yang sekarang dipasarkan.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Biaya Service AC MobilMotor Street Fighter

Sayangnya Honda tak merilis motor trail mini. Mereka hanya memiliki 2 motor mini, yakni Honda Monkey dan Honda Grom. Semog saja kedepannya Honda menambah jajaran produknya. Namun yang paling penting, semoga Honda Grom dan Monkey segera dipasarkan secara resmi di Indonesia. Nah cukup sekian informasi otomotifo.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi seputar dunia otomotif di Indonesia.

5/5 (2 Reviews)
Advertisement