Harga Motor PCX Bekas dan Baru Terbaru 2019

Advertisement

Motor PCX bekas semakin diminati masyarakat Indonesia mengingat harganya lebih murah dibandingkan PCX baru yang dibanderol melebihi 28 Juta Rupiah. Yah, Honda PCX 150 bukanlah motor murah. Motor ini menjadi pesaing Yamaha NMAX di segmen Maxi Skuter Premium. Keduanya bersaing ketat dengan menawarkan kelebihan masing-masing.

Saat ini Honda memasarkan tiga varian PCX di Indonesia, yakni tipe CBS, ABS, dan Hybrid. Varian termurah dibanderol 28 Jutaan dan yang termahal mencapai 42 Jutaan. Dengan harga semahal itu, tentu tak semua masyarakat Indonesia mampu membelinya. Oleh karena itulah motor PCX bekas menjadi alternatif terbaik untuk mencicipi semua fitur Honda PCX. Nah untuk mengetahui berapa harganya, silahkan simak dibawah ini.

Daftar Harga Motor PCX Bekas & Baru

Harga Motor PCX

Sejarah Motor PCX

Honda PCX bukanlah motor baru. Motor ini pertama kali diperkenalkan di Thailand pada bulan November 2009. PT Astra Honda Motor baru memasukan motor ini ke Indonesia pada bulan Juni 2010 dengan status CBU yang diimport dari Thailand. Waktu itu motor ini langsung laris manis diburu konsumen tanah air yang menginginkan skutik premium bergaya Maxi Skuter.

Mengingat PCX generasi pertama merupakan motor CBU, maka jangan heran apabila harganya sangat mahal. Kemudian pada bulan Juli 2014, PT Astra Honda Motor meluncurkan All New Honda PCX yang diimport dari Vietnam dengan harga Rp. 38.8 Juta (on the road Jakarta). Selama kurun waktu 4 tahun hingga bulan Agustus 2014, motor PCX terjual sebanyak 11.882 unit.

Walaupun harganya mahal, namun penjualan motor matic 150cc ini tetap besar. Akan tetapi semuanya berubah setelah Yamaha meluncurkan NMAX pada tahun 2015. Pasalnya harga Maxi Skuter Yamaha tersebut jauh lebih murah dibandingkan harga motor PCX, sehingga banyak orang yang lebih memilih NMAX yang notabennya diproduksi di Indonesia agar harganya lebih terjangkau.

Penjualan PCX yang terus menurun karena kehadiran NMAX membuat PT Astra Honda Motor meluncurkan Honda PCX generasi ketiga pada bulan Maret 2018. Motor ini tak lagi diimport dari luar negeri, namun sudah diproduksi di Indonesia. Alhasil harga motor PCX generasi terbaru jauh lebih terjangkau dibandingkan generasi sebelumnya yang diimport dari Vietnam.

Honda langsung meluncurkan tiga varian PCX yang langsung laris manis diburu pecinta otomotif tanah air. Kesuksesan ini tak lepas dari harga motor PCX terbaru yang lebih kompetitif dan memiliki fitur lebih canggih. Dari segi desain juga berubah dratis dengan balutan body bongsor yang tampak modern dan futuristik.

Seperti yang kami sampaikan di atas, ada tiga varian PCX terbaru yang dipasarkan di Indonesia. Yang paling spesial adalah PCX Hybrid. Motor tersebut mengusung mesin berteknologi hybrid dan didukung beragam fitur canggih yang membuatnya layak dibanderol melebihi 40 Juta Rupiah.

Spesifikasi Mesin

Gambar Motor PCXAgar motor PCX terbaru mampu bersaing melawan Yamaha NMAX, maka Honda membekalinya dengan mesin 4 Tak SOHC berpendingin cairan dengan kapasitas 149.3cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 10.8 kW atau setara 14.7 PS yang diraih pada putaran mesin 8.500 rpm. Lalu torsi puncaknya mencapai 13.2 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.

Walaupun sudah menggunakan mesin baru, namun tenaga dan torsinya masih kalah dari NMAX. Pasalnya Yamaha NMAX memiliki mesin berkapasitas 155cc dengan keluaran tenaga sebesar 11.1 kW dan torsi 14.4 Nm. Meskipu begitu, Honda PCX tetap memiliki daya tariknya tersendiri, terutama fitur yang lebih lengkap dan pastinya lebih canggih.

Baca Juga :  Harga Honda Revo X 2019, Review, Spesifikasi dan Gambar

Nah bagi masbro yang membeli PCX Hybrid, maka akan mendapatkan mesin berteknologi Hybrid yang memadukan antara motor listrik dan mesin konvesional. Motor listrik tersebut bisa menambah tenaga sebesar 1.4 kW pada 3.000 rpm dan torsi 4.3 Nm pada 3.000 rpm. Alhasil performa Honda PCX Hybrid jauh lebih bertenaga, sehingga Honda berani membanderol harga motor PCX Hybrid jauh lebih mahal.

Bagi yang memiliki uang lebih tak ada salahnya membeli PCX Hybrid. Terlebih motor tersebut memiliki fitur Riding Mode yang tak akah masbro jumpai pada tipe CBS atau ABS. Ada tiga mode berkendara yang disediakan Honda, yakni D (Drive Mode), S (Sport Mode), dan Idling Mode. Sedangkan untuk fitur lainnya hampir sama, namun kapasitas bagasinya sedikit lebih kecil, yakni 23.3 Liter

Fitur Andalan

Honda PCX memang kaya akan fitur. Salah satunya adalah fitur Smart key System atau bisa dikatakan sebagai sistem penguncian keyless. Fitur tersebut tidak dimiliki Yamaha NMAX dan kabarnya baru akan tersedia pada NMAX generasi mendatang. Selain itu, Honda menyediakan fitur Power Charger yang ditempatkan pada kompartemen bagian depan.

Bagasi luas dengan kapasitas 28.8 Liter dan dilengkapi seat stop menjadi salah satu daya tarik motor PCX. Lalu ada pula lampu depan dan lampu belakang yang menggunakan sistem pencahayaan LED, sehingga menghasilkan efek pencahayaan yang lebih terang dan menambah kesan canggih serta modern.

Fitur yang tak kalah menarik adalah speedometer full digital yang memiliki tampilan canggih dan mampu menampilkan beragam informasi berkendara secara lengkap, seperti Smart Key Indicator, Idling Stop Indicator, Trip Meter, Fuel Consumtion, Jam Digital, dan Indikator ABS.

Berbekal semua fitur di atas, jangan heran apabila harga motor PCX bekas tetap mahal. Apabila ingin yang lebih murah, maka masbro harus membeli Honda PCX CBU yang diproduksi tahun 2018 ke bawah. Fitur dan spesifikasi yang dimiliki PCX CBU tentu berbeda dengan PCX generasi terbaru yang diproduksi di Indonesia.

Perbedaan paling mencolok antara PCX terbaru dan PCX lawas adalah desain lampunya. Meski sama-sama LED, namun desain lampu depan dan belakang PCX terbaru jauh lebih modern dan futuristik. Selain itu, Honda sudah menyematkan sistem pengereman canggih yang mengusung teknologi Combi Brake Systen dan Anti Lock Breaking System (Tipe ABS).

Harga motor PCX ABS sedikit lebih mahal, karena teknologi tersebut menjadikan sistem pengereman PCX ABS lebih stabil, terutama saat pengereman mendadak. Kemudian untuk bagian kaki-kaki dibekali ban tubeless yang membalut velg ring 14 inci dengan ukuran 100/80-R14 pada bagian depan dan 120/70-R14 pada bagian belakang.

Kedua rodanya sama-sama mengadopsi rem cakram, sehingga memberikan rasa aman saat melakukan pengereman. Kemudian untuk rangkanya memakai chasis Double Cradle yang dibalut body berukuran panjang 1.923 mm, lebar 745 mm, dan tinggi 1.107 mm. Sedangkan sumbu rodanya berjarak 1.313 mm dan memiliki bobot keseluruhan mencapai 131 kg untuk tipe CBS dan 132 kg untuk tipe ABS.

Banyak orang memilih Honda PCX dikarenakan nyaman dikendarai. Motor ini memiliki body bongsor dengan pijakan kaki sangat luas, sehingga menghasilkan posisi berkendara yang rileks dan nyaman. Sama halanya dengan NMAX, motor ini memiliki tangki bensin di deck depan dengan kapasitas sebesar 8 Liter.

Harga Motor PCX Baru

Harga Motor PCX Baru

Tipe Harga Baru
Harga Honda PCX CBSRp. 28.683.000
Harga Honda PCX ABSRp. 31.684.000
Harga Honda PCX HybridRp. 42.139.000
 Harga Terbaru Cek Di Sini
Baca Juga :  Harga Honda CB250R 2019, Review, Spesifikasi & Gambar

Seperti yang masbro lihat di atas, harga motor PCX baru dibanderol mulai Rp. 28 Jutaan sampai Rp. 42 Jutaan. Varian termurah adalah tipe CBS dan yang termahal merupakan tipe Hybrid. Masbro bisa memilih salah satunya sesuai dengan budget yang dimiliki. Kami sendiri lebih memilih varian ABS yang harganya tak berbeda jauh dari tipe CBS dan sudah dilengkapi sistem pengereman lebih canggih.

Harga Motor PCX Bekas

Gambar Motor PCX Hybrid

Tipe Harga Baru
Harga Honda PCX 2010Rp. 20.000.000
Harga Honda PCX 2011Rp. 20.500.000
Harga Honda PCX 2012Rp. 21.000.000
Harga Honda PCX 2013Rp. 23.500.000
Harga Honda PCX 2014Rp. 24.000.000
Harga Honda PCX 2015Rp. 26.000.000
Harga Honda PCX 2016Rp. 26.500.000
Harga Honda PCX 2017Rp. 27.000.000
Harga Honda PCX CBS 2018Rp. 27.000.000
Harga Honda PCX ABS 2018Rp. 28.500.000
Harga Honda PCX Hybrid 2018Rp. 37.000.000

Bagi yang budgetnya tak cukup untuk membeli motor PCX baru, maka bisa memilih motor PCX bekas yang harganya sedikit lebih terjangkau. Sebenarnya harga motor PCX bekas masih terkategori mahal. Bahkan untuk keluaran tahun 2010-2013 harga pasarannya masih sekitar 20 Jutaan. Kemudian untuk tahun 2014-2017 sekitar 24 Jutaan hingga 27 Jutaan.

Harga motor PCX bekas di atas bisa berbeda-beda, karena tergantung kondisi dan lokasi. Tak menutup kemungkinan harga motor Honda tersebut lebih murah atau lebih mahal, jadi lebih baik masbro mencari yang termurah. Nah bagi yang tertarik membeli motor PCX bekas rakitan lokal, maka harus merogoh kocek 27 Jutaan untuk tipe CBS dan 28.5 Jutaan untuk tipe ABS.

Baca Juga Harga Motor Honda Lainnya
Harga Honda GenioHarga Honda Monkey
Harga Honda X-ADVHarga Vario 150

Untuk saat ini harga motor PCX bekas keluaran 2018 ke atas masih sangat mahal. Terlebih untuk tipe Hybrid yang harga bekasnya masih sekitar 37 Jutaan. Nah untuk mengetahui secara lengkap spesifikasi yang dimiliki motor tersebut, silahkan simak informasi “Spesifikasi dan Harga Honda PCX Hybrid” yang kami sampaikan pada artikel otomotifo.com sebelumnya.

5/5 (1 Review)
Advertisement