Spesifikasi dan Harga Motor RX King
Review Motor, Yamaha

Harga Motor RX King Terbaru 2021, Spesifikasi & Modifikasi

Harga Motor RX King 2020 – Eksistensi Yamaha RX King sebagai motor 2 tak legendaris tetap bertahan hingga sekarang. Sebagai buktinya adalah banyaknya klub RX King yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Kepopuleran Yamaha RX King tidak lepas dari performa yang dimilikinya. Motor ini bisa berlari cukup kencang dengan torsi sangat besar, sehingga sering disalahgunakan oleh pelaku tindak kejatan, khususnya para jambret. Kelebihan ini tidak lepas dari spesifikasi Yamaha RX King yang menggunakan mesin 2 tak berkapasitas 132cc dengan sistem pendingin udara.

Sistem pembakaran Yamaha RX King menggunakan karburator 25×1 MIKUNI yang membuat motor ini bisa berlari kencang. Performanya sangat responsif, dan memiliki tarikan mantap yang dioptimalkan sistem trasmisi manual 5 percepatan dengan mode perpindahan gigi 1-N-2-3-4-5. Perpaduan semua itu membuat Yamaha RX King mampu mengeluarkan tenaga maksimum mencapai 18.5 PS pada 9.000 rpm dan torsi 1.54 kgf.m pada 8.000 rpm. Tak heran motor ini mampu berlari sangat cepat, karena tenaga dan torsinya cukup melimpah untuk sebuah motor bermesin 132cc.

Andai saja Yamaha RX King masih diproduksi, tentu motor ini mampu menandingi motor sport 150cc, seperti Yamaha Vixion ataupun Honda CB150R. Sayangnya pemerintah Indonesia telah melarang peredaran motor 2 tak, karena dianggap tidak ramah lingkungan. Terlebih motor RX King memiliki suara knalpot yang bising, sehingga sering kali mengganggu pemotor lain. Bagi pecintanya mungkin bukan menjadi masalah, namun sebagian orang khususnya para perempuan sering sekali merasa risih mendengar suara knalpot 2 tak.

Menurut kami suara knalpot yang bising merupakan ciri khas yang tidak bisa dipisahkan pada motor RX King. Jangan ngaku-ngaku penggemar motor sejati apabila belum mencoba motor ini. Tarikan yang ganas akan berpadu dengan desain sporty yang membuat anak muda jaman dulu bermimpi membelinya. Apabila dibandingkan dengan motor jaman sekarang memang kalah modern. Namun aura sporty yang klasik tetap terlihat hingga sekarang. Oleh karena itulah hingga sekarang masih banyak orang yang tertarik membeli motor 2 tak ini, meski umurnya sudah tidak mudah lagi.

Sebelum membeli motor RX King tidak ada salahnya kita mengetahui sejarah motor ini. Sudah ada 4 generasi Yamaha RX King yang diproduksi mulai tahun 1983 sampai 2009. Setiap generasinya memiliki kelebihan berbeda-beda yang otomatis akan mempengaruhi harga motor RX King pada masanya. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui setiap generasi Yamaha RX King, silahkan simak informasi di bawah ini.

SPESIFIKASI DAN HARGA MOTOR RX KING

Spesifikasi dan Harga Motor RX King
Spesifikasi dan Harga Motor RX King

1. Yamaha RX-King Cobra

Generasi pertama Yamaha RX King dirakit pada tahun 1982 sampai 1995 dengan sebutan RX King Cobra. Motor ini memiliki tangki lebih besar dibandingkan motor RX King biasa dan dapur pacunya menggunakan mesin 1 Silinder miring dengan sistem pendingin udara. Mesin tersebut terkenal sangat tangguh dengan tenaga mencapai 18.5 Horsepower dan torsi 1.54 kg. Berkat ketangguhan tersebut, Yamaha RX King Cobra bisa diandalkan untuk menempuh perjalanan jauh dan berbagai medan jalan.

2. Yamaha RX-King Master

Kesuksesan Yamaha RX King Cobra berlanjut dengan diluncurkannya motor RX King Master pada tahun 1995. Motor ini sukses menarik perhatian pecinta otomotif pada tahun 90an yang percaya akan performa Yamaha RX King Master. Terlebih Yamaha telah melengkapinya dengan teknologi YCLS (Yamaha Computerized Lubrication System) yang membuat performa mesin semakin optimal. Sayangnya teknologi YCLS hanya digunakan pada RX King Master tahun produksi 1995-1997, dan sudah tidak digunakan lagi pada tahun 1998, karena menggunakan listrik dari aki dianggap terlalu beresiko.

3. Yamaha RX-King Facelift

Generasi ketiga Yamaha RX King meluncur pada tahun 2001 sampai 2006. Perbedaan dengan generasi sebelumnya adalah memiliki headlamp berbentuk oval dan dilengkapi kaliper dengan 2 piston. Selain itu, motor ini memiliki speedometer berbentuk bulat dan sticker tangki yang lebih dinamisi. Sedangkan untuk spesifikasi lainnya sama seperti Yamaha RX King Master. Alhasil kita tetap bisa menikmati performa mesin 2 tak berkapasitas 132cc pada generasi ketiga Yamaha RX King.

4. Yamaha New RX-King

Pada tahun 2006, Yamaha meluncurkan New RX King dengan perubahan pada bagian headlamp menjadi bulat dan knalpotnya telah dilengkapi catalytic converter agar lebih ramah lingkungan. Sayangnya umur Yamaha New RX King hanya sampai 2009, dan Yamaha terpaksa menyuntik mati motor ini setelah larangan motor 2 tak yang dianggap tidak ramah lingkungan. Untuk mengenang perjalanan Yamaha RX King selama 30 tahun di Indonesia, YMKI sempat mengeluarkan Yamaha RX King limited edition yang jumlahnya sangat terbatas tidak sampai 100 unit.

Waktu 30 tahun bukan waktu yang sebentar untuk sebuah sepeda motor. Oleh karena itulah Yamaha RX King layak disebut sebagai motor legendaris di Indonesia. Hal inilah yang membuat para kolektor berburu Yamaha RX King original yang masih mulus dan belum direstorasi oleh pemiliknya. Jangan heran apabila harga motor RX King original yang benar-benar baru pasti sangat mahal. Bahkan belum lama ini sempat viral di media social ada seseorang yang menjual RX King tahun 1997 dengan harga 300 Juta Rupiah, karena merupakan motor baru dengan kilometer masih nol.

Wajar apabila harga motor RX King baru sangat mahal, karena termasuk motor legendaris di Indonesia. Bagi sebagian orang yang memiliki budget terbatas, tentu lebih memilih motor bekas yang harganya lebih terjangkau. Apabila memiliki uang lebih nantinya bisa melakukan retorasi agar terlihat seperti baru. Biaya untuk melakukan retorasi motor RX King cukup terjangkau, karena tidak sampai 10 Juta Rupiah. Jadi lebih baik membeli motor bekas dibandingkan baru yang harganya diluar masuk akal. Nah sebelum membelinya, silahkan simak terlebih dahulu spesifikasi motor RX King di bawah ini.

Spesifikasi Motor Yamaha RX King

Spesifikasi Motor Yamaha RX King
Spesifikasi Motor Yamaha RX King
Dimensi 1970 x 735 x 1065 mm
Tinggi Tempat Duduk 815 mm
Jarak Sumbu Roda 770 mm
Berat 100 kg
Tipe Mesin 2 Step, Water Cooled
Jumlah Silinder Single Cylinder
Volume Silinder 132 cc
Bore X Stroke 58.0 x 50.0 mm
Rasio Kompresi 6.9: 1
Tenaga Maksimum 18.5 PS @ 9.000 rpm
Torsi Maksimum 1.54 kgf.m @ 8.000 rpm
Sistem Starter Kick Starter
Kapasitas Bahan Bakar 9.5 Liter
Sistem Pembakaran Carburator Mikuni VM 26 x 1
Tipe Kopling Manual, Wet, Multiplat
Sistem Pengapian CDI
Rangka Double Cradle
Ukuran Ban Depan 2.75-18-4 PR
Ukuran Ban Belakang 3.00-18-4 PR
Rem Depan Disk Brake
Rem Belakang Tromol
Suspensi Depan Telescopic
Suspensi Belakang Swing Arm

Tabel spesifikasi Yamaha RX King di atas menjelaskan bahwa motor ini memakai suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang swing arm dengan shockbreaker ganda. Selain itu, tersedia pula rem depan cakram dan rem belakang tromol. Dimasanya spesifikasi di atas sudah sangat tinggi dan bisa mengalahkan motor 2 tak sekelasnya. Namun sekarang jaman sudah berubah, karena semua motor telah menggunakan mesin 4 tak dan sudah ada beberapa motor sport yang beralih menggunakan suspensi Upside Down dan sistem pengereman ABS. Lalu bagaimana dengan harga motor RX King terbaru saat ini ? Untuk mengetahinya silahkan simak tabel daftar harga motor RX King dibawah ini.

Daftar Harga Motor RX King

Harga Motor RX King
Harga Motor RX King
Tahun Produksi Kisaran Harga Motor RX King
Yamaha RX King 1983 – 1985 Rp. 2.5 Jutaan – Rp. 2.7 Jutaan
Yamaha RX King 1986 – 1990 Rp. 2.8 Jutaan – Rp. 3.1 Jutaan
Yamaha RX King 1991 – 1992 Rp. 2.9 Jutaan – Rp. 3.4 Jutaan
Yamaha RX King 1993 Rp. 3.4 Jutaan – Rp. 4.2 Jutaan
Yamaha RX King 1994 Rp. 3.6 Jutaan – Rp. 4.7 Jutaan
Yamaha RX King 1995 Rp. 3.9 Jutaan – Rp. 5.2 Jutaan
Yamaha RX King 1996 Rp. 4.2 Jutaan – Rp. 5.4 Jutaan
Yamaha RX King 1997 Rp. 4.5 Jutaan – Rp. 5.7 Jutaan
Yamaha RX King 1998 Rp. 4.8 Jutaan – Rp. 6 Jutaan
Yamaha RX King 1999 Rp. 5.1 Jutaan – Rp. 6.2 Jutaan
Yamaha RX King 2000 Rp. 5.4 Jutaan – Rp. 6.5 Jutaan
Yamaha RX King 2001 Rp. 5.7 Jutaan – Rp. 7 Jutaan
Yamaha RX King 2002 Rp. 6.2 Jutaan – Rp. 7.2 Jutaan
Yamaha RX King 2003 Rp. 6.6 Jutaan – Rp. 8 Jutaan
Yamaha RX King 2004 Rp. 7.1 Jutaan – Rp. 8.2 Jutaan
Yamaha RX King 2005 Rp. 7.2 Jutaan – Rp. 8.4 Jutaan
Yamaha RX King 2006 Rp. 8.2 Jutaan – Rp. 15 Jutaan

Note :

  • Informasi harga motor RX King di atas dapat berubah sewaktu-waktu
  • Kondisi motor mempengaruhi harga motor ini

Harga motor RX King di atas merupakan harga motor RX King bekas yang diproduksi dari tahun 1983 sampai 2006. Bisa saja harga motor RX King yang masbro beli lebih mahal, karena harga sebuah motor tergantung dari kondisi motor itu sendiri. Semakin baik kondisinya, tentu semakin mahal harga motor RX King yang masbro beli. Sebelum membelinya pastikan kondisi mesin masih sehat, mengingat motor ini merupakan motor tua yang membutuhkan perawatan ekstra. Untugnya perawatan Yamaha RX King tergolong mudah dan tidak ribet, sehingga semua bengkel bisa mengatasinya.

Modifikasi Motor RX King

Motor Balap Yamaha RX King

Yamaha RX King memang keren dimodifikasi. Masbro bisa mengaplikasikan konsen Cafe Racer atau Scrambler pada motor ini. Desain knalpot yang unik membuat modifikasi Yamaha RX King terlihat lebih keren. Selain itu, masbro bisa menggunakan airbrush untuk membalut cat asli dengan grafis yang lebih keren sesuai konsep yang masbro miliki. Apabila bosan dengan motor bergaya naked bike, masbro bisa merubah RX King menjadi motor trail yang nantinya bisa digunakan untuk trabas melewati medan offroad.

Baca Juga Harga Motor Yamaha Lainnya

Performa Yamaha TMAX DX
Harga Yamaha TMAX
Modifikasi Yamaha Lexi By Julak Sandie Design
Harga Yamaha Lexi

Meski bermunculan motor baru dengan desain lebih keren dan spesifikasi lebih tinggi, namun Yamaha RX King tetap eksis hingga sekarang. Pasalnya motor ini memiliki performa mesin mengagumkan dengan spesifikasi mesin 2 tak berkapasitas 132cc yang bisa mengeluarkan tenaga dan torsi berlimpah. Akselerasinya juga responsif dan memiliki desain keren yang lekang di makan waktu. Bagaimana, apakah masbro tertarik membelinya setelah menyimak informasi spesifikasi, modifikasi, dan harga motor RX King yang kami sampaikan di atas ?

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *