Harga Nissan GT-R 2019 dan Spesifikasi Terbaru Di Indonesia

Advertisement

Harga Nissan GT-R di Indonesia mencapai miliaran rupiah. Mobil ini diciptakan secara khusus sebagai mobil sport berperforma tinggi yang performanya bisa menandingi mobil sport asal Eropa. Kelebihan Nissan GT-R tak hanya soal mesin, namun juga kemewahan pada sisi interior dan eksterior. Fitur-fiturnya juga canggih, jadi wajar apabila harga mobil Nissan GTR sangatlah mahal.

Nissan GT-R pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 sebagai suksesor Nissan Skyline GT-R. Mobil ini mendapat sebutan sebagai Gozilla yang bisa diartikan sebagai monster dari Jepang. Hal ini tak lepas dari performa mesin Nissan GT-R yang mampu mengeluarkan tenaga dan torsi sangat besar. Bahkan tenaganya bisa menandingi Muscle Car dari Amerika sekelas Chevrolet Camaro dan Ford Mustang.

Meski daya pikatnya sangat besar, namun sayangnya mobil ini tidak dipasarkan secara resmi. Nissan Motor Indonesia (NMI) enggan memasukan mobil ini ke Indonesia dikarenakan peraturan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) atas barang impor completely built up (CBU) yang membuat harga Nissan GT-R semakin melambung tinggi apabila diboyong ke Indonesia.

Advertisement

Masbro tetap bisa membeli mobil sport ini, namun harus melalui Importir Umum. Harga barunya pasti sangat mahal dan melebihi mobil Jepang pada umumnya. Apabila ingin mendapatkan Nissan GT-R dengan harga terjangkau, kami sarankan untuk membeli Nissan GT-R bekas yang harganya bervariasi tergantung dari kondisi serta tahun produksinya.

Bagi yang berkantong tebal tentu tak ragu membelinya, meski harga Nissan GT-R mencapai miliaran rupiah. Nissan sendiri menyediakan 4 varian berbeda yang terdiri dari tipe Pure, Premium, Track Edition, dan Nismo. Setiap tipe memiliki kelebihannya masing-masing, dan untuk mengetahuinya silahkan simak ulasan spesifikasi dan harga Nissan GT-R berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Nissan GT-R

Desain Eksterior

Spesifikasi dan Harga Nissan GT-RSetiap sisi Nissan GT-R terlihat menawah dengan bentuk body aerodinamis yang terlihat sporty, mewah, dan futuristik. Pada bagian depan terlihat adanya Grille berukuran besar yang ditengah-tenganya terpasang logo GT-R. Selain itu, mobil ini memiliki lampu depan LED dengan desain futuristik dan terintegrasi pada DRL (Daytime Running Light).

Advertisement

Bumper depan terlihat agresif dan dibuat senada dengan desain bumper samping serta belakang. Uniknya, Nissan GT-R memiliki body belakang yang terlihat mengkotak dan dipadukan dengan 4 lubang knalpot serta 4 Stoplamp berteknologi LED. Di atasnya juga terpasang Spoiler yang menambah kesan sporty pada sisi eksterior Nissan GT-R.

Desain Nissan GT-R seakan-akan mengintimidasi mobil lain yang berada disampingnya. Terlebih untuk varian Nismo sudah dilengkapi Spoiler berbahan Carbon Fiber yang dirancang untuk meningkatkan downforce sehingga sistem aerodinamis Nissan GT-R Nismo semakin optimal. Tak hanya itu, Nissan GT-R Nismo juga dilengkapi Carbon-Fiber Side Sills yang berada disamping dan Carbon-Fiber Rear Fascia dibelakang.

Desain Interior

Nissan tak luput melengkapi bumper depan dan front grille Nissan GT-R Nismo dengan lapisan Carbon Fiber yang menjadikan tampilan mobil sport ini semakin sporty dan agresif. Sedangkan untuk bagian interior dilengkapi Jok Recaro serta stir kemudi berbalut kulit Alcantara yang menambah kemewahan pada sisi interior Nissan GT-R Nismo.

Advertisement

Interior mewah dan berkelas sudah tersedia pada setiap varian Nissan GT-R. Namun sayangnya untuk varian Pure Edition belum dilengkapi sistem Audio dari Bose. Kekurangan tersebut bukan menjadi masalah selama harga Nissan GT-R Pure Edition lebih murah. Lagi pula varian ini tetap dilengkapi Head Unit berlayar sentuh yang dibentangkan seluas 8 Inci sebagai sistem hiburan dan navigasi.Gambar Interior Nissan GTRGambar Interior Nissan GTR

Sejatinya Nissan GT-R hanya memiliki 2 Pintu, namun didalamnya sudah ada 2 baris kursi yang bisa menampung 4 penumpang termasuk supir. Balutan trim mewah dengan aksen Carbon Fiber menjadikan interior mobil ini semakin istimewa. Terlebih Nissan sudah melengkapinya dengan beragam perangkat canggih yang memastikan kenyamanan dan keamanana pengendara Nissan GT-R.

Baca Juga :  Harga Kawasaki Z150 2018 : Review, Spesifikasi & Gambar

Salah satu fitur yang menarik adalah Cruise Control yang bisa diakses melalui setir kemudi. Selain itu, tersedia pula fitur Dual Zone Automatic Temperature Control (ATC) dan setir kemudi yang mendukung fitur Tilt & Telescopic Steering. Masih banyak fitur menarik lainnya, namun untuk merasakannya kita harus merogoh kocek dalam-dalam mengingat harga Nissan GT-R mencapai miliran rupiah.

Performa Mesin

Performa Nissan GT-RDaya tarik utama Nissan GT-R adalah performa mesinnya yang monster. Dimana untuk varian Pure, Edition, dan Track Edition ditenagai mesin V6 3.8 Liter yang dioptimalkan teknologi Twin-Turbocharged. Mesin V6 tersebut memiliki 24 katup dengan tenaga maksimal sebesar 565 Horsepower di putaran 6.800 rpm. Sedangkan torsi pucaknya mencapai 467 lb-ft yang bisa diraih pada putaran mesin 3.300 rpm sampai 5.800 rpm.

Mesin tersebut menggunakan sistem penggerak All Wheel Drive dan transmisi Dual Clutch 6 Percepatan yang menjadikan perpindahan gigi secepat kilat hanya dalam waktu 0.15 detik saat berada dalam R-Mode. Nissan sendiri menyediakan tiga mode yang disesuaikan dengan parameter suspensi, transmisi, dan Vehicle Dynamic Control System (VDC).

Kemampuan mesin Nissan GT-R tak perlu diragukan lagi. Mobil ini bisa melesat sangat cepat dengan top-speed mencapai 315 km/jam. Tak hanya itu, mobil ini juga bisa berakselerasi dari 0-60 mph dalam waktu 2.7 detik saat menggunakan fitur Launch Control. Performanya setara sebuah Supercar, jadi jangan heran apabila Nissan berani membanderol mahal harga Nissan GT-R.

Dari semua varian Nissan GTR yang paling powerfull adalah tipe Nismo. Pasalnya tipe ini bisa mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 600 Horsepower pada 6.800 rpm dan torsi mencapai 481 lb-ft pada 3.600 rpm sampai 5.600 rpm. Mesin tersebut telah dituning secara khusus oleh Nismo (Nissan Motorsport) yang merupakan divisi khusus untuk mengoptimalkan performa mobil Nissan.

Kaki-kaki

Velg Nissan GT-RNissan melengkapinya dengan sistem suspensi Bilstein® DampTronic® yang bekerja dengan cara memanfaatkan beberapa sistem informasi kendaraan untuk menghasilkan daya damping yang tepat dan tingkat kontrol yang tinggi. itu, tersedia pula suspensi depan bertipe Double-Whisbone dan suspensi belakang Multi-Link yang memberikan kenyamanan maksimal di berbagai situasi berkendara.

Sistem pengereman dari Brembo telah terpasang pada setiap roda Nissan GT-R. Dimana untuk bagian depan memiliki 6-Piston monoblock caliper dan bagian belakang 4-Piston monoblock caliper. Ke-empat rodanya juga dilengkapi teknologi ABS (Anti-Lock Breaking System) dan EBD (Electronic Brake Force Distrubution).

Sebanding dengan harga Nissan GT-R yang mahal, mobil sport ini sudah dilengkapi velg berbahan forged aluminum berukuran 20-inci yang dibuat oleh RAYS. Bobot velgnya sangat ringan sehingga bisa memaksimalkan kemampuan akselerasi. Sedangkan untuk bannya memakai ban Dunlop SP Sport Maxx GT 600 DSST CTT yang menjaga kestabilan Nissan GT-R dalam hal pengereman dan akselerasi.

Fitur Keselamatan

Gambar Nissan GT-R NismoPerforma mesin yang mengagumkan harus diimbangi dengan sistem keselamatan yang mumpuni. Oleh karena itulah Nissan membekalinya GT-R dengan 6 buah airbags yang akan melindungi penumpang depan dan pengemudi saat terjadi kecelakaan. Lalu ada pula fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk melihat tekanan angin secara real-time.

Tak hanya itu, Nissan GT-R juga memiliki fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) System yang berguna untuk meminimalisir overstreer atau understeer. Fitur Traction Control System tak lupa disematkan bersamaan dengan sistem pengereman berteknologi Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD).

Spesifikasi Nissan GTR

MESIN
Tipe Mesin3.8L V6 twin-turbo DOHC 24-valve
Kapasitas Mesin1.998 cc
Tenaga565 hp @ 6800 rpm
Torsi467 lb-ft @ 3.600-5.600 rpm
Sistem PenggerakAll-Wheel Drive
TransmisiDual Clutch 6-speed Automated Transmision
Sistem KemudiElectric Assist Speed-Sensitive Rack & Pinion Steering
KAKI-KAKI
Ban255/40ZRF20
Velg20 Inch
Sistem SuspensiBilstein® DampTronic®
Suspensi DepanDouble-wishbone With Aluminum Arms
Suspensi BelakangMulti-link With Aluminum Arms
PENGEREMAN
Rem DepanCakram + Brembo Monoblock Caliper 6 Piston
Rem BelakangCakram +  Brembo Monoblock Caliper 4 Piston
Sistem PengeremanABS, EBD
Baca Juga :  Harga Motor Beat Baru dan Bekas Terbaru 2018

Yah, spesifikasi Nissan GT-R memang monster. Mobil sport asal Jepang ini bisa menandingi supercar dari Italia maupun dari Jepang. Terlebih Nissan GT-R bisa berlari hingga kecepatan 315 km/jam dan dilengkapi beragam fitur canggih serta interior super mewah yang menjadikannya layak disebut sebagai mobil sport terbaik dari Jepang. Nah bagi masbro yang penasaran ingin mengetahui harga Nissan GT-R tersebut, silahkan simak di bawah ini.

Harga Nissan GT-R

Harga Nissan GT-R Baru

Tipe Mobil Harga 
Nissan GT-R Pure$99.990
Nissan GT-R Premium$110.490
Nissan GT-R Track Edition$128.490
Nissan GT-R Nismo$175.490
 Harga Terbaru : Daftar Harga Mobil Nissan

Harga di atas merupakan harga Nissan GT-R untuk pasar Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam tersebut, harga Nissan GT-R termurah dibanderol USD$99.990 atau setara Rp. 1.45 Miliar ($1=Rp. 14.500). Sedangkan untuk varian termahal, yakni tipe Nismo mencapai USD$175.490 atau setara Rp. 2.5 Miliar. Harganya memang fantastis, namun sebanding dengan performa mesin serta beragam fitur yang dimilikinya. Lalu berapakah harga Nissan GT-R di Indonesia ?

Harga Nissan GT-R Bekas

Harga Nissan GT-R Bekas

Tipe MobilTahun Harga 
Nissan GT-R 3.82012Rp. 2.1 Miliar
Nissan GT-R 3.82011Rp. 1.8 Miliar
Nissan GT-R 3.82008Rp. 1.5 Miliar
Nissan GT-R Black Edition2012Rp. 2.3 Miliar
Nissan GT-R 3.82013Rp. 2.4 Miliar

Note :

  • Informasi harga mobil Nissan GT-R bekas dapat berubah sewaktu-waktu
  • Harga tergantung dari tahun produksi dan kondisi mobil

Seperti yang kami sampaikan di atas, mobil sport ini tidak dipasarkan secara resmi di Indonesia. Alhasil kita harus membelinya lewat importir umum atau membeli Nissan GTR bekas. Andai saja dipasarkan di Indonesia tentu harga Nissan GT-R akan naik berkali-kali lipat mengingat pajak penjualan atas barang mewah yang bisa mencapai 200%. Belum lagi biaya import dan pengurusan surat-surat yang akan membuat harga Nissan GT-R di Indonesia semakin melambung tinggi.

Kelebihan Nissan GTR

  • Memiliki mesin bertenaga monster yang membuatnya bisa berlari hingga kecepatan 315 km/jam
  • Desain sporty dan gahar serta memiliki lekukan body aerodinamis yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan akselerasi Nissan GT-R
  • Dibekali sistem suspensi Bilstein DampTronic yang menjadikan suspensinya sangat nyaman saat berkendara diberbagai kondisi jalan
  • Semua remnya dilengkapi teknologi ABS dan menggunakan kaliper buatan Brembo
  • Dibekali velg ring 20″ dari RAYS yang terbuat dari bahan Forged Alumunium, sehingga bobotnya sangat ringan
  • Interior super mewah dengan beragam fitur canggih didalamnya
  • Sudah ada layar 8 inci sebagai sistem navigasi dan sistem hiburan
  • Memiliki fitur keselamatan yang sangat lengkap
  • Menggunakan sistem penggerak All Wheel Drive dan sistem transmisi Dual Clutch yang menjadikan perpindahan gigi secepat kilat
  • Sistem audio berkualiatas tinggi dari Bose
  • Untuk varian Nismo sudah dilengkapi Jok premium dari Recaro

Kekurangan Nissan GTR

  • Untuk sebuah mobil asal Jepang, menurut kami yang Nissan GT-R terlalu mahal
  • Konsumsi bahan bakar sudah pasti sangat boros
Baca Juga Harga Mobil Nissan Lainnya
Nissan JukeHarga Mobil Grand LivinaNissan Grand Livina

Kami sangat menyayangkan keputasan Nissan Motor Indonesia untuk tidak memasukan GT-R ke Indonesia. Padahal mobil ini bisa menjadi alternatif selain mobil Eropa yang dari segi harga sama mahalnya dengan harga Nissan GT-R. Semoga saja kedepannya Nissan Motor Indonesia berubah pikiran dan memasukan GT-R ke Indonesia, sehingga kita bisa membelinya dengan mudah tanpa perlu lewati importir umum.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi