Kelebihan dan Kekurangan Scoopy 2020

Advertisement

Otomotifo.com – Bagi yang berencana membeli motor ini, pasti akan menyakan semua kelebihan serta kekurangan yang dimiliki Scoopy agar nantinya tidal menyesa membeli motor matic dari Honda ini. Oleh karena itulah kami akan membahasa lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan Scoopy yang bisa kalian simak padar artikel otomotifo.com dibawah ini.

Dahulu Honda Scoopy jarang diminati pecinta otomotif tanah air karena memiliki bentuk body yang terlihat cukup aneh. Namun, dari tahun ke tahun motor buatan PT Astra Honda Indonesia semakin diminati masyarakat Indonesia.

Minat masyarakat Indonesia terhadap motor matic memang sudah berubah. Sekarang rata-rata lebih memilih motor matic dibandingkan motor bebek ataupun sport. Alhasil Scoopy semakin laris manis dan menjadi pilihan banyak orang sebagai kendaraan sehari-hari.

Advertisement

Semakin bertambah tahun, Honda Scoopy mengeluarkan varian yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sekarang Honda Scoopy jauh lebih canggih dan memiliki desain lebih elegan dengan tetap mempertahankan nuansa klasik yang selama ini menjadi ciri khas Scoopy

Terkadang, untuk mendapatkan Honda Scoopy sesuai dengan warna yang diinginkan sangat sulit karena banyaknya peminat tidak sebanding dengan kemampuan PT AHM dalam memproduksi motor ini. Alhasil para peminat Scoopy harus inden beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Kelebihan Honda Scoopy

Kelebihan dan Kekurangan ScoopyBagi kalian yang berencana membeli motor ini, kami sarankan untuk terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan kekurangan Scoopy agar nantinya tidak menyesal membeli motor ini. Namun kami jamin kalian tidak menyesal, karena ada banyak sekali kelebihan Scoopy yang bisa kalian simak di bawah ini.

1. Memiliki Desain Elegan dan Klasik

Kelebihan dan Kekurangan Honda ScoopyKelebihan Scoopy yang pertama adalah desainnya yang klasik dan elegan. Motor ini terlihat begitu indah saat dipandang dari berbagai sisi. Terlebih Honda sudah melengkapinya dengan velg ring 12 inci yang membuat kaki-kaki Scoopy terlihat lebih gambot.

Lekukan bodinya juga terlihat klasik, layaknya motor matic Vespa yang dibanderol 3 kali lipat lebih mahal dibandingkan harga motor Scoopy. Di sisi lain, Honda juga menawarkan beragam pilihan warna keren yang bisa kalian lihat pada  informasi berikut “Pilihan Warna Honda Scoopy“.

2. Irit Bahan Bakar

Alarm tersebut terintegrasi dengan fitur Answer Back System yang akan membantu kita mencari posisi kendaraan saat berada diparkiran. Keiritan motor ini tidak lepas dari teknologi Idling Stop System yang membuat mesin Scoopy bisa mati secara otomatis saat berhenti lebih dari 2 detik.

Advertisement

Kalian tinggal menarik tuas gas, maka mesin akan kembali hidup dengan suara mesin yang sangat halus, berkat teknologi ACG Starter. Berbekal fitur tersebut, maka bahan bakar tidak akan terbuang sia-sia sehingga motor Scoopy lebih irit.

Kapasitas mesin Scoopy memang tidak sebesar motor matic Yamaha yang menggunakan mesin berkapasitas 125cc. Namun dibalik itu, motor ini menawarkan konsumsi bahan bakar lebih irit dan sudah didukung teknologi eSP serta PGM-FI.

3. Power Charger

Untuk zaman yang modern ini, smartphone merupakan kebutuhan utama. Zaman modern ini juga Honda Scoopy tidak mau kalah dengan mobil, sehingga Honda mengeluarkan Scoopy terbaru yang memiliki fitur Power charger.

Baca Juga :  Harga Honda City 2020 : Spesifikasi Matic & Manual

Fitur Power Charger berguna untuk mengisi gadget ataupun smartphone saat berkendara. Berbekal fitur tersebut kita tidak perlu takut kehabisan baterai smartphone saat berpergian jauh mengendarai motor Scoopy

4. Terdapat Alarm

Walaupun Scoopy adalah jenis motor matic namun kelebihannya tidak kalah menarik dengan mobil. Scoopy memiliki fitur yang sama dengan mobil yaitu alarm untuk menghindari dari pencurian.  Alarm tersebut terintegrasi dengan fitur Answer Back System yang akan membantu kita mencari posisi kendaraan saat berada diparkiran.

5. Ruang Bagasi Luas

Kelebihan kelima ini tidak kalah menariknya dengan kelebihan-kelebihan di atas. Kelebihan kelima ini yaitu Honda Scoopy memiliki bagasi yang luas dengan daya tampung mencapai 15.4 Liter

Luasnya bagasi Honda Scoopy bisa sekali dimanfaatkan untuk menaruh barang-barang bawaan. Sehingga, pemggunaan Scoopy dengan barang bawaan cukup banyak akan tetap membuat pengendara selalu nyaman.

6. Lampu Depan LED

Lampu ScoopySelain kelebihan Scoopy diatas, motor ini masih memiliki banyak sekali kelebihan yang membuatnya layak dibeli. Nah salah satu kelebihan utamanya adalah memiliki lampu depan LED Projector yang menghasilkan cahaya lebih terang dan lebih focus saat dipakai berkendara di siang hari ataupun malam hari.

7. Ban Tubeless Tapak Lebar

Ban Scoopy

Ukuran ban antara All New Honda Scoopy dengan Scoopy generasi sebelumnya berbeda. Pasalnya Scoopy terbaru menggunakan velg ring 12″ dan Scoopy lama memakai velg ring 14″. Honda juga mengoptimalkannya dengan ban tubeless tapak lebar yang memiliki ukuran 100/90-12 di depan dan 110/90-12 untuk bagian belakang.

8. Combi Brake System

Kelebihan dan Kekurangan Honda Scoopy

Sistem pengereman motor matic Honda ini cukup canggih. Dimana sudah ada teknologi Combi Brake System yang memungkinan rem depan dan belakang bekerja secara bersamaan. Jadi saat kalian menarik tuas rem depan, maka secara otomatis rem belakang akan ikut mengerem. Alhasil berkendara semakin aman dan nyaman.

9. Speedometer Modern

Speedometer ScoopyYang tak kalah menarik, Honda Scoopy memiliki speedometer modern yang memadukan antara panel meter digital dan analog. Speedometer tersebut juga dilengkapi ECO Indikator yang bisa menjadi panduan untuk berkendara secara irit.

Kekurangan Honda Scoopy

Kelebihan dan Kekurangan Scoopy

Kelebihan dan Kekurangan Scoopy

Setelah mengetahui kelebihan Honda Scoopy, kini saatnya kalian mengetahui kekurangannya. Kekurangan Honda Scoopy yaitu sebagai berikut

1. Performa Pas-Pasan

Dengan bentuk yang unik, ternyata Honda Scoopy memiliki kekurangan dalam performanya. Kekurangan Honda Scoopy dikarenakan hanya memiliki mesin berkapasitas 110cc yang otomatis membuat tenaga dan torsinya tak terlalu besar. Dimana tenaganya mencapai 9.1 PS dan torsi 9.4 Nm.

Kapasitas mesin motor ini dibawah Yamaha Fino yang memakai mesin 125cc. Meskipun begitu, penjualan Honda Scoopy tetap diatas Yamaha Fino. Yah, pecinta otomotif tanah air lebih menyukai Scoopy dikarenakan desainnya yang terlihat lebih klasik, stylish, dan elegan.

2. Harga Cukup Mahal

Saat ini harga Honda Scoopy dibanderol melebihi 19 Juta Rupiah (OTR Jakarta). Bahkan untuk beberapa daerah bisa melebihi 20 Juta Rupiah. Padahal dengan harga sebesar itu kita sudah bisa mendapatkan motor matic yang memiliki kapasitas mesin lebih besar dan performa lebih bertenaga, seperti Yamaha Fino, Yamaha FreeGo, dan Yamaha Lexi.

Untuk mengetahui harga terbarunya silahkan simak pada artikel berikut “Spesifikasi dan Harga All New Honda Scoopy“. Bisa dikatakan harga Scoopy terus mengalami kenaikan. Padahal sebelumnya motor ini bisa kita dapatkan dengan harga Rp. 17 Jutaan. Dengan harga yang cukup mahal, tentu banyak orang yang lebih memilih Scoopy bekas.

Baca Juga :  23 Harga Motor Matic Honda Terbaru 2020

Yah, harga motor Scoopy bekas memang lebih terjangkau. Namun yang namanya motor bekas, tentu kondisinya tidak akan 100% bagus. Jadi kami sarankan untuk terlebih dahulu mengecek kondisi motor Scoopy bekas yang dibeli, sehingga tidak salah memilihnya.

3. Kapasitas Tangki Cuma 4 Liter

Meskipun bentuk motor Scoopy besar, tetapi tangki BBM Scoopy cukuplah kecil. Kapasitas tangki mesin yang digunakan untuk jenis kendaran Scoopy adalah 4 L, sehingga kapasitas tangki tidak sebanding dengan bentuk body yang besar.

4. Rem Belakang Tromol

Kelebihan dan Kekurangan Scoopy

Salah satu kelebihan dan kekurangan Scoopy adalah rem belakangnya masih tromol. Andai saja sudah menggunakan belakang cakram, tentu kontrol pengereman lebih optimal. Untungnya Honda sudah melengkapinya dengan teknolgi Combi Brake System sehingga sistem pengereman tetap optimal.

Akhirnya selesai juga mengulas tentang kelebihan dan kekurangan Scoopy. Semoga ulasan ini akan bermanfaat bagi kalian semua sehingga tidak bimbang untuk membeli motor matic Honda yang satu ini. Janga lupa simak pula informasi mengenai modifikasi Honda Scoopy yang sudah kami ulas pada artikel sebelumnya.

Advertisement