Modifikasi Honda PCX 2020 : Thailand, Jari-Jari & Airbrush

Advertisement

Modifikasi Honda PCX – Pada bulan November 2009, Honda meluncurkan sebuah Maxi Skuter yang kita kenal dengan nama Hond PCX. Motor ini pertama kali dirilis di Thailand dan diproduksi di Negari Gajah Putih tersebut sampai tahun 2013. Kemudian pada tahun 2014 produksi PCX berpindah ke Vietnam.

Pada awal kemunculannya di Indonesia, Honda PCX dikenal sebagai motor CBU sehingga harganya lebih mahal dibandingkan All New PCX yang sudah diproduksi di Indonesia sejak tahun 2018. Sekarang PCX sudah sepenuhnya produk lokal, sehingga harganya jauh lebih terjangkau.

Saat ini Honda memasarkan dua varian PCX di Indonesia, yakni tipe CBS dan ABS. Selain itu, tersedia pula PCX Hybrid yang harganya jauh lebih mahal dibanding PCX Non-Hybrid. Spesifikasi dan teknologi PCX Hybrid memang jauh berbeda, jadi wajar apabila harganya lebih mahal.

Advertisement

Keputusan untuk memproduksi Honda PCX di Indonesia merupakan keputusan sangat tepat. Pasalnya Honda harus membendung kedigdayaan Yamaha NMAX yang menjadi pemimpin pasar di kelas Maxi Skuter 150cc. Untuk mengalahkan NMAX, Honda membekali motor ini dengan beragam fitur canggih seperti Smart Key System, Headlamp LED, Power Charger, Full Digital Speedometer, dll.

Semua fitur yang tersedia menjadikan Honda PCX semakin digemari masyarakat Indonesia. Namun sayangnya performa motor ini masih kalah dari NMAX. Sebab Honda hanya membekalinya dengan mesin 150cc bertenaga 10.8 PS atau setara 14.7 PS pada 8.500 rpm. Sedangkan torsinya sebesar 13.2 Nm pada 6.500 rpm.

Meskipun dari segi performa kalah dari NMAX, namun Honda PCX memiliki kelebihan konsumsi bahan bakar lebih irit. Kelebihan lainnya adalah memiliki desain yang stylish, elegan, dan mewah. Motor ini juga mudah dimodifikasi menjadi berbagai macam gaya.

Sejatinya desain PCX baru tidak berbeda jauh dengan PCX CBU. Perbedaan paling mencolok terlihat dari bentuk lampu depan yang berubah cukup signifikan. Meskpun berbeda, namun keduanya tetap sama-sama keren setelah mendapatkan sentuhan modifikasi. Nah untuk melihat bagaimana kerennya PCX setelah dimodifikasi, silahkan simak informasi berikut.

Referensi Modifikasi Honda PCX 150

1. Modifikasi Motor PCX Putih

Modifikasi PCX PutihPutih merupakan salah satu warna favorit Honda PCX 150. Warna tersebut menciptakan kesan yang lebih elegan dan mewah. Bagi yang memiliki PCX putih maka bisa mencoba modifikasi simple dengan menambahkan aksen warna orange seperti gambar modifikasi Honda PCX di atas. Motor PCX Modif PutihSelain itu, kalian juga bisa menggunakan velg jari-jari yang sedang menjadi trend modifikasi motor matic saat ini. Velg jari-jari yang digunakan bisa menggunakan ukuran normal ataupun ukuran ban cacing. Shockbreaker belakang juga bisa dimodifikasi menggunakan shock tabung YSS ataupun merk lainnya.

2. Modifikasi Honda PCX Jari-Jari

Honda PCX Putih ModifVelg jari-jari memang cocok untuk Honda PCX. Bagi yang tertarik mengaplikasikannya kami sarankan menggunakan tromol VND yang memang dikhususkan untuk PCX. Kemudian untuk velg-nya bisa menggunakan velg buatan TDR, Scarlet ataupun merk lainnya yang telah teruji kualitasnya.

Advertisement

Modifikasi Honda PCX PutihPada gambar modifikasi Honda PCX di atas terlihat velg jari-jari yang dipadukan dengan ban cacing. Kami sendiri tidak menyarankan ban tersebut, karena akan melanggar peraturan lalu lintas. Lebih baik menggunakan ban ring 14 dengan ukuran standar agar aman dan tetap nyaman dikendarai.

Baca Juga :  Modifikasi Ninja RR Terbaru 2020 : Jari-Jari, Drag & Airbrush

3. Honda PCX Merah Modif

Modifikasi Honda PCX MerahBagi yang memiliki Honda PCX warna merah bisa menerapkan gaya modifikasi di atas. Modifikasinya cukup simple, karena hanya menggunakan velg jari-jari. Gaya modifikasi tersebut sangat digemari oleh anak muda yang biasanya berkiblat pada aliran modifikasi Thailand.Modifikasi PCX MerahNah bagi yang tidak menyukai modifikasi Honda PCX jari-jari, maka bisa mencoba aliran modifikasi di atas. Modifiaksi yang dilakukan memang cukup ekstrim, namun terbukti membuat tampilan PCX semakin keren. Apabila ingin mencobanya kalian harus menyiapkan budget cukup banyak. Sebab harus membeli velg racing dan knalpot aftermarket yang harganya bisa berjuta-juta.

Modifikasi motor harus disesuaikan dengan budget. Jangan sampai memaksa diri membeli part aftermarket yang harganya mahal. Apabila uangnya tidak cukup, kami sarankan untuk modifikasi motor PCX yang standar-standar saja. Namun apabila budgetnnya berlimpah, maka kalian bisa mencoba memakai shock belakang Ohlins dan shock depan Upside Down seperti gambar modifikasi di atas.

4. Modifikasi Honda PCX Thailand

Honda PCX Modif ThailandTak bisa dipungkiri, Thailand mejadi kiblat modifikasi di atas. Banyak anak muda yang meniru gaya modifikasi Thailand karena dianggap lebih keren. Nah salah satu ciri khas Honda PCX modif Thailand adalah menggunakan velg jari-jari dan biasanya menggunakan part aftermarket yang sangat banyak.

Knalpot juga tidak lupat dari sentuhan modifikasi. Yang populer adalah knalpot Tsukigi. Knalpot tersebut cukup unik, karena memiliki desain mirip knalpot bawaan, namun bersuara knalpot racing. Selain itu, kalian juga bisa menambahkan grafis atau decal agar aura modifikasi ala Thailand terasa lebih kental.

Salah satu hal penting yang perli diperhatikan dalam memodifikasi motor adalah warna. Apabila warna motor berubah, kami sarankan untuk melakukan registrasi ulang di Samsung. Adapun caranya silahkan simak informasi Cara Ganti Warna STNK Motor pada artikel sebelumnya.

5. Modifikasi Motor PCX CBU

Modifikasi Motor PCX CBUSeperti yang kami sampaikan di atas, perbedaan paling mencolok antara PCX CBU dan PCX lokal adalah bentuk lampu depannya. Pasalnya untuk PCX lokal memiliki desain lampu lebih modern dan lebih sipit. Meskipun begitu, PCX CBU tetap memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi para pecinta modifikasi.

Banyak orang yang sengaja membeli PCX CBU hanya untuk dimodifikasi. Desainnya yang lebih klasik memang terlihat lebih menggoda. Namun secara keseluruhan desainnya terlihat hampir sama dengan PCX lokal, karena garis bodinya terlihat hampir sama.

6. Modifikasi Motor PCX Babylook

Modifikasi PCX HijauBalutan warna hijau dengan ban gambot serta knalpot tsukigi mejadikan modifikasi motor PCX di atas terlihat sangat keren. Modifikasinya memang simple dan tampak sederhana, namun warna hijau yang dipilih akan membuat semua orang memandangi motor di atas.

Babylook sendiri merupakan aliran modifikasi dari Thailand. Aliran ini kebalikannya Thailook, karena tidak menggunakan ban cacing sebagai ciri khasnya. Menurut kami modifikasi motor PCX ini jauh lebih cocok dibanding Thailook, karena membuat tampilan motor semakin keren dan tidak terlihat norak.

7. Honda PCX Modif Touring

Honda PCX Modif Touring

Salah satu kelebihan Honda PCX 150 adalah memiliki bodi yang besar. Oleh karena itulah motor ini disebut sebagai Maxi Skuter. Kelebihan tersebut menjadikan motor ini lebih nyaman digunakan sebagai motor touring. Terlebih PCX memiliki pijakak kaki yang luas, sehingga membuat posisi berkendara terasa lebih santai.

Nah agar Honda PCX lebih nyaman saat dipakai touring, kami sarankan untuk memodifikasinya. Modifikasi yang paling tepat adalah dengan menambahkan Side Box atau Top Box yang nantinya bisa digunakan untuk membawa lebih banyak barang saat touring. Honda PCX Modif Touring

Baca Juga :  Modifikasi Motor Beat Paling Keren Terbaru di Indonesia

Selain Box, kalian juga bisa mengganti Windshield depan dengan yang lebih tinggi. Fungsinya adalah agar angin tidak langsung mengenai dada, sehingga terhindar dari masuk angin saat berkendara jarak jauh. Masih banyak modifikasiHonda  PCX touring lainnya, seperti menambah fog lamp, lampu projector, ataupun yang lainnya.

8. Modifikasi Motor PCX Kuning

Bingung memilih warna cat yang bagus untuk Honda PCX 150? Bagi yang bingung kami sarankan memilih warna kuning. Warna ini masih sangat jarang, karena sejatinya PT Astra Honda Motor tidak menyediakan warna Honda PCX kuning. Modifikasi Motor PCX KuningModifikasi di atas juga menggunakan velg jari-jari yang dipadukan dengan ban cacing. Selain itu, tersedia pula knalpot racing yang akan mengeluarkan suara lebih empuk dan bisa meningkatkan performa PCX. Modifikasi PCX KuningPerpaduan warna kuning stabilo yang dipadukan dengan warna biru terbukti membuat tampilan PCX semakin keren. Kalian bisa mencoba mengaplikasikan warna di atas, kemudian tinggal menambah beberapa aksesoris modifikasi dan part-part aftermarket yang banyak dijual dipasaran.

9. Modifikasi PCX Ekstrim

Masih banyak aliran modifikasi lainnya yang bisa kalian aplikasikan pada motor matic 150cc ini. Nah bagi yang terlanjur kaya dan ingin tampil beda, maka bisa mencoba modifikasi ekstrim seperti gambar di atas. Mungkin kalin mengira modifikasi di atas bukanlah PCX, karena perubahannya terlihat sangat ekstrim, mulai dari sisi depan sampai belakang berubah drastis.

Kaki-kaki menjadi bagian yang paling sering dimodifikasi. Biasanya kaki-kaki dirubah agar motor menjadi semakin ceper. Selain itu, bodi dipermak agar terlihat lebih futuristik dan menggunakan knalpot racing yang dicustom sesuai konsep modifikasi.

Satu lagi referensi modifikasi Hondaa PCX bergaya ekstrim dengan balutan aibrush yang menjadikan tampilan motor semakin unik dan berbeda dari motor lainnya. Biaya yang dibutuhkan untuk modifikasi Honda PCX di atas tentu tidak murah. Kalian harus menyiapkan budget sangat besar untuk merubah bagian kaki-kaki, airbrush, knalpot, velg, dll.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Modifikasi Honda ADV 150 Modifikasi Satria FU 
Modifikasi ScoopyModifikasi Supra X 125

Nah demikianlah beragam gaya modifikasi Honda PCX 150 yang bisa menjadi referensi sebelum memodifikasi motor matic bermesin 150cc tersebut. Silahkan kalian memilih salah satu yang paling keren, dan jangan lupa simak pula informasi mengenai harga motor SM Sport pada artikel otomotifo.com sebelumnya.

Advertisement