Penyebab Motor Matic Bergetar Saat Tarikan Awal dan RPM Tinggi

Advertisement

Penyebab Motor Matic Bergetar – Kenyamanan motor matic memang lebih baik dibandingkan motor bebek ataupun motor sport. Kita hanya perlu mengatur tarikan gas dan tuas rem, tanpa perlu menekan kopling dan memindahkan gigi transmisi. Namun ada satu penyakit yang sering kali terjadi pada motor matic, yakni munculnya getaran.

Masbro tak perlu khawatir apabila mengalami masalah tersebut, karana pada  kesempatan kali ini kami akan meberikan informasi mengenai penyebab motor matic bergetar dan cara yang tepat untuk mengatasi motor matic bergetar. Nah untuk mengetahuinya, silahkan simak informasi otomotifo.com berikut ini.

Penyebab Motor Matic Bergetar dan Cara Mengatasinya

Penyebab Motor Matic Bergetar

1. Penyebab Getaran Saat Tarikan Awal

Komponen awal yang perlu diperiksa tatkala terjadi getaran pada motor matic anda adalah rumah CVT, pada bagian ini ada beberapa komponen seperti van belt, weight set, clutch housing, CVT spring dan roller CVT, serta bagian kampas kopling ganda (weight set) atau mangkok kopling (clutch housing) ganda yang mungkin sudah menipis atau aus.

Setelah memerikas semua komponen tersebut dengan teliti biasanya jika getaran hanya terjadi di tarikan awal maka komponen-komponen tersebut masih dalam kondisi baik, kecuali bagian kampas kopling ganda (weight set) atau mangkok kopling (cluth housing) ganda yang sudah mulai menipis. Jika benar demikian maka akan terlihat kampas kopling ganda (weight set) atau mangkok kopling (cluth housing) ganda tidak lagi berbentuk sempurna, maka inilah yang menjadi penyebab getaran sangat terasa pada saat tarikan awal.

Gambar Kampas Ganda

Jika anda telah memastikan hal tersebu terjaid pada motor anda, maka solusi agar motor matic anda dapat kembali dalam keadaan normal seperti sedia kala adalah segeralah bersihkan kampas kopling ganda (weight set) atau mangkok kopling (cluth housing) ganda tersebut.

Namun apabila anda telah melakukan pembersihan dengan teliti pada kampas kopling ganda (weight set) atau mangkok kopling (cluth housing) ganda, akan tetapi masih anda dapati getaran yang tidak seharusnya, maka segeralah ke bengkel untuk memerikasakan motor anda atau bila anda merasa percaya diri dan mampu mkenggantinya sendiri anda juga dpat melakukannya.

2. Penyebab Getaran Saat Kecepatan Rendah

Solusi Mengatasi Motor Matic BergetarSeperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyakit motor matik adalah motor terasa bergetar saat tarikan bawah. Bahkan laju sepeda motor kadang seperti tersendat, namun penyakit ini biasanya hilang tatkala motor matic sudah melaju kencang.

Penyakit ini biasanya tidak hanya dialami motor matic yang sudah lama digunakan, akantetapi bisa dialami motor matic yang baru anda gunakan beberapa bulan saja atau masih dalam kondisi baru. Motor matik yang bergetar tatkala tuas gas diputar bukan lagi hal yang asing bagi pengguna matic dan tentu saja membuat anda tidak nyaman.

Namun ternyata dari pengalaman para pengguna motor matic getaran pada motor matic tidak hanya terjadi di awal tarikan, tetapi dapat pula terjadi secara terus menerus pada saat kecepatan rendah.

Menurut pendapat beberapa orang yang telah melakukan perbaikan pada motor matic yang mengalami masalah yang sejenis, biasanya getaran pada motor matik yang terjadi pada kecepatan rendah itu disebabkan karena kampas ganda mulai kotor sehingga menyebabkan slip.

Gambar CVT Motor BeatMaka sebelum ke bengkel anda tidak perlu khawatir, anda dapat melakukan pengecekan sendiri pada motor matic anda, apakah betul bagian yang telah disebutkan tadi mengalami kekotoran atau tidak.

Jika proses pengecekan dengan teliti telah anda lakukan, kemudian anda mendapati bagian tersebut kototr, maka tidak perlu membawa motor anda ke bengkel. Adapun Penanganan yang dapat anda lakukan tanpa memerlukan biaya lebih cukup anda bersihkan saja seluruh bagian pada CVT motor matic anda termasuk pada bagian rumah roller. Ingat Semua bagian yang telah disebutkan dibersihkan dengan teliti.

Baca Juga :  9 Kelebihan TOP 1 HP Sport, Oli Toyota Agya Terbaik

Memang rata-rata keluhan konsumen pemilik sepeda motor matic seperti yang telah dijelaskan. Dimana saat putaran ban atau kecepatan motor matic rendah maka motor terasa bergetar di bagian CVT yang berdampak pada getaran bagian lain pada motor. Jika masalah tersebut terjadi Itu hanya faktor kotor saja.

Jika anda tidak dapat melakukan cara yang telah disebutkan, maka bawalah ke bengkel, nanti bagian CVT akan dibongkar semua dan dilakukan pemeriksaan. Biasanya setelah servis, getar akan hilang.

Kemudian untuk menjaga ke depannya agar motor anda tidak mengalami kejadian yang sama maka cukup dilakukan servis biasa atau servis rutin di bengkel resmi atau bengkel yang anda percaya dapat melakukan perawatan dengan benar pada motor matic anda.

Ingatlah, jika masalah getaran pada motor anda seperti yang telah dijelaskan pada bagian ini, maka dalam menanganinya anda tidak perlu melakukan penggantian suku cadang. Tetapi tetaplah melakukan pemeriksaan apakah part masih layak untuk anda gunakan. Apabila anda mendapati memang sudah tidak layak baru anda bisa menggantinya.

3. Penyebab Getaran Saat RPM Tinggi

Velg Jari-Jari ScoopyGetaran yang terasa pada motor matic jika sudah merambat ke stang kemudi pasti akan sangat mengganggu, hampir semua pengguna motor matic telah atau akan merasakan hal tersebut.  Apalagi jika telah mengalami sedikit kerusakan yang menyebabkan motor matic juga bergetar di rpm tinggi.

Setelah anda melakukan pengecekan pada bagian yang telah disebutkan sebelumnya dan ternyata getaran sudah merayap sampai ke stang kemudi motor matic anda pada saat rpm tinggi, maka hal itu sudah mengkhawatirkan.

Permasalahan motor matic bergetar saat rpm tinggi ini telah banyak dialami oleh para pengendara lainnya.  Penyebab motor matic bergetar pada saat rpm tinggi dan rendah, selain masalah yang telah disebutkan maka bisa jadi masalahnya ada di pelek motor.

Motor-motor yang berpelek casting (CW) dengan lebar 2,5 inci atau lebih biasanya mengalami getaran yang tatkala motor matic dalam kecepatan tinggi antara 60-100 kilometer per jam. Getaran tersebut akibat dari bearing  yang sudah rusak atau tekstur ban yang sudah halus atau habis.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Mutasi MotorCara Menghilangkan Baret Mobil
Cara Membersihkan Radiator MobilPenyebab Rem Mobil Bunyi 

Nah demikianlah informasi mengenai penyebab motor matic bergetar beserta solusi cara mengatasinya. Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan motor matic bergetar, semoga saja kedepannya kita semua tidak mengalami hal tersebut. Sekian informasi otomotifo.com kali ini, semoga bermanfaat bagi semua pembaca setia otomotifo.

5/5 (1 Review)
Advertisement