Lompat ke konten
Home » Tips Otomotif » Ukuran Shock Belakang Beat dan Harganya

Ukuran Shock Belakang Beat dan Harganya

Ukuran Shock Belakang Beat

Otomotifo.com – Shock belakang adalah salah satu komponen penting dalam sebuah sepeda motor, termasuk Honda Beat. Ukuran shock belakang Beat memiliki peran krusial dalam pengendalian dan kenyamanan berkendara. Dalam artikel otomotifo.com ini, kami akan menjelaskan segala hal yang perlu sobat ketahui tentang ukuran shock belakang Beat, mulai dari pengertian hingga pentingnya dalam pengendaraan sehari-hari.

Apa Itu Shock Belakang?

Sebelum membahas ukuran shock belakang Beat, kita perlu memahami apa itu shock belakang. Shock belakang adalah salah satu bagian dari suspensi sepeda motor yang berfungsi untuk menyerap guncangan dan getaran dari jalan raya. Ini memastikan bahwa pengendara dapat mengendalikan sepeda motor dengan lebih baik dan merasa nyaman selama perjalanan.

Shock belakang yang tepat sangat penting untuk pengalaman berkendara yang aman dan nyaman. Ukuran dan kekuatan shock belakang akan memengaruhi sejauh mana sepeda motor mampu menyerap guncangan dan menjaga roda belakang tetap berada di permukaan jalan. Jika ukuran shock belakang tidak sesuai, pengendara dapat merasa tidak nyaman dan kehilangan kendali saat berkendara.

Ukuran Shock Belakang Beat

Ukuran Shock Belakang Honda Beat

Ukuran shock belakang Beat tidak bisa dianggap remeh. Ini memiliki dampak langsung pada kinerja dan kenyamanan selama berkendara. Secara umum, ukuran shock belakang sepeda motor diukur dalam milimeter, mengacu pada panjang shock atau jarak antara titik pemasangan atas dan bawah shock.

Biasanya, ukuran standar shock belakang Beat adalah sekitar 260mm hingga 280mm. Namun, ada variasi ukuran yang tersedia di pasaran, dan pemilihan ukuran yang sesuai dapat disesuaikan dengan preferensi pengendara atau gaya berkendara mereka.

Kriteria Memilih Ukuran Shock Belakang yang Tepat

Pemilihan ukuran yang tepat untuk shock belakang Beat adalah langkah krusial dalam memastikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman. Sebelum sobat membeli shock belakang Honda Beat, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini agar bisa mendapatkan shock belakang yang tepat.

1. Berat Badan Pengendara

Salah satu faktor penting dalam memilih ukuran shock belakang yang tepat adalah berat badan pengendara. Semakin berat pengendara, semakin besar tekanan yang diberikan pada shock. Oleh karena itu, pengendara yang lebih berat mungkin memerlukan shock belakang dengan ukuran yang lebih panjang atau kekuatan yang lebih besar.

2. Jenis Perjalanan

Jenis perjalanan yang sering sobat lakukan juga memengaruhi pemilihan ukuran shock belakang. Untuk perjalanan sehari-hari di perkotaan, ukuran standar mungkin sudah cukup. Namun, jika sobat sering melakukan perjalanan jauh atau melewati jalan yang kasar, ukuran yang lebih besar dapat membantu mengurangi getaran dan meningkatkan kenyamanan.

3. Ketinggian Berkendara

Tinggi tempat duduk pengendara juga memainkan peran penting dalam pemilihan ukuran shock belakang. Pengendara yang lebih tinggi mungkin memerlukan shock belakang yang lebih panjang untuk mempertahankan keseimbangan dan kenyamanan.

4. Penggunaan Beban Tambahan

Jika sobat sering membawa beban tambahan, seperti penumpang atau barang, ukuran shock belakang yang lebih besar dapat membantu menjaga stabilitas dan kenyamanan selama perjalanan.

    Fungsi Shock Belakang Beat

    Selain ukurannya, penting untuk memahami fungsi utama shock belakang Beat. Shock belakang memiliki beberapa peran kunci dalam kinerja sepeda motor, termasuk:

    1. Menyerap Guncangan

    Salah satu fungsi utama shock belakang adalah menyerap guncangan dari jalan raya. Ketika sepeda motor melintasi pola jalan yang buruk, shock belakang berperan dalam mengurangi getaran yang dirasakan oleh pengendara.

    2. Mempertahankan Kontrol

    Ukuran dan kekuatan shock belakang yang tepat memastikan bahwa roda belakang tetap berada di permukaan jalan. Ini membantu pengendara untuk mempertahankan kendali dan mencegah roda belakang tergelincir saat melintasi tikungan atau saat pengereman mendadak.

    3. Meningkatkan Keseimbangan

    Shock belakang yang sesuai juga berkontribusi pada keseimbangan sepeda motor. Ini adalah aspek penting dalam menjaga kestabilan selama berkendara.

    Kapan Harus Mengganti Shock Belakang Beat?

    Shock Belakang Honda Beat

    Sekarang, setelah kita memahami ukuran dan fungsi shock belakang Beat, penting untuk mengetahui kapan seharusnya mempertimbangkan penggantian shock belakang. Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa shock belakang mungkin perlu diganti. Adapun tandanya adalah sebagai berikut:

    1. Getaran yang Berlebihan: Tanda yang pertama adalah terasa adanya getaran dari roda belakang yang lebih intens dari biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa shock belakang mengalami kerusakan atau sudah aus.
    2. Kendali yang Menurun: Jika kendali sepeda motor terasa tidak stabil, atau jika sobat kesulitan menjaga keseimbangan, mungkin saatnya untuk mengganti shock belakang.
    3. Perubahan pada Ketinggian Kendaraan: Jika sobat melihat perubahan signifikan pada ketinggian sepeda motor, ini bisa menjadi tanda bahwa shock belakang tidak berfungsi dengan baik.
    4. Shock Bocor: Apabila sobat melihat cairan bocor dari shock belakang, ini adalah tanda pasti bahwa shock tersebut mengalami kerusakan dan perlu diganti.

    Harga Shock Belakang Honda Beat

    Apabila sobat menjumpai tanda-tanda di atas, maka berarti sudah waktunya mengganti shock belakang yang lama dengan yang baru. Ada banyak sekali pilihan merek shock belakang Honda Beat, seperti Kayaba, KTC, Ride-It, YSS, dan berbagai merek lainnya. Nah sebagai referensi, kami akan memberikan daftar harganya berikut ini.

    Tipe dan MerekHarga
    YSS Single Shock Pro PlusRp. 464.000
    YSS Single Shock G-SIXRp. 770.000
    Federal Shockbreaker Rp. 154.000
    Kayaba ZetoRp. 371.822
    Kayaba PremiumRp. 207.217
    RIDE IT 86Rp. 175.000
    RIDE IT GP 299 Rp. 590.000
    KTC Racing RazorRp. 350.000
    KTC EvoRp. 950.000
    KTC extremeRp. 750.000

    Harga shockbreaker belakang Honda Beat bervariasi, tergantung dari merek dan tipenya. Apabila ingin yang murah, namun tetap berkualitas, kami sarankan untuk membeli shock belakang original yang bisa didapatkan di bengkel resmi Honda dengan harga sekitar Rp. 150-200 Ribuan.

    Baca Juga :

    Cara Memilih Shock Belakang yang Tepat untuk Honda Beat

    Memilih shock belakang yang tepat untuk sepeda motor Beat adalah langkah penting untuk meningkatkan pengalaman berkendara. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat sobat ikuti:

    1. Konsultasikan dengan Ahli: Jika sobat tidak yakin tentang ukuran dan jenis shock belakang yang sesuai, disarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik atau ahli sepeda motor. Mereka dapat memberikan saran berdasarkan kebutuhan dan preferensi.
    2. Perhatikan Merek Terkemuka: Pilih shock belakang dari merek yang terkemuka dan terpercaya. Ini memastikan kualitas dan kinerja yang baik.
    3. Pertimbangkan Anggaran: Tentukan anggaran sebelum membeli shock belakang. Ada banyak pilihan yang tersedia dalam berbagai harga, jadi pastikan untuk memilih yang sesuai dengan anggaran.
    4. Ukur Shock Lama : Jika sobat ingin mengganti shock belakang Beat dengan yang baru, ukur shock lama dengan cermat. Ini akan membantu sobat memilih ukuran yang sesuai.
    5. Baca Ulasan dan Rekomendasi: Membaca ulasan dari pengguna sepeda motor Beat lainnya dapat memberikan wawasan tentang kinerja shock belakang tertentu. Juga, tanyakan rekomendasi dari komunitas sepeda motor.

    Kesimpulan

    Ukuran shock belakang Beat adalah faktor penting dalam menjaga kenyamanan dan kinerja Honda Beat. Memilih ukuran yang tepat, sesuai dengan berat badan, jenis perjalanan, dan preferensi, akan memastikan bahwa sobat dapat menikmati pengalaman berkendara yang optimal.

    Jangan lupa untuk merawat shock belakang secara teratur dan menggantinya ketika diperlukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama perjalanan Anda. Nah demikianlah informasi otomotifo.com kali ini, simak pula artikel lainnya mengenai “”Penyebab Air Radiator Motor Cepat Habis Padahal Tidak Bocor” dan beragam artikel terbaru lainnya.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    Fatal error: Uncaught RuntimeException: FTP hostname is required in /www/wwwroot/MainSite/otomotifo/public_html/wp-content/plugins/cache-enabler/inc/cache_enabler_disk.class.php:1240 Stack trace: #0 /www/wwwroot/MainSite/otomotifo/public_html/wp-content/plugins/cache-enabler/inc/cache_enabler_disk.class.php(1289): Cache_Enabler_Disk::get_filesystem() #1 /www/wwwroot/MainSite/otomotifo/public_html/wp-content/plugins/cache-enabler/inc/cache_enabler_disk.class.php(350): Cache_Enabler_Disk::mkdir_p() #2 /www/wwwroot/MainSite/otomotifo/public_html/wp-content/plugins/cache-enabler/inc/cache_enabler_disk.class.php(80): Cache_Enabler_Disk::create_cache_file() #3 /www/wwwroot/MainSite/otomotifo/public_html/wp-content/plugins/cache-enabler/inc/cache_enabler_engine.class.php(149): Cache_Enabler_Disk::cache_page() #4 [internal function]: Cache_Enabler_Engine::end_buffering() #5 /www/wwwroot/MainSite/otomotifo/public_html/wp-includes/functions.php(5420): ob_end_flush() #6 /www/wwwroot/MainSite/otomotifo/public_html/wp-includes/class-w in /www/wwwroot/MainSite/otomotifo/public_html/wp-content/plugins/cache-enabler/inc/cache_enabler_disk.class.php on line 1253