Apa Itu Abs Pada Motor ? Inilah Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya

Advertisement

Apa Itu ABS ? Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh banyak orang saat ingin membeli motor. Saat ini sudah banyak motor yang dilengkapi ABS sebagai fitur keselamatan standar. Fitur ini sebelumnya hanya bisa dijumpai pada motor berkapasitas 250cc ke atas. Namun sekarang sudah banyak dipakai motor bermesin kecil, seperti Yamaha NMAX, Honda PCX, Honda CBR150R, Yamaha Aerox, Yamaha FreeGo, dan masih banyak lagi lainnya.

Harga motor dengan fitur ABS memang lebih mahal dibandingkan Non-ABS. Hal ini tak lepas dari kecanggihan teknologi ABS yang menjadikan motor semakin aman dan nyaman. Fitur ini sudah seharusnya dimiliki semua jenis motor, baik itu motor matic, sport, hingga motor bebek. Pasalnya teknologi ABS akan mengurangi resiko kecelakaan yang disebabkan pengereman yang kurang optimal.

Apa Itu Abs Pada Motor ?

Apa Itu Abs

Pengertian ABS & Fungsinya

Apa Itu ABS ? Jawabannya adalah singkatan dari Anti-Lock Breaking System yang merupakan sebuah fitur keselamatan untuk mencegah roda mengunci saat mengerem mendadak sehingga mencegah motor tergelincir saat melewati jalanan licin maupun jalanan basah. Fungsi Rem ABS juga meminimalisir terjadinya selip pada ban karena akan melakukan pengereman dengan bertahap secara cepat yang menjadikan ban tidak terkunci dan tidak terjadi selip.

Advertisement

Motor tanpa fitur ABS lebih beresiko mengalami kecelakaan, terutama saat mengerem mendadak. Ban yang mengunci bisa membuat motor terpelanting, sehingga pengendara bisa jatuh dari atas motor. Jadi lebih baik mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan motor berteknologi ABS yang nantinya membuat berkendara semakin aman dan nyaman tanpa perlu takut terjatuh saat berkendara di kondisi hujan.

Bagaimana Cara Kerja Rem ABS Pada Motor ?

Komponen Rem ABS

Komponen Rem ABS

Salah satu faktor yang membuat harga motor berfitur ABS dibanderol lebih mahal adalah karena dilengkapi sensor canggih yang berguna untuk mendeteksi roda mengunci, dan secara otomatis akan mengirimkan sinyal ke modulator. Selanjutnya sinyal yang diterima modulator akan memerintahkan piston rem untuk mengendurkan tekanan minyak rem yang berasal dari kaliper.

Setelah penguncian pada roda berkurang, maka selanjutnya tekanan terhadap piston rem akan kembali ditingkatkan agar kembali normal. Berkat teknologi ABS, proses pengurangan dan peningkatan tekanan minyak rem (fluida) menjadi berlangsung sangat cepat sekitar 15-50 kali per detik. Alhasil roda tidak akan mengunci mengerem mendadak.

Advertisement

Bisa dikatakan cara kerja ABS adalah dengan cara mengocok pedal rem sehingga kendaran tidak akan langsung berhenti saat pedal rem ditekan secara penuh. Fitur ini sangat membantu saat hard braking atau panic braking yang biasanya menyebabkan pengendara jatuh dari atas motor.

Kelebihan & Kekurangan ABS

Melihat unggahan video Youtube di atas, dapat kita ketahui bahwa Rem ABS membuat motor terhindar dari tergelincir saat berada pada kondisi jalanan licin. Motor tanpa ABS terlihat meliuk-liuk tak beraturan dikarenakan sistem pengereman yang kurang optimal saat melewati jalanan licin.

Dapat disimpulkan bahwa teknologi ABS menjadikan pengereman lebih aman, karena dapat mencegah pengucian roda dan selip pada ban. Alhasil kita bisa berkendara secara cepat tanpa perlu takut mengerem mendadak. Dibalik kelebihan tersebut tentu ada kekurangan. Nah salah satu kekurangan sistem pengereman ABS adalah kurang optimal saat dipakai pada kondisi jalan tidak rata seperti jalan berkerikil.

Baca Juga :  Fungsi Kiprok Motor dan Cara Memperbaikinya Saat Rusak
Advertisement

Walaupun menjadikan kontrol pengereman lebih optimal saat mengerem mendadak, namun sering kali rem ABS tidak bekerja optimal saat dipakai untuk pengereman jarak dekat. Pasalnya sensor ABS harus terlebih dahulu mengirimkan sinyal ke modulator, sehingga tidak bisa langsung melakukan pengereman yang bisa berakibat motor terlebih dahulu menabrak sebelum sensor ABS bekerja.

Karena kekurangannya tersebut, rem ABS kurang optimal saat dipakai motor trail yang membutuhkan kontrol pengereman lebih cepat saat melewati berbagai medan jalan. Biasanya beberapa motor juga dilengkapi Switch ABS yang memungkinkan kita mematikan fitur ABS apabila dirasa tidak perlu, seperti yang dimiliki BMW G310GS yang merupakan motor adventure dengan kemampuan offroad dan onroad berimbang.

Rem ABS juga kurang optimal saat sensor basah terkena air, jadi kita tetap harus berhati-hati saat membawa motor pada kondisi hujan meski sudah ada ABS. Beberapa orang memang lebih menyukai motor dengan sistem pengereman konvesional, karena mereka bisa melakukan pengendalian pengereman secara penuh tanpa perlu tergantung pada sensor ABS yang terhubung ke sistem komputer atau ECU.

Motor Murah Berfitur ABS

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja 250 SE

Motor ABS Murah

Setelah mengetahui apa itu ABS beserta fungsinya, pasti salahs atu pengunjung otomotifo.com ada yang tertarik membeli motor berfitur ABS. Nah bagi masbro yang mencari motor murah dengan fitur ABS, silahkan simak rekomendasi di bawah ini beserta harga terbarunya.

TIPE MOTOR ABSHARGA
Yamaha NMAX ABSRp. 30.650.000
Yamaha Lexi S ABSRp. 23.000.000
Yamaha Aerox S-Version ABSRp. 27.450.000
Yamaha FreeGo S-Version ABSRp. 22.500.000
Yamaha XMAXRp. 57.800.000
Honda Forza 250Rp. 76.500.000
Honda PCX ABSRp. 30.800.000
Honda PCX HybridRp. 40.300.000
Honda SH150iRp. 39.900.000
Suzuki GSX-R150 ABSRp 33.150.000
Honda CBR150R ABSRp. 37.800.000
KTM RC 250Rp. 53.900.000
KTM Duke 250Rp. 51.900.000
Kawasaki Ninja 250 SE ABSRp 74.100.000
Honda CBR250R ABSRp. 70.725.000
TVS Apache RR310Rp. 49.000.000
Kawasaki Z250 ABSRp 60.600.000
Kawasaki Ninja 250SL ABSRp 48.200.000

Note : 

  • Harga di atas merupakan harga OTR Jakarta
  • Informasi yang kami sampaikan bisa berubah sewaktu-waktu

Seperti yang masbro lihat di atas, ada banyak sekali motor murah berfitur ABS yang ada di Indonesia. Kami hanya merekomendasikan motor yang memiliki mesin 250cc ke bawah, karena apabila kapasitas mesinnya lebih besar maka harganya jauh lebih mahal. Harga motor di atas juga bisa berubah sewaktu-waktu, jadi lebih baik langsung mengunjungi diealer terdekat untuk menyesuaikan harga di masing-masing daerah.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Syarat Perpanjangan SIM Syarat Perpanjangan SIMFungsi Kiprok MotorFungsi Kiprok Motor
Cara Mengatasi Overheat Pada MotorCara Mengatasi Mesin Overheat Cara Memperbaiki Aki Kering

Pertanyaan apa itu ABS akan langsung hilang setelah masbro membaca dengan teliti informasi yang kami sampaikan di atas. Dapat disimpulkan bahwa ABS merupakan salah satu fitur keselamatan yang sangat dibutuhkan sepeda motor. Bagi sebagian orang mungkin beranggapan fitur ABS hanya gimmick marketing belaka. Namun menurut kami ABS atau Anti-Lock Breaking System sangat berguna dalam menjaga keselamatan dan keamanan berkendara.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi