Cara Mencegah Cat Motor Kusam dan Tetap Kinclong

Advertisement

Otomotifo.com – Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ungkapan ini sering kita dengar terkait pentingnya menjaga kesehatan daripada harus mengobatinya ketika sudah sakit. Ungkapan ini sebenarnya bisa diterapkan diterapkan dalam segala hal, termasuk body motor.

Daripada harus kerepotan untuk mengembalikan cat motor kusam agar kembali kinclong, tentu jauh lebih baik jika Anda jauh-jauh hari sudah melakukan upaya pencegahan agar cat motor Anda tidak luntur dan kusam.

Cara Mencegah Cat Motor Kusam

Cara Mencegah Cat Motor Agar Tidak KusamDi bawah ini beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan agar cat motor kesayangan Anda tidak kusam.

1. Hindarkan motor dari paparan sinar matahari langsung

Sinar matahari mengandung ultraviolet yang bisa menyebabkan cat motor terkelupas dan menjadi kusam jika sering terkena dalam waktu lama. Oleh karena itu, saat memarkir motor Anda, usahakan mencari tempat yang teduh dan tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

2. Cuci motor setelah terkena hujan

Air hujan mengandung nitrat yang bisa memudarkan cat motor kesayangan Anda. Oleh karena itu, jika kebetulan motor Anda terkena guyuran hujan, usahakan langsung mencucinya dengan air bersih dan menjemurnya sampai kering tuntas. Perhatikan juga bagian-bagian motor Anda yang kira-kira bisa mengendapkan air, karena air hujan yang mengendap lama di bagian body motor Anda bisa menyebabkan munculnya korosi atau karat.

3. Jangan sampai terkena minyak

Saat melakukan pengisian minyak rem dan yang lainnya, seringkali ada bagian body motor yang terkena percikan atau basahan dari minyak tersebut. Kalau hal ini terjadi, segera bersihkan bekas minyak tersebut dan jangan membiarkannya begitu saja karena bisa merusak lapisan luar cat motor Anda menjadikannya terlihat kusam.

4. Cuci motor secara rutin

Sebagai kendaraan harian, motor tentu saja dipakai sehari-hari untuk berbagai keperluan. Akibatnya, motor akan mudah kotor terkena debu, lumpur, genangan air, bekas minyak, dan kotoran-kotoran lainnya. Kotoran-kotoran ini akan menyebabkan memudarnya cat motor dan menimpulkan karat pada body motor kesayangan Anda.

Untuk mencegahnya, usahakan Anda mencuci motor secara rutin. Jika tidak memiliki waktu, Anda bisa meminta bantuan kerabat atau kenalan Anda, dan bisa juga dengan memanfaatkan jasa pencucian motor yang sudah sangat banyak bermunculan saat ini.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Pasang Kaca Film MobilCara Membersihkan Mesin Mobil
Cara Membersihkan RadiatorCara Mengisi Freon AC Mobil

Demikianlah informasi seputar cara mengkilapkan cat motor Anda agar kembali terlihat kinclong dan langkah-langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan informasi yang berharga bagi Anda khususnya masalah ini.

5/5 (2 Reviews)
Advertisement