Harga Daihatsu Gran Max 2018 : Baru dan Bekas

Advertisement

Harga Daihatsu Gran Max – Inilah salah satu mobil Daihatsu termurah di Indonesia. Harganya dibanderol mulai Rp. 155 Jutaan dan tersedia dua varian mesin yang sama-sama bertenaga dan hemat bahan bakar. Dimana mesinnya terdiri dari 1.3 DOHC dan 1.5 DOHC VVT-i. Semuanya menggunakan mesin 4 Silinder segaris yang bisa mengeluarkan tenaga dan torsi berlimpah.

Mobil Daihatsu Gran Max juga tersedia dalam varian Front Facing dan Face To Face. Apabila membeli varian Face To Face maka akan mendapatkan kursi row ketiga berhadapan, sehingga bisa memuat 9 penumpang. Sedangkan untuk tipe Front Facing hanya bisa memuat 8 penumpang. Selain itu, tersedia pula varian Blind Van atau sering disebut sebagai Gran Max Box.

Daihatsu Gran Max memang multifungsi. Mobil ini bisa digunakan sebagai mobil keluarga sekaligus sebagai mobil niaga. Masbro bisa memuat barang bawaan dalam jumlah banyak dikarenakan memiliki kabin yang luas dan didukung baris kursi ke-2 serta ke-3 yang bisa dilipat. Soal kenyamanan cukup lumayan, namun sayangnya belum dilengkapi sistem keselamatan yang mumpuni.

Advertisement

Yah, harga Daihatsu Gran Max yang murah membuat Daihatsu enggan melengkapi mobil ini dengan fitur keselamatan sekelas ABS dan Airbag. Inilah kekurangan Daihatsu Gran Max yang wajib masbro ketahui sebelum membelinya. Lalu apa sajakah kelebihan mobil yang satu ini ? Nah untuk mengetahuinya silahkan simak ulasan spesifikasi dan harga Daihatsu Gran Max berikut ini.

Review Spesifikasi Daihatsu Grand Max

Eksterior

Spesifikasi dan Harga Daihatsu Gran Max

Dimensi Cukup Besar Dengan Kabin Yang Lega

Secara keseluruhan mobil ini memiliki dimensi panjang 4.045 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.900 mm. Dimensinya cukup besar, sehingga menghasilkan kabin yang luas dan lega. Masbro tinggal memilih antara varian Front Facing atau Face To Face sesuai dengan kebutuhan. Apabila digunakan sebagia mobil keluarga, maka kami sarankan untuk membeli varian Front Facing.

Daihatsu Gran Max Front Facing memang lebih cocok dijadikan sebagai mobil keluarga. Walaupun kapasitas penumpangnya menjadi lebih sedikit, namun membuat penumpang belakang lebih nyaman. Menurut kami varian Face To Face terasa mirip angkot, karena penumpang belakang pada kursi baris ketiga akan duduk berhadap-hadapan layaknya menaiki angkot.

Advertisement

Dari segi fungsionalitas sebenarnya Daihatsu Gran Max varian Face To Face lebih baik. Pasalnya kita bisa melipat baris kursi kedua dan ketiga, sehingga menjadikan ruang bagasi lebih luas. Sedangkan untuk varian Front Facing hanya bisa melipat baris kursi ketiga. Selain itu, Gran Max Face To Face memiliki akses masuk penumpang melalui pintu belakang yang dibuka ke samping.

Interior

Konfigurasi Tempat Duduk Gran Max

Konfigurasi Tempat Duduk Gran Max

Akses masuk penumpang juga bisa menggunakan pintu tengah yang terbuka secara sliding door. Pintunya belum menggunakan sistem elektrik, jadi harus dibuka secara manual. Kemudian untuk bagian interior memiliki desain dashboard yang modern dan ergonomis. Sistem hiburannya masih standar, karena belum dilengkapi sistem audio 2-Din serta Audio Steering Switch.

Daihatsu Gran Max juga menawarkan desain body yang lebih aman bagi pengemudi dan penumpang. Mobil ini memakai desain Semi Bonnet yang menjadi ciri khas mobil VAN. Menariknya lagi, Daihatsu Gran Max sudah dilengkapi Arm Rest, namun hanya tersedia pada tipe Front Facing. Tuas transmisi juga terletak di dahsboard, sehingga lebih ergonomis dan modern.

Baca Juga :  Harga Mobil Ayla 2018, Review, Spesifikasi & Gambar
Advertisement

Performa Mesin

Desain Daihatsu Gran Max

Ditenagai Mesin 1.3 Liter & 1.5 Liter

Urusan jantung pacu, Daihatsu Gran Max ditenagai mesin K3-DC, DOHC berkapasitas 1.298cc yang bisa menyalurkan tenaga sebesar 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 11.7 kg.m pada 4.400 rpm. Lalu ada pula sistem pembakaran EFI (Electronic Fuel Injection) dan transmisi manual 5 percepatan. Mobil ini hanya tersedia dalam tipe manual, jadi jangan harap bisa membeli Gran Max matic.

Apabila masbro menginginkan mesin lebih bertenaga, maka bisa membeli Daihatsu Gran Max 1.5D yang ditenagai mesin 35Z-VE DOHC VVT-i berkapasitas 1.495cc. Mesin tersebut tersedia untuk Gran Max 1.5D Face To Face yang telah mendukung sistem kemudi Rack & Pinion dengna Power Steering. Sedangkan untuk tipe lainnya belum dilengkapi Power Steering, sehingga harganya lebih murah.

Perbedaan performa Daihatsu Gran Max 1.3D dan Gran Max 1.5D cukup signifikan. Dimana untuk tipe 1.5D bisa mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 97 PS pada 6.000 rpm dan torsi 13.7 kg.m pada 4.400 rpm. Alhasil kemampuan akselerasi Gran Max 1.5D bisa lebih cepat. Kabarnya untuk varian 1.5D bisa berlari mencapai 150 km/jam saat muatan kosong.

Pengereman & Suspensi

Gambar Daihatsu Gran Max

Fitur Pengereman Standar

Harga Daihatsu Gran Max yang murah membuatnya memiliki fitur apa adanya. Mobil ini belum dilengkapi fitur ABS dan hanya mengandalkan rem cakram berventilasi dengan booster yang terpasang pada roda depan serta rem tromol pada roda belakang. Lalu untuk bagian suspensi menggunakan suspensi depan McPherson Struts dengan per keong serta suspensi belakang 5-Link, rigid-axle dengan per keong.

Semua varian memakai velg ring 13 inc dengan ban berukuran 165 R13-C. Velgnya tergolong sangat kecil, namun sudah disesuaikan dengan kapabilitas Daihatsu Gran Max yang dikenal mampu menampung banyak penumpang. Masbro juga mendapatkan velg berbahan Alloy apabila membeli tipe Minibus. Sedangkan untuk tipe Blind Van memakai velg standar atau velg kaleng.

Spesifikasi Daihatsu Gran Max

Gambar Daihatsu Gran Max Blind Van

Gambar Daihatsu Gran Max Blind Van

Mesin
Mesin 1.3 LiterMesin 1.5 Liter
Seri mesinK3 – DE, DOHC3SZ – VE, DOCH VVTi
Kubikasi1298 cc1495 cc
Tenaga Maksimum88 PS / 6000 rpm97 PS / 6000 rpm
Torsi Maksimum11,7 Kg.m/ 4400 rpm13,7 Kg.m / 4400rpm
TransmisiManual with 5 SpeedManual with 5 Speed
Sistem PembakaranEFI (Electronic Fuel Injection)
Sistem KemudiRack & Pinion dengan Power Steering
Kapasitas Tangki43 Liter
Dimensi 
Panjang4405  mm
Lebar1665  mm
Tinggi1900  mm
Jarak Pijak1460 mm (depan) /1440 mm (belakang)
Ground Clearance165 mm
Wheelbase2650  mm
Tempat Duduk8-9 Penumpang
Kaki-Kaki
Suspensi DepanMac Pherson Struts dengan per keong
Suspensi Belakang5 link, rigid-axle dengan per keong
Rem DepanCakram Berventilasi + Booster
Rem BelakangTromol
Ban165 R13 – C
VelgRing 13 Inci

Spesifikasi mobil ini cukup lumayan dan bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Selain bisa menjadi mobil pribadi, masbro juga bisa menggunakannya sebagai mobil niaga. Berbekal ruang kabin yang lega, masbro bisa memanfaatkannya untuk memuat berbagai macam barang. Namun ada baiknya membeli tipe Face To Face yang memungkinkan kita melihat baris kursi kedua dan ketiga. Lalu berapakah harga Daihatsu Gran Max tersebut ?

Daftar Harga Daihatsu Grand Max

Harga Daihatsu Gran Max

Berapakah Harga Daihatsu Gran Max terbaru ?

Harga Daihatsu Gran Max Baru

Tipe Mini Bus
1.3 D FHRp 155.375.000
1.3 D FF FHRp 161.775.000
1.5 D PS FHRp 171.375.000
Tipe Blind Van
1.3 D FF Ambulance FHRp 188.775.000
1.3 D FF Ambulance CRp 188.775.000
 Harga Terbaru : Daftar Harga Mobil Daihatsu 
Baca Juga :  Harga Daihatsu Sigra 2018, Spesifikasi Matic & Manual

Untuk mendapatkan mobil ini cukup mengeluarkan uang Rp. 155 Jutaan. Harga Daihatsu Gran Max tersebut merupakan harga tipe 1.3D. Sedangkan harga Daihatsu Gran Max tipe 1.5D mencapai Rp. 171 Jutaan. Selain itu, tersedia pula varian Blind Van yang sering digunakan sebagai mobil ambulance dan mobil box dengan harga mencapai Rp. 188 Jutaan. Silahkan masbro pilih salah satunya, dan apabila lebih tertarik membeli Gran Max bekas, silahkan simak daftar harga Daihatsu Gran Max bekas di bawah ini.

Harga Daihatsu Gran Max Bekas

Tipe Mini Bus
1.3D Tahun 2008Rp 60 Jutaan
1.3D Tahun 2009Rp. 68 Jutaan
1.5D Tahun 2010Rp. 83 Jutaan
1.3D Tahun 2011Rp. 75 Jutaan
1.3D Tahun 2012Rp. 79 Jutaan
1.5D Tahun 2013Rp. 85 Jutaan
1.3D Tahun 2014Rp. 89 Jutaan
1.5D Tahun 2014Rp. 105 Jutaan
1.3D Tahun 2015Rp. 97 Jutaan
1.3D Tahun 2016Rp. 113 Jutaan
1.5D Tahun 2016Rp. 120 Jutaan
1.3D Tahun 2017Rp. 115 Jutaan
1.5D Tahun 2017Rp. 127 Jutaan
Tipe Blind Van
Tahun 2009Rp. 63 Jutaan
Tahun 2013Rp. 78 Jutaan
Tahun 2014Rp. 88 Jutaan

Note :

  • Informasi harga Daihatsu Gran Max bekas bisa berbeda-beda, tergantung dari kondisi mobil
  • Beda kota beda pula harganya

Seperti yang masbro lihat di atas, harga Daihatsu Gran Max bekas tergantung dari tahun produksi serta tipenya. Apabila mencari yang termurah, maka bisa membeli Gran Max bekas tahun 2008 yang dibanderol sekitar 60 Jutaan. Namun kami sarankan untuk membeli keluaran 2013 ke atas, karena biasanya memiliki kondisi mesin lebih baik dibandingkan Gran Max tua yang sering kali sudah menempuh jarak ratusan ribu kilometer.

Kesimpulan

Harga Daihatsu Gran Max

Kelebihan & Kekurangan Daihatsu Gran Max

KelebihanKekurangan
  • Ruang kabin luas dan mampu menampung Banyak Penumpang
  • Minum fitur, baik dari segi keselamatan maupun kenyamanan
  • Memiliki konsumsi bahan bakar irit dan performa mesinnya cukup bertenaga
  • Suara mesin terlalu meraung saat berada di rpm tinggi
  • Sparepart mudah di dapatkan dan mesin tidak terlalu rewel
  • Tidak ada fitur ABS dan hanya mengandalkan rem belakang tromol
  • Memiliki konsumsi bahan bakar irit dan performa mesinnya cukup bertenaga
  • Belum dilengkapi Airbag
  • Sparepart mudah di dapatkan dan mesin tidak terlalu rewel
  • Harga jual kembalinya cukup turun
  • Harga Daihatsu Gran Max dibanderol dibawah 200 Juta
  • Hanya tipe 1.5D yang memiliki fitur Power Steering
  • Memiliki pintu sliding door yang mempermudah akses keluar masuk penumpang
  • Sistem Audinya masih standar

Nah itulah kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Daihatsu Gran Max. Bisa dikatakan mobil ini lebih mengendepankan fungsionalitas dibandingkan fitur. Pasalnya kita tidak akan mendapatkan fitur keselamatan sekelas ABS dan Airbag yang bisa kita dapatkan pada mobil yang dibanderol lebih murah dari harga Daihatsu Gran Max. Bagaimana, masih tertarik membelinya ?

Baca Juga Informasi Harga Mobil Daihatsu Lainnya
Harga Mobil Daihatsu Sirion 2018Harga Daihatsu SirionDesain Daihatsu XeniaHarga Daihatsu Xenia
Spesifikasi dan Harga Daihatsu LuxioHarga Daihatsu LuxioNew Daihatsu AylaHarga Daihatsu Ayla 

Apabila kita melihat dari segi fitur, maka Daihatsu Gran Max jauh tertinggal dari mobil LCGC yang rata-rata sudah dilengkapi teknologi ABS dan Airbag. Namun soal fungsionalitas berbeda lagi. Pasalnya mobil ini memiliki ruang kabin yang luas, sehingga bisa diandalkan sebagai mobil keluarga dan mobil niaga. Harga Daihatsu Gran Max juga murah, jadi dapat kita maklumi apabila fiturnya terkesan apa adanya.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi