Harga Kawasaki Ninja 150 4 Tak 2018 : Review & Spesifikasi

Advertisement

Harga Kawasaki Ninja 150 4 Tak – Belum lama ini Kawasaki telah meluncurkan Ninja 125 yang ditenagai mesin berkapasitas 125cc. Motor sport tersebut tidak cocok untuk pasar Indonesia, karena rata-rata motor sport yang ada di Indonesia menggunakan mesin berkapasitas 150cc. Oleh karena itulah kami berasumsi bahwa Kawasaki akan meluncurkan Ninja 150 sebagai ganti Ninja 125.

Sebelumnya Kawasaki pernah meluncurkan motor Ninja bermesin 150cc, yaitu Ninja RR. Motor tersebut telah disuntik mati dikarenakan tidak ramah lingkungan. Yah, mesin 2 tak yang dimiliki Ninja RR cenderung sangat berisik dan mengeluarkan emisi gas buang yang tidak sesuai dengan peraturan pemerintah Indonesia.

Kawasaki tentu ingin mengulangi kesuksesan Ninja RR sebagai motor sport terlaris di Indonesia. Oleh karena itulah mereka harus merilis Ninja 150 4 Tak yang dijamin lebih ramah lingkungan dan teknologinya sesuai dengan motor jaman sekarang. Terlebih lawan-lawannya, seperti Honda, Suzuki, dan Yamaha sudah sukses merilis motor sport 150cc yang laris manis di Indonesia.

Advertisement

Kawasaki Ninja 150 4 Tak akan menguatkan posisi Kawasaki sebagai produsen motor sport terbesar di Indonesia. Nama Kawasaki sudah dikenal seantero Indonesia sebagai produsen motor sport berkualitas tinggi. Hadirnya Kawasaki Ninja 150 Tak, tentu akan disambut manis oleh pecinta otomotif tanah air yang sudah lama menantikan kehadiran motor sport murah dari Kawasaki.

Apabila benar-benar dirilis di Indonesia, tentu spesifikasi Kawasaki Ninja 150 tidak akan berbeda jauh dengan Ninja 125. Paling yang membedakan keduanya adalah kapasitas mesinnya. Sedangkan untuk desain dan fitur akan sama. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui spesifikasi Ninja 125 yang akan diterapkan pada Ninja 150, silahkan simak informasinya spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja 150 Tak di bawah ini.

SPESIFIKASI DAN HARGA KAWASAKI NINJA 150

Performa Mesin

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja 150 4 Tak

Andalkan Mesin 1 Silinder Berkapasitas 150cc

TipeSingle Cylinder Engine
Kapasitas150 cc
Tenaga Maksimum
Torsi Maksimum
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Tipe StarterElectric Starter
Tipe Transmsi6-speed
Tipe KoplingWet, Multiple with coil springs
Sistem PengapianDigital

Denga bercermin dari spesifikasi Kawasaki Ninja 125, maka motor ini akan memakai mesin 4 Tak 1 Silinder yang dilengkapi sistem pembakaran Fuel Injection. Kapasitas mesinnya tentu 150cc, sehingga lebih bertenaga dibandingkan mesin Ninja 125 yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 14.7 Horsepower. Lalu ada pula gearbox 6 percepatan sebagai transmisinya.

Advertisement

Kami berharap Ninja 150 4 Tak dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch seperti yang dimiliki Yamaha R15. Fitur ini sangat penting untuk mempermudah perpindahan gigi dan meringankan kinerja kopling. Namun kemungkinan fitur tersebut tidak akan dimiliki Ninja 150, jadi jangan terlalu berharap akan mendapatkan fitur tersebut.

Soal performa mesin tidak perlu diragukan lagi, Ninja 150 akan mampu mengalahkan motor sport 150cc sekelasnya, seperti Yamaha R15, Honda CBR150R, dan Suzuki GSX-R150. Untuk mengimbangi performa mesin yang powerfull, Kawasaki akan melengkapi Ninja 150 dengan sistem pendingin cairan atau Liquid Cooled. Lalu ada pula sistem pengapian digital yang menjadikan pengapian semakin sempurna.

Spesifikasi yang tinggi akan membuat harga Kawasaki Ninja 150 4 Tak dibanderol mahal. Jangan harap harga Kawasaki Ninja 150 semurah Suzuki GSX-R159 yang saat pertama kali diluncurkan dibanderol dibawah 30 Juta Rupiah. Sudah pasti harganya akan melebihi 30 Juta Rupiah, mengingat spesifikasi dan fitur yang dibawanya tergolong canggih.

Baca Juga :  Harga Kawasaki Ninja 400 2018, Review, Spesifikasi & Gambar
Advertisement

Selain canggih, Kawasaki Ninja 150 menawarkan desain ergonomis yang kental dengan nuasa balap. Posisi berkendaranya akan sedikit menunduk berkat stang Underyoke yang dimilikinya. Bodinya juga tergolong ramping, sehingga menawarkan handling ringan dan performa kompetitif yang kencang layaknya menaiki motor balap.

Dimensi Body

Performa Kawasaki Ninja 150 4 Tak

Bodi Ergonomis Bernuansa Racing

Panjang1935 mm
Lebar685 mm
Tinggi1075 mm
Tinggi Tempat Duduk785 mm
Ground Clearance
Berat
Kapasitas Tangki

Untuk dimensinya sendiri tidak akan berbeda jauh dengan Ninja 125 yang memiliki ukuran panjang 1.935 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.075 mm. Motor ini juga memiliki jok belakang yang terpisah dari jok depan sama halnya dengan motor Ninja lainnya. Sedangkan untuk tinggi joknya mencapai 785 mm, sehingga tergolong ideal untuk masyarakat Indonesia.

Agar tampilannya semakin sporty dan terkesan sebagai motor balap, masbro bisa menambahkan Singe Seat sebagai cover jok belakang. Sedangkan untuk cover bagian depan sudah dibalut bodi full fairing yang memiliki lekukan aerodinamis dan sudut tajam yang terlihat lebih modern dibandingkan motor sport 150cc sekelasnya. Sebenarnya desain Ninja 150 hampir sama dengan Ninja 250SL yang notabennya dibanderol lebih mahal.

Desain

Harga Kawasaki Ninja 125

Desain Sporty Sebanding dengan Harga Kawasaki Ninja 150

Yah, Kawasaki mengaplikasikan desain Ninja 250SL pada Ninja 150 4 Tak. Jadi jangan heran apabila bodi depan, samping, hingga belakang terlihat identik dengan Ninja 250SL. Kedua motor ini juga memakai rangka yang sama, yaitu chassis teralis tubular. Pemakaian rangka teralis secara tidak langsung membuat Ninja 150 terlihat berotot dan semakin keren.

Kemudian pada bagian depan memakai single headlamp yang kemungkinan masih bohlam, atau mungkin sudah LED. Semoga saja Ninja 150 memakai headlamp LED, agar bisa bersaing melawan motor sekelasnya yang sudah mengadopsi lampu LED untuk menampilkan cahaya lebih terang saat berkendara di malam hari. Sedangkan untuk bagian belakang sudah pasti menggunakan lampu LED sama seperti Ninja 250SL.

Bodi belakang Ninja 150 dibuat menjulang ke atas dan memiliki spakbor panjang yang beritengrasi pada lampu sein. Kemudian untuk bagian sistem pembuangan dilengkapi knalpot ramping berukuran cukup panjang. Desain knalpotnya memang keren, namun kurang lengkap rasanya apabila tidak menggantinya dengan knalpot racing yang bisa mengeluarkan suara lebih merdu.

Sistem Pengerman & Kaki-Kaki

Fitur Kawasaki Ninja 150 4 Tak

Belum Mengadopsi Suspensi Upside Down

Suspensi depanTelescopic
Suspensi belakangMonoshock
Ukuran Ban Depan100/80-17M/C 52S
Ukuran Ban Belakang130/70-17M/C 62S
Rem DepanDisk Brake
Rem BelakangDisk Brake
Sistem Pengereman2-Channel ABS

Beralih ke bagian suspensi, Kawasaki Ninja 150 4 Tak belum menggunakan suspensi Upside Down. Suspensi yang dipakainya masih teleskopik standar. Seharusnya Kawasaki mengikuti jejak Yamaha yang sudah melengkapi R15 dengan Upside Down. Alhasil kita harus membeli Upside Down aftermarket untuk mengganti suspensi bawaan Ninja 150 yang tergolong sangat standar.

Suspensi belakangnya juga standar. Pasalnya motor ini masih memakai monoshock dengan swing arm berbentuk kotak. Kami lebih suka dengan swing arm Yamaha R15 yang memiliki desain banana arm layaknya moge. Lalu untuk bagian pengereman dilengkapi rem cakram pada roda depan serta belakang. Kedua rem tersebut akan dioptimalkan oleh teknologi ABS (Anti-Lock Breaking System).

Teknologi ABS menjadi salah satu kelebihan Ninja 125 yang kemungkinkan akan diterapkan pada Ninja 150. Kami tak terlalu yakin motor ini akan dilengkapi teknologi ABS. Apabila diterapkan, tentu harga Kawasaki Ninja 150 ABS akan lebih mahal dari harga Kawasaki Ninja 150 yang belum menggunakan teknologi tersebut. Mungkin saja Kawasaki memasarkan Ninja 150 dalam dua varian berbeda, yaitu versi ABS dan Non-ABS.

Baca Juga :  Harga Kawasaki Z900RS 2018, Review, Spesifikasi & Gambar

Belum ada motor sport 150cc di Indonesia yang dilengkapi teknologi ABS. Padahal teknologi ini sudah sering kita jumpai pada motor matic 150cc, seperti Yamaha NMAX dan Honda PCX. Semoga saja Kawasaki menjadi yang pertama dalam menghadirkan motor sport 150cc berteknologi ABS di Indonesia, sehingga Ninja 150 akan menjadi yang terdepan dalam urusan teknologi sistem pengereman.

Pada bagian kaki-kaki juga dibekali ban depan berukuran 100/80-17M/C 52S dan ban belakang 130/70-17M/C 62S. Menurut kami ukuran ban Ninja 150 tergolong kecil. Pasalnya sudah ada Yamaha R15 yang memakai ban belakang 140/70-17M/C 66S. Mungkin Kawasaki sengaja memakai ban tersebut agar ideal dengan bodi Ninja 150 yang tak terlalu besar.

Fitur Andalan

Foto Kawasaki Ninja 150 4 Tak

Fitur Memang Standar, Tapi Tetap Keren

Selanjutnya untuk urusan fitur, Kawasaki Ninja 150 dilengkapi speedometer full digital yang bisa menampilkan informasi berkendara secara lengkap, seperti Tachometer, Odometer, Tripmeter, Gear Postion, dan sisa pemakaian bahan bakar. Sayangnya fitur pengucian Keyless tidak dimiliki motor ini, jadi jangan harap bisa menghidupkan motor secara otomatis tanpa perlu memasukan kunci.

Walaupun harga Kawasaki Ninja 150 4 Tak akan cukup mahal, namun sistem pengucian yang dipakai Ninja 150 masih standar. Masbro harus memodifikasinya agar mendukung sistem keyless maupun alarm. Namun bagi masbro ingin mendapatkan teknologi tersebut tanpa perlu modifikasi, maka masbro bisa membeli Suzuki GSX-R150 yang menjadi motor sport 150cc pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi Keyless.

Daftar Harga Kawasaki Ninja 150

Harga Kawasaki Ninja 150 4 Tak

Berapakah Harga Kawasaki Ninja 150 4 Tak di Indonesia ?

Tipe Motor Harga Terbaru
Harga Kawasaki Ninja 150 Non-ABSRp. –
Harga Kawasaki Ninja 150 ABSRp. –
 Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Kawasaki

Belum ada informasi resmi dari pihak Kawasaki Indonesia terkait peluncurkan Ninja 150 bermesin 4 tak di Indonesia. Bisa saja motor ini tidak akan terealisasikan, mengingat Kawasaki Indonesia pernah mengatakan bahwa mereka lebih focus ke segmen motor premium. Masbro tidak perlu berkecil hati, karena masih ada harapan Ninja 150 akan dipasarkan di Indonesia untuk menambah kedigdayaan Kawasaki di segmen motor sport.

Peminat motor sport 150cc sangat besar. Terbukti Yamaha R15 dan Honda CBR150R laris manis di buru pecinta otomotif dari seluruh Indonesia. Tentu Kawasaki tidak ingin tinggal diam melihat lawan-lawannya memasarkan motor sport 150cc. Oleh karena itulah kami sangat yakin bahwa Kawasaki Ninja 150 akan benar-benar dirilis secara resmi di Indonesia.

Saat ini kita hanya bisa bersabar sembari menunggu kabar baik dari pihak Kawasaki Indonesia, apakah akan merilis motor ini atau tidak. Apabila benar-benar dirilis, tentu harga Kawasaki Ninja 150 4 Tak akan cukup mahal. Prediksi kami, harga Kawasaki Ninja 150 akan melebihi 30 Juta dan tidak akan berbeda jauh dari Yamaha R15 yang harganya terus naik mencapai Rp. 35 Jutaan.

Gambar Kawasaki Ninja 150 4 Tak

Gambar Kawasaki Ninja 150 4 Tak

Baca Juga Harga Motor Kawasaki Lainnya

Harga Kawasaki Z150Harga Kawasaki Z150Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja 125Harga Kawasaki Ninja 125
Kekurangan All New Kawasaki Ninja 250 2018Harga Kawasaki Ninja 250Spesifikasi dan Harga Kawasaki W175Harga Kawasaki W175

Yah, harga Kawasaki Ninja 150 memang pantas dibanderol mahal. Pasalnya motor ini menawarkan desain yang sporty, dan diimbangi dengan performa mesin 150cc yang bertenaga besar. Terlebih Kawasaki dikenal sebagai produsen motor sport berkualitas yang sudah terbukti sejak era Ninja RR sampai Ninja 250 FI. Nah demikianlah informasi spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja 150 4 Tak yang kami sampaikan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan refernsi.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi