Harga Kawasaki Ninja ZX-6R 2019 : Review, Spesifikasi & Gambar

Advertisement

Harga Kawasaki Ninja ZX-6R bisa disetarakan dengan Yamaha R6 yang sama-sama ditenagai mesin 4 Silinder. Keduanya bersaing ketat untuk menarik minat konsumen yang mencari moge terbaik di kelas 600cc. Untuk mendapatkannya masbro harus merogoh kocek dalam-dalam melebihi 200 Juta Rupiah. Harganya cukup fantatis, namun sebanding dengan performa mesin serta fitur yang dimiliki Kawasaki Ninja ZX-6R.

Belum lama ini Kawasaki sudah melakukan pembaharuan dengan merubah desain Ninja ZX-6R. Sekujur bodynya berubah mengikuti bahasa desain New Ninja 250 yang terlebih dahulu hadir di Indonesia. Mungkin sebagian orang menyukai perubahan tersebut, namun kami pribadi kurang menyukainya dikarenakan cukup aneh saat dipandang dari depan. Nah bag yang penasarang ingin melihat desain Ninja ZX-6R, silahkan simak di bawah ini.

Review Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-6R

Dimensi Body

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja ZX-6R

Desain Agresif & Sporty

Setiap orang memiliki selera desain yang berbeda-beda. Apabila masbro merasa desain Kawasaki Ninja ZX-6R terlihat keren, maka jangan ragu membelinya. Terlebih motor ini sudah memakai headlamp LED ganda yang terlihat cukup agresif. Bagian belakang juga dirubah menjadi lebih lancip dan sudah menggunakan lampu LED dengan desain modern. Sedangkan untuk dimensinya memiliki panjang 2.025 mm, lebar 710 mm, dan tinggi 1.100 mm.

Advertisement

Jarak antara roda depan dan belakang mencapai 1.400 mm dan memiliki ground clearance atau jarak terendah ke tanah mencapai 130 mm. Sedangkan untuk tinggi tempat duduknya berjarak 830 mm dan memiliki bobot 196 kg. Dimensinya dirancang secara khusus untuk menghasilkan posisi berkendara yang intuitif sehingga lebih nyaman dikendarai dibandingkan Ninja ZX-6R generasi sebelumnya.

Desain Body

Deasan Kawasaki Ninja ZX-6R

Tampilan Depan & Belakang Ninja ZX-6R

Moge ini juga memiliki tangki bahan bakar ramping dengan kapasitas 17 Liter. Desain tangkinya memang simple, namun memudahkan pengendara mencengkram tangki dengan lutut agar bisa lebih nyaman saat mengendarai Ninja ZX-6R. Selain itu, Kawasaki merubah bagian sampng dengan body full fairing yang memiliki sedikit rongga dibagian tengah untuk memaksimalkan sistem pendingin Ninja ZX-R6.

Pada bagian depan juga terlihat adanya lubang angin atau Air Ram. Lubang tersebut digunakan untuk mendinginkan mesin, sehingga performa Ninja ZX-6R tetap optimal. Desain speedometernya juga baru dan terlihat lebih modern dengan tetap mempertahankan instrumen analog yang berpadu dengan layar LCD untuk menampilkan beragam informasi berkendara, seperti Gear Position, Odometer, Trip Meter, dan beragam indikator lainnya.

Advertisement

Spesifikasi Mesin

Foto Kawasaki Ninja ZX-6R

Andalkan Mesin 4 Silinder 636cc

Sebanding dengan harga Kawasaki Ninja ZX-6R yang super mahal, kita akan mendapatkan mesin 4 Silinder DOHC berkapasitas 636cc yang memiliki konfigurasi 16 katup berpending cairan. Mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 130 PS pada 13.500 rpm dan torsi 70.8 Nm pada 11.000 rpm. Itu artinya performa mesin Ninja ZX-6R terbaru hampir sama dengan versi lama.

Walaupun tidak ada perubahan performa yang berarti, namun Kawasaki Ninja ZX-6R generasi terbaru tetap menawarkan performa lebih disetiap RPM yang tetap nyaman dipakai sebagai kendaraan sehari-hari. Terlebih motor ini sudah dilengkapi sistem elektronik canggih yang memberikan kenikmatan berkendara lebih maksimal. Salah satunya adalah fitur KTRC (Kawasaki Traction Control) yang terdiri dari 3 mode berkendara yang bisa dipilih sesuai kondisi jalan.

Baca Juga :  Harga Kawasaki W175 2018 : Spesifikasi & Review Terbaru

Kawasaki juga menghadirkan fitur Assist & Slipper Clutch yang menjadikan kinerja kopling lebih optimal dan membuat perpindahan gearbox 6 percepatan terasa lebih terasa ringan. Selain itu, tersedia pula fitur Quick Shifter yang memungkinkan kita menambah gigi tanpa perlu menekan tuas kopling. Fitur-fitur tersebut menjanjikan performa sport riding yang lebih menyenangkan, jadi wajar apabila harga Kawasaki Ninja ZX-6R sangat mahal.

Advertisement

Sistem Pengereman

Gambar Kawasaki Ninja ZX-6R

Dilengkapi Teknologi ABS + KIBS

Fitur Power Mode semakin melengkapi kehebatan Ninja ZX-6R yang membuatnya bisa bersaing melawan Yamaha R6. Tak hanya itu, moge ini juga telah memenuhi standar emusi Euro 4 yang menjadi standar wajib moge masa kini. Semua kelebihan tersebut berpadu dengan sistem pengereman terbaik yang mengadopsi teknologi KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System) yang menjadikan sistem pengereman lebih presisi dan lebih efisien.

Teknologi ABS (Anti-Lock Breaking System) juga disematkan pada moge 4 Silinder ini. Untuk remnya sendiri memakai rem cakram ganda yang terpasang pada roda depan dengan diameter 310 mm. Kaliper yang dipakainya adalah kaliper Nissin 4 Piston yang menjadikan pengereman lebih optimal. Sedangkan untuk roda bagian belakang dilengkapi rem cakram 210 mmm dengan single piston kaliper.

Suspensi

Perbedaan Ninja ZX-6R Baru dan lama

Perbedaan Ninja ZX-6R Baru dan lama

Tuas kopling dan tuas rem juga bisa diatur dengan 5 posisi berbeda yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan pengendara Kawasaki Ninja ZX-6R. Lalu untuk bagian kaki-kaki memakai suspensi depan SFF-BP (Separate Function Fork – Big Piston) yang merupakan suspensi Upside Down buatan Showa. Suspensi tersebut memiliki kelebihan Preload dan damping yang dipisahkan, sehingga membuat motor lebih stabil saat berakselerasi.

Kemudian untuk suspensi bagian belakang menggunakan monoshock dengan swing arm berukuran besar yang sering disebut sebagai Banana Arm. Selain itu, moge ini menawarkan ban berukuran besar yang menjaga kestabilan akselerasi. Dimana untuk bagian depan memakai ban 120/70ZR17M/C (58W) dan bagian belakang berukuran 180/55ZR17M/C (75W). Nah untuk melihat spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-6R secara lengkap, silahkan simak di bawah ini.

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-6R

DIMENSI
Panjang2,025 mm
Lebar710 mm
Tinggi1,100 mm
Tinggi Tempat Duduk830 mm
Tangki Bensin17 Liter
Berat196 kg
Wheelbase1,400 mm
Ground Clerance130 mm
MESIN
Tipe Mesin4-stroke, 4-cylinder, DOHC, 16-valve
Sistem PendinginLiquid-cooled
Kapasitas Mesin636 cc
Tenaga130 PS / 13,500 rpm
Torsi70.8 Nm  / 11,000 rpm
Sistem PembakaranFuel injection
Transmisi6-Speed
StarterElectric
Bore X Stroke67 x 45.1 mm
Rasio Kompresi12.9:1
Tipe KoplingWet multi-disc, Assist & Slipper Clutch
Konsumsi BBM5.5 liter / 100 km
KAKI-KAKI
RangkaTwin spar, cast aluminium
Ban Depan120/70Z-R17 M/C (58W)
Ban Belakang180/55Z-R17 M/C (75W)
Suspensi DepanUpside Down 41 mm (SFF-BP)
Suspensi BelakangBottom-Link Uni Trak
PENGEREMAN
Sistem PengeremanABS
Rem DepanDual Semi-Floating Disk 310 mm
Rem BelakangSingle Disk 220 mm

Seperti yang masbro simak di atas, Kawasaki Ninja ZX-6R memiliki banyak sekali fitur dan didukung performa mesin beringas yang mengadopsi mesin 4 Silinder bertenaga 636cc. Walaupun begitu, Ninja ZX-6R tetap nyaman digunakan sebagai kendaraan harian. Pasalnya moge Kawasaki ini memiliki posisi berkendara yang nyaman dan ergonomis.  Nah bagi masbro yang tertarik membelinya, silahkan simak terlebih dahulu daftar harga Kawasaki Ninja ZX-6R dibawah ini.

Daftar Harga Kawasaki Ninja ZX-6R

Daftar Harga Kawasaki ZX-6R

Berapa Harga Kawasaki Ninja ZX-6R di Indonesia ?

Tipe Motor Harga Terbaru
Harga Kawasaki Ninja ZX-6R BaruRp 299.400.000
Harga Kawasaki Ninja ZX-6R Bekas
 Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Kawasaki
Baca Juga :  Harga Kawasaki D Tracker 250 2018, Spesifikasi & Gambar

Di Indonesia harga Kawasaki Ninja ZX-6R generasi terbaru dibanderol sekitar Rp. 299 Jutaan. Yah, harga Kawasaki Ninja ZX-6R memang sangat mahal sehingga motor ini tergolong sebagai moge premium. Sebenarnya harga tersebut sebanding dengan semua fitur yang dimilikinya. Apalagi Kawasaki sudah membekalinya dengan mesin 4 Silinder yang dioptimalkan oleh fitur Riding Mode, Traction Control, ABS, KIBS, beragam fitur lainnya.

Kawasaki Ninja ZX-6R bisa menjadi alternatif selain Yamaha R6. Terlebih R6 generasi terbaru belum juga masuk ke Indonesia, jadi lebih baik membeli Ninja ZX-6R yang sudah membawa perubahan cukup signifikan. Sayangnya harga Kawasaki Ninja ZX-6R lebih mahal dibandingkan Yamaha R6 tipe lama yang saat ini dipasarkan di Indonesia dengan harga sekitar Rp. 270 Juta. Bagaimana, tertarik membeli moge 4 Silinder yang mana ?

Kelebihan

  • Desain lebih ergonomis dan memiliki posisi riding sporty layaknya menaiki motor balap
  • Dibekali mesin 4 Silinder berkapasitas 636cc yang mampu mengeluarkan tenaga dan torsi sangat besar
  • Fitur yang dimiliki Ninja ZX-6R juga sangat lengkap, seperti ABS dan KIBS yang membuat sistem pengereman lebih optimal
  • Memiliki rem cakram floating disk ganda yang terpasang pada roda depan
  • Ukuran ban motor ini juga besar, sehingga berkendara lebih stabil
  • Tersedia suspensi Upside Down canggih yang didukung monoshock dengan banana arm pada bagian belakang
  • Sudah ada fitur Riding Mode dan Traction Control yang akan mengoptimalkan performa motor ini
  • Dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch serta Quick Shifter yang menjadikan perpindahan gigi dan kinerja kopling lebih optimal

Kekurangan

  • Kawasaki belum melengkapinya dengan sistem penguncian Keyless
  • Performa mesinnya tidak berbeda jauh dengan Ninja ZX-6R yang lama
  • Harga Kawasaki Ninja ZX-6R sangat mahal
  • Konsumsi bahan bakar moge ini cukup boros, sekitar 5.5 Liter /100 km
Baca Juga Harga Motor Kawasaki Lainnya
Spesifikasi Kawasaki Z400Harga Kawasaki Z400Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja 125Harga Kawasaki Ninja 150
Gambar Kawasaki Z900RS CafeMotor Retro KawasakiHarga Kawasaki Ninja 250 SEHarga Kawasaki Ninja 250 SE

Harga Kawasaki Ninja ZX-6R terbaru yang hampir menyentuh angka 300 Juta Rupiah tentu membuat sebagian orang berpikir 10 kali sebelum membelinya. Motor ini memang dikhususkan untuk kalangan premium yang menginginkan moge bermesin 4 Silinder dengan performa mumpuni dan kaya fitur. Desainnya juga cukup keren, namun kami pribadi kurang menyukainya. Nah demikianlah informasi spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja ZX-6R yang kami sampaikan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi